Surat Pembaca

Kebijakan yang Aneh untuk Downgrade Paket Berlangganan Halo+

Saya pengguna paket Halo+ Telkomsel, dengan paket 100K. Karena kuota data yang berlebih, maka saya ingin downgrade ke paket yang lebih rendah, yaitu ke paket 60K. Saya telepon ke call center 188 dan dijelaskan: Kalau mau downgrade paket, harus bertahap tiap level. Jadi saya harus turun dulu ke paket Halo+ 90K, lalu menunggu 30 hari lagi baru bisa turun ke paket Halo+ 80K. Untuk turun lagi ke paket 60K harus menunggu lagi 30 hari, baru bisa.

Jadi untuk turun dari Halo+ 100K ke Halo+ 60K, saya harus menunggu 3 bulan atau 90 hari. Saya tanya kenapa harus bertahap? Dijawab: “Sudah aturannya seperti itu”.

Saya berharap Telkomsel memberikan penjelasan yang logis, selain jawaban “Ini sudah ketentuan”, “Ini sudah kebijakan”, atau alasan sejenisnya. Alasan logis yang saya maksud misalkan, “Oh kalau turun paket tidak bertahap nanti bandwidth-nya habis” atau ” Oh kalau turun paket tidak bertahap, nanti BTS tidak bisa memberikan sinyal”.

Doni Sugiharto
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal “Kebijakan yang Aneh untuk Downgrade Paket Berlangganan Halo+”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 21 Juni 2023 oleh Bapak Doni Sugiharto mengenai kebijakan untuk downgrade paket...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Biasanya sudah ada syarat dan ketentuan yang berlaku yang diminta persetujuan sebelum beli paket.

    • nah ini mungkin saya terlewat pak, tidak membaca. tapi belum tentu juga ketentuan tersebut ada di syarat dan ketentuan.

  • sama aja, di eksel prio juga bertahap, coba ke era dijadiin kontrak setahun

    punya saya eksel 60rb perbulan kontrak setahun dapat 35gb/bulan, kebanyakan sih sebulan paling habis 5gb emang, tapi yang penting bayar murah 😁

      • Tapi Saya bisa, Sebelumnya ada di Halo+ 100k. Saat halo saya masuk di BC Selanjutnya (tanggal 20) langsung tlp 188 dan bisa downgrade langsung ke Halo+ 50k. Memang sebelumnya diinformasikan seperti itu harus bertahap. Tapi mungkin suatu keberuntungan CSnya mau mengeksekusi permintaan saya.

  • Semua dipaksa ke halo+. Aktivasi prime vidio ataupun disney + ga otomatis. Tiap bulan kita harus klik sendiri aktifin. Terus kuota aplikasi dulu unlimited uda termasuk paket. Sekarang harus beli terpisah

    • yup, saya yang termasuk terpaksa pindah ke halo+ dari sebelumnya halo kick.

  • Lah kan sdh dikasih oenjelasan logis bahwa itu kebijakan perusahaan. Kita sbg konsumen kan hrs mentaati kebijakan itu, kalau tidak ya ganti operator aja, selesai.

    • Masa demi 1 konsumen seperti penulis, kebijakan perusahaan yg sdh ada hrs dirubah?!

      • kalau itu saya kurang tau pak, mau diganti atau tidak kebijakannya, dan itu terserah perusahaan apakah mengganti atau tetap mempertahankan kebijakan bahwa untuk downgrade paket harus bertahap, dengan waktu tunggu 1 bulan untuk tiap tahapnya.

        • Ya terserah perusahaan donk mau terapin kebijakan, anda mau terima kebijakannya ya lanjut, ga ya ganti operator. GITU AJA KOK REPOT!

          • Anda ini punya masalah apa sama saya? komentar kenapa harus capslock semua? kalau anda berbeda pendapat dengan apa yang saya sampaikan di surat pembaca ini, sampaikan dengan baik dan sopan.

    • sebelumnya saya pakai pra bayar pak, tapi ada alasan tertentu akhirnya menggunakan pasca bayar.

      • Pengalam yang sama, mau downgrade dari hallo 300k pas ke garapari Sumarecon mal Serpong karna keuangan lagi tidak bagus, malah cuman boleh turun 2 paket dibawahnya dan baru setelah 30 hari bisa minta turun lagi, bulan depannya ke garapari TangCity omongannya sama aja cuman bisa turun 2 paket di bawahnya lg, gitu terus sampe paketn yang diinginkan, malahn kata CS yang layanin saya di garapari bilang via telpon juga bisa cuman turunnya cuman bisa 1 kali jadi mending ke garapari langsing. Akhirnya setelah 2 bulan karna cape bolak balik, di bulan ke3 saya mau tutup aja hallonya malah langsung boleh turun ke yang 100k WTF banget. Kebijakan enggak jelas ini telkomsel, dulu sebelumnya juga mau ganti paket ke hallo unlimited juga gak bisa, beberapa bulan kemudian pas saya pikir mau nutup hallonya malah di perbolehkan pindah paket ke hallo unlimited. Kalo gak karna nomernya udah lama udah saya tutup ini telkomsel. Karna pelayanan yang jelek.

  • kalo langsung downgrade lewat My Telkomsel bisa nggak?
    itu diaplikasi ada pilihannya.

    saya minggu kemarin juga downgrade, tapi sesuai sih urutannya dari Halo+ 80K ke Halo+60K.

    • saya pernah mencoba untuk downgrade tapi gak bisa pak. mungkin saya belum nemu menunya. yang saya tau, di mytelkomsel bisa membeli paket yang lebih rendah, tapi apakah otomatis menggantikan paket eksisting atau tidak, saya kurang paham. jadi saya mencoba telpon ke 188. terima kasih pak untuk infonya

      • Beli paket lebih rendah otomatis lsg ganti kok, dan nominal tagihan paket disesuaikan di saat itu juga, jadi ngga perlu tunggu billing cycle bulan depan. Dicoba aja beli yg Halo+ 60K. Saya baru ganti juga siang tadi.

  • Saya bisa dari 80k down ke 50k melalui aplikasinya... Ngga perlu tlpn cs. Coba saja, klo ngga bs ya bertahap... Kebijakandr telkomsel berubah lg...

  • kartu telkomsel atau halo jadiin kartu untuk kontak keluarga aja, g usah buat paket internet, harganya mahal dan jumlah kuota tidak wajar ..
    untuk paket mending pake provider lain saran saya ..
    Terima kasih ..

    • mohon koreksi jika salah pak, setahu saya kartu halo ini sudah tidak ada paket yang abonemen (tanpa paket internet). harus membeli paket halo+

      • Ya begitulah Pak, mksd saya misal pengguna Telkomsel kalo bs jgn ajukan convert ke Halo supaya Telkomsel aja yg cukup jd kartu keluarga , tahun 2007 pernah pakai Halo jd nya kapok, mengingat Telkomsel sinyalnya kuat, saya juga turut apresiasi, namun tidak merekomendasikan untuk internet ..