Masalah Perbedaan Ongkos Kirim di Sistem Shopee

Saya adalah salah satu penjual di Shopee, yang menjadi korban sistem ongkos kirim yang bermasalah. Masalah ini bermula ketika saya mendapatkan orderan dengan nomor: 2305061QY7U9M0 dan nomor resi JNT JP4300796664. Pembeli melakukan pemesanan pada tanggal 06 Mei 2023 pukul 15:15 WIB (bukti terlampir). Pada saat itu toko saya memang masih diposisikan di Kota Surabaya.

Pada tanggal 06 Mei 2023 pukul 18.17 WIB, pembeli baru melakukan pembayaran. Pada saat pembeli melakukan pembayaran, lokasi toko saya sudah berubah menjadi berada di kota Jakarta, dikarenakan stok barang di Kota Surabaya sudah habis.

Barang yang dipesan oleh pembeli, tetap kami kirimkan dari Kota Surabaya. Karena setelah kami cek ongkir yang dibayarkan oleh pembeli adalah ongkos kirim dari Kota Surabaya. Ketika barang dikirimkan, alangkah kagetnya kami ketika mendapati ongkos kirim terdapat selisih -39.000 rupiah.

Kami sudah melaporkan dan menjelaskan kronologis ini kepada tim Shopee. Akan tetapi tim Shopee tidak paham masalah yang sudah kami jelaskan, bahwa ongkos kirim yang dibayarkan pembeli adalah ongkos kirim dari kota Surabaya, dan juga barangnya dikirimkan dari kota Surabaya. Jadi kami sudah melakukan kewajiban pengiriman sesuai dengan ongkos kirim yang pembeli bayarkan. Akan tetapi kenapa kami masih diharuskan nombok ongkos kirim sebesar 39.000 rupiah?

Jefdi G.
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Masalah Perbedaan Ongkos Kirim di Sistem Shopee

  • 13 Mei 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Kak, kl chat sm cs shopee memang perlu kesabaran tingkat dewa, krn mereka tidak mau membaca dan mengerti.
    Mgkn workload mereka tiap hari hadapi penjual ato pembeli yg komplain itu bertumpuk2, jdnya cm fokus di yg penting dibalas saja, mau yg lg komplain gondok jg bukan urusannya.

    Sebagai org yg baca surat kaka di MK ini saja, sy bs langsung mengerti permslhn kakak tp memang CS Marketplace itu berbeda kak.

    Moga mslh kakak ada penyelesaian dan penyesuaian sesuai pengiriman dari lokasi surabaya.

    9
    1
  • 13 Mei 2023 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Sope mana paham dgn posisi yg berubah seperti itu, lbh baik buat 2 akun kalo posisi berbeda jd kalo hbs gak berubah

    7
    2
  • 13 Mei 2023 - (16:33 WIB)
    Permalink

    Saya berulang ulang, agak sulit dipahami. Intinya toko kadang posisi ada di sby kadang ada di jkt. Ada yg order pas posisi toko ada di sby. Tapi begitu order dibayar posisi toko sudah ada di jkt. Edan. Dipindah karena stok di sby kosong, tp tetap dikirim dr sby. Lha katanya stoknya kosong? 😀 menurut seller mungkin benar, tp menurut sistem bisa saja salah. Ketika dikirim posisi toko sdh di jkt, tp dikirim dr sby, maka menurut pemikirin sistem harusnya dikirim dr jkt. Tp krn dikirim dr sby, maka kemungkinan gratis ongkirnya hangus dan diambil dr dana penjualan. Nah kemungkinan spt itu. Alangkah baiknya bila punya toko di 2 kota yg berbeda, ya buat 2 toko saja biar tidak terulang lagi.

    10
    • 15 Mei 2023 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Sellernya Sedeng, GJ, Egois, Aneh nulis di MK cuma mo membenarkan diri sendiri Aja,,,
      Knp gak pakek sistem gudang aja, kalo mau bisa kirim via Surabaya dan jakarta, kok main ganti alamat toko saat ada paket yg blm dikirim

  • 13 Mei 2023 - (19:37 WIB)
    Permalink

    Ongkos itu dihitung dari Jakarta, tarif per kg 83rb sedangkan dari Surabaya 55rb untuk layanan reguler.
    Itu sebenernya salah Anda sendiri, gonta-ganti lokasi terus, malah menyalahkan Sopi.

