Uang yang Baru Disetor ke ATM, Tiba-tiba Terdebit

Dear tim BRI, mohon maaf jika saya menulis di Media Konsumen, dikarenakan memang tidak ada solusi yang diberikan sampai saat ini, 16 Agustus 2023.

Pada tanggal 06 Agustus 2023 pukul 18:56:29, orang tua saya melakukan transaksi setor tunai senilai Rp2.500.000 di ATM BRI Cabang Jangkar – Situbondo, Jawa Timur. Orang tua saya melakukan transaksi dengan kartu ATM BRI atas nama saya selaku anaknya. Saat melakukan transaksi setor tunai, menurut info dari orang tua saya, lampu ATM berwarna merah dan keluar setruk tanda berhasil setor tunai. Kemudian beliau pindah ke ATM sebelahnya (masih di satu ruangan yang sama), untuk melakukan transaksi transfer.

Namun pada saat transfer, transaksinya gagal dan setelah cek saldo ternyata uang yang disetorkan tidak masuk. Lalu beliau memanggil sekuriti ATM, agar bisa dibantu. Setelah diceritakan kronologinya, sekuriti ATM mengarahkan untuk menelepon call center. Karena menurut info dari sekuriti, ATM setor tunai tidak pernah berwarna merah dan dia juga tidak tahu penyebab pastinya.

Kemudian orang tua saya menelepon saya, agar saya menelepon call center, karena ATM atas nama saya. Saya telepon call center BRI dan diberikan nomor keluhan: 47191848. Saya disuruh menunggu 8 hari untuk proses lebih lanjut.

Beberapa hari kemudian, saya datang ke Bank BRI cabang Juanda dan dibantu buat laporan lagi. Sampai beberapa kali saya telepon call center, mereka memberikan jawaban bahwa sudah berhasil setor tunainya. Akhirnya orang tua saya menyarankan untuk cek mutasi. Saya download aplikasi BRI untuk cek mutasi dan benar saja, transaksi setor tunai masuk pada tanggal 06 Agustus 2023 pukul 18:56, tapi pada pukul 19:04 terjadi debet/penarikan senilai Rp2.400.000 di ATM yang sama. Sedangkan pada saat itu orang tua saya sedang menceritakan kronologinya kepada sekuriti di depan ATM tersebut dan sama sekali tidak ada dana keluar dari mesin ATM.

Informasi dari pihak BRI “Case closed“.  Sehingga pada tanggal 14 Agustus 2023, saya telepon lagi dan menginfokan kronologinya lagi. Saya pun diberi nomor keluhan lagi: 47317801 dan disuruh menunggu lagi.

Tanggal 16 Agustus 2023, saya telepon lagi untuk mencari tahu perkembangan kasus tersebut. Betapa kagetnya saya, ternyata statusnya “Case closed“, karena dianggap penarikan oleh nasabah, dengan alasan lokasi transaksi yang disanggah tersebut masih wilayah kebiasaan nasabah. Ya gimana gak wilayah kebiasaan? ATM dekat dengan rumah!

Kemudian saya disuruh datang ke Cabang Jangkar Situbondo untuk cek CCTV. Kalau orang tua saya yang cek gak bisa, karena ATM atas nama saya, sedangkan saya posisi di Sidoarjo. Dari tanggal 6 Agustus 2023, saya sudah berbagai cari berulang untuk minta dibantu dan solusi dari Bank BRI, mulai dari email, WA, telepon, sampai datang ke cabang BRI terdekat. Namun sampai saat ini uang kami tidak kembali. Apakah sesusah ini dan se-tidak nyaman ini kami menyimpan dan bertransaksi di Bank BRI? Untuk apa banyak layanan konsumen jika saya tetap harus datang langsung padahal beda kota?

Mohon dibantu! Atas bantuan dan kerja samanya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Zenda Haryu Vebberlin
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Uang yang Baru Disetor ke ATM, Tiba-tiba Terdebit”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

14 komentar untuk “Uang yang Baru Disetor ke ATM, Tiba-tiba Terdebit

  • 18 Agustus 2023 - (09:07 WIB)
    Permalink

    Kalo ada kendala memang harus pemilik rekening yg ngurus Kak, kan karena pihak bank butuh verifikasi data. Aku sebagai pengguna bri juga kok, alhamdulilah selama ini engga ada kendala sih.

