Tagihan Minimal Sudah Terbayar, Kartu Kredit Digibank by DBS Ditutup Sepihak

Saya adalah pemilik kartu kredit Digibank No. 4055--6316. Pada tanggal 5 Juli 2023, saya mengajukan penghapusan late charges Rp59.172 & finance charges Rp122.876 melalui call center Digibank 1500 327. Di mana isi pengajuan, jika tidak bisa dihapus, ditutup saja sementara CC saya. Agen menginfokan akan diproses selama 3 hari kerja dengan nomor pelaporan 20230705-3035905 dan akan diinfokan hasilnya via email. Sementara itu, saya tidak memakai CC Digibank sampai saya mendapatkan feedback.

Namun pada tanggal cetak 17 Juli 2023 yang baru saya buka di tanggal 2 Agustus 2023, saya menerima tagihan finance charges sebesar Rp273.729, di mana di periode itu saya sama sekali tidak memakai CC Digibank, dan sebelumnya saya sudah mengajukan penutupan kartu sementara jika pengajuan saya ditolak. Tapi nyatanya CC Digibank saya masih dalam keadaan aktif, dan tidak ada pihak Digibank yang menghubungi saya perihal hasil pengajuan late charges & finance di bulan sebelumnya.

Saya laporan untuk ke 2 kalinya melalui call center Digibank 1500 327 dengan pengajuan yang sama seperti sebelumnya. Jika tidak bisa dihapus, ditutup saja sementara CC saya. Agen kembali menginfokan akan diproses di 3 hari kerja dengan nomor pelaporan 20230802-ICRM-6016645 dan akan diinfokan hasilnya via email.

Sudah lewat lebih dari 3 hari, tetapi tidak ada feedback dari pihak Digibank, sehingga untuk yang ke 3 kalinya saya telpon call center Digibank di tanggal 10 Agustus 2023 dan mengajukan komplain keras. Di mana agen menginfokan, “Jika tidak ada feedback via email, sudah dipastikan pengajuan ditolak.”

Lalu saya bertanya, “Jika pengajuan ditolak, kenapa CC saya tidak ditutup sementara?” Lagi dan lagi agent hanya memberi jawaban dengan nomor pelaporan 20230810-ICRM-3146415 dengan tindakan akhir CC saya akhirnya ditutup sementara.

Karena tidak ada feedback lagi, dan tagihan saya malah bertambah menjadi total Rp496.585, padahal CC Digibank sudah ditutup sementara. Akhirnya saya kembali hubungi Digibank via call di tanggal 18 Agustus 2023, tetapi kembali tidak mendapatkan jawaban yang sesuai dengan respon customer service yang terkesan tidak serius, dan kembali diberikan nomor pelaporan E3CE70 yang format nomor pelaporan tidak sama dengan sebelumnya.

Karena merasa ragu, saya kembali lapor melalui live chat dan diberi nomor pelaporan ID-SR-20230818-ICRM-3162441. Kali ini saya disarankan oleh agen yang bernama Inggrid untuk membayar tagihan minimal sebesar Rp50.000 agar pengajuan bisa dilanjutkan, di mana late charges & finance charges akan terhapus, dan pengajuan CC untuk dibuka kembali. Di hari yang sama, saya langsung membayar tagihan minimal Rp50.000 melalui Tokopedia, dan pada esok harinya, saya kembali konfirmasi bahwa saya sudah membayar.

Pada tanggal 21 Agustus 2023, karena belum ada feedback, saya kembali lapor via live chat, dan disarankan menunggu dengan jaminan jika pembayaran minimal sudah masuk, maka pengajuan penghapusan dan pengaktifan CC Digibank akan berjalan.

Pada tanggal 23 Agustus 2023, ada 3 email dari Digibank yang menyatakan pengajuan penghapusan late fee dan finance fee disetujui. Pikir saya sudah aman, dan sekarang tinggal menunggu CC Digibank saya aktif kembali, karena sebelumnya sudah ada kata ‘jaminan,’ maka saya mengalihkan fokus saya ke hal lain, karena kewajiban saya sudah saya penuhi, dan saya tinggal menunggu hak saya kembali.

