Sering Dicurangi Ongkos Kirim Berlebih di Lazada Logistik

Saya seller di Lazada dengan kode: ID67XH1JW6, merasa heran dengan pihak Lazada Logistik yang terus-terusan mencurangi pemotongan saldo penghasilan dengan alasan “Wrong Weight“. Padahal pesanan yang masuk selalu sama, berat barang selalu sama, dikemas dengan plastik polymer yang sama, tidak pernah dibeda-bedakan. Namun pengukuran pihak logistik selalu berbeda-beda.

Terbukti dari 2 orderan yang berisi barang yang sama, waktu bersamaan, jumlah yang sama, tapi hasil pengukuran bisa berbeda, yang satu diukur 2 Kg, satu lagi kurang dari sekilo.

Setiap kali saya isi formulir klaim, selalu ditolak dengan alasan pihak Logistik lah yang benar, tanpa ada bukti ukur timbang dari sana. Ada beberapa keputusan Wrong Weight yang pernah dikoreksi kembali, tapi saldo yang di-refund pun cuma sedikit, tidak sesuai yang seharusnya.

Jika begini terus, saya bisa rugi berjualan di Lazada. Selain bayar biaya layanan, harus bayar Wrong Weight yang muncul secara mendadak. Belum lagi salah kategori menurut lazada pun termasuk poin pelanggaran, ini juga tidak jelas letak salahnya. Bahkan jika akun seller saya diblokir pun, saya gak keberatan karena di sana tidak ada rasa keadilan.

Berbeda banget dengan marketplace lain, seperti Tokopedia dan Shopee, tidak pernah ada potongan ongkir berlebih, padahal barangnya masih sama dengan input berat yang sama pula. Bagaimana cara mendapatkan keadilan di Lazada?

Andri Haryono
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 23/7/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Sering Dicurangi Ongkos Kirim Berlebih di Lazada Logistik

  • 20 Juli 2023 - (19:07 WIB)
    Permalink

    Nggak beres di Lazada Logistik. Rawan manipulasi karena nggak ada bukti foto penimbangan. Anda buang saja atau nonaktifkan dari aplikasi. Kalau tidak bisa, buang sekalian e-commerce ini. Anda punya banyak pilihan kok.

  • 20 Juli 2023 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Itu bkn dari Lazada yang buat selisih ongkir dari jasa pengiriman ninja ubah ukuran dimensi sesuka hatinya,dari Lazada lebih percaya dari jasa pengiriman ninja daripada seller, dari seller kirim bukti klaim pengukuran dimensi masih di tolak klaim dengan alasan waktu pesanan di buat sudah sesuai selesih ongkir yang di kenakan, untuk yg selesih ongkir mulai 300rb sampai 1jt675 saya berdebat sampai berhasil menang klaim, sebagai contoh ukuran dimensi kita buat 72x70x5cm
    Di ubah dari ninja menjadi 72x72x70cm, apa tdk bengkak selesih ongkir yg di tagih ke seller, hati dengan jasa pengiriman ninja
    Saya pernah lupa cek selesih ongkir 675rb harga paket cuma 175rb
    Udah lewat 30hari sudah di tolak klaim , mau rugi berapa kita di buat jasa pengiriman ninja,di Lazada aja tdk bisa matikan ninja, kalau di market lain udah saya matikan semua

    • 22 Juli 2023 - (01:13 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena selisih Ongkir pada ekspedisi Ninja Express parah emg lazada kalo udah pengiriman ninja.. Ekspedisi laen selain ninja tidak kena selisih ongkir sedangkan ninja kena padahal berat dan dimensi sama. Chat PSC juga ga guna ga bisa dimatiin ekspedisi Ninja nya

  • 21 Juli 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah alami kasus seperti ini, kurir pengiriman ninja express. Ada banyak transaksi yang saya harus nombok ongkir terus menerus. Klaim ke Lazada ada yang di setujui ada pula yang tidak.

    Akhirnya berdasarkan saran dari PSC saya mengajukan pergantian kurir pengiriman ke Lazada. Dapat JNE, saya mengajukan pergantian lagi dapat si cepat, terakhir mengajukan pergantian lagi dapat J&T, dan ini memang yang saya harapkan, karena sistem pengiriman saya di Lazada adalah antar ke drop point, bukan pick up dan kebetulan lokasi drop point j&t dekat dengan rumah saya.

    Alhamdulillah aman sampai sekarang, gak pernah lgi kena selisih ongkir.

  • 21 Juli 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Lazada mmg bgtu,,,apalagi keluar pulau pake ninja dah pasti biaya ongkir nya ga karuan,,barang saya beratnya 500gram ukuran 30x30x5 di hitung 2kg barang realnya jam dinding 25cm ,,,ga ngotak sampai 2kg,,,expedisi lain di toped, shopee dan tiktok cma 1kg. Chat ke admin di suruh klaim ,,di klaim susah nya minta ampun,,,,saya minta ke lazadanya bukti hitung nya gmana di ninja pun ga ad di kasi,,,mmg aplikasi nyolong itu

  • 21 Juli 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Ganti jasa pengirimannya, saya juga sering kena selisih ongkir.

    Setelah ganti kurir Si Cepat, aman dan tidak pernah kena selisih ongkir.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Sering Dicurangi Ongkos Kirim Berlebih di Lazada Logistik

oleh Andri Haryono dibaca dalam: 1 menit
8