Penagihan Kredivo dengan Cara Membuat Onar

Kepada Yth. Kredivo,

Melalui media konsumen ini saya ingin mengadukan perihal penagihan DC Kredivo yang sudah melampaui batas dengan cara kekerasan, intimidasi, pengancaman, dan membuat onar keributan di tempat kerja dan di rumah saya.

Pada tanggal 22 Maret DC Kredivo yang bernama Sir**** mendatangi tempat kerja saya dengan berpura-pura sebagai driver gojek yang mengantar paket, setelah itu dia mengatakan kepada semua rekan kerja saya bahwa saya mempunyai tagihan di Kredivo dengan nada bicara yang keras serta ancaman yang mana membuat pelanggan yang berbelanja di toko tempat kerja saya menjadi tidak nyaman.

Tiga hari berikutnya dia datang kembali dan langsung masuk ke toko menghampiri saya dan menarik ID Card saya, dengan alasan memastikan itu benar saya. Ketika saya protes dengan caranya, dia berteriak bahwa hutang harus dibayar lunas hari ini.

Saya ajak dia keluar toko, saya katakan bahwa saya belum ada uang dan nanti seperti biasa di akhir bulan pasti ada pembayaran masuk. Tetapi dia tidak mengerti dan malah semakin menjadi dengan berteriak teriak mengancam, bila tidak dibayar hari ini dia menantang untuk berkelahi dengan tanda tangan di atas materai agar tidak ada tuntutan bila ada korban nyawa setelah perkelahian.

Setelah itu dia menelepon teman-temanya untuk datang. Ketika teman-temannya datang, dia semakin beringas mau memukuli saya dan berbuat onar mengamuk sampai naik ke atas tembok samping toko yang menjadi pembatas jalan umum.

 

Berikutnya pada tanggal 18 April datang kembali DC Kredivo yang bernama Lo** ke rumah saya. Saya katakan bahwa saat ini saya belum ada uang dan saya masih ada itikad baik, dengan membalas chat juga riwayat pembayaran di setiap akhir bulan. Tetapi dia malah mengancam saya juga berteriak mengamuk membuat onar, sampai semua tetangga saya satu gang keluar semua dikarenakan keributan yang sangat mengganggu. Sampai dia berteriak dengan membentak ibu saya yang sudah jompo berumur 70 tahun.

Apakah seperti ini SOP penagihan Kredivo? Yang katanya resmi berizin OJK, tetapi dalam penagihan DC tidak dilengkapi ID Card, surat tugas juga sertifikat profesi dan disertai ancaman, intimidasi, kekerasan sampai membuat keonaran. Terlebih dilakukan di bulan Ramadhan di saat orang sedang melakukan ibadah puasa.

Apakah harus menunggu sampai ada perkelahian, pertumpahan darah dan viral sehingga pihak Kredivo sadar akan kelakuan DC mereka? Karena saya juga manusia yang mempunyai harga diri dan emosi.

Sekarang saya putuskan untuk stop bayar dan saya akan menunggu proses hukum, karena pihak DC Kredivo sudah melakukan kekerasan, ancaman, keonaran, yang mana semua itu sudah masuk unsur pidana. Pihak Alfamart tempat saya bekerja juga akan melaporkan ke kepolisian karena DC Kredivo sudah membuat keonaran, sehingga pelanggan dan UMKM yang menyewa lahan Alfamart tidak nyaman dan aman.

Semua ada rekaman CCTV, video, saksi yang menjadi bukti penguat laporan kepolisian. Saya tunggu tanggapan pihak Kredivo dan untuk Media Konsumen saya ucapkan terima kasih.

Angga Pratama
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Angga Pratama

Sebelumnya kami sampaikan permohonan maaf atas pengalaman tidak menyenangkan yang telah Bapak Angga Pratama alami, sebagaimana disampaikan dalam surat konsumen...
Baca Selengkapnya

221 komentar untuk “Penagihan Kredivo dengan Cara Membuat Onar

  • 29 April 2023 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Lapor ke no OJK ini +62 811-5715-7157 di chat wa nti diarahakan ke web ojk mah anda bisa upload semua bukti2 dan kronologi nya, saya pernah adukan aeon ke no itu dna di arahkan ke web ojk nya…

