J&T Meretur Semua Paket COD?

Pada tanggal 1 Agustus 2023, saya memesan barang di TikTok Shop dengan pembayaran COD. Pesanan dikirim dengan menggunakan jasa kurir J&T Express pada tanggal 2 Agustus 2023, dengan nomor resi: JX1902982720.

Tanggal 5 Agustus 2023, pada sistem pelacakan paket tertera: OUT FOR DELIVERY. Saya bela-belain tidak keluar rumah, agar bisa menerima paket barang tersebut. Namun pada tanggal 7 Agustus 2023, ketika saya mengecek kembali, ternyata paket saya dikirim kembali ke Jakarta, tanpa ada usaha untuk mengantar ke alamat penerima ataupun menelepon penerima.

Tanggal 7 Agustus 2023 sore, saya mendatangi kantor J&T di Jalan Letda Winda, Denpasar. Dengan entengnya dan tanpa ada rasa bersalah, Manager in Charge cuma mengatakan bahwa semua barang dengan sistem COD dikirim kembali ke pengirim, tanpa berusaha untuk mengantar ke alamat tujuan penerima. Apakah begitu tanggung jawab dari sebuah perusahaan kurir terhadap konsumennya?

Benar, dari pihak saya tidak ada kerugian finansial karena itu barang COD, tetapi saya tetap rugi atas waktu yang terbuang menunggu paket yang seharusnya saya terima. Kalau J&T tidak mau menerima pengiriman barang COD, dari awal pada waktu pengiriman harusnya sudah ditolak. Jangan seenaknya main retur barang dan berdalih penerima tidak ada di tempat.

Kalau tidak sanggup menjadi kurir, lebih baik bubar saja J&T. Tidak berguna sama sekali layanan kurir Anda. Terima kasih.

Yungkie Angkasa
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

38 komentar untuk “J&T Meretur Semua Paket COD?

    • 10 Agustus 2023 - (15:40 WIB)
      Permalink

      Mangkanya jangan sering sering menolak paket COD, kurir Memblacklist alamat penerima yang pernah menolak pesanan COD, kalau order memilih metode pembayaran COD usahakan diterima, tolong yang tanggung jawab sama pesanannya !!!! jaman serba digital memilih COD, kuno !!! Kan bisa bayar lewat m banking, e wallet, atau mini market terdekat.

      4
      5
      • 10 Agustus 2023 - (17:11 WIB)
        Permalink

        Lah saya non CoD dan ga pernah nolak paket saya bentuk cod atau cash.Tetep aja kena retur sama jnt…..Mas orang Jnt ya

      • 11 Agustus 2023 - (07:14 WIB)
        Permalink

        Betul banget bang
        Asal mereka tau aja,pihak JNT lebih mihak pelanggan daripada kurir.coba dah sekali kali jadi kurir JNT..

      • 14 Agustus 2023 - (11:41 WIB)
        Permalink

        Jawaban yang paling tolol dan arogan, sudah jelas J&T tidak profesional malah menyalahkan pihak lain, anda diskriminasi dan melukai perasaan masyarakat pengguna, komitmen apapun bentuknya keberadaan perusahaan kurir seharusnya mengutamakan pelayanan tanpa pilih pilih, anda tertarik dini menuduh penerima cod tidak amanah.

      • 14 Agustus 2023 - (12:41 WIB)
        Permalink

        Sampai saat ini saya pembeli yang bertanggung jawab atas pesanan yang saya beli baik itu pembayaran melalui transfer ataupun COD ea. Kalau barang yang saya beli baik tentu saya rating sesuai dengan keadaannya. Kalau barang rusak ea di bilang rusak. Saya bukan orang yang asal pesan barang COD untuk iseng dan setelah barang datang asal tolak. Sebaikanya anda membiasakan diri untuk membaca dulu kejadian yang saya tulis sebelum asal komen.

        • 10 Agustus 2023 - (09:55 WIB)
          Permalink

          Coba diperlihatkan screenshot tracking yang lengkap di upload yang benar, dari awal di pick up dari Seller sampaikan di return ke Jakarta. Biasanya Kurir J&T kasih alasan kenapa di kembalikan ke Jakarta ?
          Tadi cek resi, ternyata harus input 4 nomer belakang hp.

          • 14 Agustus 2023 - (11:56 WIB)
            Permalink

            Anda ga baca tulisan di atas ya? Dia sampd bela2in dtg tuk ambil paketnya. Alasan apa lg yg anda inginkan?

