Kebijakan yang Aneh untuk Downgrade Paket Berlangganan Halo+

Saya pengguna paket Halo+ Telkomsel, dengan paket 100K. Karena kuota data yang berlebih, maka saya ingin downgrade ke paket yang lebih rendah, yaitu ke paket 60K. Saya telepon ke call center 188 dan dijelaskan: Kalau mau downgrade paket, harus bertahap tiap level. Jadi saya harus turun dulu ke paket Halo+ 90K, lalu menunggu 30 hari lagi baru bisa turun ke paket Halo+ 80K. Untuk turun lagi ke paket 60K harus menunggu lagi 30 hari, baru bisa.

Jadi untuk turun dari Halo+ 100K ke Halo+ 60K, saya harus menunggu 3 bulan atau 90 hari. Saya tanya kenapa harus bertahap? Dijawab: “Sudah aturannya seperti itu”.

Saya berharap Telkomsel memberikan penjelasan yang logis, selain jawaban “Ini sudah ketentuan”, “Ini sudah kebijakan”, atau alasan sejenisnya. Alasan logis yang saya maksud misalkan, “Oh kalau turun paket tidak bertahap nanti bandwidth-nya habis” atau ” Oh kalau turun paket tidak bertahap, nanti BTS tidak bisa memberikan sinyal”.

Doni Sugiharto
Yogyakarta, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Kebijakan yang Aneh untuk Downgrade Paket Berlangganan Halo+”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 21 Juni 2023 oleh Bapak Doni Sugiharto mengenai kebijakan untuk downgrade paket...
Baca Selengkapnya

48 komentar untuk “Kebijakan yang Aneh untuk Downgrade Paket Berlangganan Halo+

  • 21 Juni 2023 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Biasanya sudah ada syarat dan ketentuan yang berlaku yang diminta persetujuan sebelum beli paket.

    • 21 Juni 2023 - (15:49 WIB)
      Permalink

      nah ini mungkin saya terlewat pak, tidak membaca. tapi belum tentu juga ketentuan tersebut ada di syarat dan ketentuan.

  • 21 Juni 2023 - (11:02 WIB)
    Permalink

    sama aja, di eksel prio juga bertahap, coba ke era dijadiin kontrak setahun

    punya saya eksel 60rb perbulan kontrak setahun dapat 35gb/bulan, kebanyakan sih sebulan paling habis 5gb emang, tapi yang penting bayar murah 😁

      • 24 Juni 2023 - (21:03 WIB)
        Permalink

        Tapi Saya bisa, Sebelumnya ada di Halo+ 100k. Saat halo saya masuk di BC Selanjutnya (tanggal 20) langsung tlp 188 dan bisa downgrade langsung ke Halo+ 50k. Memang sebelumnya diinformasikan seperti itu harus bertahap. Tapi mungkin suatu keberuntungan CSnya mau mengeksekusi permintaan saya.

  • 21 Juni 2023 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Semua dipaksa ke halo+. Aktivasi prime vidio ataupun disney + ga otomatis. Tiap bulan kita harus klik sendiri aktifin. Terus kuota aplikasi dulu unlimited uda termasuk paket. Sekarang harus beli terpisah

    2
    1
    • 21 Juni 2023 - (15:50 WIB)
      Permalink

      yup, saya yang termasuk terpaksa pindah ke halo+ dari sebelumnya halo kick.

  • 21 Juni 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Lah kan sdh dikasih oenjelasan logis bahwa itu kebijakan perusahaan. Kita sbg konsumen kan hrs mentaati kebijakan itu, kalau tidak ya ganti operator aja, selesai.

    1
    5
      • 21 Juni 2023 - (11:56 WIB)
        Permalink

        kalau itu saya kurang tau pak, mau diganti atau tidak kebijakannya, dan itu terserah perusahaan apakah mengganti atau tetap mempertahankan kebijakan bahwa untuk downgrade paket harus bertahap, dengan waktu tunggu 1 bulan untuk tiap tahapnya.

        1
        4
        • 21 Juni 2023 - (14:53 WIB)
          Permalink

          Ya terserah perusahaan donk mau terapin kebijakan, anda mau terima kebijakannya ya lanjut, ga ya ganti operator. GITU AJA KOK REPOT!

          • 21 Juni 2023 - (16:03 WIB)
            Permalink

            Anda ini punya masalah apa sama saya? komentar kenapa harus capslock semua? kalau anda berbeda pendapat dengan apa yang saya sampaikan di surat pembaca ini, sampaikan dengan baik dan sopan.

          • 21 Juni 2023 - (17:14 WIB)
            Permalink

            Serepot urusan dengan Indomaret ……..

