Menunggu Pengembalian Dana dari Bank Danamon untuk Potongan Manulife

Terima kasih sebelumnya kepada Media Konsumen untuk kesempatannya saya dapat menggunakan platform ini untuk melakukan pelaporan atau pengaduan secara publik terkait kasus yang saya alami.

Pada bulan Juli 2023 sekitar tanggal belasan saya dihubungi nomor (02150898526) yang pada waktu itu saya tidak tahu itu nomor siapa, ketika saya angkat ternyata merupakan telepon dari Danamon, sayangnya saya lupa nama orang yang menghubungi saya waktu itu.

Orangnya sangat ramah dan dia menjelaskan kepada saya dengan panjang lebar mengenai fasilitas yang saya dapat sebagai nasabah Danamon, yang katanya saya sebagai nasabah mendapat proteksi seperti kalau sakit atau kecelakaan, sebelumnya saya sudah curiga ini asuransi, tapi menurut dia bukan, karena setiap nasabah Danamon memiliki hak yang sama untuk proteksi seperti ini.

Mungkin saya terlalu polos, karena saya pikir Danamon ini baik menjelaskan atau mengedukasi nasabahnya terkait proteksi ketika saya memiliki debit Danamon, karena saya punya kartu kredit bank lain yang di dalam amplop pengirimannya ada surat keterangan bahwa ketika kartu aktif maka saya punya proteksi terhadap kecelakaan, delay pesawat, dll.

Namun hal tersebut hanya tersirat lewat surat amplop tersebut, tidak diedukasi secara langsung oleh pihak bank, makanya saya pikir Danamon ini pelayanannya baik. Selama telepon berlangsung pun saya sudah bertanya 3x “Ini tidak dipotong biaya apa pun kan bu?” (waktu itu yang menelepon saya perempuan) dan dia menjelaskan agak berbelit belit yang memang tidak ada potongan biaya apa pun.

Di tengah pembicaraan pun saya bertanya lagi “Ini gak ada potongan biaya kan bu?”. Hingga di akhir pembicaraan saya tekankan lagi “Bener ya bu tidak ada biaya” karena di akhir pembicaraan saya diharuskan untuk menyetujui statement dia, dan dalam statement tersebut tidak ada pembicaraan saldo utama saya akan dipotong atau sebagainya (disampaikan dengan nada bicara yang cepat).

Hingga akhirnya tanggal 18 Juli 2023 saldo saya terpotong secara auto debit sebesar Rp1.000.000, saya bingung dan kesal kenapa saya tiba-tiba ada pemotongan sejumlah 1 juta tersebut dan keterangan transaksinya MANULIFE_PJGCU202371490946.

Lalu saya menelepon Danamon pusat dengan nomor 1500090, karena yang menghubungi saya waktu itu 02150898526 yang merupakan nomor dari Jakarta, jadi saya pikir langsung saja saya telepon pusat. Ketika saya bertanya kenapa ada pemotongan tersebut ternyata kata officer banking-nya itu merupakan asuransi, entah asuransi kesehatan atau asuransi jiwa, yang biasanya pemotongan preminya Rp250 ribu, Rp500 ribu dan Rp1 juta. Sialnya saya dipotong dengan nominal yang paling besar. Saya minta untuk dibatalkan penarikan dana tersebut, dan officer bangking tersebut membuat pelaporan pembatalan pengajuan asuransi.

Sejak kapan saya mengajukan asuransi? Di telepon pun tidak ada pembahasan program asuransi dan tidak ada pembahasan nominal dipotong.

Akhirnya tiket pelaporan saya terbentuk dan mendapat SMS tanggal 25 Juli 2023 (dengan nomor tiket pelaporan 22525387), bahwa sudah dilakukan hold debet asuransi dan akan dilakukan proses refund dana oleh pihak Manulife dalam waktu 10 hari kerja.

Dan sekarang tanggal 18 Agustus 2023, masih belum ada uang masuk dengan nominal Rp1.000.000. Selama 10 hari kerja hingga terakhir 13 Agustus 2023, saya sudah menelepon sebanyak 4x dan seperti biasa jawaban 3 bank officer tersebut hanya mengatakan masih dalam proses dan sudah di-follow up. Malahan bank officer terakhir dengan nama Wati mengatakan bahwa 10 hari kerja dihitung dari tanggal 31 Juli 2023, bukan 25 Juli 2023 saat dapat notifikasi SMS dan Mbak Wati bilang disuruh menunggu sampai 15 Agustus 2023.

