Bank BRI Mendebit Rekening Nasabah untuk Asuransi Tanpa Persetujuan Nasabah

Pada tanggal 27 Juli 2023, ketika saya mengecek mutasi saya, saya melihat pemotongan saldo sebesar Rp.50.000. Dan ini bukan kejadian pertama, ini sudah kejadian kedua kali.

Ketika pertama kali terjadi saya ke bagian CS BRI dan diberitahu bahwa ini untuk asuransi. Saya bertanya dong kenapa bisa langsung dipotong tanpa persetujuan saya. Dikatakan bahwa mungkin saya ada ikut KUR jadi diikutkan asuransi. Padahal saya tidak memiliki pinjaman sama sekali di BRI.

Setelah itu saya diberitahu bahwa uang yang sudah terpotong tidak bisa kembali lagi. Ya sudah, saya bilang ok tidak masalah yang jelas saya tidak mau ini terjadi lagi. Namun sekarang saldo saya terpotong lagi.

Tolong penjelasan pihak BRI jangan seenaknya memotong saldo nasabah tanpa persetujuan dan alasan yang tidak jelas. Dengan surat ini saya harapkan agar kejadian ini tidak terjadi lagi tahun depan.

Merry Johar
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Merry Johar

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “Bank BRI Mendebit Rekening Nasabah untuk Asuransi Tanpa Persetujuan Nasabah

  • 29 Juli 2023 - (11:31 WIB)
    Permalink

    Coba diingat2 dulu, pernah terima tlp ga yg nawar2in asuransi dan mungkin ga sadar bilang iya Mas. Biasanya kalo kita bilang iya, otomatis setuju untuk ikut premi asuransinya

    2
    3
    • 29 Juli 2023 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Tidak pernah sama sekali….tidak ada tlp yang masuk. Dan kalo pun ada apalagi bilang asuransi pasti sy bilang tidak biarpun di iming2 ngi kata gratis😅

      Tp pihak bri sdh menghubungi saya…dan permasalahan sudah di selesaikan

      4
      2
      • 30 Juli 2023 - (07:53 WIB)
        Permalink

        mmm bukan itu aja sie.kadang BRI ada potongan dalam seminggu 1000perak.tau dah itu pot apa, apa gw diikutin arisan tiap minggu serebu kali ya ama BRi, yg sampai kiamat kagak menang2 tu arisan.itu bukan sekali tapi beberapa kali.kn jd kagak bisa diambil 50 rebu jdnya😆. maka disini lah mungkin tercetuslah tf 5000 biar bisa diambil 50rb🤣🤣🤣

      • 18 September 2023 - (16:46 WIB)
        Permalink

        Bank ini emang maling,, pas nabung di awal aman aman aja,, pas 3 bulan terakhir saldo di potong jutaan,,
        Langsung gw buang rekening dan atm nya saldo gw pindahin ke BCA,,
        Keluarga dan Karyawan gw suruh pindah ke BCA dan buat transferan gaji kita g terima Bank Maling ini lagi…
        Kurang ajar saldo dipotong tanpa persetujuan nasabah…

    • 30 Juli 2023 - (16:52 WIB)
      Permalink

      Ganti BANK yg lain terlbh dulu AMBIL SEMUA UANG via ATM lalu buat rek di bank lain…

  • 29 Juli 2023 - (12:05 WIB)
    Permalink

    Anda bisa datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat dan tekan CS untuk mengetahui asuransi mana dan kapan ada persetujuan nasabah untuk keikutsertaan. Anda juga bisa sekalian minta keikutsertaan dihentikan disertai bukti, jangan sampai hal-hal “kecil” seperti ini menjadi kebiasaan titipan partai tertentu untuk kepentingan kampanye pemilu tahun depan.

