Teror Penagihan Pinjol, Fitnah di Media Sosial sampai Order Fiktif Jasa Sedot WC

Saya adalah salah satu nasabah dari pinjol AdaKami. Saya sudah melakukan pencairan pinjaman di AdaKami sebanyak 22 kali dan tercatat sebagai nasabah VIP. Selama 22 kali pencairan, sebanyak 21 pinjaman dilunasi tepat waktu dan satu kali mengalami kendala keterlambatan.

Sebanyak 22 kali pinjaman menggunakan nama saya, tapi seluruh dana digunakan oleh teman saya. Transaksi terakhir saya ajukan pada 3 Juni 2023 dan jatuh tempo pada 3 Juli 2023. Saat tanggal jatuh tempo, teman saya belum memiliki dana untuk melunasinya.

Kemudian tanggal 4 Juli 2023, saya sudah menerima ancaman berupa pesan yang dikirim lewat WhatsApp (bukti saya lampirkan). Ancaman ini, saya rasa menggunakan bahasa yang meneror dan kasar. Kemudian tanggal 5,6 dan 7 Juli 2023, teror beralih ke sosial media Instagram.

Beberapa akun baru memberikan komentar di Instagram saya pribadi dan beberapa teman dekat saya. Dalam komentar dijelaskan bahwa saya melakukan penipuan bisnis usaha. Nama pasangan saya juga dicantumkan, padahal dia dan keluarganya tidak tahu apa-apa.

Kemudian pada hari Sabtu, 8 Juli 2023, ancaman beralih dengan menggunakan akun baru lagi dan mengunggah foto saya dan pasangan. Dijelaskan dalam caption saya dan pasangan melakukan penipuan usaha makanan dan minuman. Pada hari yang sama, ancaman sudah dikirim ke tetangga tempat saya usaha dan keluarga pasangan saya.

Saat itu saya sudah berkomunikasi dengan nomor resmi penagih AdaKami, bahwa saya memahami konsekuensi jika terlambat membayar utang. Konsekuensi yang saya pahami adalah membayar pokok utang dan bunga berjalan. Namun tetap saja teror berlanjut.

Hingga pada Minggu, 9 Juli 2023, ada nomor yang membuat akun Gojek mengatasnamakan saya. Nomor ini pesan siomay seharga Rp68.000. Pesanan kedua merupakan nasi padang dan es teh. Kedua pesanan ini kemudian dilaporkan oleh pihak driver Gojek sebagai pesanan fiktif.

Lalu pada Senin, 10 Juli 2023, datang lagi pesanan fiktif berupa nasi ayam rempah seharga Rp40.000. Pemesan menggunakan nama Ratna Rengganis dengan nomor yang sama seperti pesanan fiktif pada Minggu, 9 Juli 2023. Pesanan tersebut menggunakan nomor 081515543276.

Pada hari yang sama, ada pesanan 2 sedot WC datang ke tempat usaha saya. Semua pesanan ditujukan untuk nama bisnis saya.

Lalu akhirnya saya memilih membayar sebagian menggunakan uang pribadi saya, meski dana pinjaman dipakai teman saya. Saat akan membayar saya dialihkan dengan tim AdaKami bernama Ana. Sejak data saya dipegang oleh Ana, dari tanggal 10 Juli 2023 hingga 11 Juli 2023 tidak ada teror.

Namun saya tidak kunjung bisa membayar sehingga data dialihkan. Kemudian tanggal 12 Juli 2023, teror kembali datang dalam rupa pesanan fiktif berupa pasir dan semen. Beruntungnya pada hari yang sama, uang untuk melunasi sudah tersedia. Setelah dibayarkan, semua teror berakhir.

Saya membaca POJK 10/2022 bahwa ancaman dan teror ini seharusnya tidak dilakukan. Pelanggaran yang dilakukan adalah:

  • Melakukan penagihan terus-menerus.
  • Melakukan penagihan dengan cara meneror dan mengancam.
  • Melakukan penyebaran informasi fiktif.
  • Melakukan teror dengan melakukan pesanan fiktif.
  • Melakukan pengancaman tidak langsung kepada nama yang terutang.
  • Melakukan pengancaman dengan mempermalukan nasabah.