Rekaman Pembicaraan dengan Officer Banking Mba Wati

Saya juga sudah menarik semua uang saya yang ada di Danamon agar tidak terpotong lagi, karena saya sudah tidak percaya lagi dengan Danamon, pengembalian dana 1 juta saja begitu sulit, jadi saya antisipasi daripada dipotong lagi bulan berikutnya lebih baik saya kosongkan saja rekening tersebut. Saya rasa sudah cukup untuk menunggu yang tidak jelas seperti ini (hari ini hari Rabu 23 Agustus 2023), mungkin kasus seperti saya ini hanya dianggap sepele dan tidak ditanggapi secara serius oleh Danamon.

Pengaduan secara formal lewat bank sepertinya tidak membuahkan hasil, mungkin harus lewat Media Konsumen dahulu baru akan ditanggapi dengan lebih serius karena takut nama baik Danamon jadi hilang? Saya rasa kasus seperti saya bukan terjadi pada saya saja, saya sudah cari di Media Konsumen dan ada beberapa yang kasusnya seperti saya, entah di luar Media Konsumen ada berapa nasabah yang kena penipuan seperti ini.

Jujur saya bingung kenapa sekelas Bank Danamon bisa melakukan hal seperti ini, entah target dari banknya yang harus menjual asuransi Manulife dengan gencar sehingga memberi tekanan kepada karyawannya agar menghalalkan segala cara atau hanya oknumnya saja?

Jujur saya kecewa banget dengan pelayanan seperti ini, mungkin pertama dan terakhir kalinya saya menjadi nasabah Danamon, lebih baik di bank biru sebelah saja yang sudah lebih pasti.

Reyvan Revaldo
Kota Bandung, Jawa Barat

Catatan redaksi (diperbarui 31/8/2023): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan terkait Pengembalian Dana dari Bank Danamon

Yth. Redaksi Media Konsumen di Tempat Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Reyvan Revaldo melalui...
Baca Selengkapnya

15 komentar untuk “Menunggu Pengembalian Dana dari Bank Danamon untuk Potongan Manulife

    • 24 Agustus 2023 - (14:10 WIB)
      Permalink

      di kartu kredit bank sebelah yg saya punya ada fasilitas proteksi yg otomatis aktif tanpa ptongan biaya apapun, memang hnya tercantum dlm amplop pengiriman kartu tanpa adany edukasi dari pihak bank, makanya saya kira Danamon melakukan telepon ini sdh next level, ternyata…

  • 24 Agustus 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Saya rasa kasus seperti saya bukan terjadi pada saya saja, saya sudah cari di Media Konsumen dan ada beberapa yang kasusnya seperti saya, entah di luar Media Konsumen ada berapa nasabah yang kena penipuan seperti ini.

    ada hikmahnya juga dengan kejadian ini jadi tau dan mengenal media konsumen .. semoga banyak pembaca lain yang tidak perlu mengalami dulu baru mengenal medkom..

    semoga uangnya segera direfund

    • 25 Agustus 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      Saya juga kena ampe 2jt. Padahal saya cuman bilang nanti saya pelajari dulu. Intinya sih manulife itu perusahaan pencuri uang yg berkedok asuransi jiwa dan anehnya kok bisa bekerjasama dengan bank.

      • 25 Agustus 2023 - (12:51 WIB)
        Permalink

        skg saya sudah males klo ditelpon sama bank, mending lgsg tutup tlpn aja, klo ada program atau penawaran menarik mending tanya lgsg ke mkt pegangan kita saja.