    • 1 Mei 2023 - (00:23 WIB)
      Permalink

      Kalau saya, bru coba melalui kredivo kurang bagus banyak bohong nya, kalau setiap bayar angsuran semau mereka, kadang tggl bayar nya, ga sesuai misal saya, bayar tggl 20 bulan depan bisa tggl 15 kadang ga tentu mereka itu semau nya, mereka, aja terus perhari itu denda nya, 10ribu makanya, hati2ya sama kredivo mungkin siaran nya gampang resiko nya, tggi

        • 1 Mei 2023 - (06:35 WIB)
          Permalink

          Lapor polisi saja..siapkan bukti chat..utang itu perdata kalau ngak bisa bayar ya resiko mereka .karena tidak bisa seseorang dipenjara karena tidak bisa bayar utang

          • 1 Mei 2023 - (10:29 WIB)
            Permalink

            Setuju lapor polisi & jgn mau berdamai dgn alasan apapun baik dr pihak kredivo maupun debt collektor krn mustahil pihak kredivo tdk tau kelakuan debt collektornya

      • 1 Mei 2023 - (07:32 WIB)
        Permalink

        Semua DC sama biar leasing atau bank atau usaha peminjaman apapun sama saja.. saya juga pernah telat 1 hari krn menganggap remeh klo hr libur masih bisa dianggap wajar..di telepon sejak shubuh sampai siang jam 9 pagi ada 8 kali telepon…gelo…telat sehari sudah kayak cacing kepanasan tuh DC AC*.. saya hy saran saja..untuk PEMINJAM JANGAN BERHUTANG KE PIJOL ATAU SEJENISNYA…LIHAT DULU KEMAMPUAN UNTUK MEMBAYAR CICILAN DAN KEBUTUHAN HARIANNYA.. dan untuk PEMINJAM (BANK, PIJOL DLL) JANGAN SOK SOK AN MENAWARI KEPADA ORANG DUIT KLO SUDAH KREDIT MACET LOE SENDIRI YANG SUSAH..sy sangat tergganggu hampir tiap hari di telepon dari beberapa leasing dan bank nawarin DUIT …

      • 6 Mei 2023 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Laporkan kepolisi apabila terdapat unsur pidana dan gugat secara perdata atas tindakan menghina terhadap debitor (siberutang) yg menimbulkan kerugian. Ingat!! Sanksi terhadap debitor (siberutang) yg gagal bayar atau Wanprestasi ialah Denda, daaan kreditor (sipiutang) tidak berhak menghina-hina debitor yg wanprestasi.

    • 1 Mei 2023 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Tapi kak DC jaman now mau tagihan kecil atau besar tetep aja selalu ada unsur ancaman udah gk pake sopan santun.

      • 2 Mei 2023 - (03:27 WIB)
        Permalink

        Sudah benar itu, stop bayar dan buat saja laporan ke polisi.
        #kredivo
        #kreditpintar saudara angga, ditunggu janjinya mau samperin ke rumah.

    • 1 Mei 2023 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Saya saja alamat, saya dipakai utk ppembelian barang fiktip kredivo. Thn 2019 yg memakai alamat saya dulu pernah kerja di rmh saya dan dia pernah ada pembayaran ke kredivo dan akhir nya saya berhentikan krn tidak bnr. Ini org yg kerja sm sayanya dan main pakai alamat rmh saya saja ke. Kredivo ampe skrg msh ditagih tp krn saya tidak pernah Terima uangnya dan tidak pernah jg berurusan sm pinjol yah saya hadapin dan saya gk byr smpe detik ini. Krn saya gk berasa Terima uangnya dan transaksi itu. Saya sdh lapor kredivo dulunya cm dibekukan saja akun saya dan disrh byr lunas mana mau saya krn bkn saya yg Terima uangnya dan saya minta sm kredivo diantf ke rek saya atau bkn buktinya dr pihak dia gk pernah bisa ksh ke saya krn itu kesalahan kredivo sendiri.

    • 6 Mei 2023 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Nagih 1,2 kayak nagih diatas 50 ampek 100 jt, itu mah klo gk mampu ngelawan balik, ke polisi aja, ditanggepin klo udh kayak gt, ggu banyak orang, ma ngancam, penagihan bukannya seharusnya 90 DPD br 30 udh ditagih fc, gmna jg sistemnya skrg ya..

