Penagihan Kredivo dengan Cara Membuat Onar

Kepada Yth. Kredivo,

Melalui media konsumen ini saya ingin mengadukan perihal penagihan DC Kredivo yang sudah melampaui batas dengan cara kekerasan, intimidasi, pengancaman, dan membuat onar keributan di tempat kerja dan di rumah saya.

Pada tanggal 22 Maret DC Kredivo yang bernama Sir**** mendatangi tempat kerja saya dengan berpura-pura sebagai driver gojek yang mengantar paket, setelah itu dia mengatakan kepada semua rekan kerja saya bahwa saya mempunyai tagihan di Kredivo dengan nada bicara yang keras serta ancaman yang mana membuat pelanggan yang berbelanja di toko tempat kerja saya menjadi tidak nyaman.

Tiga hari berikutnya dia datang kembali dan langsung masuk ke toko menghampiri saya dan menarik ID Card saya, dengan alasan memastikan itu benar saya. Ketika saya protes dengan caranya, dia berteriak bahwa hutang harus dibayar lunas hari ini.

Saya ajak dia keluar toko, saya katakan bahwa saya belum ada uang dan nanti seperti biasa di akhir bulan pasti ada pembayaran masuk. Tetapi dia tidak mengerti dan malah semakin menjadi dengan berteriak teriak mengancam, bila tidak dibayar hari ini dia menantang untuk berkelahi dengan tanda tangan di atas materai agar tidak ada tuntutan bila ada korban nyawa setelah perkelahian.

Setelah itu dia menelepon teman-temanya untuk datang. Ketika teman-temannya datang, dia semakin beringas mau memukuli saya dan berbuat onar mengamuk sampai naik ke atas tembok samping toko yang menjadi pembatas jalan umum.

 

Berikutnya pada tanggal 18 April datang kembali DC Kredivo yang bernama Lo** ke rumah saya. Saya katakan bahwa saat ini saya belum ada uang dan saya masih ada itikad baik, dengan membalas chat juga riwayat pembayaran di setiap akhir bulan. Tetapi dia malah mengancam saya juga berteriak mengamuk membuat onar, sampai semua tetangga saya satu gang keluar semua dikarenakan keributan yang sangat mengganggu. Sampai dia berteriak dengan membentak ibu saya yang sudah jompo berumur 70 tahun.

Apakah seperti ini SOP penagihan Kredivo? Yang katanya resmi berizin OJK, tetapi dalam penagihan DC tidak dilengkapi ID Card, surat tugas juga sertifikat profesi dan disertai ancaman, intimidasi, kekerasan sampai membuat keonaran. Terlebih dilakukan di bulan Ramadhan di saat orang sedang melakukan ibadah puasa.

Apakah harus menunggu sampai ada perkelahian, pertumpahan darah dan viral sehingga pihak Kredivo sadar akan kelakuan DC mereka? Karena saya juga manusia yang mempunyai harga diri dan emosi.

Sekarang saya putuskan untuk stop bayar dan saya akan menunggu proses hukum, karena pihak DC Kredivo sudah melakukan kekerasan, ancaman, keonaran, yang mana semua itu sudah masuk unsur pidana. Pihak Alfamart tempat saya bekerja juga akan melaporkan ke kepolisian karena DC Kredivo sudah membuat keonaran, sehingga pelanggan dan UMKM yang menyewa lahan Alfamart tidak nyaman dan aman.

Semua ada rekaman CCTV, video, saksi yang menjadi bukti penguat laporan kepolisian. Saya tunggu tanggapan pihak Kredivo dan untuk Media Konsumen saya ucapkan terima kasih.

Angga Pratama
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Angga Pratama

Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf atas pengalaman tidak menyenangkan yang telah Bapak Angga Pratama alami, sebagaimana disampaikan dalam surat konsumen...
Baca Selengkapnya

221 komentar untuk “Penagihan Kredivo dengan Cara Membuat Onar

    • 29 April 2023 - (06:01 WIB)
      Permalink

      Nagih kalo tgl 20 sampai akhir bulan,DC ga berhasil dpt target ngelunasin ga dibayar,pasti ngancem dan intimidasi ,takut nunjukin idcard dan surat tugas,karena gapernah sesuai yg ada dalam aturan kredivo ,yg dimana nasabah memiliki tunggakkan lebih dari 60 hari baru dilakukan penagihan lapangan.
      Jadi saran saya jgn takut minta bukti surat tugas dan idcard bila perlu di foto,dan jgn terlalu jujur akan kondisi kita karena DC ga perduli,fokus kan pembicaraan pada aturan yg ada pada kredivo

      63
      1
        • 29 April 2023 - (16:52 WIB)
          Permalink

          Aku juga udh eneg banget sm kredivo…baru telat 1 minggu aja di tagih dgn kata2 yg ga sopan..intimidasi. kalo ada uang utk byr pasti di byr…ga perlu pake kata2 yg mengintimidasi. Udh lama banget pengen aduin DC nya kredivo…udh kek mafia. Kasar sekali

          31
          4
          • 30 April 2023 - (16:54 WIB)
            Permalink

            DC yang begitu itu kayaknya ga punya dasar agama,..
            Padahal setiap ucapan,perbuatan akan di dimintai pertanggung jawaban dihadapan Tuhan.
            Ingat ada pengadilan yang Maha adil setelah didunia ini.

          • 1 Mei 2023 - (01:01 WIB)
            Permalink

            DC kredivo memang semena2 blm hari nya sudah ada intimidasi,kata2 nya ga bisa diterima,sdra saya aja sudah pernah jadi korban para preman kredivo,ini yg komentar bela DC udah jelas para preman debt collector atau orang kredivonya

      • 29 April 2023 - (16:28 WIB)
        Permalink

        Ngeri bener ya kalau masalah hutang…
        Ditagih malah ngajak ribut ga malu apa ya punya hutang satu kerjaan sama satu rt pada tau…kerja di alfa dapat gaji sudah pasti kenapa bisa sampai gagal bayar ( gpp gagal bayar wong q pintar bicara hukum berani hadapin colektor )apa tidak di kondisikan pengeluaran serta pendapatannya…negri konoha memang aneh…coba dibalik gmn ya kita minjemin uang ke temen ato saudara terus ga bayar di tagih tiap bulan tiap minggu alasan saja..mau bayar tapi seenaknya dia ngasihnya berapa….resiko hutang piutang ???

