Tidak Pernah Melakukan Pinjaman di Bank Neo, tapi di SLIK Ada Catatan Kol 2

Saya iseng melakukan cek SLIK OJK saya. Ketika sudah dapat, saya cek. Saya tidak ada melakukan pinjaman di Bank Neo Commerce sama sekali. Namun di SLIK tertulis status saya sedang dalam pengawasan alias Kol 2.

Bagaimana ini Bank Neo? Saya tidak ada rekening di Bank Neo Commerce. Saya juga sama sekali tidak ada melakukan transaksi pinjaman di Bank Neo Commerce. Ini bikin jelek SLIK saya. Padahal yang lainnya di SLIK saya itu lancar semua keterangannya. Cuma dari Bank Neo Commerce ini Kol 2 atau dalam pengawasan.

Mohon tanggapannya ini Bank Neo. Saya tidak melakukan transaksi apa pun atau pinjaman apa pun di Bank Neo. Mohon respons baiknya. Terima kasih.

Dewi Rahmawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Ibu Dewi Rahmawati

Jakarta, 22 Juni 2023 Dengan hormat, Menindaklanjuti pengaduan dalam Surat Pembaca yang dimuat Mediakonsumen.com dengan judul “Tidak Pernah Melakukan Pinjaman...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Tidak Pernah Melakukan Pinjaman di Bank Neo, tapi di SLIK Ada Catatan Kol 2

  • 22 Juni 2023 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Maaf Bu, apakah anda pernah meminjam di aplikasi pinjol? Soalnya sekarang Banyak pinjol yang berafiliasi dengan Bank, jadi jika anda meminjam di aplikasi pinjol, yang melaporkan slik tersebut adalah bank yang berafiliasi dengan pinjol tersebut.

    • 22 Juni 2023 - (14:33 WIB)
      Permalink

      Tidak pernah kak sama sekali. Ini aja ada 3 slik transaksi yg mencurigakan menurut saya. Pertama Bank Neo ini. Terus kedua slik saya laporan nya memakai kartu kredit BNI padahal saya tidak pakai kartu kredit BNI bahkan pengajuan buat kartu kredit saja tidak ada. Dan terakhir ada transaksi di Bank Jago. Padahal saya tidak minjam di Bank Jago, buat rekening di Bank Jago atau pinjam di pinjol yg bernaung di Bank Jago dan Bank Neo.

          • 22 Juni 2023 - (17:24 WIB)
            Permalink

            Kalau pinjam di kredivo, biasanya di slik ojk yang tercantum bank neo 😁😁. Dicek aja, di akun-akun pinjolnya, mana yg mendekati dengan pinjaman dari bank neo tersebut.

            Soalnya pinjol itu biasanya kerjasama sama bank jago, bank neo, bank oke

          • 23 Juni 2023 - (10:50 WIB)
            Permalink

            Katanya anda punya keterlambatan bayar di Adapundi, tp kemudian anda menyanggahnya.
            Yg jd pertanyaan, knpa mereka berani lakukan sanggahan dgn blg bgtu.

        • 22 Juni 2023 - (15:06 WIB)
          Permalink

          Kalau misal nya Ada pinjol. Saya bayar sesuai bulan nya dan cicilan nya. Tp di slik tertulis dr bulan Feb – April itu kol 1. Padahal dr tgl februari – skrng saya tidak ada ambil pinjol dr 3 apk tersebut. Tp kenapa baru Mei tertulis ada tunggakan. Kan Aneh sekali. Yg dr jangka waktu 3 bulan itu lancar tp Mei itu ada tunggakan. Padahal saya tidak pernah pinjam dan tidak pernah membayar di pinjol yg ada kaitan nya dgn Bank Neo. Termasuk Bank Neo nya sendiri. Ini yg bikin saya bingung dan mengakibatkan slik saya berpengaruh.

          • 22 Juni 2023 - (15:46 WIB)
            Permalink

            diingat kembali kemungkinan besar pinjol , terus biasa nya mereka update itu satu bulan atau dua bulan lebih lambat dari bulan yang pernah telat bayar .

      • 22 Juni 2023 - (16:12 WIB)
        Permalink

        katanya tidak pernah sama sekali, tp dibawah komentarnya beda lg, bejibun tuh history pinjolnya. coba inget2 lg ada ga pinjol yg msh outstanding / blm dibayar?

        3
        1
        • 22 Juni 2023 - (16:58 WIB)
          Permalink

          Maaf ya pak/bu yg dimaksud tidak sama sekali melakukan pinjaman itu di pinjaman yg berhubungan dgn Bank Neo nya atau pinjol yg bekerjasama dgn Bank Neo. Coba lihat judul nya lagi ya Bapak/Ibu sebelum berkomentar.

          3
          3
          • 23 Juni 2023 - (10:52 WIB)
            Permalink

            Adapundi ada hubungan dgn bank neo, dan anda di bilang ada keterlambatan bayar dstu. Berarti anda bohong.