    • 18 Agustus 2023 - (09:30 WIB)
      Permalink

      Iya kak kalau itu gak masalah kak soalnya memang harus pemilik rekening , dan saya sendiri kok yg urus walaupun lewat WA telfon dan dateng ke cabang terdekat sambil terus komunikasi sama orangtua buat mastikan , cuman gak ada kejelasan dianggep case close setelah beberapa kali laaporan

  • 18 Agustus 2023 - (09:11 WIB)
    Permalink

    waduh kartu di pake bukan atas pemilik rekening sudah jelas melanggar, dr sini aja udah jelas ada miskom… pastiin dulu om sebelum rekening nya
    semoga lekas selesai ya

    • 18 Agustus 2023 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Iya kak terimakasih semoga cepet selesai , memang saya bukakan rekening buat orangtua saya untuk pegangan beliau atas nama saya , biar kalau ada apa” beliau gak repot urusin , kasian sudah sepuh. Sejauh ini memang gak ada kendala untuk transaksi

  • 18 Agustus 2023 - (09:30 WIB)
    Permalink

    “Kemudian saya disuruh datang ke Cabang Jangkar Situbondo untuk cek CCTV.”

    ini belom dicek hasilnya gimana?

    1
    1
  • 18 Agustus 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Baca paragraf awal disebutkan kalau setor tunai Rp2.5 juta tidak menambah saldo. Trus baca ke bawah lagi ada pendebetan saldo Rp2.4 juta. Sebenarnya yg lu komplain yg mana mba? Soalnya gue liat struk yg lu lampirkan setor tunai yg 2.5 juta sdh nambah. Trus pendebetan yg 2.4 juta ortu lu yg lakukan? lain kali kalau buat pengaduan yg jelas mba, sesuai apa yg dikeluhkan, kalau pengaduan kita A ya brti CS buat pengaduan A bukan yg lain.

    • 18 Agustus 2023 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Iya kak, sudah sy jelaskan kronologisnya kak , maaf ya kalau anggapannya gak jelas , yg penting pihak bri sudah mau konfirmasi ke orangtua saya .

  • 18 Agustus 2023 - (11:57 WIB)
    Permalink

    Masalah simple tingal datang cek cctv selesai..pengen diam d tmpt Kayak bos masalah selesai

    • 18 Agustus 2023 - (12:15 WIB)
      Permalink

      😁Maaf kakak kalau anggapannya malah kesannya seperti bos besar ya🙏 , kalau saya ada di situbondo pasti saya langsung dateng, gak usa nyari solusi dari wa email telfon ya bahkan dateng di cabang terdekat dg lokasi saya , saya sudah berupaya semaksimal mungkin karna memang uang segitu bukan nominal yg kecil untuk orangtua saya , 10hari saya gk diam kok tapi hasilnya zonk ☺️ sampai di cara terakhir saya coba email menyampaikan keluhan di media konsumen kemarin dan Alhamdulillah pagi tadi langsung ditelfon sama pihak BRi pusat untuk penyelesaiannya.

    • 18 Agustus 2023 - (12:53 WIB)
      Permalink

      Betul sekali 😁 masih menunggu kak, Alhamdulillah pihak Bri nya langsung konfirmasi ke orangtua untuk kronologis detailnya , semoga ada titik terangnya .

  • 18 Agustus 2023 - (14:54 WIB)
    Permalink

    Team media konsumen terimakasih , untuk case tersebut sudah terselesaikan , Alhamdulillah pihak bank bri langsung menghubungi saya dan orangtua saya , dan langsung investigasi terkait cctv , Alhamdulillah uang sudah kembali ke rekening 🙏terimakasih bantuan followup nya

    2
    1

 Apa Komentar Anda mengenai Setor tunai Bank BRI?

Ada 14 komentar sampai saat ini..

Uang yang Baru Disetor ke ATM, Tiba-tiba Terdebit

oleh Zenda dibaca dalam: 2 menit
14