Pengiriman Hyundai Creta Baru Mengecewakan

Pada tanggal 6 Juli 2023 siang, mobil Hyundai Creta yang saya beli dari Hyundai Andalan PIM 3, dikirimkan ke rumah. Sayangnya, sampai di rumah mobil agak kotor, karena katanya kehujanan di jalan. Setelah itu mobil langsung saya cuci sendiri di rumah dan saya temukan ada cacat pada bumper belakang atas kiri dan side skirt depan sebelah kiri.

Saat itu juga, sekitar 2 jam setelah ditinggal sales dan driver yang mengantar mobil, saya WA sales-nya. Saya kirimkan foto cacat yang saya temukan, dan ditindaklanjuti oleh CRO-nya. Karena kata sales-nya, CRO yang punya kontak dengan bagian gudang. Setelah dikontak oleh CRO yang katanya akan menindaklanjuti, hampir sebulan tidak ada kabar lagi.

Kemudian saya hubungi HMID. Baru setelah itu dikontak lagi oleh CRO Hyundai Andalan PIM 3. Namun solusinya sangat tidak masuk akal, saya harus mengirim mobil saya ke gudangnya si Pegangsaan Dua, Kelapa Gading yang jauh dari rumah saya untuk diperbaiki. Berapa banyak ongkos BBM, tol dan taksi saya untuk urus klaim ini?

Sampai saya berpikir, ini niat atau tidak sih untuk bertanggung jawab? Masa customer yang harus kirim mobilnya sejauh itu? Repot sekali. Padahal saya sebagai customer hanya menuntut hak saya untuk memperoleh mobil yang baik dan tidak cacat ketika sampai di rumah saya. Sampai hari ini, belum ada solusi yang memuaskan untuk unit baru yang cacat tersebut.

Arief Rahman Hakim
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Pengiriman Hyundai Creta Baru Mengecewakan

  • 17 Agustus 2023 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Dilihat dari foto, baret tersebut itu bisa dipoles sedikit di bengkel atau lakukan sendiri. Apalagi mobil masih baru dan catnya masih “hangat”. Ini solusi kalau nggak mau ribet dan ribut. Kalau mau memperpanjang perkara, tidak ada jaminan kalau unit pengganti juga bebas dari masalah (nampak dari dealernya yang kurang aware merawat unit jualannya).

    Tambahan kalau anda ingin ngirit, dari Depok ke Kelapa Gading nggak perlu lewat tol. BBM pakai saja yang tersisa sampai lampu indikator tangki BBM menyala baru isi per 5 liter tiap SPBU sampai Kelapa Gading. Pulangnya nggak usah naik taksi—ada Transjakarta, angkot, ojol, atau nebeng truk bak.

    7
    5
    • 17 Agustus 2023 - (17:35 WIB)
      Permalink

      1. Itu codet , cacat pada cat sehingga tidak bisa dipoles
      2. Saya setuju, nampak memang dealer tdk merawat barang jualannya dgn baik dan memeriksa dgn benar keadaan barang sebelum dikirimkan ke konsumen
      3. Anda tidak menangkap esensinya, bahwa konsumen punya hak untuk mendapat barang yg baik, shg sdh menjadi tanggung jawab penjual utk bertanggung jawab, bukan buat susah konsumen utk klaim. Kalau bisa mengantar unit ke rumah, kenapa tdk datang utk mengambil barang ke rumah atau mengarahkan konsumen ke tempat terdekat utk klaim. Mempersulit adalah salah satu bentuk keengganan bertanggung jawab.

      10
        • 24 Agustus 2023 - (16:49 WIB)
          Permalink

          Wah kalau soal rapih sih kalah jauh dgn mobil Jepang. Nat natnya aja nggak rata. Hasil catnya kalau yg dipermukaan bukan plat lebih mati warnanya, tapi ya sudahlah,mau gimana lagi. Tapi yang saya kesal ini ditambah ada cacat pula dan tdk ada respon yg positif utk tanggung jawab thd klaim yg saya sampaikan.