        35
        82
        • 29 April 2023 - (16:54 WIB)
          Permalink

          Y klo telat berbulan2 ok lah mereka marah2…lahh bru 1 minggu udh ga enak bahasanya…siapa yg ga kesel ?

          • 29 April 2023 - (18:32 WIB)
            Permalink

            Media konsumen paling banyak pengaduan tentang Hoetang

            0
            5
        • 29 April 2023 - (21:33 WIB)
          Permalink

          Siapa yg ngajak ribut?? Justru dc itu sendiri yg ngajak ribut dan sengaja buat onar memaksa dan mengancam. Kan beberapa dc sebelumny asyik2 aja malah ngasih solusi pembayaran minimum & itu ada histori pembayaran. Trus dr mana bs dibilang gagal bayar tapi msh ada histori pembayaran?? Emang ada aturan dr ojk penagihan ditempat kerja, emang ada aturan dr ojk menagih tanpa id card, surat tugas jg sertifikasi.

          24
          1
        • 30 April 2023 - (08:33 WIB)
          Permalink

          Bukan ngajak ribut itu. DC nya pakai etika yg baik klo kunjungan bukan bikin onar, itu nasabah ada itikad baik. Paham gak sampai disini bro?

          1
          1
        • 30 April 2023 - (11:03 WIB)
          Permalink

          Ngeri iya, DC kan maha segalanya salut sama DC.sunguh mulia para DC .mestinya pemerintah jadikan para DC SBG garda, mereka pintar lho, semngat kerja bagus.hebat tuh DC aplagi yg keras keras Cocok JD polisi atau tentara.yakin para DC org bersih ,mereka tidak punya masalah keuangan,mereka udh mapan.
          Mkanya nagihnya konsisten..profesional,dan teamnya bagus lho.?????
          Keren DC , cocok jadi orator hutang tuh.
          Sabar pak,emang DC maha kuasa pak, maha segalanya lho pak.

          3
          3
          • 30 April 2023 - (17:05 WIB)
            Permalink

            Oh iya cocok banget buat diajak adu ilmu..
            Jadi bagi yang sedang mempelajari ilmu kanuragan silahkan coba ilmu nya ke DC.

        • 30 April 2023 - (17:02 WIB)
          Permalink

          Dengan ribut apa bisa selesai masalah..?
          DC ngajak ribut, emangnya dengan ribut bisa selesai? Apakah kredivo mempunyai aturan kalau ditagih susah mesti duel? Kalau DC menang hutang lunas gitu? Kalo yang meminjam menang,lunas juga gitu?
          Kalau memang ada aturan se

      • 30 April 2023 - (00:32 WIB)
        Permalink

        Cb email ke afpi kirim bukti chat, foto saat buat onar. Dan telpon ke kantor AFPI krna prosedur nya dc sudah dilatih dgn baik oleh AFPI agar kena sanksi, dan buat lgsung aja laporan ke kepolisian, makin keras DC semenjak ada yg back up pengacara si nganu kmrn yg rampas mobil. lgsung email aja ke afpi nya cek di google

      • 30 April 2023 - (19:27 WIB)
        Permalink

        Tagihan kredivo mau kecil mau gede nagihnya kaya orang gila, gw jg ngerasain sampai dibilang buat nemuin lo masalah gampang, karena ini wilayah gw, laporan ke kredivonya jg tanggapannya cuma begitu , tp yg punya nyawa kan kita, dan dia ga ada tanggung jawabnya sama sekali, bukan cuma sekali tp gw dua kali di tagih dengan cara kasar

    • 29 April 2023 - (11:46 WIB)
      Permalink

      Saya kira cm saya aja yg d gitukan sm DC kredivo, saya malah sdh ksh bukti ke kredivo foto dll tp 12 hari mereka bilang tidak ada pelanggaran sop penagihan

      • 30 April 2023 - (04:28 WIB)
        Permalink

        Berarti SOP kredivo sendiri yang sampah. Mungkin SOP mereka bunyinya “DC lapangan harus membuat onar Dan membuat susah hidup si peminjam dengan menuturkan kata kata kasar Dan ancaman”

      • 30 April 2023 - (17:12 WIB)
        Permalink

        Coba kirim ke OJK,AFPI,mekopolhukam, kalau perlu kirim juga ke bapak presiden kita, kalau ga berhasil juga,harap bersabar Dan kirim keluhan kepada Tuhan saja..

    • 29 April 2023 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Klo pihak DC sdh rusuh kaya gtu GK usah di bayar ramein aja sekalian..kebanyakan DC² bgtu cuma berani gertak aja..

      26
      2
      • 30 April 2023 - (07:23 WIB)
        Permalink

        Lucu juga ya, kalau pinjem ya harus di balikin, resiko BI Ceking, ndk bisa ambil kredit(motor atau rumah) atau hutang di Bank BUMN, jangan hanya karena hutang, nama jadi jelek di bi.cheking.

        4
        10
    • 29 April 2023 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Kita pihak yg berhutang juga dilindungi UU perlindungan konsumen, kalo sdh meresahkan ranahnya pidana , viralkan saja karena kalo ga viral hukum ga akan bergerak…apalagi ada kata2 mau bunuh segala…ga pake lama bikin laporan trus viralkan , bikin tembusan ke pihak kepolisian dan TNI….

      17
    • 29 April 2023 - (21:16 WIB)
      Permalink

      Sudah bukan rahasia umum,cara kerja perusahaan kredivo dalam mendidik DC ny tidak manusiawi.selalu bar bar dalam menagih nasabahny.1 nasabah bisa di handel 5-7 orang DC dlm menagih..kayak gini OJK masih tinggal diam.DC barbar gini di Banggakan oleh OJK.

      Klo sudah ada tindakan intimidasi stop bayar,GK usah di bayar.klo bikin onar,lapor polisi dgn bukti vidio.jgn takut sama DC,mereka juga sama2 makan nasi.untuk para DC,kerjalah sesuai SOP yg di terbitkan oleh OJK,jgn seenak jidat anda mengintimidasi nasabah yg Lom mampu bayar.ingat,anda jg punya keluarga,gmn klo posisi keluarga anda di intimidasi sama DC lain???