            1
            1
        • 27 Juni 2023 - (08:52 WIB)
          Permalink

          Untuk bank neo commerce, yang dulu bernama bank yudha bhakti jika ada info pinjaman yg terdaftar dengan SLIK salah satunya fasilitas pay latter di salsh satu e commerce. Sepertinya salah satunya yg digunakan berbelanja di shoppe. Shoppe bukan lembaga pembiayaan, sehingga utk fasilitas pay later nya menggunakan salah satu yang bekerja sama dg mereka. Bukan hanya 1 bank, salah satunya bank diatas. Silahkan di cek belanja online nya dg nominal yg sama dengan info banknya.

      • 22 Juni 2023 - (21:43 WIB)
        Permalink

        Klo di slik ada CC BNI itu pinjaman pinjol bisa krdit pintar.. jika Neo, commerce dll itu biasa nya spaylatter & Spinjam, klo pinjaman pinjol jatuh tempo Sabtu / Minggu di bayar Minggu, dari pihak pinjol baru update tagihan di hari Senin, dr pemberi pinjaman otomatis ke record nya telat alias koll 2,.

        • 23 Juni 2023 - (05:21 WIB)
          Permalink

          Kalau di slik saya yg laporan dr Bank BNI dg jenis pembiayaan kartu kredit/kartu pembiayaan syariah itu nominal nya 1.5 juta. Tgl Akad Awal, Tgl Akad Akhir, Tgl Awal kredit, Tgl Mulai 31 Des 21 semua. Tgl Japo nya 31 Des 27. Kab/Kota. Lokasi Proyek Di Jakarta. Padahal rata rata slik saya untuk lokasi nya di Surabaya. Saya juga gak kerja sama sekali di jakarta. Di Surabaya Saya. Ini status masih Kol 1. Tp saya tidak pernah apply baik pembukaan rekening bank/pengajuan cc/pinjol yg berhubungan juga dgn Bank BNI. Tp status nya Aktif. Kan aneh itu. Jd saya harus lapor kemana ini. Kalau ada yg tahu mohon infonya. Masa iya pinjol 1.5 juta cicilan nya berakhir sampai 31 Des 27 kan gak maksud diakal.

          • 23 Juni 2023 - (05:25 WIB)
            Permalink

            Toh ya pinjol jaman skrng cicilan nya 2 mingguan, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan paling lama 12 bulan. Serius saya gak pernah apply apapun yg berhubungan dgn Bank BNI. Apalagi limit kecil bisa di cicil dgn tenor lama. Kan aneh. Apa ada yg gunakan data saya untuk apply cc. Atau nama saya Dewi Rahmawati ini kan banyak. Masa Slik OjK salah input data. 🙃🙃🙃

          • 24 Juni 2023 - (09:10 WIB)
            Permalink

            Lapor indikasi penyalahgunaan data,kemudian minta di blokir dulu kartu kreditnya

    • 24 Juni 2023 - (03:02 WIB)
      Permalink

      Saya pernah mengalaminya .. lalu saya nelpon ke bank neo dan kirim bukti email kalo saya kol 2 padahal ngutang aja kagak ke bank neo alhasil bank neo balas email saya meminta maav dan akan menghubungi ke BI alhasil clear ..sumpah saya trauma Ama bank neo

  • 22 Juni 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Intinya Akulaku,dkk yg berhubungan dgn Bank Neo saya tidak pernah pinjam sama sekali apalagi buat rekening di Bank bersangkutan juga. Yg saya pinjam di pinjol itu kredit pintar (sdh lunas), kredivo (sdh lunas), rupiah cepat (sdh lunas), spaylater (msh berjalan), HCI (msh berjalan), spinjam (msh berjalan).

    • 22 Juni 2023 - (23:50 WIB)
      Permalink

      Dari “jenis kredit” itu dijelaskan kalo pembiayaannya dilakukan secara channeling, jadi pinjaman yg kk lakukan di fintech itu menggunakan sistem kerjasama dengan bank, makanya kenapa di slik ada tercatat minjam di bank, walaupun kk hanya pinjam di fintech. begitupun dengan kartu kredit BNI yg kk sebutkan, itu kerjasama dengan kredivo. Tau flexicardnyakan? Nah no virtual cardnya ini kerjasama dengan BNI. Kalo memang dari sliknya ada yg masih bermasalah, diminta surat keterangan lunas dari fintechnya atau screenshoot aplikasi yg berisi sudah dilunasi, dan datangi pihak banknya untuk mengupdate sliknya. Klo gak mau ribet ya tungguin aja 3 – 6 bulan kedepan untuk update sliknya, klo blm berubah juga bisa ajukan komplen ke bank bersangkutan disertai dengan bukti sdh dilakukan pelunasan untuk perbarui slik kk, atau datangi ojk.

  • 22 Juni 2023 - (16:29 WIB)
    Permalink

    kok bisa sih iseng check SLIK OJK bsa tembus, sya daftar bbrpa puluh kali penuh mulu.
    gmna sih caranya, mksih.

