Thank you Booking.com, Bye bye Nusatrip!

Singkat cerita, kejadiannya tanggal 26 Agustus 2023. Dikarenakan ada masalah di visa saya, sehingga saya harus membatalkan seluruh jadwal penerbangan dan tiket yang sudah dibeli.

  • Pembelian tiket pesawat Indigo (India Airline) melalui Booking.com senilai Rp2.821.406, jadwal terbang tanggal 31 Agustus 2023, masih dikasih refund Rp1.900.764 (67%). Proses 3 hari selesai, dana dikembalikan ke rekening saya.
  • Pembelian tiket pesawat Transnusa di Nusatrip senilai Rp1.045.225, jadwal terbang tanggal 04 September 2023. Refund yang diberikan Rp158.464 (15%). Proses 30 hari kerja.
  • Pembelian tiket pesawat Transnusa di Nusatrip senilai Rp2.330.133, jadwal terbang tanggal 01 September 203. Refund yang diberikan Rp933.079 (40%). Sampai sekarang dana belum saya terima.

Katanya sih lama proses dan jumlah refund adalah tergantung kebijakan dari maskapai masing-masing. Ada yang setuju perihal ini?

Mudah-mudahan pengalaman saya pribadi ini, bisa menjadi salah satu pertimbangan juga bagi para pembaca Media Konsumen, dalam memutuskan memakai aplikasi mana untuk penjadwalan rencana perjalanannya. Jangan sampai sudah rencana perjalanan berantakan, masih diperdaya pula oleh lamanya proses refund dan jumlah refund yang cenderung profit taking, mengambil kesempatan di atas penderitaan penumpang.

Bagi saya sudah jelas. Terima kasih Booking.com dan bye bye Nusatrip! Sekian dan terima kasih.

Rusli Hanafia
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Thank you Booking.com, Bye bye Nusatrip!

  • 4 Oktober 2023 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Terimakasih sudah berbagi.
    Jadi dia untung banyak ya di kasus refund.
    Mungkinkah suatu saat ada jadwal yang dibuat tidak sesuai dengan jadwal resmi, dijual lalu menunggu pembatalan. Ah, bakalan menang banyak.

    6
    1
    • 4 Oktober 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Maren pas liat ada kasus di maskapai yg sama juga, jadwal trrbang bisa ttiba batal stlah itu eh ttiba nongol lg jadwalnya….search aja kasus bobby trans nusa belinya di traveloka kl gk salah waktu itu…

      3
      1
  • 4 Oktober 2023 - (12:08 WIB)
    Permalink

    Ga dijelaskan kapan pengajuan pembatalannya. Makin mepet pembatalan dijam terbang, makin besar penaltynya.

    Bisa koq di google Peraturan Kemenhub ttg penalti pembatalan.

    Anyway, Transnusa kan LCC, jadi makin berdarah2lah jumlah penaltinya.

    4
    1
    • 4 Oktober 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Sesuai surat di atas pak…kejadian pembatalan di tgl 26 Agustus…penerbangan terdekat yg sy batalkan malahan yg sy beli di booking.com yakni di tgl 31 Agustus…Sisanya itu di bulan September jadwal terbangnya..

      3
      1
      • 4 Oktober 2023 - (12:50 WIB)
        Permalink

        Indigo juga LCC pak…kl pendapat sy pribadi ini lebih ke permainan pihak aplikasi bukan maskapai..

        2
        1
  • 4 Oktober 2023 - (20:12 WIB)
    Permalink

    Berdasarkan pengalaman pertama kali menggunakan transnusa rute cgk-kul bulan Juli lalu (untuk pengalaman pertama dan terakhir kali), sepertinya masalah ini lebih ke maskapai sih.
    Karena maskapai sangat tidak profesional, mulai dari counter check in, customer service yang lebih mirip anak magang yang pengetahuannya masih kosong melompong hingga petugas di gate (ruang tunggu).
    Bahkan jadwal keberangkatan pesawat dibayar ditampilkan ontime sampai dilakukan pengumuman panggilan terakhir hingga beberapa kali tapi seluruh penumpang masih berada di ruang tunggu dengan alasan *PESAWAT BELUM DATANG*
    Sampai seluruh penumpang dipersilahkan keluar gate sampe pintu keluar alasan menunggu bus jemputan menuju pesawat hingga lebih 30menit berdiri berdesakan. Semua penumpang termasuk yg menggunakan kursi roda, manula, hingga orang tua yg membawa orok semua berdesakan dibawah karena ga boleh keluar pintu.
    Bukti semuanya masih ada di saya, berupa foto dan video karena ingin membuat surat pembaca di media konsumen namun masih belum mood menulis dan waktu luang terbatas

    • 4 Oktober 2023 - (22:51 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi pak.

      Tp di tgl 21 Sept stlah sy remind lg via WA ke Nusatrip nya…diinfokan kl dana refund mrka sdh trima dr maskapai….eh ttp aja dsrh nggu lg bt 14-30 hr ke depan br bs dikembalikan ke rek sy.?? Hahaha…mau didepositokan dl x dananya…bayangin aja kl ada byk dana refund yg bs diendapkan dl kek.gini… 🫢🫢

  • 5 Oktober 2023 - (09:36 WIB)
    Permalink

    Saya pernah harusnya berangkat dari solo ke malay jam 12:00, , tp tiba2 jam 9 pagi penerbangan dialihkan ke Semarang pukul 14:00

    Mana pemberitahuan nggk via telfon, cuma email

    Alhasil buru2 berangkat, untung sudah ada Tol klo enggak bisa2 batal😅

  • 5 Oktober 2023 - (20:51 WIB)
    Permalink

    Dari dulu masih bujangan sampe sekarang mau kemana” selalu pake booking.com,,
    Selalu simple dan pembatalan booking masih bisa H-1 untuk hotelnya,,
    Ga pernah ngiler promo”an dr aplikasi lain,,
    Hehehe

    • 6 Oktober 2023 - (02:03 WIB)
      Permalink

      saran buat adek ini berhenti jd orang plin plan ..
      harusnya mengerti di saat adek batal, di lain bnyak yg ribet

  • 6 Oktober 2023 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Untuk perihal refund saran saya coba di kroscheck ke pihak maskapai apakah sudah di kembalikan ke travel atau belum, dan bisa minta hitungan detail ke pihak travel jumlah yang dikembalikan oleh pihak maskapai dan besaran persentase potongan dan besaran admin yang dikenakan oleh pihak travel.

 Apa Komentar Anda mengenai Nusatrip?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Thank you Booking.com, Bye bye Nusatrip!

oleh Rusli dibaca dalam: 1 menit
11