      17
      1
    • 30 April 2023 - (00:30 WIB)
      Permalink

      Hehehe…. Ada debt kaya gitu ya?… Fix ga usah bayar, lapor polisi, tempuh jalur hukum, minta bantuan LBH untuk tutup itu kredivo. Dah begitu aja. Anda masih bocah dan di pandang takut hahahahaha….. Itu buruaaan polisi kawan, sang jendral sudah berpesan ” tidak boleh ada lagi tindakan premanisme di Jakarta. Titik !!!!.”. Selamat berjuang kawan hahahahahahahaha… Kalo Ampe debt minta maaf alasan khilaf terus tuntut jalur hukum. Kalo sampe di maafkan Anda mendukung premanisme hihihihihi,,, hahahahahahahahahahahahah… Kocaaaaak

    • 30 April 2023 - (00:45 WIB)
      Permalink

      Laporin aja ke kantor polisi terdekat, itu sudah sangat meresahkan. Biar DC bisa tobat, ada efek jera nggak seenaknya nagih dengan ancaman n intimidasi, konsumen sudah sangat dirugikan dengan hal itu !

    • 30 April 2023 - (07:58 WIB)
      Permalink

      Benar sekali ini, kasus yg saya alami malah lebih parah, akun saya di hack oleh orang yang mengaku dari pihak kredivo dengan menggunakan akun email kredivo ofisial dan berdalih mengatakan bahwa di akun saya ada tqgihan ganda dan perlu di klarifikasi, eh tau nya tiba2 di akun saya ada tagihan baru / liar yang saya tidak kenal, padahal saya tdk pernah melakukan transaksi tersebut, tapi pihak kredivo tidak perduli dengan masalah itu, meeka tetap saja memaksakan tagihan itu ke saya, pdhl klo di crosscheck secara fisik pun tdk akan ada bukti bahwa saya melakukan transaksi tersebut.

      • 30 April 2023 - (21:59 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama akaun kredivo saya di hack sama penipu jadi ada tagihan belanja d shopee dengan padahal saya tidak belanja apa2 ,jadi bingung masa saya harus bayar yang gak pernah perbuat,gmn solusinya yah.apa biarkan saja gak usah dbahar saya udah laporan ke OJK dan Polsek terdekat mengenai hal tersebut ke pihak kredivonya juga langsung laporan tapi ya gitu tanggapanya harus dibayar,harusnya kan pihak kredivo bertindak atas kejadian tersebut ini dan anehya penipu itu tau no saya darimana saya punya akun kredivo,?

    • 30 April 2023 - (08:52 WIB)
      Permalink

      paraah,
      sebisa mungkin hindari pinjaman atau kredit online, apapun itu lips service didepan

    • 30 April 2023 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Saya juga Baru saja 2 minggu ini mengalami Hal yang sama, ribut di rumah gak sepakat diajak ke kantor.
      Saya mausk kantor udah sikepung 6 debt collector diintimidasi sampe isteri saya nangis. Harus bayar 5 jt Buat dp Dan sisanya akhir bln
      Cara nya ini yg Buat saya sangat tidak nyaman Dan main keroyok,kalo 1 vs 1 bunuh bunuhan ayok aja kalo saya,tapi cara pengecut Dan disekap seperti ini yang saya gak suka. Akhirnya saya bisa keluar dgn diikiti oleh mereka Dan akhirnya saya bs lepas Dari mereka.
      Tindakan ini tidak bisa ditoleransi krn caranya yang bikin orang sama sekali tidak nyaman.
      Ini terjadi di surabaya,kantornya ada di jl.purwodadi 2 nomor 37

    • 30 April 2023 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Kalau menurut gw pinjol emang ngga ada otak.biasanya gw bayar tepat waktu sebelum jatuh tempo .eh belum telat sehari udah ngancem2 segala pakai bahasa kebun binatang segala cuma tagihan 100.000an pakai ngancem2 .gaya nya norak

  • 28 April 2023 - (18:00 WIB)
    Permalink

    Rutin bayar kok masih ditagih, bayare bener ora kui 😀 mencurigakan. tp bosen lah alur ceritanya mudah ditebak, yg beda disini cuma tdk ada covid dan pandemi.

    10
    41
    • 28 April 2023 - (19:18 WIB)
      Permalink

      disitu penulis komplen cara penagihannya kalau penagihanny kayak gitu wajar penulis komplen.
      lagian penulis sudah kooperatif.
      penagihan yg di terangkan OJK bukan keroyokan, mempermalukan, bentak sana sini.apalagi gak sopan ama Lansia.
      ini sama sangarnya kayak oknum DC Kredit pintar yg pernah viral di MK

      43
      2
      • 28 April 2023 - (20:12 WIB)
        Permalink

        Logikanya : Kalo rutin bayar dan gak lewat jatuh tempo pasti gak akan di tagih DC, Paham.!!!!
        TS cuma cari pembenaran diri sendiri tanpa menunjukkan akad pinjaman dan Jatuh tempo pembayaranya, dan hutang itu tidak cukup hanya dibayar dg iming “Itikad Baik” mau membayar

        21
        126
        • 28 April 2023 - (21:58 WIB)
          Permalink

          km gak baca judul dan isi artikelnya ya.dia komplen masalah penagihannnya.makanya baca ampe habis.
          PAHAM!!!!!dia masih ada niat bayar bukan mau galbay atau pun mau kabur kek maling!!
          dia komplen krn sudah di permalukan bertubi2 dan Dc sudah membuat keributan di publik.
          sanksi sosial sudah terima penulis dengan dipermalukan di tempat kerja dan lingkungan rumah.
          entr jg si kredivo klarifikasi.dan TS pasti tetap harus bayar meski sudah dipermalukan.

