Spare Part Laptop Seharga 25 Juta Rupiah Hanya Tersedia Selama 2 Tahun Setelah Pembelian

Foto di bawah ini saya ambil di dalam gedung Asus Service Center Tangerang. Terlihat bagus yah logo dan ruangannya, tetapi sayangnya tulisan seperti ini: “No. 1 in Quality and Services” tidak saya rasakan ketika saya membeli produk Asus.

Melanjutkan kasus notebook Asus saya, yang pernah saya tulis sebelumnya di Media Konsumen:

Setelah beberapa bulan berlalu, ketika uang tabungan saya sudah cukup untuk memperbaiki laptop ini, tepatnya pada tanggal 27 Juli 2023, saya kembali lagi ke Asus Service Center Tangerang untuk melakukan penggantian spare part layar LCD laptop saya yang rusak. Setelah dilakukan pengecekan oleh admin, akhirnya laptop saya diterima dengan baik oleh admin service center Asus Tangerang. Dikonfirmasikan bahwa spare part layar LCD laptop saya akan dikenakan biaya kurang lebih sebesar 6 jutaan rupiah, dan saya langsung menyanggupinya, dengan tanda bukti register: IDBRR70334.

Namun setelah berselang beberapa hari, saya dihubungi oleh admin Asus Service Center Tangerang. Beliau memberitahukan bahwasanya spare part layar LCD laptop Asus saya sudah discontinue dan sudah tidak diproduksi lagi.

Wow rasanya seperti disambar petir! Saya kaget sekali mendengarnya, laptop Asus yang saya beli dengan harga Rp25 juta di Asus Store Taman Anggrek pada tahun 2021 lalu ternyata spare part-nya sudah discontinue, sedangkan usia laptop saya belum genap 3 tahun. 🥹

Ketika saya mengambil kembali laptop saya dan menanyakan langsung ke pegawainya, apakah saya bisa membeli spare part layar LCD laptop Asus saya ini di luar negeri jika spare part ini tidak tersedia lagi di Indonesia? Pegawainya pun menjawab bahwa spare part laptop saya sudah benar-benar discontinue, bahkan jika mencarinya di luar negeri pun tidak akan tersedia. 😭

Wow dengan brand yang begitu terkenalnya, di-endorse oleh influencer di sosial media, ternyata untuk masalah ketersediaan spare part merk Asus ini sangat buruk sekali yah.

Seharusnya pihak Asus Indonesia memberitahukan ke calon konsumen, bahwasanya produk yang mereka jual itu spare part-nya akan discontinue dalam beberapa tahun dan mereka tidak bisa menjamin bahwa spare part dari produk yang mereka jual akan tersedia, jika terjadi kerusakan. Agar konsumen lugu seperti saya bisa mempertimbangkan baik buruknya membeli produk mereka.

Saya tidak tahu lagi harus saya bawa ke mana laptop Asus seharga Rp25 juta ini agar dapat berjalan normal kembali. Sungguh ini adalah pengalaman yang sangat buruk sekali yang saya alami dalam hidup saya dan saya sangat sangat sangat menyesal sekali membeli produk dari merk ini.

Jika teman-teman punya rekomendasi tukang service laptop di sekitar Jabodetabek yang dapat memperbaiki kerusakan laptop Asus saya, tolong beritahu saya di mana alamatnya. Karena saya ingin sekali laptop ini dapat kembali normal. Berikut foto spesifikasi laptop yang saya beli di Asus Store Mall Taman Anggrek, Jakarta:

Remon Afandi Junior Simbolon
Kab. Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Spare Part Laptop Seharga 25 Juta Rupiah Hanya Tersedia Selama 2 Tahun Setelah Pembelian

  • 19 Agustus 2023 - (09:20 WIB)
    Permalink

    dibawa ke tempat repair yg bisa dipercaya kak,dibuka dulu lihat kode di lcd nya ( merk,jumlah kaki/pin,component placing ) mungkin bisa di cari ke aliexpress..meski resiko nya jg besar kak,krn pecah belah kirim dari LN..semoga cepat dapat kak lcd nya..

