Kolektor FIF Tidak Bersahabat

Terima kasih untuk Media Konsumen. Saya punya cicilan motor di FIF, dengan nomor kontrak: 116000802922. Cicilan baru berjalan 11x dan saya memang mengakui ada keterlambatan selama 11 hari. Saya sudah sampaikan kalau pembayaran saya masuk tanggal 20, tapi pihak kolektor minta pembayaran tanggal 19.

Saya iyakan, karena memang kekurangan dananya hanya sedikit. Namun yang saya sayangkan dari percakapan kolektor tersebut, kurang sopan dan dengan cara meneror ke tempat pekerjaan saya. Sampai berbohong, berbicara dengan atasan saya dan mengaku dari Polsek Pasar Minggu, lalu mengatakan bahwa saya mengelapkan dana.

Mohon untuk FIF, tolong dididik lagi untuk kolektornya. Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menayangkan artikel ini. Semoga jangan ada lagi yang mengalami seperti saya.

Heru Setiyawan
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan PT Federal International Finance (FIFGROUP) Atas Keluhan Bapak Heru Setiyawan

Kami mengucapkan terima kasih atas masukan yang disampaikan oleh Bapak Heru Setiyawan melalui Surat Pembaca Mediakonsumen.com pada hari Kamis, 20...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Kolektor FIF Tidak Bersahabat

  • 20 April 2023 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Itu nomor HP dc nya dibuka dong. Gimana orang FIF nya memeriksa kebenaran isi chatnya kalau dututup bgt?

    11
    3
      • 20 April 2023 - (16:54 WIB)
        Permalink

        Salah dr awal. Apapun alasan nya ga boleh minjemin nama buat org lain,resiko nya ya begini.
        Kalo yg minjem susah bayar tetep aja atas nama yg dikejar2

        6
        1
    • 21 April 2023 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Percuma juga bang ga ditutup, sebelah ane ruko fif, mereka kerjanya tiap jam ganti2 nomor terus, cadangan simcard t*sel ada segepok mereka, ganti2 terus ?

    • 22 April 2023 - (16:50 WIB)
      Permalink

      itu ada bukti chat,pengancaman verbal,men3eor,polisikan aja.kan scernshot bukti ada.pasti masuk bui dech jamin.jangan takut.kalau takut akan semakin menjadi teror nya.

  • 20 April 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Namanya DC pasti gak bersahabat pak. Mereka diupah untuk melemahkan mental peminjam. Mudah-mudahan cepat selesai.

    6
    3
      • 22 April 2023 - (20:10 WIB)
        Permalink

        Mungkin itu dia baru jadi kolektor kali bang… Padahal cuma kejar target dia jadi viral tuh.. Sambelin bang mulut nya.. Biar tau rasanya sambel… Laporin aja kebiasaan tuh manusia sok jagoan

    • 22 April 2023 - (16:54 WIB)
      Permalink

      polosikan aja buk,anfa punya bukti screnshot.jamin masuk bui dech,apalagi pakai neror juga.wah l3bih mudah lagi ngandanginnya bu..

  • 20 April 2023 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Makanya agak riskan minjemin nama ke orang buat kredit barang di leasing
    Itu resiko terbesarnya mau alasan apapun saat telat bayar tetep aja nama yg terdaftar di leasing yang akan dikejar terus Ama kolektor

    5
    1
  • 20 April 2023 - (17:55 WIB)
    Permalink

    Kalo dari isi surat, narasinya yg kredit atas nama penulis snediri, tapi di chat wa kok namanya penulis yg dipinjam orang buat kredit motor. Hmmm..

    2
    1
  • 20 April 2023 - (18:17 WIB)
    Permalink

    Maaf pak/ibu jadi begini data adik saya,DP saya yang bayar,angsuran kita bagi 2.nitanya ketimbang adik saya naek ojol tiap hari mending ambil motor…tapi kontek dari narasi saya bukan masalah siap pake data dan siapa yang bayar.kontek nya ke cara dia wa dan berbicara.dan di awal sudah ada kesepakatan tgl bayar.
    Sebener nya sudah saya samperin ke besment saya tunggu lama hanya chat2 wa saja tapi orang nya ga ada.

    1
    3
    • 21 April 2023 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Assalamualaikum bang Heru,
      Asal niat abang mau bayar, semuanya harusnya bisa dibicarakan.. Jangan takut bang..

      Datang Ke CS nya aja.. Sampaikan apa adanya..
      Bahwa abang ngak niat kabur tapi kondisinya begini.. Dan minta agar para penagih nya jangan terlalu keras.. Kalau perlu abang issue kan saja ini ke pengadilan.. Banyak kok bang LBH yang bisa bantu abang asal abang niat nya bener.

    • 22 April 2023 - (05:52 WIB)
      Permalink

      Saya ga tau permasalahan nya apa sampai wa nya ngotot spt itu. Klo cm telat. Say sering kok. Malah pernah 3 bulan telat. Didatangin DC FIF. Tp ngobrol asik. Cari solusi. Akhir nya buat kesepakatan minta waktu 2 minggu lagi dan itu saya tepati bayar. Walau baru bs bayar 2 bulan. Sisa 1 bulan tp yg setiap telat 1 bulan dc dan ngerti paling kunjungan kerumah spt biasa ngobrol2 aja. Ga pernah diteror spt wa yg dialamin ts. Bikin surat terbuka klo sudah ya somasi perusahaan nya. Karena oknum dc tsb.

