Voucher DANA Billpay dan DANA Pulsa Tidak Memotong Pembayaran

Tanggal 12 Juli 2023, saya membeli voucher DANA Billpay senilai Rp100.000 dari aplikasi DANA dalam menu A+. Namun dalam penggunaannya, voucher tersebut sama sekali tidak berfungsi memotong pembayaran, ketika saya membeli token PLN seharga Rp500.000. Padahal sudah tercantum penggunaannya.

Ternyata ini bukan pertama kali terjadi, karena pada tanggal 1 Juli 2023 saya membeli DANA Pulsa senilai Rp10.000 juga tidak bisa digunakan ketika saya membeli pulsa seharga Rp50.000. Begitu pun ketika saya menggunakan voucher bonus Rp7.000 dari DANA untuk belanja di Freshmart, tidak mengurangi nilai pembelanjaan.

Saya merasa sangat dirugikan dengan penjualan voucher “jebakan” yang hanya diskon Rp3.000 – Rp5.000, tapi tidak bisa dipakai. Saya meminta DANA mengembalikan dana-dana pembelian voucher tersebut. Saya sudah melaporkan melalui chatbot DIANA, tapi tidak ada hasil.

Buat Media Konsumen, terima kasih atas dimuatnya surat keluhan saya.

Muk Men
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan DANA terhadap Keluhan Bapak Muk Men

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Bapak Muk Men di Media Konsumen, “Voucher DANA Billpay...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Voucher DANA Billpay dan DANA Pulsa Tidak Memotong Pembayaran

  • 13 Juli 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    Kayanya cuma gimmick,, vcr Dana sy juga gak motong jd gak dilanjutin bayar biarin aja hangus

    • 13 Juli 2023 - (21:14 WIB)
      Permalink

      Iya kalau voucher yg gratis sebesar Rp.7.000,- masih bisa dimaklumi tapi gimanapun kita udah capek-capek ke mini market, ternyata harganya tetap apa adanya, padahal kita cek dipop-up seolah dapet diskon, bgtu cek dihistori dana kita dipotong tanpa voucher.

  • 13 Juli 2023 - (12:36 WIB)
    Permalink

    Banyak masalah emang nih aplikasi, gue juga ngeri klo masalah voucher itu, udah gitu vouchernya belinya juga lumayan harganya,kadang bisa dipakai, kadang juga gabisa, tambah csnya juga gajelas klo dichat, mesti langsung kabur dan nutup chat

    • 13 Juli 2023 - (21:22 WIB)
      Permalink

      Waktu beli voucher pulsa saya pikir ada error atau gangguan sistem & sudah lapor chat bot, namun gak ada solusi sama sekali, karena nilainya Rp. 10.000 saya abaikan, namun kemarin kan beli voucher Rp. 100.000 seharga Rp. 97.000,- . Gak masuk akal rasanya aplikasi dompet digital ternama yang kerjasama dengan perusahaan besarnya Jack Ma di Alipay malah systemnya gak nyambung.

  • 14 Juli 2023 - (00:17 WIB)
    Permalink

    sama.. saya beli kupon diskon juga tidak bisa digunakan.. komplain tidak ada tanggapan yg sesuai/baik, CS cuma jawab asal2an.. brengsek bgt.

    • 14 Juli 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Hal ini sebetulnya tidak dapat dibiarkan , apalagi pengguna akun DANA sangat besar jumlahnya dibanding dompet digital lainnya, mereka mengeluarkan banyak biaya untuk promo hingga memperoleh nama sebesar sekarang namun mengapa mengabaikan pelayanan terhadap konsumen, kerjasama dengan Alipay untuk memasarkan voucher namun sistemnya masih kedodoran.

  • 17 Juli 2023 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal serupa, saat lapor via CS digital tidak ada tanggapan, hanya disuruh coba lagi kemudian di mark as solved, kemudian sekarang malah jadi unusual account activity dan tidak bisa digunakan sama sekali.

  • 17 Juli 2023 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Waduh!, koq bisa berlaku semena-mena begitu, sistem mereka bermasalah malah akun customer yang dibekukan, keadilan bagi konsumen harus diperjuangkan.

  • 18 Juli 2023 - (04:35 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama dan sudah melapor sampai 2 kali melalui chat DIANA dengan nomor laporan #28952182 dan #29009069 (tentu saja balasannya hanya template diminta menunggu sampai voucher hangus). Mohon bantuan DANA juga bisa bertanggung jawab terhadap error sistem ini. Hal yang saya alami jg sama dengan surat ini dimana voucher tertulis sdh memotong tp total biaya tdk terpotong dan saat dibayar jg voucher dianggap blm dipakai.

  • 18 Juli 2023 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Kemarin saya sudah dihubungi pihak DANA, diminta mengirimkan screenshot voucher, transaksi, t&c, dll.

    Saya menunggu apakah mereka memiliki kemampuan dalam memahami persoalan customer dan menyelesaikannya, apalagi ternyata ada begitu banyak kejadian yang sama.

    • 25 Juli 2023 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Sampai hari ini tanggal 25 Juli, sudah hampir dua minggu dari komplain dibuat, tanggapan yang diterima dari email hanya disuruh update aplikasi & pakai lagi vouchernya, padahal sudah jelas vouchernya sudah kadaluarsa.
      Dari pengalaman saya komplain dengan berbagai macam marketplace, baru kali ini saya menemukan Tim bantuan yang sama sekali tidak mau & mampu membantu konsumen.
      Jualan voucher, voucher tidak bisa dipakai jelas sudah menipu customer & bagaimana para admin perusahaan besar seperti DANA betah duduk dgn manis dikantor mereka, sementara kita pedagang kecil saja buru-buru nangani kalau ada keluhan dari konsumen, sungguh sangat disayangkan perusahaan keuangan digital yang dibangun setelah besar malah tidak mempunyai keperdulian terhadap konsumen yang menjadi langganannya, kita yang dirugikan seratus ribupun tidak diperhatikan, bagaimana mereka akan memperhatikan bila pelanggan dirugikan dengan nilai yang jauh lebih besar?, seperti dikatakan “orang yang tidak setia dalam perkara kecil, bagaimana dapat diharapkan kesetiaannya pada perkara besar”.

  • 9 Agustus 2023 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Baru kejadian sama saya, beli voucher deals KFC seharga 80 ribu, tapi tidak bisa dipakai karena tidak memotong pembayaran ataupun tidak dana cashback. definisi jadi rugi 80 ribu. sudah lapor ke CS tetap aja bahasanya template dan tidak ada respon yang solutif. akhirnya hangus tuh voucher 80 ribu. cukup pertama dan terakhir saya beli voucher deals di dana

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Voucher DANA Billpay dan DANA Pulsa Tidak Memotong Pembayaran

oleh Muk Men dibaca dalam: 1 menit
12