    7
    1
    • 19 Agustus 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Beresiko juga yah tapi kira” kalau pengiriman dari Aliexpress itu packingnya bagus gak sih atau tergantung sellernya, kira” berapa banyak kasus barang hancur kalau beli di Aliexpress pengiriman Luar Negeri

      • 19 Agustus 2023 - (09:40 WIB)
        Permalink

        bbrp kali beli di aliexpress,barang utk keperluan kerja,tp tdk pernah yg pecah belah pak,ada pajak impor juga pak,utk barang saya dgn harga 250rb an ..pajak impor nya kena 100ribu an pak..lumayan juga klo beli hanya 1..2 item…

        • 19 Agustus 2023 - (16:41 WIB)
          Permalink

          Tapi di Aliexpress itu kira” barang yg dijual original atau kW yah om.?? Biar saya tau pertimbangan baik buruknya

        • 20 Agustus 2023 - (22:15 WIB)
          Permalink

          Produk asus emang jelek di hardware nya, looknya emang bagus tapi dalemannya jelek, di tempat servis komputer juga yg paling banyak bermasalah laptop asus, saya gak pernah pake laptop asus karna banyak temen tukang servis aja, dulu pake asus zenfone belom ada setahun mati, padahal dipake buat pemakaian wajar, sama game coc doang

    • 19 Agustus 2023 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Military grade tapi banci kualitasnya, harga sparepart mahal tapi tidak tersedia pula karena emang ini produk gak laku atau emang produk gagal ???!

      8
      1
    • 21 Agustus 2023 - (12:30 WIB)
      Permalink

      US $105.00 | 14.0 inch 1920X1080 FHD 30pins LCD Assembly With Touch For Asus Zenbook 14 Ultralight UX435 UX435EG Laptop LCD Screen Assembly
      Tuh di Aliexpress ada gan

    • 22 Agustus 2023 - (07:49 WIB)
      Permalink

      Lah saya beli laptop asus yg harganya 9jutaan dan pas lewat masa garansi motherboard rusak ketumpahan kopi susu, saat nanya harga motherboardnya ke asus service center dikasi harga 12,7juta dan indent selama sebulan, emang ya tgl apes gak ada di kalender 🤣

    • 19 Agustus 2023 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Iya betul type yg paling tinggi tapi dulu saya belinya kena 25 Juta di Asus Store Mall Taman Anggrek karena ditawarinnya yg itu baru launching kata salesnya jadi bukan type yg lama.

      • 19 Agustus 2023 - (18:54 WIB)
        Permalink

        Kalau saya check , model tsb masih tersedia di website Asus Indonesia https://www.asus.com/id/laptops/for-home/zenbook/zenbook-14-ultralight-ux435/

        Dengan demikian, seharusnya sparepart mya masih tersedia.

        Secara umum, setiap produk memiliki siklus sejak dimulai penjualan sampai end of service life ( EOSL )
        https://renewtech.com/what-is-the-difference-between-eol-eos-and-eosl/

        Coba anda minta konfirmasi lagi ke SC Asus , apa benar model laptop anda sudah masuk pada fase EOSL ?
        Apabila belum, maka Asus WAJIB menyediakan sparepart tsb

        • 19 Agustus 2023 - (20:53 WIB)
          Permalink

          Iya saya juga mengira pihak Asus Indonesia yang memblokir serial number ZenBook saya supaya tidak bisa dilayani pada saat perbaikan terutama Asus Tangerang dikarenakan sebelumnya saya juga mengcomplain produk mereka di mediakonsumen, saya juga udah konfirmasi via telpon di cs pusatnya tapi jawaban mereka sama aja gak ada bedanya 🤣

          Harapan satu-satunya mungkin saya harus hubungin Asus Taiwan di kantor pusatnya tapi kayanya agak susah juga buat diterima komplain saya.

      • 21 Agustus 2023 - (04:08 WIB)
        Permalink

        Di shopee kyknya ada om.. kyknya kw tp tipe sama dan gk tau cocok apa gk tapi klo seupama cocok dan hasilnya gk kyk ori . Tp lumayan jg drpd laptopnya gk kepake

        Link produknya .

        https://shp.ee/7zf8qgz

    • 19 Agustus 2023 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Bayangin aja gan uang 25 Juta kalau dipakai bisa dapet apa aja 🤣 Saya mau service dan bayar pakai uang sendiri aja gak bisa alasan discontinue, laptop premium tapi sparepart cuma ready 1 tahun sejak pembelian 😂

    • 19 Agustus 2023 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Lain kali kalau ingin komplain melalui MK ini sebaiknya laptop memang sudah benar-benar berhasil diperbaiki dulu sebelumnya walaupun masih menunggu dana terkumpul untuk itu, karena postingan anda sebelumnya sudah pasti sudah dibaca pihak Asus dan produk anda tersebut dari serial number sudah ditandai untuk tidak akan dilayani karena mereka walaupun sudah merugikan dengan kebohongan produknya tetap tidak merasa senang dengan komplain anda tersebut walaupun itu kenyataannya!