          44
          5
          • 29 April 2023 - (07:58 WIB)
            Permalink

            Alhamdulillah sy dpet dc kredivo yg ramah2… Berkali kali ganti dc kredivo nya yg nagih tpi sopan2 bngt.. Malah bertmn sampe skrng di wa

            6
            2
        • 28 April 2023 - (23:04 WIB)
          Permalink

          Saya memang ada jatuh tempo keterlambatan, tetapi saya tdk kabur dan msh ada itikad baik utk melunasi dgn berusaha membalas chat, juga itikad baik riwayat pembayaran di setiap akhir bulan, bukan sekedar kata2 iming2 itikad baik,, PAHAM!!!! akad pun dibuat mengacu pada ketentuan aturan hukum aturan dr ojk yg mengatur masalah keterlambatan, macet kredit,, ya sudah kalo emang begitu ikutin aja alurnya dan saya pun siap akan segala konsekuensi hukum yg berlaku.
          Disini sy bukan mencari pembenaran diri ataupun pembelaan. Karena sblmny beberapa dc yg datang pun baik2 mengerti dan sy ikuti saran utk melakukan pembayaran minimum. Bahkan setelah kejadian penagihan dgn cara membuat onar ditmpt kerja pun msh sy bayar krn memang sy ada niat utk melunasi. Tapi krn ini berulang kembali ketika penagihan di rmh saya dgn cara membuat onar sampai ibu sy yg sdh jompo 70 tahun dibentak, padahal beliau cuma bertanya ada apa ribut2 dibulan puasa. Hal inilah yg tdk bisa sy terima.
          Disini Saya hanya mengajukan protes & tanggapan dr pihak kredivo yg mengklaim legal terdaftar & diawasi ojk, tetapi melakukan penagihan keluar jauh dari aturan cara2 yg sdh ditetapkan ojk. Semua bukti cctv, video, chat, riwayat pembayaran semua sy ada.

          51
          3
          • 29 April 2023 - (11:56 WIB)
            Permalink

            Hutangnya sama ojo aja om. Jangan sama kredivo. Komplain jadi enak. Kredivo dikomplain ditanggapi kalo anda byr lancar atau telat hari. Klo sdh ganti kolektor brrti niat bayar semaunya. Utang sama saudara atau teman om. Biar byr nya bsk kalo dapat nomor buntut

            4
            14
          • 29 April 2023 - (17:49 WIB)
            Permalink

            Nanti pihak kredivo minta maaf dan klarifikasi serta bilang itu bukan prosedur yg ada pada pihak kami,mba jgn goyah lanjutkan ,DC kredivo memang banyak yg kasar cek dimedia konsumen sptnya mereka memang mengutus preman buat tagih.jgn goyah ,tetap berani ,krn saya pun pernah diancam oleh pihak kredivo yaitu karyawan kredivo sendiri,dgn cara mengirim DC,tp saya tantang,klo sempat bikin onar saya lapor polisi dan ojk,akhirnya mereka ga berani kirim DC.maju terus jgn takut

          • 29 April 2023 - (06:33 WIB)
            Permalink

            Sy juga jd korban dc kredivo, sdh dipermalukan dcnya koar² ke tetangga nominal keseluruhan hutang yg belum jatih tempo juga disebutkan semua, trus nunjukkan foto saya ke tetangga seakan saya ini buronan. Kredivo perusahaan besar, tp dc²nya kayak ilegal kayak preman ga tau aturan ga tau bahasa yg disampaikan oleh nasabah. Dimana² nasabah itu juga ga keenakan punya hutang apalagi ditagih sm dc tp gimana lagi kondisi sdh sulit sdg bertahan juga ditengah kesulitan eh dcnya makin memperburuk mental nasabah. Sy juga masih simpan buktu chat dan rekaman saat dc maksa bayar.

            12
            3
        • 29 April 2023 - (03:43 WIB)
          Permalink

          Lapor kan saja itu DC nya biar kapok dan gak buat gaduh lagi dan gak perlu nunggu ABCD lagi.

          17
          • 29 April 2023 - (09:52 WIB)
            Permalink

            Dc itu lembaga sendiri bkn sih? Apaa g mengacu k lembaga DC nya jg y? Saya jg pernah dteror dc kartu kredit cimb, dteror d kantor g tau dpt dr mn tlp kntr, padahal saya cm kondar, saya udah bilang akan saya sampaikan ttp g mau tau & g mau nutup tlp, pas saya g druangaan masan tmn dipaksa manggilin. Mbok ya yg sopan nanti tlp lg kan bisa. paas saya tanya yg ngutang katanya g da yg cr dia, jd targetnya mengintimidasi n buat rusuh kondar.. Pdhl kondar g ikutan ngutang

        • 29 April 2023 - (07:16 WIB)
          Permalink

          Lapor polisi udah sangat bagus dan itu udah dianjurkan pihak kepolisian , karena aparat sudah mengatakan akan memberantas depcolector dan yg menyuruh, jadi pemerintah sudah gerah sama rebtenir dan kacung kacung penjilat nya!! kalau gw jadi lu, udah gw ikat dan tunggu pihak kepolisian datang baru gw lepas, minimal muka gw di pukul biar ada bukti kekerasan, jadi kalau mau damai minta minimal puluhan juta buat ganti rugi, dan itu orang akan trauma buat kedepan nya kalau mau jadi sok jagoan

          27
          1
        • 29 April 2023 - (08:03 WIB)
          Permalink

          Kau DC ya, sukanya sama kekerasan. Sudah jelas ada aturan penagihan itu ada prosedur-nya. Tidak boleh memakai kekerasan, ancaman atau intimidasi. Ini sudah melawan hukum namanya. Yg jelas preman yg datangi anda itu bukan karyawan resmi Kredivo. Tapi preman asli yg disewa sama Kredivo. Anda sudah punya bukti, lapor ke pihak berwajib kalo sudah ada kekerasan sama ancaman segala. Ga usah takut, ini negara hukum bukan negara punya preman.

          25
          1
        • 29 April 2023 - (09:07 WIB)
          Permalink

          Ini pasti salah satu dc..
          Kalau udah dilaporkan ke polisi,pada tunduk semua itu dc..
          Dc yg melakukan penagihan dengan sebar data,ancaman harus di laporkan ke polisi langsung..

        • 29 April 2023 - (10:04 WIB)
          Permalink

          Cara penagihannya yg kurang ajar.jgnn2 anda ini komplotan orang-orang itu ya.coba nagih ke rumah sy spt itu, pulang! kaki lu tinggal sebelah.?

          12
          1
        • 29 April 2023 - (20:09 WIB)
          Permalink

          Gak bisa baca yg bener jangan komen pak, disitu cara kacung penagih itu yg gak sopan….yg jadi masalah nya itu

        • 1 Mei 2023 - (11:41 WIB)
          Permalink

          Ini dia salah satu binatang yg lahir dr lubang pantat. Udah sinis, ngegas duluan, tapi buta huruf. Logika logika pala lo.

