Soal Pembatalan Pesanan, Respon Shopee Sangat Lama

Saya beli barang di Shopee. Setelah checkout, dalam waktu 2 menit saya melakukan pembatalan karena alamat saya salah dan ulasan toko kurang baik. Namun, pembatalan saya ditolak padahal baru 2 menit paling lama.

Saya mencoba chat melalui Shopee, tetapi tidak direspon. Lalu saya menghubungi Shopee dan dibantu oleh mereka untuk menghubungi penjual. Namun, tetap saja tidak dihiraukan dengan alasan paket sudah diserahkan ke kurir, padahal pesanannya baru masuk 2 menit.

Singkat cerita, paket tetap dikirim karena alamat salah, jadi kurir pun menghubungi saya. Saya minta agar paketnya direturn, tetapi orang toko menolak sementara paketnya belum dibuka sama sekali.

Kemudian, kami masuk ke forum diskusi yang disediakan oleh Shopee. Namun, sudah seminggu dan Shopee masih belum memberi respons. Ketika dihubungi, mereka selalu menyatakan sedang dalam proses pengecekan, sama sekali tidak menjadi penengah dalam forum diskusi ini, mereka membiarkannya saja saat dihubungi sedang dalam pengecekan yang berminggu-minggu.

Hal ini membuat saya berpikir dua kali jika ingin berbelanja di Shopee lagi.

Aini Lianto
Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Soal Pembatalan Pesanan, Respon Shopee Sangat Lama

  • 5 Juni 2023 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Awal masalah karena sistem Sopi menolak pembatalan meski baru 2 menit. Penjual tidak bisa berbuat apa-apa ketika pesanan tetap diproses sistem. Kalau mau ngegas, tujukan langsung ke Sopi. Anda salah sasaran yang akhirnya mendapat respek kurang baik dari penjual.

    • 5 Juni 2023 - (12:54 WIB)
      Permalink

      karena jika penjual langsung klik proses itu tdk bisa dibatalkan lagi via sistem meski baru 10 detik juga ga bisa. jatuhnya pengajuan dan butuh persetujuan penjual. penjual tdk mau jadi lanjut terus
      jadi disini yang tidak rela membatalkan adalah penjual. karena alamat salah ya cuekin aja nanti paket tdk terkirim yg rugi sebenarnya penjual. paket aka kembali dan butuh waktu lama, duit pembeli tetap akan balik

      1
      1
  • 5 Juni 2023 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Ketika order belum di proses, langsung batalkan saja bisa. Ketika sudah di proses oleh seller untuk membatalkan ya harus persetujuan seller, kl seller tidak mau membatalkan ya itu urusan seller, shopee tdk bisa membatalkan, shopee tidak ikut cawe-cawe 😀

  • 5 Juni 2023 - (15:58 WIB)
    Permalink

    masalahnya dari seller begitu pesanan masuk langsung atur jadwal pengiriman, saya ajuhkan pembatalan ditolak, saya chat dari apk shopee tapi tidak respon., saya hubungi cs pembatalan tidak bisa sepihak jadi dibantu menghubungi penjual tapi dimendapat respon lalu dikimkan email ke penjual, tapi tetap di respon dgn alasan paket sudah diserahkan ke pihak kurir, sedangkan pesanan baru saja masuk 5 menit paling lama. itu pesanan di tgl 27 kenapa dikirim tgl 29 jika memang sudah diserahkan ke pihak kurirrr…

    • 5 Juni 2023 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Lha makanya itu, itu urusan seller bukan shopee. Shopee tdk bisa memaksa seller untuk membatalkan. Kl anda menyalahkan shopee itu anda gagal paham. Dan di marketplace manapun juga akan seperti itu. Jika sudah di proses hanya seller sendiri yg bisa menyetujui pembatalan.

  • 5 Juni 2023 - (17:20 WIB)
    Permalink

    @Aini.
    Bentar lagi pasti pihak shope menghubungi kamu.
    Kamu kalau disuruh bikin klarifikasi sama pihak shope jgn mau yah. Suruh dia bikin sendiri tanggapannya. Jangan mau dijajah, kecuali km punya mental suka dijajah. 😁

    3
    1
    • 6 Juni 2023 - (10:10 WIB)
      Permalink

      Ini bukan kesalahan shope dan bukan kesalahan seller. Ini murni kesalahan buyer sejak awal. Apalagi statement buyer bilang di hubungi kurir dan tidak bisa return. Jika memang salah alamat tidak perlu di tanggapi urusan kurirnya. Cuekin aja kurirnya. Nanti juga di return sama kurir kembali’ ke seller. Menurut saya kemungkinan besar alamat benar tapi buyer berubah pikiran terkait barang yg di beli.

      • 6 Juni 2023 - (20:44 WIB)
        Permalink

        mau saya berubah pikiran atau itu kan ga ada larangan nya, terkait pesanan bukan udah berjam2 baru dibatalkan, hanya hitungan menit, menurut sahsah saja..

  • 5 Juni 2023 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Setau sy kalo blm diproses penjual bisa dibatalkan otomatis kalo diliat statusnya order diproses penjual setelah 10 mnt

  • 6 Juni 2023 - (04:03 WIB)
    Permalink

    Kadang seller gk mau membatalkan pesanan yg udh order krn sering pembeli minta dibatalkan dgn alasan macam2 spt salah alamat, lupa pake kupon atau ganti ekpedisi dll trs katanya akan reorder kembali tp ternyata gk order lg krn sebenarnya sesaat ketemu harga yg lbh di toko lain.