      5
      9
    • 19 Agustus 2023 - (11:09 WIB)
      Permalink

      Lcd msh ada d marketplace, om..nnti bisa japri sy ya untuk jasa psng & hrga lcdnya..😊🙏

      4
      1
          • 19 Agustus 2023 - (14:07 WIB)
            Permalink

            LCD/LED UX305 sprtnya banyak djual di Marketplace…hrgnya jauh lbh murah dr SC, andai lokasi di Ambon saya siap bantu order dan pasangkan.

            4
            1
        • 20 Agustus 2023 - (17:48 WIB)
          Permalink

          Ada kawan terakhir dapatnya Ditoko ijo kk, mereka bilang indent 1bulan tapi gak nyampe 1 bulan udah ready. Harga lumayan skitar 4 jutaan+ongkir. Yg touchsreen ini kan kk?

  • 19 Agustus 2023 - (10:22 WIB)
    Permalink

    Ohh begitu yah om, menjijikan sekali kalau kenyataannya seperti itu pantesan alasannya gak masuk akal dibilangnya notebook saya udah lewat dari 5 tahun makanya sparepart notebook saya udah discontinue, perasaan saya beli notebook ini gak jauh jauh dari tgl dan bulan launching dan umurnya pun belom genap 3 tahun. 🥲 Tapi gpp om uang segitu masih bisa saya cari tapi kepercayaan dan loyalitas konsumen itu gak gampang didapetin semoga ini bisa jadi pelajaran calon konsumen lainnya jika kenyataan benar seperti yg om maksud.

    12
    0
    • 19 Agustus 2023 - (10:48 WIB)
      Permalink

      Selamat siang kak. Apabila kakak membutuhkan sparepart untuk laptop kakak, bisa dibantu kami cekkan untuk ketersediaan stoknya kak. Untuk layar 90% kami ready dari laptop asus tahun 2000-terbaru kak. Kakak bisa menghubungi kami di 081568232425 atau 085108513020. Terima kasih.

    • 20 Agustus 2023 - (13:57 WIB)
      Permalink

      Asus ya 😁
      Ya gtu lah,,
      ROG sy aja ampe dikanibalin gara2 rusak mau dibenerin ga ada sparepartnya alias discontinue,,
      Coba cari diluaran, spesifik partnya,,
      Emang jago marketingnya,, sparepart supply ga panjang, seri baru selalu ready,, ga salah, cuma gondok misalnya baru 2-3 thn dibuang,,

  • 19 Agustus 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Batas obsolete barang elektronik itu sesuai dengan perjanjian manufaktur semikonduktor internasional adalah 5-7th.
    Tapi kenapa akhir2 ini blm juga umur 5th produknya sdh diset obsolete? Apple mac pun sama 3th maksimal. Setelah itu ya gak disupport . 🤦‍♂️

    3
    1
  • 19 Agustus 2023 - (14:09 WIB)
    Permalink

    LCD/LED UX305 sprtnya banyak djual di Marketplace…hrgnya jauh lbh murah dr SC, andai lokasi di Ambon saya siap bantu order dan pasangkan.

    3
    1
    • 19 Agustus 2023 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Saya takutnya gak ORI gan makanya saya langsung datang ke service center resmi jadi tinggal bayar & tenang, gak perlu was-was barang kw atau hancur saat pengiriman.

      Aneh aja sih notebook masih usia 2,5 tahun tapi sparepartnya udah gak ready malah alasannya notebook saya udah umur 5 tahun 🤣

      Pas di check kebenarannya Asus ZenBook UX435EG punya saya itu ternyata baru launching tahun 2021 bukan tahun 2018 🤣

      • 19 Agustus 2023 - (20:10 WIB)
        Permalink

        Gak ori gak masalah gan, asus sendiri gak pernah memproduksi layar laptop, mereka pakai brand layar dr pabrikan lain semacam samsung, LG, atau lainnya. Selama pin nya sama pasti nampil dilayar, rata² semua pabrikan gak punya pabrik layar sendiri, kecuali samsung dan LG

