QRIS Kredivo Tidak Diterima Penjual

Pada hari Senin, tanggal 23-08-2023 saya melakukan transaksi pembayaran jasa di ANA LAUNDRY senilai Rp50.000 menggunakan QR Kredivo. Transaksi tersebut berhasil dan terlihat dalam sistem Kredivo Plus, bahwa jumlah yang harus saya bayarkan adalah Rp51.000, termasuk biaya administrasi. Namun tidak ada notifikasi bahwa dana tersebut masuk ke akun jasa laundry-nya.

Pada saat itu, saya berpikir mungkin dana akan masuk keesokan harinya sih, jasa laundry juga mengerti mungkin sistem error.

Namun keesokan harinya jasa laundry menghubungi saya melalui chat dan mengatakan bahwa pembayaran QR belum masuk ke akunnya. Dia mengirimkan bukti transaksi mutasi yang menunjukkan bahwa tidak ada pembayaran QR yang diterima.

Saya segera menghubungi Layanan Pelanggan (Customer Service) Kredivo, tetapi jawaban yang saya terima terasa seperti jawaban otomatis yang tidak membantu, yaitu “telah berhasil di sistem kami.”

Akhirnya, saya memutuskan untuk menelepon CS Kredivo menggunakan pulsa yang lumayan mahal, Namun jawaban CS masih ambigu dan malah menanyakan apakah saya menggunakan QR atau QRIS untuk pembayaran. Saya merasa kecewa karena saya hanya melakukan pemindaian QR dan transaksi berhasil, tetapi uang tidak masuk ke akun jasa laundry tersebut dan pada akhirnya saya melakukan pembayaran cash.

Setelah tidak mendapatkan solusi, saya akhirnya mengirim email ke CS Kredivo. Namun jawaban yang saya terima juga tidak membantu dan terasa membingungkan, dengan argumen tersirat bahwa “Di kami sudah berhasil, jika di penjual tidak masuk, itu bukan urusan Kredivo.”

Meskipun nilai uangnya tidak terlalu besar, hanya Rp50.000, saya menghabiskan waktu yang sia-sia karena respons kalian begitu saja. Tolong, harap Kredivo segera menangani masalah ini. Saya merasa kecewa dan malu kepada penjual yang tidak bersalah, tetapi pembayarannya tidak masuk.

Bukan masalah nominal cuma kalau kejadian seperti ini jadi takut mau gunakan Kredivo, khususnya untuk pembayaran dengan QRIS, dana tidak masuk tapi tagihan muncul

Meri
Batam, Kepulauan Riau


Update (8 September 2023): Surat pembaca di atas kembali mendapat tanggapan dari pihak Bank Danamon sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “QRIS Kredivo Tidak Diterima Penjual”

Terima kasih atas informasi yang Ibu Meri Auria sampaikan di website MediaKonsumen.com pada tanggal 26 Agustus 2023 pada kolom Surat...
Baca Selengkapnya

25 komentar untuk “QRIS Kredivo Tidak Diterima Penjual

  • 26 Agustus 2023 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf untuk kejadian nya ini hari Rabu Tanggal 23-08-2023
    Dan sampai hari ini tgl 26-08-2023 status transaksi belum ada perubahan.
    Terima kasih

    2
    1
    • 27 Agustus 2023 - (05:30 WIB)
      Permalink

      kayaknya masalah serupa pernah di up di MK ini, kasus yg sama, gagal bayar pake QR kredivo. CS nya jg jawab serupa. Jadi agak takut pake QR kredivo nih. ntar ditanggepin sama kredivonya tapi selalu menjawab sudah menghubungi TS dan tdk memberi tahu clear nya seperti apa, trus diakhiri dengan statement “Kredivo senantiasa bla bla bla”

      • 27 Agustus 2023 - (10:17 WIB)
        Permalink

        Saran sy daripada mba nya strees, mending di uninstal aja apk kredivo, dari jawaban kredivo yg mba tulis “jika penjual tdk menerima dana masuk, itu bukan urusan kredivo” Itu sdh menunjukan kinerja yg tdk bertanggung jawab, sebelum mendapat masalah yg lbh besar/rumit, saran sy uninstal aja….