    • 3 Juni 2023 - (04:04 WIB)
      Permalink

      Duhhh makanan empuk nih untuk membuat LP ke polres atau Polda dgn di dampingi LBH atau Posbakum utk masukin DC abal2 begini ke sel dan tuntut balik secara perdata penyelengara fintech nya.

      Bingung sampai segitunya DC abal2 berani berbuat begitu pdhal tdk ada yg dijaminkan/tanpa anggunan.

  • 29 April 2023 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Emangnya ada TAGIHAN berapa Sampe DC segitunya. Kalo tagihan kecil pasti gak sampe barbar kayak gitu.

    1
    1
    • 30 April 2023 - (01:07 WIB)
      Permalink

      OJK.. sepertinya cm untuk melegalkan pinjaman, labelnya ojk, bunganya banyak, nagihnya kasar, ada jg yg pake ongkos tagih, katanya mengawasi.. kok kok bnyak gak tau’nya

    • 1 Mei 2023 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Tagihan diatas 300rb aja Kredivo udah ada yg begitu sikapnya. Tergantung karakter DCnya jg. Klo emang berasal dr habitat preman, emang begitu. Aku kebetulan dulu dapat DC yg sikapnya normal msh ada adab. Jd pernah datang, malah pas udh lunas sering WAnan krn cari info loker. ?.

  • 29 April 2023 - (11:04 WIB)
    Permalink

    Setiap ada postingan yang menyangkut anarkisme sikap DC yg amat sangat tidak berpendidikan ini, pasti para DC langsung aja ikut komen menghina dan merendahkan. Faktanya, banyak yg ditangkap polisi itu para DC yang cuma bisanya pake sikap anarkis aja, jd utk pihak Kredivo yang sudah resmi terdaftar di OJK, masa diam aja dengan pengaduan seperti ini? Kredivo sudah punya nama, masa diam saja atas perlakuan DC yg bersikap sangat rendahan.

    2
    1
    • 30 April 2023 - (07:40 WIB)
      Permalink

      Perusahaan menjanjikan bonus apabila target tercapai, maka dengan cara apapun mereka lakukan, kita terjajah dengan saudara setanah air sendiri tapi liat yang menikmati cuan bnyak hanya menonton, sadarkan mereka yang mendapat bonus tidak seberapa tapi ada doa dari orang-orang yang disakiti untuk mereka

      • 1 Mei 2023 - (10:58 WIB)
        Permalink

        Saya Akui Kredivo DC lapangan luar biasa bikin Malu, kejadian dengan saya #1.dtg jam 7 malam pas kami mau bersiap2 sholat taraweh, gak mau plg klo gak dibayar, sedangkan banyak orang lewat mau kemesjid mendengar obrolan dc. Dia janji klo dibayar 2 bln ibu tidak saya tagih, ibu bayar bulan juli ajah, ternyata pas dibayar besok dtg lagi dc berbeda Dan rombongan. #2.Dtg dc 3 menit pas kita mau buka puasa #3. Dtg H-1 sebelum hari raya, sepertinya sop ojk mereka gak diperdulikan.

    • 30 April 2023 - (08:34 WIB)
      Permalink

      Mereka itu ketika dpt uangnya murni utk perusahaan pihak ke 3 brp persennya dan kredivo pun tidak akn rugi krn dicover asuransi debitur macet. Bagi yg tdk tau pst brokir rugi, DC pihak 3 hnya nyari keuntungan bunga utk perusahaan mereka mkanya ekstrim penagihanny

    • 1 Mei 2023 - (01:11 WIB)
      Permalink

      Saya setuju pendapat anda. Jangan dibayar dan biar di proses hukum terlebih dahulu. Karena debt coll seperti ini layak untuk masuk bui bukan untuk berkeliaran menagih dengan cara ngawur ngasal dan tidak memiliki attitide. Memalukan. Saya dukung anda. Kita lihat debt coll ini punya nyali tidak ketika sudah berada di kantor polisi. Nyali ciut . Ujungnya minta maaf. Maaf bukan solusi. Proses hukum smp tuntas.