        • 20 Agustus 2023 - (13:59 WIB)
          Permalink

          Tp mungkin qualitynya tetap standar asus,,
          Sy asus pake layar ga ori, 6 bulan, wafat gan,, jd ya klo asus discontinue, udah pasti diluar sana ga ori

  • 19 Agustus 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Bongkar , terus cek serial sama pin nya , kadang ada lcd laptop bisa sepakean sama merk lain , ini dari pengalaman pribadi yaa , yang penting pin nya sama , untuk kualitas ngikutin layar nya

  • 19 Agustus 2023 - (18:50 WIB)
    Permalink

    Kalau punya hp dan laptop, setelah 11 bulan setelah peluncuran, jangan di update software nya. Kalau di update bisa mempengaruhi hardware ikutan rusak. Ini dilakukan supaya kita beli yang baru dan mereka produksi terus menerus.

    • 20 Agustus 2023 - (00:21 WIB)
      Permalink

      Kalau samsung gak mungkin kali ya? Karena saya pengguna samsung selalu update sudah berselang 2 tahun.

      • 20 Agustus 2023 - (00:51 WIB)
        Permalink

        Sebelum hpnya lemot, kamera buram dan baterai boros, jangan di update lagi software nya. 2 tahun itu batas maksimal. Malah hp flagship mahal di kasi garis hijau pink kuning sebagai hadiah kalau sudah 2 tahun.

        3
        1
  • 19 Agustus 2023 - (20:25 WIB)
    Permalink

    Gitu lah asus. Punya gw juga udah rusak 2 biji malah. RoG dan TuF series. Mending jangan pakai asus, menang nama besar aja. Masa pakai pasti 2 tahun lebih dikit habis tu KO. Nyesel gw jga beli asus padahal lenovo jadul gw udah ampe 10 tahunan aja masih nyala. Legion punya ade baik2 aja dah bertahun2.

    • 19 Agustus 2023 - (22:53 WIB)
      Permalink

      Mungkin tergantung nasib juga ya. Saya punya 2 unit Asus TUF gaming, yang umurnya satu diatas 3 tahun dan 2 tahun sampe sekarang masih berfungsi normal. Padahal intensitas pemakaian termasuk tinggi. Rata2 dipakai 5-7 jam setiap hari nonstop. Ke-2 nya juga udah pernah saya bongkar buat ganti thermal paste.

      Layar juga masih kinclong. Kecuali ada beberapa tombol keyboard yang lecet kena gores kuku.

  • 20 Agustus 2023 - (09:55 WIB)
    Permalink

    saya sebagai teknisi laptop sudah banyak sekali mengganti layar laptop termasuk merk Asus, tidak ada yang namanya ori atau kw lednya, itu laptop Asus aja pakai lednya bukan merk asus tapi merk2 china juga banyak, nah terbukti baru lewat 2 thn sudah masalah kan lednya

    • 20 Agustus 2023 - (12:19 WIB)
      Permalink

      Namanya jg barang elektronik gan ya pasti cepat discontinuenya lah, barang elektronik itu perkembangannya sangat pesat, pihak produsen pun pastinya jg akan kerepotan klo hrs msh tetap memproduksi semua barang yg telah mereka produksi. Ada batasannya sampai produk itu distop produksinya dan biasanya itu karna sdh ada produk baru yg hrs mereka prioritaskan didlm produksi barang dan suku cadangnya.. Utk barang yg sdh tdk diproduksi lg dan susah dicarinya, solusinya adalah menggunakan barang yg kualitasnya KW ataupun OEM walaupun itu sangat tdk dianjurkan, klo memang enggan menggunakan barang KW ataupun OEM bs menggunakan barang bekas yg msh laik pakai dan jg msh berfungsi dan pastinya ada lah yg menjualnya.. Dikasus agan ini saya yakin bkn cuma agan aja yg mengalaminya, pasti org2 yg mempunyai barang serupa jg mengalaminya..

      1
      1
      • 20 Agustus 2023 - (17:54 WIB)
        Permalink

        Betul tapi yg tidak saya terima itu pihak Asus ngeklaim bahwa seri notebook saya itu umurnya udah lebih dari 5 tahun padahal seri UX435EG ini baru di launching sekitar tahun 2021 which is umurnya masih 2,5 tahun.

