Penagihan Pinjol yang Menghina melalui Akun Media Sosial Saya, Keluarga dan Teman

Saya adalah salah satu pengguna pinjol Easycash dari tahun 2022. Pada bulan ini saya sakit dan dirawat di rumah sakit selama 10 hari, sehingga hp yang terhubung dengan aplikasi pinjol tidak saya bawa.

Per tanggal 18 September 2023, saya membayar tagihan pinjol Easycash, karena sudah lewat jatuh tempo 11 hari. Bulan-bulan sebelumnya saya belum pernah telat 1 hari pun. Namun saya benar-benar tidak menyangka, teman-teman saya di-DM oleh pihak Easycash dengan kalimat yang tidak baik.

Akun Instagram pribadi dan usaha saya juga dihina-hina. Bahkan penagihan sampai ke akun media sosial keluarga saya (yang saya gunakan emergency call), dan mereka juga dihina-hina. Padahal mereka gak ada sangkut pautnya dengan tagihan saya.

Saya benar-benar kecewa, karena tidak ada WA yang masuk selama terlambat 11 hari, tetapi langsung menyerang ke media sosial saya, keluarga dan teman-teman kerja saya. Apakah ini standarisasi pinjol yang katanya sudah legal dan berizin OJK?

Inka Ayu
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Penagihan Pinjol yang Menghina melalui Akun Media Sosial Saya, Keluarga dan Teman”

Terima kasih atas informasi yang telah disampaikan oleh Ibu Inka Ayu di mediakonsumen.com yang berjudul “Penagihan Pinjol yang Menghina melalui...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Penagihan Pinjol yang Menghina melalui Akun Media Sosial Saya, Keluarga dan Teman

    • 22 September 2023 - (11:37 WIB)
      Permalink

      Iyaaa ka ada kalanya kita ga selalu mulus dalam pembayaran tp memang baru kali ini saya terlambat itupun krna sakit dan ga ada niat untuk ga bayar.. tp saya kaget bgt pas mereka udah mempermalukan saya di medsos sampe dm ke teman2 saya.. minimal wa saya kasi informasi telat di pembayaran secara baik2.. tp malah wa emergency call saya aampe ngancem2 usaha dy..

      9
      3
      • 22 September 2023 - (11:48 WIB)
        Permalink

        Betul bngt, Gunanya SLIK dan denda apa cba ya..
        Inimah udh kita dihina2, SLIK jelek, Bayar denda pula..

        11
        1
        • 30 September 2023 - (01:03 WIB)
          Permalink

          Laporkan aja ke OJK biar dicabut ijinnya. Pada kurang ajar emng DC pinjol klo nagih, suka kelewatan.

      • 23 September 2023 - (14:33 WIB)
        Permalink

        Sudah banyak dan sering kali viral cara cara penagihan DC pinjol, seharusnya itu yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan pinjol, kecuali sudah siap dengan konsekuensinya

        1
        3
      • 29 September 2023 - (19:25 WIB)
        Permalink

        Gua sih digiinin gua galbay, wkwkw, ga digiiniin aja udah gua galbayin easy cash 3 juta

        4
        1
  • 22 September 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    viralkan juga easycash ini. adakami lg disorot krn ada yg sampe bunuh diri gara2 diterror DC-nya. mumpung moment nya lagi pas

    15
    2
    • 22 September 2023 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Ayo lah kita viralkan biar di tutup nih PINJOL yang tidak sesuai SOP. Bagaimana cara viralkan Easy cash nya

      13
      1
    • 22 September 2023 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Wah penagihan udh bar2 smp menghina & teror d medsos sih mending g usah dibayar aja.. Easy cash g ada dc lapangan..

      5
      1
    • 22 September 2023 - (21:16 WIB)
      Permalink

      @Herwin herwin nahh ini nihh 2 pinjol yg sering ada di setiap iklan aplikasi ataupun di iklan youtube, yahh lebih baiknya siihh di bumi hanguskan saja lahh pinjol pinjol yg ada di indonesia. Udh muak gua sama pinjol yg sungguh sangat meresahkan masyarakat yg mana penagihan nya di luar nalar dan sop.

      7
      1
  • 22 September 2023 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Kata pengusaha pinjol, pinjol itu bukan bansos 😀 kalau menurut saya, para pengguna pinjol itu rata2 orang yg sempit cara berfikirnya. Dianggap pinjol itu mudah, modal ktp dapat pinjaman. Melihat bunganya yg mencekik saja harusnya mereka itu berfikir secara rasional. Makin banyak orang hilang akal sehatnya

    https://money.kompas.com/read/2023/09/20/070000026/soal-gagal-bayar-pinjol-asosiasi-fintech–ini-bukan-bantuan-sosial-

    8
    5
    • 23 September 2023 - (09:13 WIB)
      Permalink

      Byk bacot aja lu. Macam uang kau aja yg dipinjam, nyinyir terus sama org yg lg kesusahan, kayak uda bagus kali hidup kau.