          Kenyataannya memang begitu, injol itu nagih dengan kata2 ga enak bukan hanya karena terlambat, Udah banyak kok pengalaman bayar rutin belum telat tp ditagih. Logis ga? Tp realita bos

        • 1 Mei 2023 - (18:33 WIB)
          Permalink

          Logikanya kau ga punya adat istiadat dalam penagihan, kau manusia apa bukan??? Giliran di BUI atau meninggal ditempat gmn kau??? Aturan ko buat sendiri…gmn keluarga kau yang ditagih seperti itu, ingat, kau punya keluarga DC, mungkin tidak k anda karma tersebut, mungkin bisa ke Anak, istri, orang tua yang akan merasakan hal yang sama kalau seperti itu. Mikir

        • 2 Mei 2023 - (03:24 WIB)
          Permalink

          @Hayya loe pasti DC kan ? Krn apa dri gaya bicara loe udh seperti orang sombong dan orang perkasa. Inget ya di atas langit masih ada langit bro, biasa dimana” DC itu songong ya..

      • 28 April 2023 - (21:24 WIB)
        Permalink

        Semoga segera dpt membayar tunggakan nya dan rejekinya selalu lancar serta di mudahkan segala urusannya.

        28
        1
  • 28 April 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    bang angga sdh pernah diskusi dgn kredivo blm, kalau bayarnya disesuaikan kemampuan? karena pembayaran sudah tertulis dalam kontrak pinjam-meminjam, tidak bisa tiba-tiba diganti satu pihak cara/nominal pembayarannya.

    kalau saya tangkap di situ akar masalahnya, maaf apabila salah.

    6
    3
    • 28 April 2023 - (20:32 WIB)
      Permalink

      Biasa lah, mental pengutang yg post keluhan di sini kan rata” begitu. Kalau bisa bayar menurut kemampuan dan itikad baek, semua orang bisa cicil/punya rumah. Percuma kontra/nasehati mereka ini, pasti “temen” yg belaen juga banyak. Bawa” harga diri pula. Kalo bagi saya, harga diri itu kalo omongan/janji bisa dipegang, bukan orang yg ngutang trus tar-sok dan berlindung dibalek “kalo tagihnya kasar, saya ngga perlu bayar”. Padahal memang kenyataan ngga punya uang buat bayar sesuai kesepakatan, sengaja tunggu dibentak DC dan ditagih kasar… Kan aturan nya kalo sudah begitu, ngga perlu dibayar. Pinjol illegal juga kan konon ngga perlu dibayar, jd ya ajuin aja sebanyak mgkn, berlindung dibalek “aturan”. Kalo saya sih menjunjung tinggi hidup tenang, dan dari kecil didikan keluarga bagus, bisa pegang prinsip, ngga bisa seperti itu. Beda orang beda caranya untuk penuhi kebutuhan.

      16
      70
      • 28 April 2023 - (23:20 WIB)
        Permalink

        Semua punya aturan kawan.. para DC gak boleh membabi buta.. ikuti aja rulesnya dari OJK..

        10
        1
        • 29 April 2023 - (08:05 WIB)
          Permalink

          Mana paham om para DC itu aturan dari OJk. Taunya cuman kekerasan doank di otaknya. Giliran ditangkap polisi, bilangnya dizholimi.

          12
          3
          • 29 April 2023 - (12:00 WIB)
            Permalink

            Paham kok mereka. Kalo g ada yg byr telat mereka g kerja

      • 29 April 2023 - (00:09 WIB)
        Permalink

        Sudah syah laporkan ke Pihak berwajib dan OJK.
        1. Menagih dgn kekerasan, mempermalukan Debitur
        2. Orang lain jadi sasaran makian
        3. Memaksa melunasi, padahal kemampuan belum ada.
        4. Tanpa identitas DC, ijin dll

        Penagih harusnya menyampaikan informasi keluhan Debitur dan beri solusi kemudahan.

        Sudah saatnya kita semua Meninggalkan Budaya Kreditan, kasih tahu semua orang2 terdekat kalian.
        Legal tapi penyelesaian seperti Lintah Darat. Sekalipun org mampu bayar tiba2 kena musibah, akan diperlakukan sama seperti itu.
        Penindasan demi penindasan terbuka borok praktek penagihan dgn cara seperti itu, Debitur beda2 kalo Debitur masih bisa bayar artinya Niat Bayar tapi harus diberikan solusi kemudahan, bukan bikin masalah baru.

        27
        • 29 April 2023 - (03:57 WIB)
          Permalink

          sudah tepat yg anda lakukan kak,buat apa dibayar klo sdh diberlakukan spti itu,dc yg ikut koment kepanasan pasti disini.siap2 nangis dan minta maaf dc nya setelah proses hukum,,mantapkan buat galbay kak ky saya bodho amat orang mau ngomong apa,toh dc2 itu juga diam2 galbay?????

          16
          2
          • 29 April 2023 - (08:07 WIB)
            Permalink

            Jadi ingat kasus selebgram yang nunggak bayar cicilan mobil sampai viral. Begitu viral pada kabur DC-nya ke Indonesia bagian Timur. Wkwkk, Ini kalo dah rame yakin tuh para DC langsung pada ngumpet atau kabur ke kampung halaman. Beraninya keroyokan, giliran berhadapan sama hukum langsung kabur ?

            14
        • 29 April 2023 - (06:47 WIB)
          Permalink

          Betul mas..mungkin untuk saat ini yg ada di pihak DC.keuangan mereka lagi di atas.kita tdk tau kedepaannya ada hal apa yg akan terjadi di kemudian hari dengan keuangan kita?

