Paket iPad Isinya Ditukar Kantong Pasir, Proses Klaim Asuransi Sangat Lama

Pada tanggal 5 September 2023, saya membeli iPad 10 dari Tokopedia, pengiriman saya gunakan kurir rekomendasi (PLUS) dengan nomor resi: INV/20230905/3442361739.

Kebetulan kali ini saya mendapatkan kurir ID EXPRESS, pesanan diantarkan pada tanggal 08-09-2023. Saat saya pulang (sudah malam), saya lihat paketnya cuma waktu saya pegang, saya mendengar ada bunyi remah. Karena saya curiga ada kerusakan pada waktu pengiriman, saya tidak buka dulu paketnya.

Keesokan harinya, 09 September 2023, saya minta bantuan untuk video unboxing paket iPad saya. Kondisi paket rapi, tidak terlihat pernah disayat/dibuka. Setelah saya buka wrapping-nya, saya dapati segel “Seal kardusnya” seperti bekas terbuka.

Saya sangat terkejut saat dibuka, ekspektasi saya ada bagian yang rusak saat pengiriman, tetapi yang saya dapati bukan iPad tetapi pasir.

Otomatis saya ajukan komplain ke Tokopedia dengan menyertakan bukti-bukti termasuk video unboxing, bukti-bukti saya diterima dengan baik oleh Tokopedia.

Pihak Tokopedia melakukan klarifikasi ke penjual dengan meminta video packaging-nya. Penjual pun memberikan video rekaman CCTV saat mereka mengemas unitnya (walau tidak ditunjukkan di video tersebut isi kotak iPadnya).

Bukti tersebut diterima oleh Tokopedia dan dilanjutkan ke pihak asuransi.

Saya dan penjual selalu berusaha aktif menanyakan bagaimana prosesnya, apa yang bisa dibantu untuk memperlancar prosesnya.

Namun setelah 1 bulan setelah klaim saya ajukan, proses penyelidikan & klaimnya mandek. Pihak Tokopedia seperti robot mengulang-ulang kata-kata yang sama tanpa memberi saya kejelasan sampai di mana prosesnya dan kapan prosesnya bisa selesai.

Berikut hasil lacak resinya, semua pengiriman dilakukan oleh ID EXPRESS, kurir rekomendasi Tokopedia PLUS.

Saya mohon kejelasan klaim saya, ini sudah memakan waktu lama tanpa ada proses dan kejelasan dari pihak Tokopedia. Semoga dengan saya naikkan berita ini ke Media Konsumen, Tokopedia dapat segera menyelesaikan kasus ini.

Kepada pembaca yang lain, harap berhati-hati dalam menggunakan kurir rekomendasi Tokopedia, sering kali tidak beres.

Saferico
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

66 komentar untuk “Paket iPad Isinya Ditukar Kantong Pasir, Proses Klaim Asuransi Sangat Lama

  • 13 Oktober 2023 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Tokopedia lagi, kurir rekomendasi lagi…. dannnn ID Express lagi. Red Flag banget ekspedisi ini dan Tokpednya juga bolot sih ga mau dengerin keluhan pelanggannya.

    17
    1
    • 13 Oktober 2023 - (12:07 WIB)
      Permalink

      kurir jaman now emang bermental maling semua. ga hanya ID Express aja sih. tp semuanya ky gitu

      10
      2
      • 13 Oktober 2023 - (14:55 WIB)
        Permalink

        Video packing dari penjual hanya box-nya aja, tapi memperlihatkan isi dari box tersebut. Ada yang janggal disitu. Kemungkinan besar penipu-nya ya seller itu. Kenapa setiap ada indikasi penipuan atau pencurian pihak e-commerce tidak mau lapor ke pihak berwajib? Ini udah masuk kriminal, masa tunggu balasan dari Yang Maha Kuasa dulu baru pada kapok.

        14
        1
        • 13 Oktober 2023 - (19:51 WIB)
          Permalink

          saya ga tau ya yang mana yang bermasalah, penjual atau kurir. saya cenderung ke kurir. penjual di toped saya liat rattingnya bagus, hanya di awal2 toko dia buka emang jelek rattingnya. tapi saat ini 4.9/5

        • 14 Oktober 2023 - (15:31 WIB)
          Permalink

          Krn lapor yg berwajib juga nggak akan ditindak lanjuti.. cuma sekedar laporan aja plg2 dpt bukti laporan polisi aja.. udh tau sama tau kan kinerja pihak berwajib di sini bagaimana..