    • 18 Agustus 2023 - (12:41 WIB)
      Permalink

      Foto kiri,Itu celahnya memang gak sama,atau pengaruh sudut pengambilan foto?saya dulu sebelum serah terima,sy cek detil keliling,krn memang gak satupun dealer mau jujur jika unit yg dikirim ada cacat.

      • 18 Agustus 2023 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Celahnya memang tidak sama, tapi saya tidak permasalahkan, yg sebelahnya juga tdk presisi soalnya, jadi saya tolerir lah, memaklumi. Cuma kalau bodi cacat/ codet gini nih yg saya kesal sekali. Masa beli baru kok cacat. Kalau beli bekas ada cacat pasti saya maklumi sekali lah. Ini sudah baru, cacat mana dikomplen susah banget lagi follow up nya.

        4
        1
      • 18 Agustus 2023 - (18:28 WIB)
        Permalink

        Biar saja pak. Mungkin dia sales Hyundai atau orang dealer jadi yah begitu. Kalau konsumen biasanya cukup senang ada yg mau sampaikan keluhan begini, karena kalau penjual mau improve konsumen juga yang diuntungkan. Kalau yg gini nih ujung2nya nanti pasti nyalahin kastemer.

  • 17 Agustus 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    bawa ke autodetailing, trus suruh coating ceramic. dijamin gores2 hilang. barang dari dealer memang tdk menjamin mulus.

    • 17 Agustus 2023 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Tidak bisa dipoles karena memang catnya yg codet. Kalau dealer nya benar, mobil baru tdk ada codet pada cat, atau minimal segera menanggapi utk bertanggung jawab. Kalau harus mentoleransi cacat pada mobil kenapa harus beli baru, beli saja unit seken, beli unit baru itu memang salah satu tujuannya ingin dapat unit yg bagus, dan tanggung jawab penjual harus mengirim unit yang bagus/ tidak cacat.

      4
      1
  • 17 Agustus 2023 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Sulit pak beli barang baru kalo tdk cek langsung dilokasi lalu bawa pulang sendiri karna kita tdk pernah tau kejadian saat digudang, saat pengantaran yg menyebabkan gores/lecet pd unit kita

    • 19 Agustus 2023 - (00:17 WIB)
      Permalink

      Gak juga pak,
      Saya juga pernah sales Toyota sama juga , waktu itu Innova Reborn dikirim sore2, krn percayalah gak sampai cek ke kolong mobil, gak tahunya frame innova reborn catnya gak sempurna nutupnya, spt belang2 ada warna kuning kecoklatan seperti karat.
      Pas di info dealer tanggapannya lama 2 minggu gak ada balasan, naik ke APM Tam sama admin tam juga 2 minggu gak ada balasan.
      Setelah di reminder lagi, baru “seakan2” pihak APM push ke dealer.
      Ya gitulah penangannnya ala kadarnya….
      Tidak memuaskan, ditanyain itu frame karat atau bukan, maksud saya jawabnnya ya atau tidak itu saja.
      Dijawab melalui surat itu adalah normal.

  • 18 Agustus 2023 - (13:56 WIB)
    Permalink

    Iyaa bener Aftersales HMI Mines Parah beda jauh dengan Toyota,. saya serah terima Hyundai Creta type Prime bulan Februari 2023,. di surat serah terima unit yg warna kuning tertera Dapat Mudguard depan belakang Terpasang, pas unit datang tp tidak ada terpasang dan tidak dapat sama skali, sya claim ke kurir kata nya hanya antar saja diminta taya sales nya, saya ty sales nya dia blg sudah bawaan pabrik bgitu, trus Talang air di janjikan Original Hyundai tp yg dikasi Imitasi seharga 200 sd 250rb, trus bagian pintu dalam trisplang deket kaca pintu pecah diclaim pun sama tdk di gubris sama skali, sales dan markeeting dealer saling lempar,. Cukup 1x memakai Hyundai,. stelah dicek ke KKB BCA ternyata memang Dealaer Hyundai Permata Hijau After Sales nya Parah,. Hingga saat ini pun tidak ada kabar berita karna malas mempermasalah kan yg ga jelas yaa sudah cukup kasi rating jelek saja pas survey,. oiya payung pun dijanjikan sales hingga saat ini tidak dikasi sama skali.

