Shopee dan Anteraja Tidak Bertanggung Jawab atas Masalah Pengiriman dan Sangat Merugikan Pihak Seller

Saya Denik, seller di Shopee. Selama berjualan di Shopee, seperti seller lainnya saya juga mengalami masalah pengiriman. Yang paling membuat kesal adalah pengiriman dengan Anteraja, nomor resi: 10007013023437. Pemesanan tanggal 7 April 2023 dan langsung di-pick up oleh pihak kurir pada tanggal yang sama.

Awalnya saya perkiraan pengiriman lancar saja, tapi saat di-tracking di aplikasi Shopee tanggal 8 April pukul 10.26 status paket gagal kirim karena masalah operasional.

Status paket makin terlacak, dengan keterangan aneh seperti tertera di atas. Puncaknya, paket dinyatakan gagal kirim karena kecelakaan lalu lintas dan akan dilakukan ulang esok hari. Karena penasaran dengan keterangan yang tidak masuk akal, maka saya tracking di aplikasi Anteraja dengan hasil sebagai berikut:

Jika dibandingkan hasil tracking antara aplikasi Shopee dan aplikasi Anteraja, menunjukkan keterangan yang berbeda dalam urutan perjalanan paket. Lalu saya pun komplain kepada Anteraja melalui Twitter dan ditanggapi dengan info hasil investigasi tim resolusi.

Dengan menulis di Media Konsumen ini:

  1. Saya mau menuntut pihak Shopee, yang dengan sembarangan memuat informasi tidak valid atau palsu, terkait tracking barang yang tidak sesuai dengan info tracking aplikasi Anteraja, atau bahkan mungkin kedua pihak sama-sama memberikan info palsu?
  2. Saya mau pihak Anteraja yang bertanggung jawab atas status paket saya. Jika masih ada di gudangnya kembalikan saja ke saya, karena barangnya bukan barang sembarangan.

Kalau memang hilang, saya mau pihak Anteraja yang ganti rugi penuh seharga nilai barang. Jangan ambil mudahnya ikut aturan Shopee yang hanya ganti 10x lipat dari ongkos kirim yang jelas jauh dari nilai barang. Sebab yang bisa pakai asuransi dan ada ganti rugi penuh, hanya jika pakai Shopee Xpress.

Untuk Anteraja, saya sudah percaya Anteraja karena memang belum pernah alami seperti ini. Pernah ada paket tidak sampai ke pembeli pun diretur dengan baik dan selamat ke saya. Jadi kalau sekali lagi paket saya memang hilang, saya mau minta ganti rugi penuh dari pihak Anteraja. Terima kasih.

Denik Madia Ningsih
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Shopee dan Anteraja Tidak Bertanggung Jawab atas Masalah Pengiriman dan Sangat Merugikan Pihak Seller

  • 20 April 2023 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Rumben Admin lolos tidak mencantumkan screeenshot harga pembelian atau penjualan barang pada tulisan di atas.

    1
    1
    • 21 April 2023 - (05:45 WIB)
      Permalink

      Mungkin admin ada pertimbangan lain.. saya nulis ini thl 14 April dan baru ditayangkan 20 April.. ya mungkin juga karena banyak pengajuan surat ..jadi kelewat..hehe

    • 21 April 2023 - (05:40 WIB)
      Permalink

      Nah terkait asuransi ini pun agak aneh.saya baru inget bahwa produk dengan nilai diatas 100rb sudah saya daftarkan program asuransi. Ya karena saya sebelumnya pernah alami produk 150rb hilang cm diganti 90rb.
      Di surat Saya bilang hanya shopee express karena saat saya ada masalah pengiriman ini, saya cek di riwayat transaksi detail keterangan biaya premi dan juga label produk diansuransikan hanya ada pada transaksi yang dikirim pakai shopee express pada posisi paket proses kirim, sedangkan yang pakai anteraja aja itu tidak ada info biaya premi nya hanya ada biaya admin saja juga tdk ada label diasuransikan.
      Nah baru kmrn nih saya tahu bahwa yang pakai anteraja ini biaya premi baru ketahuan ada saat transaksi selesai , dalam hal ini status transaksi gagal kirim jadi masuk dibatalkan. Trus ada kompensasi paket hilang yaitu dana 90rb dikurangi 0.5% biaya premi. Lalu di riwayat pengembalian dana itu baru ada info bahwa jika penjual aktifkan asuransi untuk pengajuan klaim sedang diproses. Sebenarnya saya sudah pernah tanyakan juga status kiriman saya ini tapi cs shopee ga bisa menjelaskan juga ga ada tuh kasih link diatas terkait program asuransi, jadi setelah teelanjur menulis surat di mediakonsumen ini , dan kemudian baru ada info bahwa pengiriman ada asuransinya maka saya mencari tahu sendiri dan mempelajari sendiri bgmn sistem pengembalian dananya , menurut info jika hilang ada 2 kali tahap pengembalian. Ribet sih dan masih merugikan penjual secara immaterial .. ya mudah2an ga banyak lagi seller yang alami paketnya hilang.

      • 21 April 2023 - (09:56 WIB)
        Permalink

        Cek di detail pesanan, dibagian barang yang dibeli buyer ada tulisan warna hijau “insured”. Mau pake kurir apapum ttap ada keterangan ini.

        • 21 April 2023 - (12:01 WIB)
          Permalink

          Ya ini mksd saya, kalau yg pake shopee express itu ada label diansuransikan alias insured di detail pesanan walau status masih dalam pengiriman, nah kalau yang pake anteraja baru muncul pas transaksi gagal kirim dan masuk kategori transaksi dibatalkan. Waktu masih pengiriman itu ga ada label/keterangan insured , juga biaya premi ga ada di detail. Beda sama kalau pake shopee expres

          • 21 April 2023 - (12:13 WIB)
            Permalink

            kalo di saya sih semua pesanan muncul . mau kurir apapun juga tetap ada label insured

          • 21 April 2023 - (12:48 WIB)
            Permalink

            Nah agan star seller atau mall kali ya, saya seller biasa aja..hehe kali pengaruh..

  • 28 April 2023 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Kalo paketnya dinyatakan rusak, ga ada penggantian apapun. mustinya kalo broken, di balikin ke seller

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Shopee dan Anteraja Tidak Bertanggung Jawab atas Masalah Pengiriman da…

oleh Denik dibaca dalam: 1 menit
10