          1
          1
    • 13 Oktober 2023 - (19:52 WIB)
      Permalink

      ya saya jg baru tau abis kemaren liat2 di MK banyak bener masalah kurir rekomendasi toped. ngeri2 sedap kl pake kurir PLUS -.-a apalagi kl dapet ID EXPRESS
      mau dipake serem, mau ga dipake udah bayar langganan… payah dah
      repotnya lagi di toped kl pake layanan PLUS ga bisa pilih kurir… 🙁

      • 14 Oktober 2023 - (04:35 WIB)
        Permalink

        Wah br tau kl plus ga bs pilih kurir, susahnya di situ ya
        Skrg gw kl beli barang di atas 1 juta prefer pake pengiriman next day, ya walau ga menjamin jg ya tapi at least barangnya bs lbh cpt sampai di kita atau ya lebih baik memang kl mau beli hp/gadget ya beli secara offline
        Semoga segera kelar ya utk masalahnya

        • 14 Oktober 2023 - (10:41 WIB)
          Permalink

          bener ga bisa pilih kurir. kalo toko lokal sekota sih sering dapet gojek/grab.
          tapi itu ga jaminan jg. pernah ada beli di toko seberang rumah pake plus..
          dikirimnya pake sicepat reguler (3 hari >”<) jujur kadang kesel jg kena plus. enak sih ongkir banyak yg gratis tapi kl kurirnya ga beres ya… (╯°□°)╯︵ ┻━┻

  • 13 Oktober 2023 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Parahh……!!! Belum lama kejadian iphone dituker sama batu, ehh skr ipad isinya sekantong pasir. Ini siapa yang nakal? Oknum kurir ataukah penjual. Tp menurut sy terlepas siapa yang nakal, seharusnya tokopedia segera merefund dana pembeli kalo dia beli cash atau mengembalikan limit awal kalo pake paylater jangan nunggu pembuktian siapa yang jahat karena kalo melihat dari video unboxing jelas pembeli adalah korban penipuan atau pencurian….. Toh dana nya kan masih ditahan sampai pembeli mengklik tombol barang telah diterima sesuai pesanan.

    8
    1
      • 13 Oktober 2023 - (17:41 WIB)
        Permalink

        Kalau kaya gini 2 kemungkinan penjual yg gk jujur atau jasa kirim yg malingnya saran buat yg mau belanja online hp atau laptop lebih waspada aja karena hari apes gk ada di kalender

        • 14 Oktober 2023 - (07:01 WIB)
          Permalink

          ya pasti saya kasih *1 kl itu salah sellernya.
          kl ga ya saya ga kasi lah, ngapain jg ngancurin lapak orang kl itu bukan salahnya.
          lah ini pihak asuransinya aja belum tau kesalahan dimana. kasusnya seakan2 berhenti. bener2 bikin bete

          • 14 Oktober 2023 - (09:08 WIB)
            Permalink

            Saya kebetulan salah satu seller di Tokped.
            Kalau lihat rating-nya, toko ini bagus.
            Setahu saya sulit untuk mencapai level 2 diamond dgn mempertahankan reputasi 4,9.
            Saya cek toko ini, total bintang 1-2 (negatif) hanya 500-an.
            Itupun sepertinya kebanyakan karena Buyer yang salah paham dengan produk maupun deskripsi.
            Total bintang 3-5 mencapai 43 ribuan.

            Fake order untuk bintang 3-5? rasanya nggak mungkin bisa sebanyak itu (setidaknya saya belum tahu caranya).
            Apakah Toko yang mencapai level dan reputasi seperti ini melakukan tipu2 ?
            Taruhannya besar, karena nilai barangnya tidak sebanding dengan nilai toko (pencapaian yang dikonversi dalam value rupiah).
            Rugi tokonya, reputasi yang sudah dibangun bisa anjlok.

            Mungkin seller Tokped lainnya juga mengetahui sulitnya pencapaian level dan rating ini.

            Apresiasi buat kak @SS.
            Mengalami masalah seperti ini, Anda masih bisa berusaha untuk objektif dalam analisa.
            Buat Tokopedia, sepertinya anda harus mulai serius menangani masalah kehilangan pengiriman. Belakangan ini banyak sekali kasusnya.
            Tentu serius juga untuk menutup seller yang memang melakukan penipuan.
            Hampir setahun belakangan ini, kepercayaan pembeli sudah makin merosot (bukan menurun lagi).