    • 18 Agustus 2023 - (14:38 WIB)
      Permalink

      Iya, ini klaim saya 4 minggu dicuekin karena lempar2an antara sales dgn bagian gudang, jd laporan saya tidak di follow up, baru setelah saya ramein ke HMID mulai di follow up, tapi solusinya tdk membuat saya merasa nyaman. Sampai sekarang ya masih blm ada solusi baik yang ditawarkan. Parah banget memang Hyundai, cukup ini pertama dan terakhir beli Hyundai. Dan memang mesti ada yg mau menyampaikan komplain spt ini spy konsumen juga aware akan produk ini.

      • 18 Agustus 2023 - (17:25 WIB)
        Permalink

        Maaf,hari gini masih pakai mobil korea?Kalo mau nyaman dan tidak bikin kantong bolong,pakai merek Jepang aja…jangan percaya iklan dan iming-iming dealer,yang ada takut kecewa saat kesan pertama,selanjutnya stress di dapat…

        3
        1
        • 18 Agustus 2023 - (18:22 WIB)
          Permalink

          Saya harus setuju dengan anda pak. Berdasarkan pengalaman ini, saya sudah terakhir kali ini beli mobil Korea. Betul memang merek Jepang jauh lebih baik dlm mengirim unit ke kastemer, begitu juga dengan tanggung jawabnya. Saya tahun 2007 pernah beli merek Jepang, saya ada komplain pada unit yg dikirim dan besoknya langsung diambil dan dibereskan oleh pihak dealer.

    • 19 Agustus 2023 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Gak juga pak,
      Saya juga pernah sales Toyota sama juga , waktu itu Innova Reborn dikirim sore2, krn percayalah gak sampai cek ke kolong mobil, gak tahunya frame innova reborn catnya gak sempurna nutupnya, spt belang2 ada warna kuning kecoklatan seperti karat.
      Pas di info dealer tanggapannya lama 2 minggu gak ada balasan, naik ke APM Tam sama admin tam juga 2 minggu gak ada balasan.
      Setelah di reminder lagi, baru “seakan2” pihak APM push ke dealer.
      Ya gitulah penangannnya ala kadarnya….
      Tidak memuaskan, ditanyain itu frame karat atau bukan, maksud saya jawabnnya ya atau tidak itu saja.
      Dijawab melalui surat itu adalah normal.

      • 21 Agustus 2023 - (10:43 WIB)
        Permalink

        Wah, parah juga kalau Toyota sampai spt itu. Pengalaman saya dulu ada klaim, mobil diambil dan secepatnya mereka bereskan.

  • 18 Agustus 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Waduh, Dealer dari brand Hyundai? Padahal saat ini brand tsb lagi di digadang-gadangkan pelayanan after sale nya ciamik dan gercep di semua dealer loh…

    • 18 Agustus 2023 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Ternyata nggak tuh. Komplain saya 4 bulan tdk ada tindak lanjut, pernah saya tanya dijawabnya akan dihubungi, saya tunggu tapi tdk menghubungi juga. Masa saya tidak boleh kesal kalau sudah seperti itu diperlakukan. Hyundai kayaknya lbh sibuk ngejar sales aja, tapi aftersales service dan layanan pelanggan, khususnya komplain sangat payah.

  • 18 Agustus 2023 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Tiap beli mobil baru, bisa minta surat PDI nya buat pastiin bukan cacat dari pabrik, kmudian pas mobil diterima pastikan dalam keadaan bersih dan lengkap, jika ada yg kurang atau cacat, jangan tanda tangani surat terima apapun alasan salesnya (contoh : nanti diurus kepusat, nanti difollow up dll) intinya jangan tanda tangan.

    • 18 Agustus 2023 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Saya biasanya begitu. Ini mobil sampai rumah agak kotor, katanya kehujanan di jalan. Maka stlh itu langsung saya cuci sendiri, baru deh terlihat ada cacat dan langsung saya info via WA (spy ada bukti tertulisnya) ke sales nya dan CRO Andalan.

 Apa Komentar Anda mengenai Hyundai Andalan?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Hyundai Creta Baru Mengecewakan

oleh Arief Rahman Hakim dibaca dalam: 1 menit
23