Promo Voucher Cashback Shopee Tidak Bisa Digunakan di Toko Saya

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang sudah memuat keluhan saya ke Shopee Indonesia ini. Pada tanggal 16 April 2023, akun Shopee (seller dan buyer) saya diblokir oleh sistem Shopee. Setelah sekitar seminggu lebih, pada tanggal 24 malam saya baru bisa login lagi. Namun setelah itu promo voucher cashback yang disediakan Shopee tidak bisa digunakan di toko saya.

Saya sudah mengajukan komplain lewat CS sebanyak 2 kali, tapi jawaban yang saya dapat kurang dan terkesan tidak nyambung dengan inti pertanyaan saya. Padahal sudah menunggu lama, tapi ya sudahlah. Di sini yang saya tanyakan dari awal itu, kenapa voucher untuk belanja tidak bisa digunakan di toko saya? Apa yang menyebabkan promo tersebut tidak bisa digunakan? Padahal jelas di voucher ada keterangan berlaku untuk semua kategori.

Saya baca di S&K, intinya berlaku semua produk di Shopee Mall dan Star (kecuali toko tertentu). Padahal sebelum kena blokir tanggal 16 April 2023, voucher bisa digunakan. Saya paham memang ini hak penyedia platform yaitu Shopee melakukan sortir ke toko tertentu. Namun di sini saya sebagai penjual yang ikut program STAR dikenakan potongan yang sama dengan toko star yang bisa menggunakan voucher tersebut. Kenapa harus dibikin beda fasilitas yang didapat?

Seharusnya biarkan kami seller bersaing dengan baik, dalam hal produk yang dijual, pelayanan pembeli dan proses pengemasan. Kalau ada perbedaan fasilitas dari tuan rumah, terkesan ada keberpihakan kepada toko tertentu. Padahal seharusnya sebagai penyedia platform, Shopee bisa menyediakan lingkungan yang baik dan sehat.

Dua bulan ini saya monitoring penjualan tanpa voucer. Ada beberapa pembeli yang memang mencari voucer cashback, karena memang lumayan salah satu daya tarik bagi pembeli online adalah cashback yang didapat. Walaupun juga ada pembeli yang tanpa ragu langsung order tanpa memperhatikan cashback.

Bikin akun baru buat jualan atau tidak ikut program STAR supaya potongan biaya adminnya berkurang, mungkin ini solusinya. Namun tidak semua seller melakukan itu, contohnya saya, karena pasti nanti akan seperti ini lagi. Belum lagi membangun kepercayaan pembeli itu juga tidak mudah. Jadi saya harap saya dapat jawaban dari tim Shopee yang pas atas keluhan yang saya ajukan ini. Entah ini disebabkan eror sistem atau apa saya juga kurang paham.

Terima kasih dan mohon maaf kalau tulisan saya panjang.

Agus Setyadi
Surakarta, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Promo Voucher Cashback Shopee Tidak Bisa Digunakan di Toko Saya

  • 13 Juli 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sebesar besarnya saya ucapkan kepada team shopee, yang sudah fast respon menggapi keluhan saya ini. Keluhan saya sudah terselesaikan.
    Terima kasih juga kepada media konsumen yang sudah memuat artikel saya

    Hormat saya,
    Agus setyadi

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Promo Voucher Cashback Shopee Tidak Bisa Digunakan di Toko Saya

oleh Agus Setyadi dibaca dalam: 1 menit
1