Astra Life Melakukan Auto Debit untuk Perpanjangan Polis, Tanpa Konfirmasi Kembali ke Pemilik Kartu Kredit

Pada tanggal 14 Mei 2023, Astra Life melakukan auto debit dari rekening kartu kredit saya sebesar Rp1.800.000, tanpa minta persetujuan tertulis dari saya sebagai pemilik rekening untuk perpanjangan asuransi suami saya (beda nama tertanggung dan pemilik rekening).

Astra Life telah memberikan tanggapan atas keluhan saya, dengan mengirimkan dokumen persetujuan yang saya lakukan tahun lalu pada saat pendaftaran. Namun secara prosedur, saya sebagai nasabah tidak setuju jika persetujuan tersebut diberlakukan setiap kali transaksi.

Perubahan situasi bisa terjadi kapan saja. Bahkan saya sempat meminta pembatalan polis asuransi jiwa. Namun yang terjadi adalah, polis memang dibatalkan tetapi uang tidak dikembalikan. Tidak ada penjelasan mengenai kemungkinan-kemungkinan tersebut pada saat saya meminta pembatalan melalui email.

Sehingga yang terjadi adalah, Astra Life mengambil uang pembayaran secara gratis, alias menonaktifkan asuransi tersebut tanpa pengembalian dana, dan ini menjadi keuntungan gratis bagi perusahaan. Hal ini melanggar ketentuan dalam polis yang menyatakan bahwa: Setiap pembayaran yang dilakukan dari rekening yang namanya berbeda dengan tertanggung, harus ada persetujuan tertulis.

Ida Yuni Kartikawati
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan atas Keluhan “Astra Life Melakukan Auto Debit untuk Perpanjangan Polis, Tanpa Konfirmasi Kembali ke Pemilik Kartu Kredit”

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan hormat, Sebelumnya, kami ucapkan terima kasih atas kerja sama dan hubungan baik antara PT ASURANSI...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Astra Life Melakukan Auto Debit untuk Perpanjangan Polis, Tanpa Konfirmasi Kembali ke Pemilik Kartu Kredit

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Astra Life?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Astra Life Melakukan Auto Debit untuk Perpanjangan Polis, Tanpa Konfir…

oleh Ida dibaca dalam: 1 menit
3