        • 26 Agustus 2023 - (17:34 WIB)
          Permalink

          Saya kemarin juga dapat telfon dari nomer 02131190229,yang mengawali pembicaraan dengan atas nama bank danamon menjelaskan panjang lebar bahwa saya dapat manfaat dari program Bank Danamon Prima Siaga sebesar 50jt sampai 500 jt. Setelah saya tanya2 maksutnya gimana karena ibu tsb telfon dengan intonasi yg sangat cepat.. ibu tsb menjelaskan dari awal dan berulang dengan penekanan dana 50jt-500jt dapat saya gunakan untuk berbagai keperluan , dan akhirnya dia bilang saya cukup setor 1jt saja nnti uangnya yg 50jt dpt cair kpn saja.
          Nah pada saat itu saya sadar ini bukan dari bank danamon melainkan dari pihak asuransi Manulife. Akhirnya setelah 1jam telfon dengan bahasan yg sama , saya akhiri telfonnya dengan mengatakan tidak tertarik dan telfon saya matikan.

  • 24 Agustus 2023 - (23:43 WIB)
    Permalink

    Wah Danamon dong,seperti kasus saya yg lalu (silakan baca postingan saya).Bedanya saya dipotong 500ribu,hari H pas pemotongan langsung ke Bank dan call cs Manulife lanjut curhat ke Media Konsumen.Postingan langsung dimuat beberapa jam kemudian.Besoknya langsung di telp cs Manulife dan uang dikembalikan.Alhamdulillah sekarang sudah tutup rekening Danamon sesuai janji postingan saya,hehehe

    • 25 Agustus 2023 - (12:48 WIB)
      Permalink

      wah cpet ya stlh curhat bsk lgsg ditelpon. Saya smpe skg blm ada tlpn apapun, uangnya pun belum balik.

  • 26 Agustus 2023 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Waduh ibu, sekarang agen asuransi yg menawarkan semua pakai kata2 bias, jadi kalau ada penawaran begitu ngak usah nanya gratis atau tidak ada biaya, langsung tutup saja atau tolak, namanya bahasa bisa di plesetkan seribu macam cara, ngak usah berpikir si bank A pelayanannya paling best dst, itu semua omomg kosong, mending langsung tutup atau tolak, ngak ada yg gratis di dunia perbankan bu.

    • 31 Agustus 2023 - (06:33 WIB)
      Permalink

      Saya juga mengalami kejadian seperti ini didebet senilai 1juta rupiah. Diinfokan mendapat fasilitas perlindungan sbg apresiasi krn sdh menjadi nasabah danamon (saya saat itu ada tabungan deposito).

      Saat komplain ke bank danamon, sy diminta berbicara via telp dgn cs manulife. Yg mana bbrp hr kemudian menelpon dan menginfokan kalau dana saya tidak bisa dibalikkan.

      Saya melapor dan menceritakan kronologis kejadian ke OJK via internet. Dan tdk lama kemudian ada respon dari manulife by phone yg menginfokan bahwa dana 1 juta akan direfund dalam 3 hari kerja.

      Saran saya langsung laporkan ke OJK saja daripada tidak ada kepastian.

  • 26 Agustus 2023 - (16:55 WIB)
    Permalink

    jangan percaya dan berhubungan dengan setan riba, bujuk rayu menyesatkan..mending debet sendiri 500rb – 1jt kelak dibongkar kalau sdh mencapai nilai yg cukup buat biaya apa sj..autodebet dikelola setan riba dptnya hanya kecewa dan makan hati sj.

  • 28 Agustus 2023 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Yang saya rasakan. Bank Danamon sekarang semacam marketing nya manulife
    Baik kita ganti atm atau ada masalah rekening.
    Selalu ditawarkan asuransi tersebut
    Di perusahaan saya ada yang kasusnya sama persis dengan anda
    Cuma saya gak nanya lagi kelanjutan nya
    Untuk sekarang karena karena pihak bank yang mulai jangan salahkan warga sekarang gak akan angkat telepon yang tidak ada namanya di phone book

  • 28 Agustus 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    Senin 28 Agustus 2023 dana saya dikembalikan sebesar Rp 1.000.000 dari nominal yang sudah seharusnya oleh Danamon. Terima kasih untuk Media Konsumen setelah drama yang panjang masalah saya dapat terselesaikan. Semoga kedepannya Media Konsumen dapat semakin berkembang dan dikenal banyak masyarakat sehingga ketidakpuasan yang terjadi dapat teratasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Danamon?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Menunggu Pengembalian Dana dari Bank Danamon untuk Potongan Manulife

oleh Rey dibaca dalam: 3 menit
15