    • 27 Agustus 2023 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Kalau lihat metode pembayarannya dari screenshot, TS menggunakan Kaspro sebagai sumber dana dan seharusnya tidak memotong saldo kredit Kredivo.

      Kalau benar seperti itu, cek saldo kaspro di aplikasi kredivo apakah berkurang atau misalnya ada refund dari trx yg gagal?
      Seandainya blm ada refund, trx ini juga bisa dilaporkan langsung ke kaspro dengan menggunakan nomer hp anda yg terdaftar di Kredivo karena sebetulnya transaksi TS pakai Uang Elektronik dari Kaspro. Kontaknya: support@kaspro.id, 089530256764, 02150928595.

      Dalam hal belum dapat terselesaikan atau tidak direspon dengan baik, dapat menghubungi Bank Indonesia untuk melaporkan transaksi tsb kontak BICARA telp: (021) 131 atau email bicara@bi.go.id.

      Apabila ternyata transaksinya memotonh saldo kredit Kredivo, mohon berkenan menyampaikan screenshotnya ya

    • 27 Agustus 2023 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Siang All,

      Boleh saya bantu jelas kan sedikit. Saya adl Team akuisisi merchant suatu bank nasional.

      Untuk pembayaran EDC maupun qris, WAJIB muncul bukti sah pembayaran.

      Utk EDC berupa kertas struk.
      Utk qris berupa notifikasi di apk penyedia qris bersangkutan.

      Jadi setiap pembayaran scan qris, saat itu juga wajib muncul notifikasi REALTIME di apk MERCHANT *** sebagai BUKTI SAH PEMBAYARAN, yg arti ny oleh Bank sudah konfirmasi pembayaran scan BERHASIL. INI WAJIB muncul notifikasi.

      Bila tidak muncul, bisa refresh di apk 3 4 kali saat itu juga. Bila tidak muncul, arti ny memang belum ada pembayaran. Sehingga customer perlu melakukan kembali pembayaran baik cash, tf atau metode lain ny.

      Tanda centang di HP customer, di photo 1000 kali pun, TIDAK ADA arti ny, bila notifikasi keberhasilan di apk MERCHANT *** tidak muncul.

      Nah, untuk case TS
      Qris yg di cetak oleh Bank tempat saya, TIDAK BISA terima pembayaran paylater maupun Kartu Kredit via mBanking.

      Pernah ada Nasabah saya ada customer ny membayar dgn Kartu Kredit bank via mBanking bank tersebut, terpotong NAMUN tidak muncul notifikasi di apk MERCHANT ***. Untung ny Nasabah saya tsb langsung kontak saya saat juga, around jam 23.30an dan untung ny masih ingat pesan saya saat saya training bahwa TIDAK MUNCUL notifikasi arti ny TIDAK ADA PEMBAYARAN jadi Nasabah saya keukeh minta customer membayar dgn cara lain, yaitu akhir ny cash.

      Stl saya telusuri ternyata customer membayar scan qris dari fasilitas Kartu kredit mbanking bank lain milik customer.

      Saya pandu Handling Objection Nasabah ke Customer, dan yakin kan dana tsb akan balik ke rekening Customer, bila esok belum balik, Customer SENDIRI lah yg musti hubungi call centre bank si customer utk pengembalian dana krn hanya pemilik rekening sendiri yg bisa urus.

      Karena bank, pasti balik sbb Bank highly regulated pengawasan ketat, kerja rapi.

      Beda dgn fintech, yang semoga TS dapat segera dapat kembali uang ny yg nyangkut.

      Saran saya TS, check apakah “plus” adl paylater, bila benar, mhn sebelum gunakan ke depan utk pembayaran qris, baik ny TEST scan dahulu ke qris toko rp 1, bila toko konfirmasi sudah masuk rp 1, mungkin bru bayar full amount.

      Sekian

      • 28 Agustus 2023 - (21:31 WIB)
        Permalink

        Boleh tahu Bank apa tempat Bapak/Ibu bekerja, karena sebagai acquirer, PJP tidak diperbolehkan untuk membatasi sumber dana transaksi QRIS yang berlaku secara all merchant. Pembatasan hanya boleh dilakukan untuk kategori merchant tertentu sesuai MCC.

