Mesin Cuci Beko Rusak Sudah 6 Bulan

Saya membeli mesin cuci front load Beko dengan kapasitas 12 kg lewat TokoPedia pada tanggal 1 Mei 2022. Setelah sekitar 10 bulan pemakaian, pada proses spin pemerasannya mesin cuci terkadang bergoyang keras. Saya berpikir mungkin karena muatan pakaian di dalam tidak seimbang atau terlalu banyak/kurang. Dan saya berkata bahwa pemakaian mesin cuci di rumah saya tidak setiap hari, hanya 2 hari dalam seminggu.

Namun setelah kira-kira di bulan ke-12, proses spin pemerasan tiba-tiba bergoyang keras. Semenjak itu, saya berhenti memakai mesin cuci tersebut dan lalu saya mengirim keluhan tersebut ke Beko di nomor 081310002356 sekitar awal Mei 2023.

Selang seminggu, ada teknisi yang dikirim oleh Beko dan teknisi tersebut mengatakan bahwa ada sparepart yang harus dipesan terlebih dahulu dan diganti. Saya menunggu sekitar 2 minggu untuk mendapatkan sparepart tersebut. Setelah kunjungan teknisi kedua, ketika dicoba oleh teknisi, terlihat ok. Namun ketika 2-3 hari kemudian saya gunakan untuk mencuci, masalah itu terjadi lagi.

Lalu saya kembali menginformasikan ke Beko, seminggu kemudian lagi teknisi datang dan mengatakan ada lagi sparepart yang ternyata juga harus diganti. Kali ini saya menunggu lebih dari sebulan. Beberapa kali saya menghubungi CS Beko karena lama sekali saya menunggu, sedangkan setiap hari selama itu saya harus mencuci pakaian di laundry luar – mahal. Setelah lebih dari sebulan, teknisi datang dan memasang sparepart, namun mesin tetap bergoyang keras pada spin pemerasannya. Teknisi bilang tabung harus diganti. Lalu saya disuruh menunggu lagi.

Kali ini saya harus menunggu lebih dari 3 bulan untuk tabung baru. Selama itu pula saya harus mencuci di luar terus. Dan saya berkali-kali WA ke bagian service dan CS, tapi jawaban mereka selalu sama: “disuruh tunggu”. Setelah lebih dari 3 bulan, ada teknisi datang membawa tabung, tapi apa yang terjadi? Tabung yang dibawa kekecilan, ukuran kapasitas 8 kg. Ya Tuhan, apa-apaan ini. Mesin cuci sudah dibongkar dan ditinggal oleh teknisi. Saya sangat kecewa dan marah dengan ketidakprofesionalan Beko dalam menangani masalah ini.

Saya sampaikan ke CS-nya dan ke Service-nya. Namun lagi-lagi cuma kata “maaf” dan “disuruh tunggu” lagi. Setelah sekitar 3 mingguan, teknisi datang lagi kesekian kalinya, dan yang terjadi tetap saja mesin cuci saya tetap bergoyang keras dan sekarang malah tidak bisa sama sekali berputar.

Selama hampir 6 bulan ini saya harus mencuci keluar dan terus disuruh menunggu oleh Beko. Saya sangat kecewa, kesal, dan marah karena saya merasa pihak Beko tidak serius menangani masalah saya dan tidak memberi solusi untuk saya. Hampir 6 bulan tidak ada penanganan yang serius, apalagi memberi solusi untuk saya.

Sofia
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

17 komentar untuk “Mesin Cuci Beko Rusak Sudah 6 Bulan

    • 22 Agustus 2023 - (21:02 WIB)
      Permalink

      Iya benar. Aku beli mesin cuci samsung 7 kg front loading sudah 5 tahun tidak ada masalah. Garansi dr samsung emang pas memiliki 11 tahun untuk tabung cucinya.

  • 18 Agustus 2023 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Wah padahal baru 1 tahun pemakaian ya, front load washer emang estetik sih tapi saya Masih pake yg tabung, merk biasa Sanex udah 5 tahun lebih Masih bagus, cuma 2 jutaan 😬 semoga cepat terselesaikan masalahnya ya bun

    • 19 Agustus 2023 - (08:06 WIB)
      Permalink

      Yg sy tau, beko merk asal Eropa. Bukan merk abal2… apalagi yg sy tau beko ini udh dikenal di tempat2 laundry. Namun, aftersalesnya yg harus diperhatikan lagi. Tenaga teknisinya juga hrs di review . Klo utk produk sy rasa brand2 asal luar yg sudah ternama pun pasti ada aja kendalanya..

  • 18 Agustus 2023 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Selamat Sore Bu Sofia,
    Kami menerima dan telah memahami keluhan yang disampaikan,
    Tim Beko akan segera akan menindaklanjuti untuk solusi atas produk yang dimaksud

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya
    http://www.beko.com/id-id/

    5
    8
    • 18 Agustus 2023 - (23:30 WIB)
      Permalink

      @Beko Home Appliances Indonesia
      good respond. Alangkah lebih baik jika konsumen itu dilayani dengan cepat ketika ada keluhan. Jangan sampai tulis keluhan di mediakonsumen. Brand besar ini dipertaruhkan akibat dari lalainya penanganan suatu kasus.

    • 20 Agustus 2023 - (15:45 WIB)
      Permalink

      Mau berapa bulan lagi buat ditindaklanjuti, baca kronologi after sales seperti itu sangat tidak adanya keseriusannya!

  • 23 Agustus 2023 - (04:55 WIB)
    Permalink

    Banyak yg bilang brand besar dari eropa, menurut saya dengan harga segitu lebih baik merk lain yg sudah jelas2 familiar, apalagi belum setahun sampai tabungnya sudah harus di ganti, ini kayak barang rongsokan semua2 di ganti belum satu tahun saya tidak memuji merk yg saya pakai LG mungkin saja barangnya lagi kondisi bagus tapi kalau 1 tahun sudah ganti2 partsnya entah apa mau dikata.

  • 24 Agustus 2023 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Kalau aftersales belum ngatasi seharusnya beko berani rugi langsung ganti unit. Toh kalau barangnya bagus kan yg rusak hanya sedikit. Sekalian menyiapkan aftersales dapat bonus juga nama baik.

 Apa Komentar Anda mengenai Mesin Cuci Beko?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Mesin Cuci Beko Rusak Sudah 6 Bulan

oleh Sofia dibaca dalam: 2 menit
17