    • 21 April 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Namanya juga berhutang, kadang kala pasti ada telat bukan berti ga dibayar, maka nya ada fungsi denda itu buat apa? ya buat kalau ada yg telat, tapi cara penagihan nya itu yg ga ada etika, coba baca lagi aturan BI tentang perkreditan.

  • 21 April 2023 - (03:51 WIB)
    Permalink

    klo ini bukan dc tp masih internal karyawan, sangat di sayangkan pegawai fif di bawah naungan astra edukasi karyawannya kurang baik dimana konfirmasi ke nasabah seperti preman

    2
    1
  • 21 April 2023 - (04:20 WIB)
    Permalink

    Baru telat beberapa hari aja udah “NGAWUR” penagihannya…. Perasaan dulu-dulu nggak seperti ini cara penagihannya… Saya dulu juga pernah telat bayar angsuran kredit di FIF dan Adira, sampe beberapa bulan, nggak gini-gini amat penagihannya…. Paling banter didatangin kerumah, ditanyain kapan bayar, gitu aja, kalau masih telat didatangin lagi, dicicil berapapun nggak papa yg penting bayar, nggak ada istilah marah-marah maupun maki-maki. (Kejadian beberapa tahun yg lalu…) Apa karena efek pandemi atau efek banyaknya PINJOL ya????
    Semoga masalah Anda cepat terselesaikan.

    3
    1
  • 21 April 2023 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Yang perlu di garis bawahi adalah… Ini adalah Atas nama dan Penggunaan Unit tidak sesuai Kontrak. Ingat ya… Jaminan ini di fidusiakan. Di luar konteks Cara penagihan… Dari dlu saya rasa yg namanya DC selalu begitu… Tapi perlu bijak juga.. saran buat kolektornya ndk usah memaki2… Gunakan fidusia ajukan secara Hukum. Beres…

  • 21 April 2023 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Fif mana ne ngilang ga ada jawaban??? itu karyawan internal kl br telat itungan hr data blm dksh ke pihak k 3 ..cm gurih bgt baca chat wa nya…pengen ketemu ama yg chat wa jdnya…pengen nampol pke cangkul…???..buat TS klo lain kli ada chat ginian hub gw bang….gw yg maju…gatel bgt…kyk apa responnya kl udh ktemu apa msh galak apa cm bac*t doang dia…

    • 21 April 2023 - (19:16 WIB)
      Permalink

      Hehehe sabar bang,itu di tungguin ga nongol bang di basment..sepertinya dia hanya berniat buat neror dan bikin jatoh mental aja sii.kaya pinjol2 ilegal.mungkin dia jebolan pinjol ilegal.

  • 21 April 2023 - (08:20 WIB)
    Permalink

    Cobalah berpikir kembali Jikalau tidak telat bayar angsuran pasti kek bgini gak bakalan ada .
    Tapi itu DC minta jaminan kurasa sudah diluar SOP lesing lu,Setidaknya itu bisa jadi bukti acuan ketika masalah makin ribet.

  • 21 April 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Motor udah lu over alih inimah udah salah dari awal lu nya bro
    Lu yang gabisa jaga amanah jangan malah ga terima kalo orang nagihnya kasar.

    1
    1
    • 21 April 2023 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Hehehehe Dari mana di oper bang.coba cek komentar saya…saya dari pada di oper mending di balikin bang…

  • 21 April 2023 - (17:19 WIB)
    Permalink

    “mengaku dari Polsek Pasar Minggu, lalu mengatakan bahwa saya mengelapkan dana”.
    wah ini bisa dilaporkan ke kepolisian:
    – pasal penipuan
    – pasar pencemaran nama baik

  • 22 April 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Sya juga kapok kredit motor lwat fif baru sehari telat aja udh di tlpnin smpe puluhan kali trus juga di kata”in sama DC nya sedangkan kakak sya kredit motor lewat adira telat sminggu DC nya msih sopan ga ada kata” kasar

  • 22 April 2023 - (13:58 WIB)
    Permalink

    GW PALING DEMEN.. NIH, DPT DC KAYA GINI, BIAR GW AJAK GELUT DULU,.. DENDAM SOALNYA.. ?? KAYA DC PINJOL, BANYAK BACOT DOANK.. ?? UNTUNG GW PAKE BAF N DPT KOLEKTOR JG SOPAN.. ?? ANDA SOPAN SAYA PUN SEGAN.. ????

  • 26 April 2023 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Kolektornya berkata: kita memang tidak bersahabat, sejak kapan saya punya sahabat seperti anda? ketemu aja blm pernah..

    candaaa sahabat~

  • 28 April 2023 - (01:48 WIB)
    Permalink

    Malah dilaenin makin seneng si DC klo diladenin ya anda pun makin terpojok .. Ga usah diladenin lah santai aja jangan lupa rileks , tenang , ngopi dulu tetep fokus kerja 🙂

 Apa Komentar Anda mengenai FIFGROUP?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Kolektor FIF Tidak Bersahabat

oleh Heru dibaca dalam: <1 menit
47