            Cheers…

      • 14 Oktober 2023 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Seller ini pernah juga posting keluhan ke MK ini mengenai iPhone yang tidak kelar selesai dibayarkan ganti ruginya via asuransi tapi akhirnya dibayarkan setelah pihak e-commerce mengetahui komplainnya di MK ini. Coba anda cari artikelnya di MK ini, saya ingat seller ini karena saya langsung cari di Tokopedia mengenai seller ini dan lumayan luar biasa penjualannya bisa 3 ribuan untuk produk harga sebelasan juta Macbook Air.

  • 13 Oktober 2023 - (14:21 WIB)
    Permalink

    Belanja dengan nominal besar memang sangat riskan dan beresiko tinggi , walaupun sudah menambahkan asuransi tetap saja proses klaim dan refun nya membutuhkan waktu yang lama

    1
    1
    • 13 Oktober 2023 - (17:09 WIB)
      Permalink

      Betul, gara-gara banyak cerita gini saya mengurungkan niat beli nominal besar di online lagi, terutama yang jutaan, padahal pgn beli HP.

      (sebagai catatan saya pernah beli laptop di TokPed 6 jt an dan alhamdulillah masih aman, cuman ke depannya saya ga pengen ambil risiko lagi)

      3
      1
  • 13 Oktober 2023 - (16:47 WIB)
    Permalink

    Itu Video di akhir.. yg perempuan bilang “harusnya isinya apa ?” . agak kurang masuk akal kalo g tau kalo itu Ipad.. disitu ada sedikit kejanggalan.. Segaptek gapteknya orang pasti tau itu Box Ipad.
    knp tidak diperlihatkan foto belakang Resi.. ?

    2
    1
    • 13 Oktober 2023 - (19:45 WIB)
      Permalink

      maaf, yang perempuan itu pegawai saya. kalau dibilang tau atau tidak jelas tidak tau, dia ga pernah pegang gituan, umurnya udah kepala 5. gajinya umr.
      Dia liat box ipad aja ga pernah. di kotak ipad jg logonya sangat tipis hampir tidak terlihat kl ga diplototin. skr cuma kotak aja.

      Foto belakang resi yg dimaksud yang gimana ya? saya sudah perlihatkan keseluruhan paket termasuk baliknya pada awal video. coba diperhatikan lagi.

      2
      0
  • 13 Oktober 2023 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Jngn mau beli nomila puluhan juta di online deh! Mendingan langsung ke toko. Lagian tokopedia kenapa sering masalah , mereka tidak bisa memilih kurir yg atau pengiriman yg kita mau. Contoh nih saat beli case hp Tokopedia , tokped merekomendasikan jasa / kurir yg menurut mereka bagus! Tapi itu barang udah di kota saya masih belum di kirim ke rumah! Sampe total 7hari. Selalu emosi belanja di tokped. Kalau tidak mendengar saran dari siapapun siap2 di tinggal pelanggan !

    • 13 Oktober 2023 - (19:47 WIB)
      Permalink

      kemakan promo diskon. tambah lagi saya abis covid ini males ke mall.
      tau2 kena ginian …. bushet deh

  • 13 Oktober 2023 - (18:30 WIB)
    Permalink

    Biang keroknya ya di kurir rekomendasi. Coba track kebelakang sudah beberapa kali kejadian. Di kurir rekomendasi tokped!. Sy mah dimatiin semua kurir rekomen tokpednya, nyelakain pembeli & penjual

    • 13 Oktober 2023 - (19:50 WIB)
      Permalink

      ya saya jg baru tau abis kemaren liat2 di MK banyak bener masalah kurir rekomendasi toped. ngeri2 sedap kl pake kurir PLUS -.-a
      mau dipake serem, mau ga dipake udah bayar langganan… payah dah

  • 13 Oktober 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Oknum kurirnya yg nakal, usahkan klau barang mahal mending beli di satu lokasi dengan penjual agar barang bisa diterima dihari yg sama, tapi kembali lagi sama oknum kurirnya, amanah atau tdk

  • 13 Oktober 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    saya beberapa bulan lalu beli ipad, tp alhamdulillah sampai ke tangan dengan selamat. tips nya mungkin request ke penjual jangan menyertakan nama barangnya

    • 14 Oktober 2023 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Boleh jg idenya, tapi untuk kasus ini agak repot nama tokonya aja NewRizkyAPPLE -.-a
      keliatanya kurir2 nakal sering merhatikan toko yg jual gadget2 yg gampang di “daur ulang” deh.