      • 21 Juni 2023 - (19:35 WIB)
        Permalink

        tapi kayanya orang tua anda lupa buat didik anda supaya tidak menggunjing urusan orang lain.
        oh iya belajar nulis kata yang bener dulu ya pak di “balik” bukan “balek”.
        sekolah berapa tahun emang ?
        nulis kata aja belum benar hehe

    • 28 April 2023 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Simak2 baik chat sy dgn dc, saya itu memang ada keterlambatan. Tapi sy itu tdk kabur ada itikad baik utk melunasi, sy selalu respon chat jg selalu ada riwayat pembayaran di setiap akhir bulan walaupun dgn minimun pembayaran sebagaimana yg disarankan dc sebelumnya yg menagih dan kunjungan kermh dgn cara sopan baik2. Disetiap bln dc itu selalu dirolling berbeda org dlm penagihan dan kebetulan sy mengalami 2 kali penagihan mendapatkan dc yg tdk tau aturan menagih langsng dgn paksaan, intimidasi, ancaman jg tdk dilengkapi identitas jg sertifikasi sbg syarat penagihan.

      18
      2
      • 28 April 2023 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Maaf bang emngny dh telat brpa bulan smpe di dtengin dc soalny sya jga pnya sngkutn nh di kdivo jdi dag dig dug ser

        • 29 April 2023 - (06:50 WIB)
          Permalink

          Saran dari saya..setelah selesai/lunas.lebih baik tutup akun.dan minta surat pelunasan.Hal ini bisa terjadi ke siapapun.hari ini kita aman2 aja lancar bayar.kita tdk tau untuk kedepanya keuangan kita seperti apa..lebih baik tinggalkan segala aktifitas pinjol/paylatter(seperti bom waktu)

          12
      • 28 April 2023 - (23:24 WIB)
        Permalink

        Jangan cuma media konsumen tapi laporin juga ke OJK dan email cc : perlindungan konsumen dan kredivo.. bukan apa2 evaluasi itu perlu.. Bank besar tagihan besar gak membabi buta juga padahal bunga Bank jauh lebih kecil dari pinjol..

        • 29 April 2023 - (07:34 WIB)
          Permalink

          kalau benar DC tersebut sudah pihak external . maka keterlambatan TS sudah lebih dari 90 hari . tapi terkadang memang ada yg mengaku ngaku pihak external padahal masih tim internal . karena konsep external tidak ada cicilan . sedangkan konsep internal minimal pembayaran 1x tenor (beserta denda telat)

        • 29 April 2023 - (20:06 WIB)
          Permalink

          Emang biadap dc yang arogan kaya gitu harus di binasakan,harus lanjut proses hukum tuh apalagi ada bukti rekaman CCTV dan ada saksi

      • 29 April 2023 - (08:08 WIB)
        Permalink

        Lapor aja ke pihak kepolisian, bapak Kapolri juga sudah bilang tidak ada tempat buat preman di Indonesia. Mereka itu berani karena keroyokan. Giliran ditangkap polisi pasti mewek.

      • 29 April 2023 - (12:03 WIB)
        Permalink

        Anda tidak pernah menjanjikan tanggal. Baik gajian atau apapun di chat. Anda yang semaunya sendiri

        2
        7
  • 28 April 2023 - (20:22 WIB)
    Permalink

    Saya doakan semoga TS ketemu jalan keluarnya dengan segera. Opini saya penagihan yg berlebihan itu tentu karena ada kendala pembayaran cicilan. Apa sudah coba ke kantor kredivo minta keringanan? DC seperti itu mungkin sudah kehabisan cara karena mungkin juga harus ditarget atasannya.

    7
    1
      • 29 April 2023 - (03:22 WIB)
        Permalink

        jika ada bukti segera lapor kepolres / kepolda,, pasti ditindak lanjutin segera..!!semakin banyak yang melapor pinjol semakin disukai?

      • 29 April 2023 - (03:22 WIB)
        Permalink

        jika ada bukti segera lapor kepolres / kepolda,, pasti ditindak lanjutin segera..!!semakin banyak yang melapor pinjol semakin disukai

        • 29 April 2023 - (07:51 WIB)
          Permalink

          Mending buruan lunasin dah, cerita yg udah2 mah pinjol banyak yg macet bayarnya.. krna hutang makin lama makin numpuk..

          Dan 1 lagi “jangan merasa anda sebagai korban, anda itu pelaku utama..” kalo kata di video2 IG..

          5
          7
    • 29 April 2023 - (07:20 WIB)
      Permalink

      blum pernah rasain keras nya tiap hari dipukulin dipenjara itu depcolector, coba dia buat itu di medan, masuk sell, di pukulin ampe meninggal , trus dibuat laporan seolah olah sakit atau bentrokan, makanya pekerjaan yg sudah dilarang di Indonesia masih ajah ada yg mau, beratti dia gak punya otak!!

      7
      1
  • 28 April 2023 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Hutang brp sampai ada kata2 pertumpuhan darah…klo DC d laporin polisi atau d bakar massa..hutang ts ga Akan hilang..tdk d bayarpun tidak apa2

  • 28 April 2023 - (20:48 WIB)
    Permalink

    Kalau sampean bayar nya tertib sesuai perjanjian gk bakal seperti ini jadinya bang. Saya penguna kredivo bertahun-tahun, tapi selalu tertinggal bayar. Semua aman2 aja. Intinya kita dikasih permudah pinjam, dan dijaga pula dong angsuran nya.

    7
    20
    • 28 April 2023 - (23:26 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya sy tertib, tp krn di pertengahan kondisi keuangan agak bermasalah yg menjadikan pembayaran agak batuk2 sampai ada keterlambatan jatuh tempo.
      Sebelumnya beberapa dc baik sopan bisa mengerti dan menyarankan minimum pembayaran. Saya ikuti di tiap akhir bln krn memang sy niat bayar. Disini sy tdk menerima krn cara2 penagihan yg sdh melampaui batas melanggar aturan hukum dr ojk dan kejadian ini sdh 2 kali berturut2 di tmpt kerja dan dirmh saya.
      Kreditur itu selain pny kewajiban jg punya hak yg dilindungi UU Perlindungan konsumen, apalgi yg sdh ada itikad baik pembayaran. Kalo memang legal terdaftar & di awasi ojk, ya sudah patuhi ikuti aja tata cara aturan hukum yg ditetapkan ojk.