    • 1 Mei 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi di tempat kerja dan di rumah. Ada pembuat keonaran di lingkungan sekitar. Itu udah masuk ranah pidana

  • 29 April 2023 - (11:55 WIB)
    Permalink

    Yuuk kita sebarkan ke anak cucu kita mantu kita jangan sekali kali pakai pinjol, biar usaha ini sepi dan mati dengan sendirinya.

    • 29 April 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      Lah, gw juga sama kaya gitu ntr alesannya dipecat istri sm ank makan apa. Tp cara nagihnya kurang ajar. DC klo udh kita kerasin juga ga dtg lagi. Bawa aja ormas sekalian kalo nyari ribut di rumah kita. Biar pd kapok.

      • 29 April 2023 - (23:04 WIB)
        Permalink

        Menurut gw ga usah bawa Ormas…
        Ajak kelahi 1vs 1 aja juga ngedown.., berani cuma gertak biasanya.. Atau hubungi resmob terdekat..

    • 30 April 2023 - (02:05 WIB)
      Permalink

      dc nyuruh taat aturan tp dia sendiri ga taat aturan, gmna mau debitur taat? paling keselnya malah marahin orang tua yg udh sepuh. Harusnya terima aja bikin surat diatas materai, pasang badan sama dc kalo perlu bawa senjata, kalo dia ****** beres soalnya sudah persetujuan.

  • 29 April 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    DC kredivo emang rata2 B***ab smwnya, lulusan cma smp atw smk doang. saya prnh didtngn dc yg umurnya lbh mudah dan lagak nya kyk lbh tua. bhkan rata2 dc kredivo itu emang gk pnya namanua sertifikat penagihan pembiayan atw SPPI. klw ditnya pas dibls klw saya “tunjukan mangnya mau bayar??!!” itu brrti mereka gk pnya. jgn takut. kita ama kredivo itu perdata, tpi klw DC ama kita jatuh nya pidana. ajak aja ke kantor polisi nnti ujung2nya nangis2 mnta maaf mnta damai saya jamin. wong udh ada buktinya.

    • 1 Mei 2023 - (00:06 WIB)
      Permalink

      Bener banget, bukan mau ngerendahin org lain, tp rata2 DC itu gk educated well deh…. Logika aja aja, lulusan S1 ato setidaknya D3, mana mau jd DC. Klo DC udh anarkis gitu mah urusannya pidana

  • 29 April 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    kalo sudah seperti itu, lebih baik sekalian aja pertumpahan darah bro, manusia model seperti DC itu ga perlu ditanggapi baik baik

  • 29 April 2023 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Gue juga pernah di tagih DC kredivo external ke rumah 2 orang dan gue bilang sama mereka “jangan pernah bicara kasar di tempat gue sendiri atau fatal akibat nya” reaksi mereka langsung sopan seketika. sekedar catatan jangan pernah cantumkan alamat kerja di pinjol cukup alamat tempat tinggal saja.

  • 29 April 2023 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Untuk DC ! Jangan seperti jagoan neon kalian!! tagih itu harus punya etika! Dalam aturan OJK sudah ada ketentuan nya! Untung kalian DC hidup di Indonesia! Masyarakat masih menghormati hukum! Coba kalian hidup di Negara luar Negeri! Seperti nya hukum Rimba yang berbicara! atau mungkin kl diluar negeri yg ada perilaku seperti ini sepertinya udah dibumi hangus kan dgn senjata api!!

    • 30 April 2023 - (00:38 WIB)
      Permalink

      Riba?… Hahahahahahahaha….,. Jangan gitulah bang, wong bank se NKRI aja kalah syarat sama pinjol…. Mau pinjam ke pemerintah?. Mau pinjam ke badan zakat?. Dikira mudah Hahahahahahahaha… Moga yg bersangkutan dekat rumah dengan Abang, biar pinjam ke Abang dan bebas riba …. Hihihi… Kocaaak deh. Hidup NKRI…..