Semua cara penagihan yang melanggar aturan POJK dilakukan AdaKami melalui vendor pihak ketiga sebagai penagih. Tercatat vendor tersebut mengatasnamakan PT Multi Sejahtera dan PT Cakrawala.

Dengan kronologi tersebut, saya mohon OJK atau pihak manajemen AdaKami melakukan penegasan. Sebab pihak-pihak tidak terlibat juga dirugikan.

Gilang Gagastama
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

57 komentar untuk “Teror Penagihan Pinjol, Fitnah di Media Sosial sampai Order Fiktif Jasa Sedot WC

  • 26 Juli 2023 - (09:25 WIB)
    Permalink

    Wuih, itu data kontak ponsel dikasiin ke pihak ketiga begitu aja? Pantesan aja marak penipuan via WA, lah data kontak telepon diobral begitu. 👿 Terus itu foto lagi narik ATM dapat dari mana dia? 🤔 Makin ngeri aja nih kelakuan para DC.

    15
    1
    • 26 Juli 2023 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Ya bisa lah drpd pinjol repot nelpon satu2, mending lempar aja ke kolektor. Foto narik atm paling editan itu, tinggal tambahin muka si debitur aja, ngga mungkin lah narik data dr cctv atm

      9
      1
      • 26 Juli 2023 - (20:19 WIB)
        Permalink

        Itu beneran adakami?? Kok parah gitu kak kurang ajar itu laporkan ke polisi itu tindakan pidana… dan seharusnya udh tau galbay account socmed diganti nama jgn pake nama asli trus di private… sy jg ada diteror cowok dia yg bobol pinjol saya, lha dia yg neror sy kirim gofood byr ditempat pdhl sy ga pesen. Trus neror mau kirim DC geruduk rumah sy padahal dia yg bobol pinjol sy uang dibawa kabur…Aq udh buat laporan di polrestabes

      • 26 Juli 2023 - (22:22 WIB)
        Permalink

        Seharusnya cepat dilaporkan Bareskrim polri,ini udah mengarah ke penipuan,fitnah,penyebaran data,kejahatan cyber crime. Data bapak/ sudah di salah gunakan.dan bocor,itu sangat berbahaya. Data bapak / ibu bisa digunakan untuk kejahatan. Pencemaran nama baik yang melakukan transaksi pemesanan sesuatu yg sebenarnya tidak bapak lakukan,dan pesan saya,bapak sungguh berani sekali pinjam pinjol untuk teman bapak yg bapak sidak tau konsekwensinya. Saran saya laporkan ke Bareskrim polri,atau konsultasi dulu ke YLBHI. Karena data bapak sudah disalahgunakan.

      • 27 Juli 2023 - (18:24 WIB)
        Permalink

        Adakami ya??emg bener2 pinjol laknat itu.tetangga &teman saya pernah di kirimin video pembunuhan gtu & di ancam.pernah juga sekali tetangga saya di kirimin sedot wc.yg padahal ga pesen😂

        tolong ojk kalau memang sudah banyak kasus yg seperti itu.tolong di tindak lanjuti

        • 22 September 2023 - (20:07 WIB)
          Permalink

          Bisa ngeles dia, wong saya yg punya pinjol adakami doang saat itu di cecar di teror di hina oleh dc adakami malah ga di akuin itu dc nya setelah lapor OJK dan afpi padahal hutang saya di adakami doang loh saat itu, tapi lepas tanggung jawab dan ngeles dc tsb tidak terdaftar sbg karyawan kolektor mereka,,,

    • 25 Agustus 2023 - (11:59 WIB)
      Permalink

      Baru saja kejadian padahal baru telat 1 hari
      pinjaman 6.8 juta+ bunga. Disuruh cicil pagi 2 juta. Udah ditransfer eh dichat sama kolektornya siang harus udah lunas. Diancam dia kirim foto saya, terus saya bls ” Cantik ya ”
      Serem sih ada kami OJK ala ala ternyata. Kemudian saya lunasi langsung. Udah lunas masih aja di chat WA. Kirim aja captur lunas. Gak lagilah pakai pinjam ini.