      • 1 Mei 2023 - (12:43 WIB)
        Permalink

        Inilah tipikal org2 di negara ini. Hutang lancar bayar trus jd kencanduan terus2an hutang. Pas saatnya uangnya gada tuk bayar hutang dan akhirnya nunggak, lgsg kelabakan ketika di tagih

    • 29 April 2023 - (06:58 WIB)
      Permalink

      Bang.semua orang yg ngalamin seperti ts,semua awalnnya lancar2 saja dan tertib bayar.kita tdk tau bang,kedepannya stuasi ekonomi kita seperti apa.dulu saya sama seperti abang.ngerasa terbantu dengan adanya perPAYLATTERAN dan PINJOL.(tapi itu semua hanya seperti bom waktu)tinggal nunggu giliran aja.mudah2n ekonomi abang selalu stabil

      • 29 April 2023 - (09:11 WIB)
        Permalink

        Yaa intinya jangan sekali2 coba deh bagi yang belum pernah urusan sama pinjol. Hidup tenang dan tentram

        2
        1
  • 28 April 2023 - (20:49 WIB)
    Permalink

    @kredivo Fix bener banget barusan kejadian padahal di sop ga ada modelan kata gini tetiba telat langsung model kriminal

  • 28 April 2023 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Saya memang ada keterlambatan pembayaran, tapi sy ga pernah lari dr tanggung jawab, sy msh ada itikad baik dlm merespon chat dan jg janji pembayaran di akhir bulan selalu sy tepati dgn pembayaran minimun. Ada bukti riwayat pembayaran di setiap akhir bln.
    Makanya ketika dc dtng ke tmpt kerja sy tanya maksudny apa nagih ketmpt kerja trus nyebarin privasi ke rekan kerja sampai teriak2 di toko yg buat pelanggan tdk aman & nyaman, knp tdk kermh?? Krn dc sebelumnya dtng kermh sy terima baik2 dan selalu ada pembayaran walaupun pembayaran minimum.
    Nagih tuh ada syarat aturan bos,,, dari kelengkapan dokumen sampe cara2ny pun ada aturan undang2ny. Ente kalo dimaki2 dikata2in sampe org tua ente nanya baik2 dibentak rasany gmn?? Manusia jg pny emosi bs khilaf. Kecuali kalo saya ga ada respon kabur ga ada pembayaran baru sy emang ga pny harga diri lg. Ngomong2 ente dc bkn bicara kaya gitu.

    8
    1
    • 29 April 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Coba cek di google, ada aturannya kok, tentang penagihan. Bahkan hutang temen sendiri kalo cara nagihnya sampe bikin ribut atau menyebarluaskan ke orang yang tidak bersangkutan, bisa dikenai pidana pencemaran nama baik, dan anda tidak perlu bayar kalau sudah begitu. Apalagi ada bukti dan saksi, sudah cukup kuat untuk membawa kasus ini ke pengadilan.

  • 28 April 2023 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Saya pribadi pernah didatangi DC kredivo, bahkan beberapa kali, alhamdulillah masih kooperatif, saya janjikan akhir bulan, bahkan mereka menyarankan pelunasan dengan potongan denda. Tp karna belum ada ya mau gimana lagi, kembali ke DC yg arogan dan lebih ke kriminalitas saya rasa bukan kesalahan dr konsumen juga karna sudah menjelaskan dan tetap membalas chat WA, masih tiap bulan ada pembayaran berarti masih ada itikad baik. Kesalahan menurut saya ada di pribadi DC nya yg arogan dan itu sudah masuk ranah pidana

  • 28 April 2023 - (21:12 WIB)
    Permalink

    waaah makasih heads-up nya tandanya emang ini DC Kredivo gak ada baik baiknya… kirain cuma annoying aja belum jatuh tempo udah di krang kring.. berarti saatnya melunasi semampu saya. gak sudi saya diperlakukan seperti ini… apalagi udah ada pembayaran tetep dibeginikan… gimana kalo gak mampu bayar. padahal pas nawarin kayaknya semua dimudahkan dan dibuat gampang, jebakan batman ternyata.. jantung saya lemah, bisa hilang nyawa saya kalo gini. ngawur…

  • 28 April 2023 - (21:18 WIB)
    Permalink

    Tagihan sy saat ini 1.200 ribu dan memang ada keterlambatan.
    Sy itu ga kabur selalu respon dan diakhir bulan selalu ada bukti riwayat pembayaran.
    Setiap manusia pasti jg pny emosi & bisa khilaf.
    Sekarang siapa yg ga bakalan emosi ketika kita bicara baik2 tapi mereka ga mau tau memaksa trus ngancam sampe tereak2 “wooii utang bayar wooiii” dgn niat sengaja mempermalukan, sampai ibu saya yg sdh jompo keluar menanyakan ada apaan sih bulan puasa ribut2 tapi malah dibentak sama dc. Orang2 yg melihatpun sempet terpancing emosi melihat kelakuan para dc, tp mereka menahan diri krn sadar ini bulan puasa. Coba anda simak baik2 chat

    6
    2
    • 28 April 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Pihak kredivo memang begitu kak, saya 2x menulis artikel tentang kredivo untuk meminta keringanan tetapi pihak kredivo tidak ada tanggapan. Semoga selalu di berikan kemudahan kak

    • 28 April 2023 - (23:04 WIB)
      Permalink

      Tetep hormati klo ada penagih, ada uang langsung dilunasi, tetep sampaikan ithikad baiknya, tapi kalo kolektornya kurang ajar jangan takut dan lawan.. Klo sopan hargai api klo kurang ajar jangan malu untuk melawan, negara seperti sedang terjajah, aturannya ndak jelas…

  • 28 April 2023 - (22:46 WIB)
    Permalink

    waduh laporin aja ka… bagaiamna ini… ufh masuk ranah pidana, pihak kredivo semoga bisa menanggapi hal ini… tolong di follow up media konsumen…

    kita niat pinjam pertama memang butuh, kedua ekonomi tidak sama..ada ini itu kredit telat wajar ada bunga, tapi masa sampai mempermalukan begitu, sampai teriak teriak begitu, gak benar itu…

  • 28 April 2023 - (23:31 WIB)
    Permalink

    Buat yg kmrin ngeluh iphone 11 nya ga jd dikirim dan pake cicilan kredivo, tar kejadiannya ky gini jg. jgn sampe kalimat “gaya hidup elit tp ekonomi sulit” keluar.