    4
    6
    • 18 September 2023 - (16:48 WIB)
      Permalink

      Korban nya Random om,, mereka tau nasabah nya kebanyakan orang kampung yg gaptek sehingga duit nasabah gampang mereka maling…

  • 29 Juli 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    wah parah ini. saya jadi ingat,kamis tgl 25 juli kemarin saya dapat telp juga dari 021 51017466 (setelah liat truecaller gelarnya “asuransi bri uang nasabah”). cs halo halo, saya bilang halo, trus bertanya lagi apakah ini pak *****? lalu saya iyakan tanya kenapa. trus telp terputus. setelah liat ini jangan2 cuman butuh kata “iya” dari yang ditelp terus otomatis hal ini terjadi. namun setelah cek mutasi tidak ada kenapa2 . mudah2an memang terputus bukan karena modus.

    saya mau tidak mau harus cek reguler rekening, walau rekening hanya untuk bayar kartu kredit namun sayang saja kalau sampai hal ini terjadi, 50rb lumayan tanpa tau apa2 dan jarang lihat rekening.

    • 29 Juli 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      tidak akan kalau dia bacain dulu manfaat dan klausul yerocos lalu di akhir bilang apa bapak setuju , trus bilang setuju baru di debet itupun 3HK

    • 29 Juli 2023 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Ia…hrs rajin2 cek mutasi.

      Ini kebetulan saya liat kalo tidak ya mana tau uang kurangnya kemana.

      Betul 50k itu meskipun tidak besar tetap saja nilainya lumayan.

      Tp pihak BRI sdh menghubungi saya untuk menyelesaikan masalah ini😁

  • 29 Juli 2023 - (19:53 WIB)
    Permalink

    Terima kasih pada pihak media konsumen, Bank bri, dan kepala unit Bri minasa upa yang sudah datang langsung ke rumah untuk menjelaskan dan menyelesaiakan permasalahan yang ada.

    Sekali lagi buat teman2 pembaca masalah ini sudah selesai dan clear. Terima kasih atas perhatian dan komentarnya😁

    • 30 Juli 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Jd selesainya bagaimana mbak? Apa BRI mengakui kesalahannya dan mengganti kembali apa gimana? Jgn tiba2 bilang udah selesai aja.. kalo ada masalah koar2 di media konsumen, giliran udah selesai gk dijelasin hasilnya .

    • 30 Juli 2023 - (04:28 WIB)
      Permalink

      Gw aja baru kemarin buka rek dan ATM pagi buat sorenya kepotong 50.000 katanya sih itu asuransi dan itu pasti kena semua yang buka rek tabungan bri padahal gw punya satu rekening BRI lagi gk pernah kena potongan sama sekali2 gara2 dari pandemi corona BRI jadi seenak jidatnya potongin rekening nasabah….ada juga teman saya sampe 140ribu 50ribu 2x yang satunya 40ribu ,padahal teman saya gk pernah sekali pun ikut asuransi BRI,pas dikomplain ke CS katanya gk bisa diambil dan di bilang gk akan dipotong lagi
      Bukan masalah kecil besarnya tapi ya kali aja,nasabah baru dipotong 50ribu tiap buka buku rek tabungan BRI udah berapa itu.
      Intinya bukan cuma kamu korbannya banyak nasabah BRI baru yang kena juga emang parah banget kok BRI

      4
      1
  • 30 Juli 2023 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Saldo saya malah kepotong 3 jt lebih. Dan tidak penjelasan yang kongret dari pihak BRI. Komplain ke cs diarahkan ke call centre. Telp call centre suruh hub bri terdekat. Mungkin itu trik bank tersebut dalam menghadapi complain dari nasabahnya.

    • 18 September 2023 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Sama om saya kena potong selama 3 bulan jumlah nya jutaan juga,, solusinya matikan rekening dan buang atm nya,,
      Bikin kesel saldo nasabah di maling tanpa sepengetahuan dan persetujuan nasabah..

  • 28 Maret 2024 - (01:16 WIB)
    Permalink

    Sy juga merasa dirugikan, tidak ada konfirmasi melalui telpon atau pun sms,saldo sy 4juta 200 dipotong dengan alasan tagihan asuransi.jujur semakin hari saya semakin takut dan tidak respect lg dengan cara krj bank BRI ini.saya merasa tidak ada ke amanan lagi untuk menabung disini, karena SE enak mereka saja memotong saldo orang begitu byk tanpa pemberitahuan/konfirmasi dulu kepemilik nasabah tersebut.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Bank BRI Mendebit Rekening Nasabah untuk Asuransi Tanpa Persetujuan Na…

oleh Merry Johar dibaca dalam: 1 menit
24