      • 22 September 2023 - (20:10 WIB)
        Permalink

        Mending galbayin aja bang, kalo udh ada uangnya buat pelunasan full baru bayar kayak saya, kalo nurutin mereka gada abisnya, malah udah nego deal potongan pun besoknya mereka masih nagih loh, gila kan? Salah saya ga saya rekam tuh pembicaraan lewat telepon, rekam semua pembicaraan bre sebelum melunasi. Minta email resmi juga untuk konfirmasi pelunasan. Jadi ada jejak digital nya. Kalo mereka ga ngasih jangan di bayar dulu sampe mereka ngasih.

  • 26 Juli 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    yg pake dana pinjol siapa, yg diteror siapa. makanya jangan mau disuruh2 temen pinjem pk identitasmu. dia yg berak, km yg disuruh sirem. nyahoo

    13
    2
    • 26 Juli 2023 - (10:28 WIB)
      Permalink

      Dia juga pasti dpt komisi..ga mungkin ads orang dermawan gt..
      Kata pakar2 mk disini lapor polisi lapor ojk Dan lain2..selamat menikmati laporan ke sana kesini..klo nulis d mk..ojk kaga bakal baca

      5
      1
      • 26 Juli 2023 - (10:50 WIB)
        Permalink

        Kyknye iye, klo bener si TS minjemin identitas die minjol bwt temennye (baek bener nih orang, 🤣), “Kemungkinan” si TS dpt duit jg dari yg minjem klo gak bunganye agak digedein dikit, masuk kekantong die,. Eh emang lg sial ternyate temennye gak bisa bayar,.. mau untung malah buntung nasib nasibb.. 😅

        4
        4
  • 26 Juli 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    Kalau TS menganggap penagihan melanggar aturan POJK, laporkan saja ke lembaga berwenang dan viralkan. Tapi semuanya yang urus TS karena temannya termasuk “pihak yang tak berkepentingan”. Di apresiasi jiwa menolongnya, tapi lain kali lebih smart dan berilmu.

  • 26 Juli 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Adakami emang SADIS gw aja difitnah bandar Narkoboy gw dikirimin paket2 cod dan makan2an parahkan

    • 26 Juli 2023 - (12:08 WIB)
      Permalink

      13jt pinjamannya, ngeriii sekali
      Karena ada kami tdk ada DC lapangan dijateng, mereka bisanya hanya meneror saja. Kl jd saya sudah diteror dan dijelek2kan sekalian aja ga usah bayar. Hutang pinjol tdk ada hukumnya dan untuk urusan hutang biar kita nanggung diakhirat (klemang teman yg pinjam ya)

      13
      2
  • 26 Juli 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    AdaKami kalau dlm dunia perpinjolan ini adalah kunci masuk pinjol ilegal. Dia banyak sekali anakan ilegal. Saya dulu galbay pinjol ilegal, ilegal ya. Adakami saya punya akun tapi tidak ada pinjaman, dalam waktu 2-3 hari sejak saya galbay di ilegal akun AdaKami saya langsung disuspend. Hebat kan ?
    Jadi jangan heran penagihan macam preman. Adakami ini dedemit nya pinjol se Indonesia

    • 26 Juli 2023 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Sopipay/sopinjam pun gitu, temen saya telat bayar, yang ditelpon bukan kontak daruratnya, maalah telpon salah satu nomer temennya yang baru dibeli sekitar 3 bulanan. Padahal daftar sopinjam nya sejak 2021.

      Parahnya ga kalah sama pinjol ilegal, wkwkwk.