Pada tanggal 7 September 2023, saya membuka aplikasi Digibank, dan betapa kagetnya saya melihat CC Digibank saya sudah dinonaktifkan, tidak sesuai dengan info terakhir yang saya terima. Langsung saya komplain, di mana saya harus menunggu 1×24 jam untuk dilakukan pengecekan dengan nomor pelaporan ID-IA-20230907-ICRM-6174532. Dan hasil pengecekannya menyatakan CC Digibank saya ditutup permanen, dengan alasan yang sangat tidak masuk akal, di mana saya tidak mengajukan kembali pengaktifan CC setelah membayar tagihan minimal.

Jelas-jelas saya menelpon kembali di tanggal 21 Agustus 2023 dan disuruh menunggu, bisa kalian cek di database kalian. Dan kalian kira saya lapor dari tanggal 5 Juli 2023 sampai tanggal 21 Agustus 2023 ini tentang apa?!! Dengan jelas di tiap laporan saya yang berulang kali menyatakan bahwa:

  1. Penghapusan late charges & finance charges, jika itu tidak terpenuhi, bisa ditutup sementara CC saya agar tagihan tidak bertambah.
  2. Karena point 1 diabaikan oleh pihak Digibank sehingga tagihan melonjak, diberi solusi untuk membayar tagihan minimal sebesar Rp50.000 dengan jaminan segala bentuk denda terhapus, dan CC Digibank akan diaktifkan.

Kenapa bisa berbelit-belit begini untuk kasus yang sangat sederhana. Sebagai perbandingan, saya pernah mengajukan hal yang sama di CC lain (Citi Bank, Mega, BNI, Mandiri). Paling lama 3 hari sudah ada solusi, bahkan ada yang cuma sehari saja. Lah ini hampir 2 bulan, apalagi saya termasuk nasabah yang kualitas kreditnya lancar dan tidak ada masalah BI Checking, malah dipersulit.

Secara aplikasi, saya akui Digibank by DBS paling oke user interfacenya, tapi maaf secara pelayanan, Digibank by DBS adalah bank yang paling buruk koordinasi internalnya.

Ditunggu tanggapannya.

George Wasonono
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tagihan Minimal Sudah Terbayar, Kartu Kredit Digibank by DBS Ditutup Sepihak”

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Tagihan Minimal Sudah Terbayar, Kartu Kredit Digibank by DBS Ditutup Sepihak

  • 12 Oktober 2023 - (15:32 WIB)
    Permalink

    Ya sudah gapapa kan gak punya hutang lagi…. Kalo masih pengen punya CC ya tinggal aply di bank lain aja

    4
    1
    • 12 Oktober 2023 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Itu dari awal emang ga punya hutang kalo sy cek gambarnya, karena pokok sudah terbayar…

      Dan sepengalaman saya pengajuan finance charge, late charge itu cukup mudah kok… apalagi kalo kualitas kredit lancar
      Mungkin tsnya apes aja dapat agent yg ga gercep..

      Malah akhirnya suruh bayar 50rb dengan jaminan cc aktif kembali tapi zonk…

  • 12 Oktober 2023 - (15:42 WIB)
    Permalink

    setau sy ditutup sementara bukan berarti tagihan dan denda tidak berjalan… enak banget jika seperti itu …

    8
    3
    • 12 Oktober 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Point casenya bukan disitu… Tapi tidak adanya tanggapan dari pihak bank ketika ts mengajukan penghapusan finance fee dan biaya2 lainnya…

      Dimana solusi baru diberikan setelah berjalan hampir 1.5 bulan, parah sihh ini…
      Tapi endingnya tetep ngaco sih pihak banknya… Udh disuruh bayar eh tetep ditutup, di prank

      3
      2
    • 12 Oktober 2023 - (16:10 WIB)
      Permalink

      Makany yg ruwet ts ny mana Ada tutup sementara..memang bank pantas nutup nasabah ruwet..bakal dilaporkan jelek dislik Sama bank dbs..walupun d tutup ga gada jaminan lunas tagihan..

      9
      3
      • 12 Oktober 2023 - (21:47 WIB)
        Permalink

        Leh, yang nyaranin di tutup sementara itu pihak banknya bukan permintaan saya !!!