    • 14 Oktober 2023 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Kemarin beli HP harga 2 jt di box ditulis isi HP, untung aman sampe tujuan. 2 jt aja deg-degan apalagi ini lebih mahal. Wes kurir yang jujur semakin langka sekarang.

      • 14 Oktober 2023 - (21:41 WIB)
        Permalink

        Ini orang yang sering nongkrong di Quora ya kak? Nongkrong di Media Konsumen juga ya kak….

  • 14 Oktober 2023 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Rating penjual tidak menjamin. Misal rating penjual 4,7
    Kadang jika ada celah dilihat penjual, itu dus di isi yang kosong diselipkan, tanpa memperlihatkan isi atau segel asli dengan packingan kepada pembeli secara satu persatu.
    Atau ada pekerja penjual yang tau celah seperti ini, video unboxing penjual melalui CCTV tentang aktivitas begitu (tanpa memperlihatkan isi atau paket secara mendetail: misal seri barcode ini untuk penerima A)

  • 14 Oktober 2023 - (09:40 WIB)
    Permalink

    semoga segera ada solusi Koh.. apa yg sudah dilakukan sudah benar, kejar terus asuransi dan tokpednya, jangan mau ada kata damai, kembalikan uang pembeliannya full…

    • 14 Oktober 2023 - (10:44 WIB)
      Permalink

      Pasti saya kejar terus..
      Enak aja mau lepas tangan… sy udah bayar premi asuransi, bayar produknya jg, bayar biaya applikasi, bayar biaya tokopedia PLUS -.-a

      • 14 Oktober 2023 - (12:25 WIB)
        Permalink

        Lakban rapi, ada segel lakban khusus dan tidak rusak. Buble wrap juga masih press. Dugaan itu manipulasi penjual. Kwkwkwkwkw

        • 14 Oktober 2023 - (15:10 WIB)
          Permalink

          keren kan caranya, tapi kl saya teliti di bagian dalem bublewrap ada bekas sayatan, ada yg robek, bagian luarnya bener2 rapi tapi

          • 15 Oktober 2023 - (07:38 WIB)
            Permalink

            Pentingnya secara: pick up barang ke tempat tidak boleh lagi, karena:
            1. Menghindari kurir pick kenalan penjual atau karyawan penjual yang tau celah seperti begini.
            2. Ini penjual sudah pernah kejadian, masa kurir Ojol wajahnya tidak difotokan penjual?

  • 14 Oktober 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Harusnya proses pengembalian agar uang bisa di balikin dan dilaporkan untuk proses penipuan…

  • 14 Oktober 2023 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Harga penjual turun menjadi 6,2 juta dari 8,3 juta. Harga yang tidak wajar turun 2,1 juta. Kwkwkwkwk

      • 14 Oktober 2023 - (12:23 WIB)
        Permalink

        Dari segel unboxing kayaknya rapi, lakban khusus terlihat sangat rapi dan buble wrappun masih cantik, kelihatan dari penjual ini ada manipulasi.

        • 14 Oktober 2023 - (12:51 WIB)
          Permalink

          Bisa jadi, bisa jadi juga di kurir, yang pasti kasusnya sudah masuk ke tahap asuransi. Asuransi biasanya investigasi untuk memastikan klaim apakah memang terjadi pencurian barang. Yang jadi keluhan TS (otomatis seller juga), proses klaimnya lama banget..

          • 14 Oktober 2023 - (13:06 WIB)
            Permalink

            Biasa itu manipulasi, atau memang sengaja ya ngotot. Itu lakban nya ada lakban khusus dan rapi. Kalau repacking pasti terlihat ambruadul.

          • 14 Oktober 2023 - (13:09 WIB)
            Permalink

            Maksudnya?

          • 14 Oktober 2023 - (13:44 WIB)
            Permalink

            Maksud saya, bisa saja penjual atau karyawan penjual yang melakukan itu. Nah biar jangan tidak ada kategori tindak pidana pada penjual, maka penjual mengatakan kami sudah melakukan packing paket dengan CCTV hanya proses aktivitas mereka, bukan Video satu persatu paket. Harusnya ada video satu persatu paket, masa tidak bisa beli Harddisk ebesar 1 TB buat mengcover video packingan tiap pembeli. Nah karena penjual mengatakan seperti bot, maka penjual. Ahk ribet saya menerangkan. Kaya pepatah lama: penipu mana ada yang jujur, gitu.