      • 1 Mei 2023 - (10:38 WIB)
        Permalink

        Biasa hanya baper agama bw istilah riba,wong duit yg dia terima jg dr riba asal nya,menabung d bank jg riba,mungkin doi pengen di anggap ustad atau kiayai dan d undang utk dakwah ujungnya cuan

  • 29 April 2023 - (14:21 WIB)
    Permalink

    dah sering muncul d MK penagihan debt xoll kasar arogan dll tp……. tetep we pada doyan pinjol berani pinjam berarti berani menghadapi dc

  • 29 April 2023 - (17:21 WIB)
    Permalink

    Saya hanya bisa BerDo’a, semoga anda bisa segera melunasi hutang -hutang anda, karena bagaimanapun juga hutang tetap WAJIB dibayar (paling tidak ya hutang pokok lebih dikit).
    Semoga kita semua bisa bebas dari Paylater-Paylater macam ini.
    Bagi kalian yg masih aman-aman aja dg Paylater-Paylater, berhati-hatilah… Suatu saat nanti pasti anda akan diposisi Kesulitan bayar cicilan. Jadi sebelum itu terjadi, segera setelah cicilan beres, tutup AKUN secara Permanen!

  • 29 April 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Dulu saya jg gt, rajin bayar tiba2 telat seminggu ditagih macam buronan, akhirnya langsung saya tutup. Tp balas dendam saya lebih kejam ke semua leasing, apapun itu smp k pinjol pun saya bls, ga ada satupun angsuran ku bayar. Karena saya jual rumah dan pindah rumah d tmpt baru. Klu riwayat pembayaran sblmny aman, ada keterlambatan maklumi lah, cashflow org beda2 wlpn bergaji tetap

  • 29 April 2023 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Urusan hutang piutang itu urusan perdata. Ketika ada wanprestasi urusannya diselesaikan di pengadilan, kemudian pengadilan akan mengeluarkan putusan untun menyelesaikan hutang piutang. Bisa berupa restrukturisasi atau sita aset yang kemudian akan dilelang untuk melunasi hutang. Itupun yg berwenang adalah petugas pengadilan. Jika kemudian ada DC melakukan tidakan pengancaman bisa dilaporkan atas tindakan tidak menyenangkan. Lebih berat lagi jika ada unsur ancaman kekerasan.
    Buat laporan polisi saja, jika menagih dilakukan dengan ancaman kekerasan atau bahkan kekerasan, serta ada niat subyektif dari penagih dengan tujuan mempermalukan pihak yang berutang, maka penagih memiliki dasar perbuatan yang dianggap melanggar hukum.
    Posisi anda disini menang, jika anda dilaporkan balik maka urusan anda hanya sebatas perdata, dan yg paling penting anda punya niat baik untuk menyelesaikan.

  • 29 April 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    OJK klo begini harus tanggap nih,udh kelewat batas klo cara penagihannya Begitu,kan klo daerah pademangan dekat kantor Polisi itu,lagian DC sekarang makin parah semenjak viral

  • 29 April 2023 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Saran Saya,,,,
    Sebagai Alumni Member Kredivo,,,
    Bayar hutang, minta keringanan Restrukturisasi kepada pihak kredivo,
    Selanjutnya Tutup akun,,, dan Berhenti “Riba”
    Krna Yg Pinjam dan Yg Meminjam Masuk Hukum “Riba” ??????

  • 29 April 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Melihat permasalahan itu tidak bisa hanya dari satu sisi.. ada asap tentu ada api, sy jg pelanggan kredivio sejauh ini aman2 saja,, telat bayar jg pernah tp lsg sy bayar kembali, sebab knp, karena itu adalah hutang saya dan hrs sy bayar, mangkanya klo berhutang tuh sesuaikan sama kemampuan, yg paling penting kemampuan untuk membayar. Jangan memaksakan sesuatu yg kita sendiri tdk mampu. Mohon maaf ini hanya prinsip sy, tdk ada maksud menyinggung siapapun. Terima kasih, semoga masalahnya cepat selesai.

    4
    1
  • 29 April 2023 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Hmmm gue ada cerita.
    Ade gue punya tunggakan Kredivo yakan, udah niat nyicilin tagihannya tapi Pihak DC Tidak Koperatif dan gak bisa Baik2.

    Malem2 sekitar jam 7 dia Dateng ke rumah dan ketemu ortu menyampaikan tunggakan awalnya baik2 dan ade gw nyicil Perhari 50ribu, nah ternyata DC yang dtg kerumah gak Kordinasi sama DC lain. Besok2nya Dateng lagi dengan DC yang beda dan aga kasar bentak2 ortu gw..