    12
    1
    • 15 Mei 2023 - (02:22 WIB)
      Permalink

      Benar. Dan shopee gak mau Tau. Percuma mau chat Dan mau telepon. Sampai berbusa. Habis2 in pulsa sama tenaga aja.

  • 14 Mei 2023 - (05:38 WIB)
    Permalink

    Sebenernya ini simpel aja.
    Kalau ada pembeli yang masih “menunggu pembayaran” di notifikasi penjual Shopee, jangan ubah lokasi toko terlebih dahulu.
    Karena pembeli bayar ongkir dari lokasi awal sebelum cekout, disini kamu pindah lokasi toko sebelum pembeli selesai bayar, jadi lokasi toko otomatis terdeteksi dari lokasi baru yang kamu ubah yaitu di Jakarta.
    Meski kamu kirim paketnya dari Surabaya, tapi ongkir yang dihitung jadinya dari Jakarta. Itu yang bikin kamu nombok. Lain kali tunggu pembelinya selesai bayar dulu kalau mau ubah lokasi toko, tapi amannya sih punya 2 akun toko biar gak ribet.

    1
    32
  • 14 Mei 2023 - (08:52 WIB)
    Permalink

    Seharusnya tau sendiri kesalahannya, barang itu ongkosnya dari jakarta sesuai orderan pembeli, tapi anda kirim dari surabaya, jadi pasti nombok lah anda..

  • 14 Mei 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Bilangnya stok ditoko Surabaya habis, tp dikirim dari Surabaya juga, sope mana mau tau dikirim dari Surabaya..

  • 15 Mei 2023 - (02:20 WIB)
    Permalink

    Saya pernah alami ini. Udah pernah komplain ke shopee juga. Salah kita sendiri sih. Toko shopee saya di jakarta. Dan saya kirim paket Dari tanggerang . Ternyata beda ongkir . Dan ongkir sistem shopee sesuai titik awal kota asal. Mau sampai berbusa pun di chat . Shopee gak bakal ganti. Yang ada buang2 tenaga kita. Mendingan cari selisih ongkirnya dengan berjualan lagi.

  • 15 Mei 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Saya pernah pesan bibit tanaman (bambu kuning, dll) dengan lokasi seller tertulis di tokonya itu di jakarta barat. Tetapi setelah checkout dan bayar, pengiriman sangat lambat via JNT Express reguler. Ternyata paketku dikirim dari pangandaran. Jadi harus dioper/transit kesana – kesini, membuat lama perjalanan. Setelah sampai di Balikpapan malah masih stuck di gudang sampai mau lewat batas estimasi (12 hari) barulah proses kirim ke kantor cabang (drop point) dan itu pun saya gak bisa segera ambil harus nunggu diantar kurirnya. Setelah sampai rumah dan bayar (hari ke 13), ternyata isinya busuk dan cuma 2 biji yang masih bisa diselamatkan. Padahal saya tidak pakai kupon gratis ongkir / bayar full. Tetapi tidak double ongkir alias yang saya bayar ya pengiriman dari jkt ke bpn. Sangat disayangkan saja seller kok bisa ya bikin lokasi di jkt. Tau gitu saya pesan aja dari seller lain, misal asal kota bandung/kediri/batu kan banyak. Nah ini paket transit ke beda lokasi dulu. Paketku direpack sampai sini pakai plastik hitam, tapi pas kubuka plastiknya ternyata kardusnya tipis penyok dan lembek kayak lemper. Parah lah ya pesan pas awal bulan minggu akhir maret kemarin. Kapok pakai jnt. 😥

  • 15 Mei 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    Kalau bgini sepenuhnya salah seller, Karna sistem tetap membaca pengiriman dari jakarta bukan Surabaya.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Masalah Perbedaan Ongkos Kirim di Sistem Shopee

oleh Jefdi dibaca dalam: 1 menit
15