  • 26 Juli 2023 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Tidak mgkn sekali anda meminjamkan akun pinjol ke teman anda sampe 21x. Kalo mau bohong itu yg msk akal dikit ngarangnya

    3
    6
  • 26 Juli 2023 - (12:57 WIB)
    Permalink

    uda nanggung d permalukan jd gak usah d bayar juga, toh klo kita bayar juga belum tentu mengembalikan nama baik kita…

    3
    1
    • 26 Juli 2023 - (14:58 WIB)
      Permalink

      OJK makan gaji buta…bubarin aja. Sanksinya cuma diberi teguran dan teguran saja. Pinjol legal dan yg ilegal sama aja nagihnya gaya preman.

  • 26 Juli 2023 - (12:59 WIB)
    Permalink

    saran untuk TS: kedepannya jangan berurusan dengan pinjol, krn “efek negatif”nya itu bisa sampai ke pasangan, sodara sampai ke teman2/keluarga2nya. perasaan malu-nya bisa seumur hidup meskipun yg disebar2 itu bohong, meskipun yg anda lakukan demi kebaikan, meskipun….
    be wise.

    • 23 September 2023 - (06:24 WIB)
      Permalink

      Halo kak Gilang. Saya mewakili perkumpulan korban Adakami ingin mengajak kakak untuk bergabung untuk sama2 melaporkan aplikasi ini.

      Apabila kakak mau bergabung, bisa cek dan hubungi kami melalui twitter kami ya kak rakyatvspinjol atau IG kami adakami.korban

      Terima kasih kak, sehat selalu

  • 26 Juli 2023 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Halo, kak Gilang Gagastama. Saat ini proses investigasi masih berjalan dan hasilnya akan kami informasikan segera.

    Silakan menghubungi layanan pelanggan AdaKami untuk informasi lebih lanjut, melalui :

    • Live chat pada aplikasi AdaKami
    • Pengaduan ke email: hello@cs.adakami.id
    • Contact call CS: 1500077
    • DM ataupun inbox ke social media AdaKami : @adakami.id (telah terverifikasi berncentang biru)

    Aplikasi AdaKami akan selalu meningkatkan pelayanannya pada setiap penggunanya, terima kasih.

    86
    • 26 Juli 2023 - (22:09 WIB)
      Permalink

      *** ****. ********** tulisannya doang terdaftar dan berijin OJK. Penagihan ga jauh beda sama ilegal. Lu rekrut tim penagih mungut preman dari jalanan? Lu ga kasihan sama driver ojol yang lu kasih orderan fiktif? Itu ongkosnya sama aja ga dibayar ******. Cuma dapet makanan aja. Tunggu aja kantor lu diijoin sama ojol.

    • 26 Juli 2023 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Pelayanan macam apa kalian ini? Ga mampu bayar gaji karyawan yang kompeten ya sebagai juru tagih berlisensi dan beretika? Kenapa preman pasar kalian pungut di jalan dijadikan sebagai DC? Bubarkan saja AdaKami kalo punya DC otak sama kelakuan masih primitif.

  • 26 Juli 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    Heh gila banget ini ADAKAMI, gua juga di teror dari yang mau di celakain, di bakar rumah nya, kirim mobil tinja sampai mau dikirim paket cod yang banyak. Tolong lah ini di perbaiki sistem penagihannya. Kalo udh merugikan gini jgn salahkan nasabah yg makin males buat bayar loh ! Karena sudah mengancam fisik dan mental seseorang ! Tutup adakami!

    10
    1
  • 26 Juli 2023 - (14:34 WIB)
    Permalink

    Mas Gilang,
    Itu sdh masuk ke ranah pidana. Anda harus melaporkan ke pihak Polda DIY.
    Adapun pihak terlapor nanti dipanggil polda untuk klarifikasi.
    Perkara nanti pihak terlapor “ngeles” bahwa itu bukan dirinya, nanti penyidik yang akan mengambil kesimpulan apakah pihak terlapor akan dijadikan tersangka atau tidak.
    Demikian saran saya .