        Saya cuma mengajukan pengajuan penghapusan finance charges, dimana di cc saya lain cukup mudah pengajuannya selama kualitas kredit lancar, lah di DBS ini ga jelas konsepnya… Kalo emang ditolak ya gpp yang penting ada feedback…

        3
        3
    • 12 Oktober 2023 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Ditutup sementara itu atas usul agent yang melayanai saya ketika komplain, bukan permintaan saya… Permintaan saya cukup jelas ‘PENGHAPUSAN FINANCE CHARGES’

      2
      3
    • 13 Oktober 2023 - (13:26 WIB)
      Permalink

      Harusnya ni TS bersyukur di jauhkan dari hutang, lagian kata nya ada CC lain city bank,bank Mega, BNI dll 😮‍💨 ato jgn²

      1
      3
  • 12 Oktober 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Tagihannya masih ada kok minta tutup kartu kredit. Kartunya tidak bisa ditutup lah. Tagihannya akan terus berjalan sampai dibayar.

    6
    5
    • 12 Oktober 2023 - (21:42 WIB)
      Permalink

      Biasakan membaca dengan cermat bosss… Itu tagihan pokok sudah lunas dan ts melakukan pengajuan penghapusan fee/denda dan semacamnya… Di cc lain ketika laporan maksimal 3 hari sudah ada feedback, di acc atau enggak pengajuannya… Dan biasanya di acc kalo kualitas kredit lancar… Nah masalahnya itu ts ga diinfoin apa2 dan di tagihan bulan depan malah nambah hampir 2x lipat tagihannya… Aneh

      4
      4
      • 13 Oktober 2023 - (04:45 WIB)
        Permalink

        Yang namanya kartu kredit itu, bayarnya harus sesuai dengan tagihan yang kita terima. Jika ada biaya keterlambatan harus dibayar terlebih dahulu. Mau pengajuannya penghapusannya disetujui atau tidak tetap harus bayar sesuai tagihan, toh bulan depan akan dikreditkan kembali. Tidak bisa minta kartunya ditutup terlebih dahulu untuk menghentikan bunga dan denda. Dendanya akan terus berjalan selama tagihan itu tidak dibayar lunas.

        3
        1
        • 13 Oktober 2023 - (14:55 WIB)
          Permalink

          Paham saya

          Poin casenya bukan disitu tapi feedback dari agent yang tidak kasih solusi dari awal, Baru dikasih solusi ketika komplain sudah berjalan 1.5 bulan dan itu pun tetap tdk menyelesaikan…

          Penanganan sudah cacat dari awal

          Fyi, Kmrn saya ajukan hal yg sama ke CC Citi Bank, ga pakai waktu lama, langsung diinfokan di hari itu juga bahwa fee disetujui di hapus dan bisa membayar langsung dikurangi dengan fee yg terhapus… Itu baru profesional

          1
          2
  • 13 Oktober 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Baguslah,,,,,,saya setuju Ama DBS,makin jaya di udara Bank DBS,buang jauh jauh nasabah yg ribetttt

    1
    1
  • 14 Oktober 2023 - (00:28 WIB)
    Permalink

    Ini Customer pengen untung aja sih. Keberatan dgn fee late charge, terus untung bank dr mana? Itu bisnis yang mereka jalankan. Agar customer patuh dgn membayar tagihan sesuai sebelum jatuh tempo. Jika emang bokek jangan bikin cc. Dari pada pihak bank rugi terus karena anda , ya… wajar pihak analis menonaktifkan CC nya. Pihak bank udah tahu anda gak sanggup bayar. Wkwkkw

    0
    1
    • 19 Oktober 2023 - (01:15 WIB)
      Permalink

      Budayakan membaca dan memahami konteks

      Itu di history mutasi, tagihan pokok ada 13 juta’an udh dibayar lunas, yg dipermasalahkan itu penghapusan ‘finance charge’ yang berbelit2 dimana seharusnya mudah bangeettt…

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit DBS?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Tagihan Minimal Sudah Terbayar, Kartu Kredit Digibank by DBS Ditutup S…

oleh Iyoss dibaca dalam: 3 menit
22