    • 21 Juni 2023 - (16:04 WIB)
      Permalink

      sebelumnya saya pakai pra bayar pak, tapi ada alasan tertentu akhirnya menggunakan pasca bayar.

      • 21 Juni 2023 - (23:06 WIB)
        Permalink

        Pengalam yang sama, mau downgrade dari hallo 300k pas ke garapari Sumarecon mal Serpong karna keuangan lagi tidak bagus, malah cuman boleh turun 2 paket dibawahnya dan baru setelah 30 hari bisa minta turun lagi, bulan depannya ke garapari TangCity omongannya sama aja cuman bisa turun 2 paket di bawahnya lg, gitu terus sampe paketn yang diinginkan, malahn kata CS yang layanin saya di garapari bilang via telpon juga bisa cuman turunnya cuman bisa 1 kali jadi mending ke garapari langsing. Akhirnya setelah 2 bulan karna cape bolak balik, di bulan ke3 saya mau tutup aja hallonya malah langsung boleh turun ke yang 100k WTF banget. Kebijakan enggak jelas ini telkomsel, dulu sebelumnya juga mau ganti paket ke hallo unlimited juga gak bisa, beberapa bulan kemudian pas saya pikir mau nutup hallonya malah di perbolehkan pindah paket ke hallo unlimited. Kalo gak karna nomernya udah lama udah saya tutup ini telkomsel. Karna pelayanan yang jelek.

  • 21 Juni 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    kalo langsung downgrade lewat My Telkomsel bisa nggak?
    itu diaplikasi ada pilihannya.

    saya minggu kemarin juga downgrade, tapi sesuai sih urutannya dari Halo+ 80K ke Halo+60K.

    • 21 Juni 2023 - (16:05 WIB)
      Permalink

      saya pernah mencoba untuk downgrade tapi gak bisa pak. mungkin saya belum nemu menunya. yang saya tau, di mytelkomsel bisa membeli paket yang lebih rendah, tapi apakah otomatis menggantikan paket eksisting atau tidak, saya kurang paham. jadi saya mencoba telpon ke 188. terima kasih pak untuk infonya

      • 21 Juni 2023 - (18:58 WIB)
        Permalink

        Beli paket lebih rendah otomatis lsg ganti kok, dan nominal tagihan paket disesuaikan di saat itu juga, jadi ngga perlu tunggu billing cycle bulan depan. Dicoba aja beli yg Halo+ 60K. Saya baru ganti juga siang tadi.

  • 21 Juni 2023 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Saya bisa dari 80k down ke 50k melalui aplikasinya… Ngga perlu tlpn cs. Coba saja, klo ngga bs ya bertahap… Kebijakandr telkomsel berubah lg…

  • 21 Juni 2023 - (14:44 WIB)
    Permalink

    kartu telkomsel atau halo jadiin kartu untuk kontak keluarga aja, g usah buat paket internet, harganya mahal dan jumlah kuota tidak wajar ..
    untuk paket mending pake provider lain saran saya ..
    Terima kasih ..

    • 21 Juni 2023 - (16:07 WIB)
      Permalink

      mohon koreksi jika salah pak, setahu saya kartu halo ini sudah tidak ada paket yang abonemen (tanpa paket internet). harus membeli paket halo+

      • 21 Juni 2023 - (16:12 WIB)
        Permalink

        Ya begitulah Pak, mksd saya misal pengguna Telkomsel kalo bs jgn ajukan convert ke Halo supaya Telkomsel aja yg cukup jd kartu keluarga , tahun 2007 pernah pakai Halo jd nya kapok, mengingat Telkomsel sinyalnya kuat, saya juga turut apresiasi, namun tidak merekomendasikan untuk internet ..

  • 21 Juni 2023 - (16:00 WIB)
    Permalink

    Gak worth it skrg pake kartu halo.. dari yg 166 incld ppn, sekarang sudah 186 incld ppn.. bulan depan mending berhenti kartu halo, jauh bgt kuota yg di dapet sm kartu yg bukan halo dengan harga segitu.

    • 21 Juni 2023 - (16:15 WIB)
      Permalink

      bagi beberapa orang, mengganti nomor telepon cukup merepotkan pak. mungkin bagi beberapa orang, tidak terlalu masalah jika mengganti nomor hp. terima kasih untuk komennya pak

  • 21 Juni 2023 - (16:13 WIB)
    Permalink

    update 16.00 WIB
    dari pihak telkomsel, yang katanya dari tim yang bertugas memantau keluhan atau kritikan konsumen di media sosial dan sejenisnya.

    yang bisa saya simpulkan (mohon koreksi jika salah), beliau mengkonfirmasi bahwa customer service yang menerima permintaan saya untuk downgrade ke paket 60k, kurang tepat dalam menyampaikan informasi. seharusnya CS bisa menjelaskan benefit jika downgrade 1 level di bawah paket eksisting. Tetapi jika konsumen tetap menghendaki untuk turun paket cukup jauh (dari paket 100k ke 60k), CS seharusnya tetap memenuhi permintaan ini. Secara tidak langsung beliau mengatakan tidak ada kebijakan/peraturan downgrade paket harus bertahap. Beliau menawarkan jika saya tetap ingin downgrade ke paket 60k, maka harus menunggu akhir billing dulu atau 30 hari sejak penggantian paket.

    terima kasih untuk Telkomsel yang bersedia menerima keluhan pelanggan. case ini bisa dianggap closed.