      7
      7
  • 22 September 2023 - (13:16 WIB)
    Permalink

    lagian ngutang pinjol gak ngira2 sampai puluhan juta, coba klo di balik posisinya, klo penulis ini yg ngutangin ters yang ngutang terlambat terus pembayarannya apa gak marah dan kesal. apalagi pinjaman hanya mengandalkan kepercayaan. lain kali pikirkan baik2 kalau mau berutang dengan matanya jgn enak ketika menerima uang nya saja. kita harus menerawang resiko besar ketika gagal bayar.

    8
    21
    • 22 September 2023 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Seperti yang saya infokan di awal saya sebelumnya tidak pernah 1 hari pun terlambat dan baru bulan ini karna sakit.. bukan untuk lari tidak mau membayar.. dan bgtu pulang di rawat sudah langsung saya bayar padahal blm tahu mereka sudah menyerang teman2 saya dan medsos saya pak.. tp tidak ada peringatan wa dr team easy cash ke saya pribadi..

      3
      3
    • 1 Oktober 2023 - (10:35 WIB)
      Permalink

      DC Lo yah. Ngomong SE enak jidat Lo. Siapa sih yg mau sakit. Namanya juga lagi keadaan begitu.

  • 22 September 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Ini yang saya takutkan, cara DC ga sesuai SOP, bar bar istilah kerennya.
    Harus lapor ojk jg via online, biar dapat point merah lagi, aplikasi easycash ini.

    6
    1
    • 22 September 2023 - (14:20 WIB)
      Permalink

      Iyaaa pak saya sudah 1 thn pake aplikasi ini dan kbtulan baru buka lg krna kebutuhan urgent.. kalo memang bisa jgm pake pinjol ka untuk solusi apapun aplikasinya.. aq pun skrg kapok bgt kalo ada rejeki langsung tutup..

      6
      1
    • 22 September 2023 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Hi kak, apakah komentar2nya sampai sekarang masih ada di sosmed kakak? Kalau masih saya bantu report kak.. krn saya jg kena beginian, semua photo tag saya dicomment sama DC tp tanpa nama perusahaannya. Saya aja ga merasa ngutang, bisa2nya data disebarin. Begitu saya konfrontasi di dm dan report ke instagram (category harrasment & bullying) lsg ketakutan dia.. dan skg akun pelaku sudah di closed, komentar dia udah ilang semua

      6
      1
      • 23 September 2023 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Halo kak vinant,,
        Untuk komentar di sosmed sudah saya arsip ka buat bukti.. kmrin juga saya langsung email pihak easy cash dan tlp jg terkait penagihan ini,, tp mereka bilang mereka pny standarisai penagihan yg benar.. tp terbukti setelah saya email dan tlp pihak ec langsung berhenti neror sosmed keluarga saya..

        2
        1
  • 22 September 2023 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Sdh banyak kejadian,cara penagihan pinjol.makanya usahakan jgn pinjam pinjol.mending jual barang.kl udah begini,semua play victim.

    3
    3
  • 22 September 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    here we go… apakah perusahaan pinjol dapat anda hentikan? tidak… justru mereka akan semakin besar dan semakin besar. Apkah OJK dan Pemerintah berfungsi? Ya, mereka berfungsi dengan baik karena sudah ada aturan dan undang-undangnya tertulis dengan jelas. masalahnya OJK dan Pemerintah hanyalah sebuah nama ‘perusahaan’ yang didalamnya terdapat berbagai jenis manusia dengan otak dan perilakunya masing-masing. Kadang sebagian dari kita hanya bisa menunggu sampai kejadian demi kejadian seperti ini memuncak dan meluap lalu meledak. barulah mayoritas dari kita akan benar benar sadar, makna dari kata ‘riba’ yang sudah dibuatkan dalam kitab, ribuan tahun yang lalu. Selagi anda masih memiliki akal dan nurani, maka jauhilah segala bentuk rentenir, mereka adalah iblis yang nyata. Jika kita memiliki masalah dana atau keuangan, percayalah kadang masalah itu karena kita ciptakan sendiri, karena keinginan dan nafsu menjadi prioritas diatas segalanya. tetapi jika anda memiliki akal dan nurani, maka anda pasti akan selalu percaya ketika anda benar benar kesulitan uang, “burung diudara, dan ikan dilaut” mereka akan terus hidup karena dunia ini sudah menjaminnya.

