Tolong Operator, Segera Fungsikan BTS-nya!

Waktu saya kelas dua SMP, tepatnya tahun 2013, kurang dari 1 KM dari rumah saya ada pembangunan menara tower komunikasi, karena di wilayah tersebut tidak ada layanan operator yang melayani, baik Telkomsel, Indosat maupun XL.

Namun, sampai sekarang tepatnya April 2023, hampir sepuluh tahun sinyal yang saya harapkan menjangkau rumah saya tidak kunjung bagus. Harapan bahagia dengan adanya pembangunan tower sharing tersebut tidak kunjung membuat layanan operator yang diharapkan prima, tidak juga bisa dinikmati.

Perangkat yang terpasang di BTS tersebut entah milik operator apa, soalnya tidak ada kabel listrik yang menyambung ke tower tersebut, sehingga tidak mungkin Tower tersebut berfungsi dan memancarkan sinyal, padalah antena dan perangkat BTS di bawah tower lengkap.

Sebagai informasi, Tower Sharing tersebut berada di Kp. Gadog, RT 12/02, Desa Bojong, Kec. Kalibunder, Kab. Sukabumi.

Bagi operator yang membaca tulisan ini, dan mengakui itu perangkat BTS miliknya, mohon segera cek ke lokasi dan segera fungsikan, karena kami di sini sangat butuh dilayani dengan optimal, karena di wilayah kami tidak ada satupun operator yang dapat melayani.

Terima kasih.

Denden Maulana
Kec. Kalibunder, Kab. Sukabumi 43185

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Tolong Operator, Segera Fungsikan BTS-nya!

  • 26 April 2023 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Dari bentuk towernya seperti kepunyaan PT. Tower Bersama Infrastructure.

    Kalau bangunannya sdh lama tp blm ada satu Opr-pun biasanya terkendala biaya sewa blm ketemu kesepakatan.

    Kalau mau ‘nakal’ dikit demi mendapatkan sinyal sih mending masang repeater & penguat sinyal 4G/5G. Ada yg sertifikasi kominfo ada jg yg tidak. Kalau unitnya sertifikasi ya agak mahal sih dibanding uncertified.

    Fyi, kalau beli yg uncertified tidak disarankan karena nanti dikhawatirkan akan mengganggu sinyal yg lain. (Padahal blm pernah kejadian). Nanti suka ada screening dari BRTI pake mobil yg diatasnya ada antena muter-muter..

    Jd kesannya inget seperti jaman dulu lagi kalau masang pemancar 2 meteran musti berijin ke ORARI atau RAPI. Gak ada ijin itu perangkatnya disita ? (nah yg ini sy pernah ngalami)

    7
    1
  • 27 April 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Coba deketin ke towernya mas, biasanya ada plat site identitas nya milik siapa. Kalo ga ada, bisa dikonsultasikan ke Kominfo daerah setempat. Semoga cepat teratasi, sayang juga sdh 10 tahun tp tidak maksimal.

  • 27 April 2023 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Tapi itu kaya ada kabel listrik yang tersambung ke tower, lagi pula Yang di sebutkan di atas cuma TSEL, ISAT sama XL,,, coba kalau pakai SF,

  • 29 April 2023 - (13:28 WIB)
    Permalink

    Coba tanya RT/RW atau kades setempat, biasanya pengadaan tower ada ijin. Unik juga 10 tahun belum difungsikan. Apa ga tekor itu yang punya tower.

  • 2 Mei 2023 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Weleh weleh kok bisa ya….bila dilihat dari model tower nya itu punya TBG dan lihat pondasi bts nya itu XL….kendala nya entah dimana klo baca 10tahun tidak ada fungsinya kemungkinan di perijinan atw lawan towernya memang dri dulu tidak dibangun/tidak jdi dibangun alhasil tidak ada yg bisa nembak ke tower tersebut…coba dikordinasikan sama Kominfo setempat kang,,saya jga tukang kuli tower klo kasusnya seperti itu blm prnh dapat selama saya ikut2 jdi kuli apalagi klo tanahnya sewa karena akan tetap ada yg maintenance setiap ada kendala apapun apalagi ini 10tahun disfungsional,agak aneh posisinya….

  • 3 Mei 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Itu bukan tower seluler dan tower seluler kabel listrik PLN itu pungsinya hanya mengecas batre saja karna semuah perangkat menggunakan inverter besar jadi memang g ada kabel bila di desa ter pencil mereka pakai genset setiap 6jam hidup genset nya buat ngecas

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Tolong Operator, Segera Fungsikan BTS-nya!

oleh DENDEN dibaca dalam: 1 menit
11