    Abis itu udah gaada DC yang nagih lagi,
    Dan kita udah mau Patungan buat Bayar Tunggakan ade gw dikredivo dengan jual motor dan Lu tau bang, mereka dateng kyak Preman gedor2 Puntu dengan gedoran bukan ketukan trus ngata2in Bapak sama ibu gue katanya gak bisa didik adek gw. Terus bilang a*u, bgs*t, anj*ng ke ortu gw..

    Padahal disitu positi tagihan skitar 3juta mau dilunasin Ehhh karna SAKIT Hati, gw dan keluarga memutuskan membatalkan PEMBAYARAN dan memutuskan GALBAY. sekitar 1 tahun setelahnya, DC Dateng bak preman gedor2 pintu rumah tetangga dan ngasih surat tunggakan atas nama ade gw ketetangga2 gw.. apa itu udah bener ???????

  • 29 April 2023 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Kepada kredivo berani buka perusahaan pinjam meminjam berarti harusnya sdh tau resiko gagal bayar seseorang. Klu buka perusahaan tapi takut rugi ya mending buka jasa tukang urut saja. Jdi klu tidak dibyar hanya cuma rugi cape tenaga saja. Ingat anda bisa byr gaji krywan dan byr pengeluaran perusahaan itu dari konsumen.

  • 29 April 2023 - (22:21 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada ambil barang secara kredit di kredivo, total tagihan saya 12 juta per 29 april.
    Tapi ya saya bayar sebelum jatuh tempo.
    Alhamdulillah ga kenapa2..
    Klo saran saya buat teman2 semua, klo punya utang ya segera bayar, beli yg d perlukan aja, jgn ikutin gaya hidup krena ga ada habisnya.
    Ingat, klo perlu banget baru beli, contoh HP masih bisa d pake ya ga usah gonta ganti.. G usah beli sepatu ato fashion bermerk,,
    Gaya sesuai kantong aja
    30% dr gaji d tabung
    Punya gaji, tabung dlu 30%, baru sisanya d pake buat kebutuhan hari2.
    Buat makan, bensin, cukup buat bayar kreditan, intinya 30% tabung dlu.
    Cuma advise aja, biar ga hedon gaya hidupnya.
    Semangat ya

    2
    1
  • 29 April 2023 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Jadi ingat kasus DC kredivo yg di bacok adik debitur, gara2 ga terima kakaknya (debitur) di tampar oleh salah satu DC di dlm rumah nya, kalo ga salah November thn lalu, di Bandung…

    (https://bandung.viva.co.id/amp/news/10707-dc-pinjol-dibacok-adik-nasabah-gegara-nagih-utang-dengan-kasar?page=1

    Saran sy kalau mau ramein secara hukum, ada baiknya di dampingi pengacara pribadi atau lwt LBH. Tp kalau perusahaan mas nya mau nge ramein, malah lbh bagus, karena perusahaan sebesar Alfamart punya bagian legal dan pengacara perusahaan, jadi fight nya lbh enak, tp feeling sy sih Kredivo akan minta kekeluargaan dgn jalan damai.

    Semoga permasalahannya cpt selesai ya

  • 30 April 2023 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Sampe skrg saya kesal sama debt colector yg sampe mengganggu org bukan yg punya hutang. pengen rasanya ketemu pas dia lagi nagih org lain, pengen ikut ribut dama DC.
    Kalau saat itu saya jadi customer di toko itu bisa saya teriakin balik.

    Ini OJK gak ada yg bisa baca atau mencari berita apa ya?. maunya harus ada laporan dulu?.
    udah banyak kasus DC nakal loh.

  • 30 April 2023 - (00:35 WIB)
    Permalink

    nunggak 1 minggu pasti minimal akan jd 1bln…
    krn anda dpt gaji bulanan, jd akan menunggak 1bln..
    itikad baik itu bayar cicilan.. krn pqra penagih harus kejar jadwal demi bonus bulanan.. kalau ga sampai target.. mereka hanya dpt gaji kecil sekali..
    saran saya.. jangan pernah berhutang
    nanti jg punah tukang kredit dan penagih hutang

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 221 komentar sampai saat ini..

Penagihan Kredivo dengan Cara Membuat Onar

oleh Viola dibaca dalam: 2 menit
221