  • 6 Juni 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Yg salah tetap pembeli. Kenapa tidak cek dan teliti sebelum cek out. Setelah diproses seller, pembeli tidak bisa cancel semau nya. Apalagi seller sudah request kurir walaupun belum di jemput kurir. Jika memang benar salah alamat , pembeli juga tidak perlu takut / repot. Karena paket pasti tidak akan terkirim dan paket akan kembali lagi ke seller . Begitu paket kembali ke seller . Otomatis pesanan akan ter batalkan oleh sistem. Uang pembeli akan di kembalikan. Kecuali pembeli hanya membuat alasan sekedar untuk membatalkan pesanan padahal alamat benar. Tapi walaupun bagaimana pun tetap salah ada di pembeli. Tidak hati-hati saat cek out. Pembeli yg salah alamat tapi melempar kesalahan nya ke orang lain. Pembeli ini termasuk orang egois. Pihak shope tidak salah dan tidak akan meminta klarifikasi.

    • 6 Juni 2023 - (20:49 WIB)
      Permalink

      maaf ya boss, jika saya tidak melakukan pengajuan pengembalian duit saya hilang, coba anda lihat status pesanan itu apa, sudah diterima yg bersangkutan atau sedang dikirim? status pesanan sudah diterima sedangkan saya tidak menerima jika saya tidak melalkukan pengajuan dalam 1×24 jam uang saya masuk ke penjual dan itu tidak bisa buat pengajuan sama sekali

  • 6 Juni 2023 - (10:28 WIB)
    Permalink

    Pesanan di buat di PKL 15.01 dan di proses penjual 15.11 itu kan artinya 10 menit ya..bukan 2 menit.
    Klo pesanan SDH di klik proses penjual dan pembeli mau batalkan .itu artinya bersifat pengajuan.
    Dan pengajuan itu tergantung dr pihak penjual nya .bersedia apa tdk..
    Dan shopee tdk bisa membatalkan begitu saja pesanan yg SDH di proses oleh pihak penjual.
    Klo benar alasan nya hanya salah alamat
    Pastinya brg tdk akan terkirim dan akan di retur kembali ke penjual.dan pesanan akan otomatis terbatalkan oleh sistem dan dana akan kembali ke pembeli.

    • 6 Juni 2023 - (11:31 WIB)
      Permalink

      pesanan masuk tgl 27, dan dikirim tgl 29 sedangkan saya pembatalan hanya selang beberapa menit setelah payment

      • 7 Juni 2023 - (00:47 WIB)
        Permalink

        Sdh di jelaskan di atas kalau jeda antara pesanan di buat sama pesanan di proses itu ada 10 menit, bkn 2 menit menurut tulisan anda. Jelaslah tdk bs di batalkan kalau sdh di proses. Sdh bohong, ngeyel lg.

  • 6 Juni 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Jika salah alamat, saat paket masih diproses (packing, belum diserahkan ke kurir) masih bisa merubah alamat.

  • 6 Juni 2023 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Anda berpikir memang hanya 2 menit, tapi dari sisi seller jika di batalkan mereka bisa jadi akan turun reputasi tokonya, lagian kesalahan di buyer bukan seller, beda jika stok habis, seller mau mebatalkan dengan persetujuan pembeli, jangan hanya berpikir cuman koq. Ya makanya sebelum order pastikan tidak salah. Karna belum tentu penjual mau membatalkan pesanan.

    • 6 Juni 2023 - (19:50 WIB)
      Permalink

      maaf ya,, menurut saya jika pembatalan pesanan belum sampai 15 menit itu hall yg wajar, dan itu juga tidak mempengarui toko.. terkecuali pesanan sudah masuk lebih dari 3 jam. wajar jika toko menolak untuk pembatalan. sedangkan chat saja tidak direspon..

      • 6 Juni 2023 - (20:32 WIB)
        Permalink

        Itu menurut anda, tapi versi toko tentu berbeda, mending dia main aman daripada reputasi turun.

      • 6 Juni 2023 - (22:02 WIB)
        Permalink

        Bang anda order pukul 15.01, penjual menerima order 15.11 itu tidak bisa di cancel lagi sudah harus packing, dan 15.16 anda minta batal… Berikut sebelum order perhatikan baik2 pesanan, alamat, maupun cara pembayaran dan voucher ongkir/cashback. Mudah2an pengajuan anda di terima shopee

  • 6 Juni 2023 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Salah alamat tp kurir berbaik hati menghubungi tp pembeli malah suruh balikin?
    Jgn cari alasan bos, bilang aja mau batalin, bukan gara2 salah alamat

  • 7 Juni 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Setau sy sbg seller,,, Mau brp menit ato detikpun jk seller sdh klik terima pesanan/diproses n kluar no resi tidak akan bs dibatalkan krn jk seller menerima pengajuan pembatalan akan muncul notif dr shopee “pesanan yg sdh diproses tdk bs dibatalkan jk tjd hal yg tdk diinginkan shopee tdk bertanggungjwb” makanya rata” seller akan menolak pembatalan dan tetap proses orderan,,, beda dgn tokopedia jk buyer mengajukan pembatalan dan seller menolak akan ada notif “memaksakan proses orderan yg dibatalkan akan meningkatkan komplain”,,, koreksi jk sy salah

  • 9 Juni 2023 - (01:07 WIB)
    Permalink

    Saya sudah berhenti belanja apa pun di Shopee karena masalah yang sama dengan anda. masih banyak e-commerce yang lain yang lebih bagus system nya, seperti lazada, Tokopedia dan lainnya. di lazada pembatalan pesanan yang masih dlm proses sangat mudah. kalau di Shopee saya tidak tahu bagaimana mana mereka mikirnya, masa pembatalan harus persetujuan penjual walaupun rating tokonya jelek.

 Apa Komentar Anda?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Soal Pembatalan Pesanan, Respon Shopee Sangat Lama

oleh Is dibaca dalam: 1 menit
29