        Saya juga maklum kalau barang Electronic itu sparepartnya gak selamanya tersedia tapi setidaknya beritahu ke calon konsumen kalau produk yg akan dibeli itu sparepartnya hanya tersedia selama setahun atau 2 tahun soalnya produk yg saya beli itu harganya lumayan mahal, 25 JUTA untuk sebuah laptop adalah sebuah kewajaran jika saya agak cerewet masalah purna jual.

        Kalau dari sebelum pembelian sudah di info sparepartnya cepet discontinue saya pasti akan berpikir terlebih dahulu baik buruknya produk yg ingin saya beli ini.

        Lagipula 2 tahun untuk sebuah notebook itu masih terlalu cepat sedangkan merk yg lain aja ada yg berani memberikan garansi selama 3 tahun.

  • 20 Agustus 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Parah banget ya,padahal brand sebesar itu,complain pertama di Media Konsumen yg membuat mereka jengkel, sebaiknya complain langsung di kolom komentar Medsos mereka di IG, biasanya mereka ketakutan kalau di tanggapi netizen lain dan langsung gercep menangani gak usah takut,krn ini aneh masa belum 3 tahun udah menghilang aja sparepart nya

  • 20 Agustus 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Bawa ke mangga 2 beres. Ga ada yang ga bisa diperbaiki apalagi lcd. Lain cerita jika sudah hancur. Selama barang masih ad
    a ane jamin para teknisi pasti bisa betulin. Cari tau saja rekomendasi servis laptop di mangga 2 (harco) ya tempat buangan dari servis laptop daerah. Kaloupun ga dapat partnya biasanya bisa dikanibal

  • 21 Agustus 2023 - (06:10 WIB)
    Permalink

    Yang beli laptop seharga segitu langka.susah juga spearpatnya lain dengan harga segini pembelinya banyak pasti spearpacknya banyak juga

    • 22 Agustus 2023 - (05:08 WIB)
      Permalink

      Seharusnya laptop premium harus dijamin ketersediaan partnya, itu merupakan bentuk komitmen brand. @asus

  • 21 Agustus 2023 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Pengalaman aja pribadi nih TS saya mau share beli lcd di Aliexpress tp disini saya case nya lcd hp Xiaomi mi9t pro & Blackshark 3 Pro ( hp yg gak resmi Xiaomi Indonesia bawa jd lcd amoled nya gak ada di service center resmi)
    Kedua type hp tsb saya beli kan lcd di Aliexpress semua aman DTG dan packing dg baik di lapisin air bag dan stereofoam tp hoki2an saja sich karena semua tergantung kurirnya. Dan Alhamdulillah nya semua dpt dengan sempurna bisa dipakai dg baik, mi9t pro finger print layar dan multi touch normal, dan blackshark 3 pro sama semua normal,

  • 22 Agustus 2023 - (05:10 WIB)
    Permalink

    “Sedikit melenceng dari topik” , nah ini lah yang membuat orang ingin beli langsung ke LN, terkadang belanja online pasar bebas lebih flexible,komplit dan sesuai kebutuhan, ketimbang mengandalkan ketersediaan dari off line lokal, kurang lengkap ,harga bisa lebih mahal,banyak kecewanya, bukan tidak mendukung offline namun ini realita dan sebuah kebutuhan yang harus di penuhi, apalagi dealer resmi saja sampai tidak punya dan tidak menyanggupi memenuhi ketersediaan part, sungguh terlalu Asu s

    • 23 Agustus 2023 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Setau saya merk lain pun kalau sudah 5 tahun sparepart sudah discontinue sih. Untuk LCD minta di buka saja pak. Lalu beli dengan merk LCD yang sama, karna merk LCD nya sudah pasti bukan ASUS.

  • 22 Agustus 2023 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Haha, lagi lagi asus. Udah kapok pake ASUS om, ngga akan pernah beli dan pake lagi. Saya juga ada zenbook UX393EA beli harga 22 juta, claimnya baterai bisa sampai 12 jam, belum setahun pake, cuma bertahan 3 jam an doang. sempat membuat surat pembaca via mediakonsumen, tapi sama saja, nihil. After sales ASUS memang buruk banget.
    Sekarang layarnya di pinggir udah ada putih putih semua, sekeliling layar. Bener bener kapok pake ASUS.

 Apa Komentar Anda mengenai Layanan purna jual ASUS?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Spare Part Laptop Seharga 25 Juta Rupiah Hanya Tersedia Selama 2 Tahun…

oleh Remon-Afandi dibaca dalam: 2 menit
58