    • 22 Juni 2023 - (17:07 WIB)
      Permalink

      Mohon coba lagi terus Pak. Cek di web nya Idebku. Memang agak susah masuk web nya. Saya dr kmrn coba terus akhirnya bisa. 😊

      • 24 Juni 2023 - (10:44 WIB)
        Permalink

        Kayaknya penulis kurang paham beda pinjol. Pinjol bukan yg ngak resmi saja tapi yg resmi akulaku, kredivo, dan semua2 yg bisa kasih pinjaman, dan semua saling terafiliasi atau kerjasama, namanya saja beda2 tapi semua duit dari bank2 itu. Makanya muncul di slik.

  • 22 Juni 2023 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Untuk TS memang sebaiknya segera diurus ke bank-bank bersangkutan sebagaimana saran salah satu komentar, untuk mengantisipasi masalah di kemudian hari. Mengecek SLIK juga jadikan rutinitas yang dilakukan secara teratur.

    Selain itu hati-hati mempublikasikan data pribadi. Misalnya KTP jangan difoto kecuali terpaksa, itupun jangan diberikan untuk badan atau perusahaan yang kurang kredibel secara hukum. Untuk proses dengan persyaratan TKP sebaiknya dilakukan secara fisik jika memungkinkan. Fotokopi KTP juga harus diperlakukan sama. Saya punya fotokopi KTP khusus yang beberapa bagiannya (NIK, alamat, tanggal lahir) di huruf/angka tertentu saya hapus secara sistematis menggunakan penghapus karet, kemudian di laminating. Jika ada suatu urusan yang membutuhkan fotokopi KTP, saya buat fotokopian lagi dari fotokopi khusus tadi, misalnya untuk perpanjangan STNK. Selama saya masih pegang KTP asli, fotokopian tadi sifatnya hanya persyaratan administratif yang tidak akan mudah disalah-gunakan.

  • 23 Juni 2023 - (00:25 WIB)
    Permalink

    klo berhbngn dgn bank neo bisa jd ts mnggunakan spnjam, spaylater dll diaplikasi shopee. mslh sprti ini prnh sya alami wkt pngajuan KUR di BRI. Biarpun gak prnh telat wkt pmbyrn alias gak kena denda tetap saja sliknya jelek.

  • 23 Juni 2023 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Mungkin sama juga seperti saya kak..
    Saya tidak melakukan pinjaman di neo bank .
    Namun di slik ojk juga ada dari neo commerce..
    Bank Bni
    Finnacel.
    Seabank..

    Setelah saya teliti lebih lanjut ternyata..

    di surat perjanjian ada keterngan perusahaan yang memberikan pinjaman.

    misal , seabank di spaylater
    BNI , neobank itu di akulaku.

    jadi saran saya , sebelum melakukan pinjaman , baca dulu seluruh lembar perjanjian.

    Biar tahu siapa yang meminjami..

    Dan 1 lagi , bank pinjol biasanya melaporkannya 1-3 bulan

  • 23 Juni 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    perlu diperhatikan, pinjam itu ke satu bank saja .. biar tidak ribet ngaturnya.. terdata dengan jelas.. terhitung dengan baik…!?? Jadi gak usah tergiur promo ini itu..!?? Terimakasih.. semoga bermanfaat..

  • 23 Juni 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Ini kasusnya kayak rekan kerja saya, rekan saya tidak pernah pinjam pada bank tapi ketika kebetulan dia akan mengajukan pinjaman kaget bahwa dari data yg di cek teman saya ada pinjaman di suatu bank yg tidak pernah dia pinjam, setelah ditelusuri data KTP dan NPWP betul atas nama rekan saya tetapi fotonya di KTP bukan foto teman saya melainkan foto orang lain, dan setelah diingat teman saya itu menurut dia, dia pernah membeli motor secara cash dan dipinta KTP oleh sales-nya kemungkinan data Teman saya digunakan secara ilegal, mungkin digunakan pinjol dan lain2 Hati hati jaga identitas KTP dan lain lain jangan asal kasih dan asal foto. Lalu teman saya melapor ke polisi dan OJK karena riskan ntr tau tau ada yg nagih ke rumah. Hati hati data sekecil apapun jaga dengan baik

  • 28 Juni 2023 - (03:49 WIB)
    Permalink

    Nitip pertanyaan dng..sy pny data slik dr bank jago,oke,DBS,seabank mau tanya itu dr aplikasi apa aja

  • 20 September 2023 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Maaf mau tanya saya mau pengajuan di bank, tetapi pinjaman tidak disetujui krna adanya keterlambatan di Bank Neo & jago, sedangkan saya merasa tidak pernah pinjam di bank tsb…mohon solusinya 🙏

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Neo Commerce?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Melakukan Pinjaman di Bank Neo, tapi di SLIK Ada Catatan …

oleh DR dibaca dalam: <1 menit
33