  • 26 Agustus 2023 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Masalahnya kayaknya infrastruktur sistem di negara kita yg mengandalkan internet belum reliable, jadi selama mengandalkan internet bakal bnyk kejadian bgini mau pakai app apapun, termasuk internet banking. Dan masalah lainnya dari pihak penyedia di semua sistem kurang siap menangani isu umum bgini. Beda dengan sistem transfer bank yg tidak mengandalkan internet, itu lebih reliable.

    1
    1
    • 27 Agustus 2023 - (08:10 WIB)
      Permalink

      Bukan. Ana loundry hanya penerima.

      Dalam kasus ini terlihat jelas siapa yg tidak menjalankan pembayaran. Karena dari yg lain kan masuk..

      trus saat ditanya ke CS kok malah belat belit pake tanya “pakai QR atau QRIS” seolah menyalahkan konsumen yg dianggap bego karena ga tau bedanya QR dan QRIS

  • 27 Agustus 2023 - (07:55 WIB)
    Permalink

    2 bulan lalu saya juga mengalami hal yang sama. Penjual tidak mendapat hasil pembayaran dari QR Kredivo. Saya hub kredivo dan ngotot bahwa sudah bayar.

    Akhirnya saya tulis di MK, saldo dikembalikan. Tapi pihak kredivo ternyata dendam. 5 hari kemudian akun saya ditutup permanen. Saya bilang BODO AMAT, EMANG SAYA GA BUTUH KREDIVO KOK. GA RUGI SAYA DITUTUP AKUN.

    HANYA ORANG ANEH YG MASIH MAU PAKE KREDIVO APALAGI UNTUK TRX QR.

    Sebentar anda akan ditelp CS dan uang akan dibalikin ke saldo. Trus siap2 akun ditutup karena sudah bikin malu kredivo yg memang memalukan itu

    • 27 Agustus 2023 - (09:43 WIB)
      Permalink

      iya ini kejadian yg sama, saya tidak ada niat untuk bikin kredivo malu, Tapi kalo transaksi kecil aja tidak masuk,gimana kalo transaksi dengan nominal besar, Rugi rugi kita
      Harus bayar tagihan sedangkan transaksi tidak masuk

  • 27 Agustus 2023 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya uang dari Kredivo nya akan masuk ke rekening laundry, ya begitulah kalau transaksi beda lembaga keuangan kadang ada delay .. namun nanti juga akan masuk ke rekening tujuannya.

    Pihak Laundry dapat double dong duitnya…

    • 27 Agustus 2023 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Gak akan.
      Terbukti puluhan orang komplen di MK dan akhirnya saldo dikembalikan ke akun kredivo.

      anggap hanya 5 atau 10% yg nulis di MK. Berarti ada ratusan lagi yg pasrah dan ga mau ribet. Sekali telp CS aja habis pulsa puluhan ribu malah ditanya balik trx nya pake QR atau QRIS.

      dan akhirnya CS hanya bilang “dari kredivo dah sukses”.

      ujung2 kita yg ribut sama seller

  • 27 Agustus 2023 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah begitu beli minuman bayar pake qris kredivo di account saya udh berhasil bayar 15k tp di seller belum masuk. Ya mungkin delay di sistemnya. Ga aneh ah bukan salah kredivo justru pake kredivo bnyk untung nya. Lha klo soal komplain 50k atau 100k di MK agak lebay juga yaa.. bukan dana besar bisa diselesaikan via telp ato email. Account anda sampe di tutup permanen justru anda yg rugi pak/ bu… kredivo banyak untungnya kita bisa bayar kebutuhan kek listrik, pdam, pulsa, atau belanja, makan di resto pake qris yg bisa bayar satu bulan berikutnya. Dan saya sering dapet point dari kredivo. Ga ada rugi²nya. Ini bukan saya kerja di kredivo lhoo…

  • 27 Agustus 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Kaspro berulah lagi 😂😂 di akulaku aja pernah sejuta ga balik , akulaku lempar ke kaspro ,, kaspro lemparr akulaku ga tau itu gimana duitnya di bagi2 berdua kali

  • 27 Agustus 2023 - (19:29 WIB)
    Permalink

    Sepertinya kredivo membalas keluhan konsumen dgn balasan automatis
    Gampang unistall aja ganti ke aplikasi lain

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

QRIS Kredivo Tidak Diterima Penjual

oleh MeriAulia dibaca dalam: 1 menit
25