  • 26 Juli 2023 - (14:42 WIB)
    Permalink

    mana ada pinjol dibawah POJK
    prosedur nya aja gak sesuai POJK

    pinjol ada karena ada nya kebutuhan pinjol juga
    ya wajar klo di hujat2 di sebar2 data udah resiko

    klo gak mau resiko begini ya pinjam sesuai aturan lah

  • 26 Juli 2023 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Gantian aja bales, pinjem tapi bersihin kontak dari nomor2 orang terdekat trus isi kontak pake nomor sedot wc yang ditempel di tiang listrik. Kalo perlu isi nomor2 debt kolektornya aja biar mereka saling berantem pas nagih.

  • 26 Juli 2023 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Bang. Lo mau tau siapa yg neror elo. Yg neror elo ialah orang yg terima penyelesaian Lo terakhir. Si ana itulah otak dibalik semuanya

  • 26 Juli 2023 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Pernah telat 3-5 hari an, sehari dari pagi sampe malam di telpon terus
    jelasin ke a, yg nelpon B
    sampe skrg di naikin limit gk pernah mau lg make adakami. cuman sekali minjem dan gak mau lagi minjem ke adakami. penagihannya sadis

  • 27 Juli 2023 - (01:22 WIB)
    Permalink

    Terima kasih sudah berbagi pengalamannya. AdaKami ini massive banget promosi iklannya lihat di youtube sering muncul pdhal udh pilih opsi sembunyikan, pas lihat pengiklannya dari perusahaan cina.

  • 27 Juli 2023 - (21:07 WIB)
    Permalink

    Gan, gw saranin, lu laporin polisi. Itu banyak kena pasalnya, UU ITE, pasal pencemaran nama baik, pasal penipuan (order fiktif). Wah adakami sih kacau. Screenshot semua bukti, laporin juga ke Satgas Waspada Investasi, OJK, AFPI. Lampirin bukti kepolisiannya. Jangan mau damai, gila tuh DC kaya begitu. Haabisin DC macam gitu

  • 28 Juli 2023 - (00:07 WIB)
    Permalink

    Mau Sharing dong… Jadi sekitar satu bulan yang lalu spinjam saya dibobol 12jt dengan tenor selama 3bulan, padahal saya engga pernah sekalipun mau berurusan sama yg namanya hutang apalagi pinjol karena saya selalu merasa takut ga akan pernah bisa bayar. Tapi musibah itu datang jadi saya tiba2 punya hutang sebanyak itu dan dengan cicilan yang sangat besar banget buat saya yang hanya seorang ibu rumah tangga dan single parent (masih dalam kondisi cari pekerjaan) yaitu sekitar 4jt, saya sudah coba telp cs nya dan mereka ga mau tau dan tetep bilang kalau itu tanggung jawab sepemilik akun. Naahhh sekarang saya lagi bingung karena tgl 5 besok sudah jatuh temponya, dan saya sudah pasrah karena saya emang tidak sanggup buat bayar. Naahhh menurut kakak kakas disini sebaiknya langkah apa yang seharusnya saya lakukan??

  • 28 Juli 2023 - (09:51 WIB)
    Permalink

    Data orang sudah kamu sebar2 dan juga merusak nama baiknya. Belom lagi teror order fiktif. Sangat merugikan itu.
    Maaf untuk tindakan brutal itu mahal.
    Sama seperti flower mu yg berharga.

    TS gak perlu hubungi adakami. Buang2 waktu.
    Lgsung laporkan saja. Biar gak tuman
    Viralkan di sgala social media. Agar laporan segera di tindak lanjuti.

    Lumayan gereget kok ini jika viral.

    • 31 Juli 2023 - (14:04 WIB)
      Permalink

      Udah banyak kasus si adasetan d MK, tp gak pernah ada pernyataan resmi dari pihak mereka. Mungkin mesti dikasusin biar kapok

 Apa Komentar Anda mengenai penagihan AdaKami?

Ada 57 komentar sampai saat ini..

Teror Penagihan Pinjol, Fitnah di Media Sosial sampai Order Fiktif Jas…

oleh Gilang Gagastama dibaca dalam: 2 menit
57