  • 21 Juni 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Memang pindah paket hanya bisa dilakukan setiap bulan sekali , kenapa mesti telp cs pak mandiri saja via aplikasi saya gonta ganti via aplikasi asal limit cukup alhamdulilah skrg pake yg halo + perbulan 50 rb dulu yg 100 rb , cs ditanya pasti muter muter . mereka gak paham sop juga kadang lupa.

    • 21 Juni 2023 - (17:44 WIB)
      Permalink

      betul pergantiannya harus dalam waktu interval 30 hari. maksud saya, kenapa tidak bisa dari 100k langsung ke 60k. kenapa harus bertahap, dari 100k ke 90k lalu ke 80k baru bisa ke 60k

    • 21 Juni 2023 - (21:41 WIB)
      Permalink

      Betul pak kalau limit mengcukupi, tapi mungkin beberapa pelanggan yg sudah langganan misal 90K tp limit hanya di 100K, jadi harus melalui 188…

  • 21 Juni 2023 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Bisa kok pak, sy juga mengajukan downgrade dari 90K ke 50K langsung diproses tanpa syarat bertahap… mungkin bisa disampaikan lagi ke CS nya bahwa banyak pelanggan yg bisa downgrade langsung… thanks

    • 21 Juni 2023 - (22:32 WIB)
      Permalink

      Trmksih untuk infonya pak. Tadi dari pihak, Telkomsel yang menghubungi saya juga mengatakan bisa downgrade langsung gak perlu bertahap.

  • 4 Desember 2023 - (05:23 WIB)
    Permalink

    Saran Saya Pak Telkomsel Halo Buat Kouta Darurat Aja Kalau Kouta Internet Prabayarnya Habis.

  • 8 Maret 2024 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Ternyata ada yang sepemahaman dengan saya. Kalau dari saya sebenernya memang mungkin karena pascabayar dan siklus pembayaran adalah pakai dulu baru bayar maka jika berganti paket di tengah BC akan merepotkan saat perhitungan tagihan karena ada yang namanya tagihan progresif. Jadi diharapkan mengganti paket di saat akhir / awal BC.

    Tetapi, saya sebagai konsumen yang sudah bertahun tahun memakai nomor kartu halo juga merasakan kalau hal ini sangat merepotkan. Karena kita harus membayarkan full tagihan yang tidak kita pakai. Terlebih, sekarang sudah dipaksa harus berlangganan Halo+ dari yang sebelumnya di paket Halo Kick.

    Sangat disayangkan…….

  • 29 Mei 2024 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Saya pakai HALO sejak beberapa tahun yang lalu. Awalnya paket 225k dapat 50Gb + benefit telepon gratis dan lainnya. Saya pindah ke HALO karena waktu itu paketan telkomsel mahal sekali dan menurut hitungan saya harga 225k ini lebih menguntungkan. Tahun 2023 lalu saya dapat pemberitahuan jika ada penyesuaian harga paket saya yang awalnya 225k menjadi 250k dan saya tidak bisa menolak. Sekarang tiap bulannya saya bayar minimal 280k inclune PPN dan biaya admin. Yang bikin saya kecewa parah adalah ternyata saat ini harga paketan untuk pengguna baru sangat murah contohnya 150k dapat 60GB. Belum lagi label prioritas yang melekat pada HALO saya tidak pernah merasakan perbedaannya dengan kartu telkomsel biasa. Pernah saya dapati sinyal dan internet kartu telkomsel prabayar teman saya lebih baik daripada milik saya di salah satu lokasi yang sulit sinyal. Sayangnya nomer saya saya gunakan untuk kerja alhasil sangat tidak mungkin saya ganti operator sedangkan downgrade dari HALO ke prabayar itu juga tidak mungkin bisa. Kecewa parah pokoknya pakai HALO.

 Apa Komentar Anda mengenai Paket Halo+ Telkomsel?

Ada 48 komentar sampai saat ini..

Kebijakan yang Aneh untuk Downgrade Paket Berlangganan Halo+

oleh Sugiharto dibaca dalam: 1 menit
48