    5
    1
    • 22 September 2023 - (17:48 WIB)
      Permalink

      Saya rasa bisa di maklumi, karena ini murni kelalaian peminjam yg sampai 11 hari, alasan sakit dan hape tdk terbawa tdk bisa menguatkan, kecuali 10 hari itu merem terus kondisinya, karena seharusnya jika sadar punya kewajiban bulanan ya tinggal minta keluarga bawakan hape dimaksud, sehingga tdk perlu ada kejadian memalukan seperti ini.

      3
      9
      • 22 September 2023 - (18:01 WIB)
        Permalink

        Salah satu nya memang kesalaham di saya pak krna lalai tetapi memang saya harus operasi dan memamg ga pegang hp,, dan yg saya info di awal untuk hp yg terhubungan dgn pinjol ini memang tidak terbawa.. tapi yang saya kecewakan kenapa sampe skrg ga ada chat wa sama sekali kesaya perihal penagihan.. tp malah langsung ke medsos.. bahkan begitu saya pulang sebelum rame di medsos saya.. saya melakukan pembayaran.. beberapa jam kemudiam dr pihak teman2 dan keluarga baru memberi info screen shoot ini..

        2
        1
  • 22 September 2023 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Pertama menanggapi masalah ini saya turut prihatin. Saya juga menjadi korban amukan spam nomor telepon tak dikenal bertubi-tubi karena si tukang hutang menggunakan nomor saya sebagai kontak emergency call. bisa dibayangkan berbulan bulan no hp saya diteror setiap hari dari pagi sampai malam telepon tidak berhenti berdering sampai bater hp saya panas dan low bat. blokir 1 nomor muncul no baru demikian berkali2. akhirnya saya telpon cs pinjol itu saya klarifikasi saya tidak ada sangkut paut dengan yg tukang hutang, jangan coba-coba lagi meneror hp saya. jika tidak saya laporkan ke polisi dan saya proses pengaduan perbuatan tidak menyenangan dan teror. Untuk kasus ini harus naik ke CS mereka karena biar mereka yg take out data dari list sistem no hp yg tersimpan. Tidak perlu beradu argumen dengan debt collector karena mereka hanya membaca data dari sistem dan sistem otomatis melakukan panggilan kepada yg telat bayar. jika data sudah take out list dan sudah pelnasan segera konfirmasi ke CS agar segera di keluarkan dari list. kedepannya tolong lebih bijak dalam menggunakan aplikasi pinjol. jangan ijinkan aplikasi pinjol mengakses kontak kalian, unckelis semua ijin aplikasi pinjol dan lebih penting lagi jangan berurusan dengan pinjol.

  • 22 September 2023 - (18:48 WIB)
    Permalink

    @Inka Ayu
    Itu dah kena pasal pencemaran nama baik. Bisa dipidana itu orangnya. Kalau anda tidak memproses secara hukum, ya mereka akan begitu selamanya. Ke anda dan ke yang lain.
    Saya sering ngobrol dengan rekan bhayangkara baik unit cyber maupun reskrimum. Mereka menyesalkan karena gak ada laporan masyarakat. Adapun koar-koar via medsos dan sebagainya. Ya gimana mereka mau bantu, data ada gak ada.

    • 23 September 2023 - (08:01 WIB)
      Permalink

      Jangan ka.. ngeri bgt penagihan nya.. saya aja ga galbay ampe dipermalukan bgtu ka..

  • 23 September 2023 - (07:53 WIB)
    Permalink

    Kepalang tanggung lah mending kuras lagi terus galbay..biar kejang2 mereka dan mulutnya berbusa juga diemin aja bang.

  • 30 September 2023 - (12:07 WIB)
    Permalink

    Gausah dibayar sekalian, lagipula nama baik udh rusak di teman dan keluarga gara² mereka(lintah darat) !!!

  • 30 September 2023 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Baru 11 hari udah ditagih begitu?? Blm ada 1bulan?? wah benar2. Pencemaran nama baik..

  • 1 Oktober 2023 - (01:43 WIB)
    Permalink

    Kalau saya jadi anda, saya engga akan bayar, dihina dicemarkan nama baik, ga sepadan sama hutangnya, laporin aja.

  • 8 November 2023 - (13:42 WIB)
    Permalink

    adakah yang punya pengalaman tidak pernah meminjam pada aplikasi pinjol tapi tiba tiba mendapat tagihan dari aplikasi saku berjaya

    setelah ini tiba tiba ada mutasi masuk rekening sebanyak 2 x dan gak lama mendapat pesan kalau harus melunasi pada aplikasi cairin pro dan banyak rupiah

    mohon bantuan nya terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Easycash?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Penagihan Pinjol yang Menghina melalui Akun Media Sosial Saya, Keluarg…

oleh Elena Yukanawla dibaca dalam: 1 menit
40