      • 10 Agustus 2023 - (17:55 WIB)
        Permalink

        Maaf saya sebagai penjual di Shopee ..
        Sudah banyak kali di PHP sama pembeli yg pembayaran cod.
        Awalnya iseng” saya aktifkan pembayaran cod
        Dan setelah itu banyak oknum yg tidak bertanggung jawab
        Banyak yg order dan sampai tujuan ada paket yg di tolak .ada juga paket yg alamatnya tidak ditemukan
        Otomatis saya juga merasa di rugikan dengan barang saya sudah sampai yg di Kalimantan dan akhirnya di return..
        Mungkin itu juga si kurir misal ada pesanan dalam berbentuk cod yg di takutkan sampai lokasi jauh jauh paket di tolak..
        Trs lgsg saja di return gak di kirim ke alamat yg pesan .. trimaksih

        3
        1
    • 10 Agustus 2023 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Saya belanja pakai transfer di tiktok tetep aja paket retur semua ke penjual, aneh nya status pelacakan penerima tidak bisa dihubungi, padahal tidak ada satupun kurir yang menghubungi saya. Sebagai pembeli wajar jika merasa waktu terbuang karena barang tersebut biasanya dibutuhkan

  • 9 Agustus 2023 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Ini jnt daerah Denpasar emang gitu, daerah lain kalau di retur pun karena ada permasalahan dan jarang terjadi, biasanya karena overload. Nah ini udah beberapa bulan overload. Kalau bisa matikan cod daerah Denpasar udahku matiin

    2
    2
    • 10 Agustus 2023 - (07:39 WIB)
      Permalink

      Heran sama kalian yg memojokkan pembeli, apakah kalian para pekerja ekspedisi?
      Jelas jelas kayak gitu kelakuan pihak ekspedisi yg gak tanggung jawab kok malah dibolak balik, kalian sehat?

      7
      1
  • 9 Agustus 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Udah 2x di retur sepihak oleh j&t,, pdahal aku IRT yg full 24 jam di rumah, tpi selalu di return sma kurir ny dgn alasan barang di tolak pelanggan,, pdhal lihat barangnya aja blm nerima barangnya aja blm.. main tolak, tolak aja,,

  • 9 Agustus 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Saya beralih ke jasa exs lain..krn gegara cod yang dibilang gagal bayar, tdk ada komunikasi ke pihak pembeli saat proses pengiriman..tahu tahunya status sudah dikembalikan ke jkt

  • 9 Agustus 2023 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Kayaknya jnt lagi bermasalah, di tempat saya di bandung setelah idul adha 4 cabang terdekat dari tempat saya semua tutup serentak, sampe bingung ngirim kemana, ke kecamatan lain pun di tolak, katanya klo beda kecamatan ga bisa. Yg terdaftar di gugel tutup semua. Besoknya tanya sama kurir jnt yg anter paket akhirnya di kasih tau yang buka, sekarang jnt 1 kecamatan 1 konter aja yang buka dan ga bisa kirim ke kecamatan lain. Sebenarnya males klo ada order jnt tapi order tiktok rata2 jnt jadi ya pasrah aja (mana kalo request pick up dari awal jualan sampe sekarang udah 1th gak pernah sama sekali di pick up) padahal alamat saya di daerah rame dipatiukur. Jadi mau ga mau nganter sendiri ke konter

    3
    1
    • 10 Agustus 2023 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Di tempat saya malah sicepat yang banyak tutup, dulu beroperasi mulai pagi (bahkan ada pickup pagi), sekarang kantor buka jam 2 siang dan itupun terlihat seperti tempat drop paket saja. Padahal toped sering pake kurir rekomendasi sicepat

  • 9 Agustus 2023 - (16:48 WIB)
    Permalink

    beli cash sama cod sama aja klo kurirnya J&T, punya saya juga diretur pembelian di shopee metode pembayaran transfer bank

  • 10 Agustus 2023 - (09:13 WIB)
    Permalink

    Hal itupun prnah sya alami,kurir j&t ga mau ngantar pket smpai alamat tjuan…
    Mkanya skrang sya klau mau pesan brang online nanya dlu sma sller nya.krim pket nya pke via apa,klau via j&n sya ga jdi beli.

  • 10 Agustus 2023 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Kurir2nya pada ga punya dana utk menalangi dulu tagihan COD nya mungkin gan, setau ane klo COD itu sang kurir pengirim hrs menalangi dulu tagihannya ke kantor baru nanti dananya dikembalikan dari hasil menagih ke penerima jika paketannya itu berhasil diterima oleh si penerimanya.. Yg ane tau sistem COD sih seperti itu ya..

    2
    1
  • 11 Agustus 2023 - (05:11 WIB)
    Permalink

    Saya pernah juga mengalami paket cod dikembalikan oleh jnt. Kurirnya ganti jadi ga mau antar kalau ga cashless. Kalau yg sblmnya bisa. Dihubungi via wa kalau sdh sampe alamat. Ga kayak sekarang. 3 paketku cuma 1 statusnya hilang dan sdh bayar. 2 paket cod kena retur. Makanya saya ga mau pesan di shopee via jnt lagi. Lalu pesan aksesoris hp di tokped via anteraja. ternyata rukonya tutup ga sesuai di google mapnya. ga ada diantar dan ga ditelepon / chat wa. malah di retur dgn alasan ga tau alamat. padahal jelas alamat lengkap dan nomor aktif. alasan saya cod karena pesanan orang kos jadi cuma bantu pesankan aja. tdk semua yg bayar cod itu iseng. hanya karena 1-2 orang gaje kalian sama ratakan. sedih.

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

J&T Meretur Semua Paket COD?

oleh Yungkie dibaca dalam: 1 menit
38