  • 28 April 2023 - (23:51 WIB)
    Permalink

    Respon chat sbnrnya gak bermanfaat dan buang2 energi. Sy jg ada ktrlambatan. Di hubungi sampai kontak sarurat sy suruh blokir. Kita tanggapi jg mereka tetap hubungi kontak darurat. Fokus kerja dan bisa cicil sblm 30 hari sj. Sbb stelah 30 hari biasanya dilimpahkan oihak k3 alias dc lapangan. Kredivo sdh aman itu sbb sdh diluar perusahaan. Dc lapangan cari makan dr situ. sprti itu manfaatkan sj kl sdh ancam dan kasar scr fisik laporkan. Sampai pengadilan, buat dompet mereka untuk lunasi hutang. Orng susah kok kasar sm orng susah. Dibikin ssh sj.

  • 29 April 2023 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Tetap update proses hukumnya seperti apa ? Progress terakhir bagaimana, kalo sudah diperlakukan tidak sesuai Aturan OJK, harus dapat konpensasi dan hukuman bagi DC berprilaku preman

    3
    1
  • 29 April 2023 - (05:47 WIB)
    Permalink

    Hadeeeh kejadian lg
    Pengn sih di jawqb dan di tanggapi dengan bijak
    Tp memang ya sih lising kridivo itu kalau nagih kata2 nya kasar.
    Kapokkk2 …….

  • 29 April 2023 - (06:25 WIB)
    Permalink

    Chat jam 8 pagi di bales jam 5 sore, ya marah DC nya lah, itu yang di namakan koperatif?

    3
    5
    • 30 April 2023 - (04:56 WIB)
      Permalink

      Se simpel itu alesan nya bang? Marah gara2 chat di bales lama ? anda DC? Apa temen nya DC? ?

  • 29 April 2023 - (06:35 WIB)
    Permalink

    5 dokumen yg wajib dibawa DC :

    1. Kartu identitas
    2. Sertifikat profesi di bidang penagihan dr LEMBAGA SERTIFIKASI PROFESI di bidang pembiayaan terdaftar di OJK
    3. Surat tugas dr perusahaan pembiayaan
    4. Bukti dokumen debitur wanprestasi
    5. Salinan Sertifikat jaminan fidusia

    Jika Anda mengetahui atw mjd korban dr DC yg tdk dilengkapi dokumen wajib atw bahkan sampai melakukan keonaran dan tindak kekerasan segera hubungi HALO PAK KAPOLRES 081112301110.

    semoga info ini bs sdkt membantu.

    3
    1
    • 1 Mei 2023 - (00:00 WIB)
      Permalink

      Mantap pak. Semoga para DC yg ngakunya bekerja profesional bisa sadar bahwa Indonesia adalah negara hukum. Dan ada pasal2 pidana yg akan menjerat DC yg sudah berbuat onar dengan mengatasnamakan lembaga pembiayaan finansial.

  • 29 April 2023 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Saya jg sebenarnya sedang kesulitan keuangan ini, pengin juga utang di pinjol. Tapi saya cari pinjol dengan spek yg bisa dibayar sesuai kemampuan dan itikad baik. Kira2 ada tdk ya?

    • 29 April 2023 - (08:12 WIB)
      Permalink

      Coba ajuin pinjaman ke tetangga atau saudara mas, bayar fleksibel dan ngga ada resiko blacklist slik

      • 29 April 2023 - (08:25 WIB)
        Permalink

        Saya juga mau kalau ada pinjaman begitu. Nanti kalau ditagih saudara atau tetangga tinggal saya masukin ke media konsumen. Infokan saya jika ada orang baik hati yang mau pinjamkan uangnya ya. Jika kamu berminat, kamu juga bisa jadi saudara atau tetangga saya. ?

        2
        4
  • 29 April 2023 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Kredivo lagi boss. Emang gitu kredivo, saya pernah jdi korbannya. Datang 2x ke kantor dengan cara bar-bar semua, padahal saya nyicil lho (karena keadaan jadi ga bisa bayar full). DC tiba-tiba tunjuk saya didepan kantor sambil teriak-teriak dan menunjukkan identitas saya ke orang lain juga yang ada didepan kantor. DC yg kedua sudah saya laporkan ke polisi, saya ajak dia tp dia malah kabur cuy. Intinya jangan takut boss, mereka kyk gitu krn biar nasabah segera bayar dan mrk dapat untung. Apalagi yg ngalami gini ga cuma 1-2 orang, tp ribuan. Semoga aman tempat kerjanya setelah ini, dan mrk yang mau berbuat jahat dpt karmanya segera.

    2
    1
  • 29 April 2023 - (08:23 WIB)
    Permalink

    padahal semua dimulai dan diawali dari diri anda sendiri, gaya hidup hedon, miskin gak tau diri.. kalau anda gak pernah ngutang apalagi gak mau mengembalikan pasti penagihan seperti itu gak bakalan terjadi

    sampai didatangi itu artinya anda sudah terlalu lama.. dari mulut anda juga sudah terlatih untuk ngeles dan pembenaran diri yang itu membuktikan bahwa anda bukan orang baik

    saya sendiri galbay banyak pinjol, termasuk kredivo 18jt trus saya ganti nomer, eh gak ada yg datang sampai sekarang sudah jalan 2 tahun.

    gak perlu banyak koar koar untuk membenarkan, kalo salah ya salah jangan cari pembelaan

    8
    2
  • 29 April 2023 - (09:54 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah udah kurker 3 tahun gak pernah sampai ditagih
    Kalau kita komitmen yang namanya hutang ya harus dibayar.

  • 29 April 2023 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Udah gakusah dibayar itu. Mereka memang binatang semua Pemerintah juga udah gerah liat kelakuan mereka itu, cuma gak bisa bertindak tanpa ada laporan masyarakat.

    Laporkan aja ke Polsek terdekat bawa semua bukti. Pasti ditindak itu, sampaikan juga ke Polsek nya bahwa ini sudah di upload di Media Konsumen.

    Hutang-Piutang itu urusan perdata, klo DC nya mw diubah jadi pidana layani aja toh bukan anda yg memulai.

    DC² itu nyari recehan tapi seenak udel mereka aja. Dipikir org gak berani sama mereka.

  • 29 April 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja ke Polisi. Kalau lapor atau email ke ojk percuma saja sepertinya lempar dari tanggung jawab saja.

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 221 komentar sampai saat ini..

Penagihan Kredivo dengan Cara Membuat Onar

oleh Viola dibaca dalam: 2 menit
221