          • 14 Oktober 2023 - (14:04 WIB)
            Permalink

            Oh begitu, saya kira anda menuduh saya ngotot dengan pendapat saya. 🙂
            Bisa jadi, seller yang nipu seperti pendapat anda, bisa jadi terjadi pencurian di proses pengiriman. Yang pasti sudah masuk tahap asuransi. Proses selanjutnya, investigasi dari asuransi untuk memastikan apakah terjadi pencurian saat proses pengiriman atau tidak . Keluhan TS, proses asuransinya lama banget…

          • 14 Oktober 2023 - (14:06 WIB)
            Permalink

            oh begitu, thanks bro

          • 15 Oktober 2023 - (07:44 WIB)
            Permalink

            Nah itulah celah yang di lihat penjual, kan ada asuransi. Seharusnya jika penjual memang jujur, mereka bisa follow up atau buat laporan dulu ke polisi, kan ada karyawan yang bisa di suruh buat laporan. Wkkwkwkw

            Itu toko sudah masuk Mediakonsumen: lihat link paling bawah. Masa kurir ojolnya wajahnya tidak di pampangkan penjual atau divideokan penjual.

  • 14 Oktober 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    Jika Admin CS jeli dan membuat aturan bahwa penjual Wajib membuat video pengemasan baik isi dalamnya (jika yang tidak ada segel) dan luar, Jika ada segel resmi, penjual wajib video pengemasan barcode atau imei dan segel tersebut.

    Banyak kejadian begini yang hanya melalui CCTV. Padahal itu bukti rendah jika tidak ada video yang dimaksud di komentar ini.

    • 14 Oktober 2023 - (13:38 WIB)
      Permalink

      sependapat karna yg divideo itu bisa aja fake bkn itu yg dikirim apalagi pkt rapi dgn lakban khusus msh utuh

      • 14 Oktober 2023 - (13:50 WIB)
        Permalink

        Makanya, akalan penjual sekelas barang mahal unit kecil bisa masukkan tas, mereka hanya membawa label “CCTV”. Nah CCTV tidak bisa menjadi bukti kuat. Karena Penjual juga melihat celah Admin Shopee terkesan gaptek tentang hukum. Kalau untuk bukti CCTV haruslah jelas isi paket apa dan apakah nomor seri atau imei dan bukti barang diputar 360° paket yang di kemas.

        Karena ini celah empuk bagi penjual lama yang baru belajar atau sengaja menggelapkan barang, satu dulu sebulan ini. Baru tahun depan gitu.

        Karena itu lakban sangat rapi loh.

  • 14 Oktober 2023 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Bulan maret lalu aq beli apple watch gen 8 harga 7 jutaan waktu itu, di toped, exp nya dapet si cepat, karna ga sabr pgn cepet2 hand on akhirnya aq ambil di agen si cepat terdekat, ternyata sm exp itu di pisah sama paket2 lain dan ada tulisan di paket nya “BARHAL” Barang Mahal 😅 buat bukti aq di mintain KTP dan foto pas nerima paket nya ktnya ini barang mahal 😁 tau aja kl barhal 🤭 masa sekelas ipad bisa di ganti jd pasir jgn2 itu ulah kurirnya tp maaf aq hanya nebak karna liat dr tokonya bagus rating nya. Antara kurir yg dikota pengirim atau kurir yg di kota penerima

    • 15 Oktober 2023 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Nah kan sudah ada kasus sama. Toko sama. Kwkwkwkkwkw fix itu memang penjual seakan-akan seolah olah ……..

    • 15 Oktober 2023 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Seperti yang saya bilang, ada celah di lihat penjual atau karyawan penjual. Celah klaim asuransi. Bintang tidak menjamin perbuatan curang penjual. Bisa saja dilakukan penjual nakal 1 tahun yang lalu. Tidak selalu dimainkan kecurangan karena ketahuan sekali.

      Ibarat: kumpulkan dulu bintang yang banyak dengan harga murah dan aman, habis itu mainkan gaya rusuh atau sabotase pengiriman. Toh juga celahnya dengan sandiwara (sudah kami packing dengan aman melalui CCTV). Nah yang pakai CCTV melulu adalah biasanya penjual nakal untuk sekelas bsrang mewah.

      Masa beli harddisk 1 TB tidak bisa?

    • 15 Oktober 2023 - (07:40 WIB)
      Permalink

      Lucunya, penjual tidak memvideokan kurir Ojolnya. Wkwkkw main cantik ini penjual, mainkan rating bagus dulu, baru sekali-kali main sabotase dulu, setelah itu tahun depan dilakukan lagi. Wkwkkw lihat aja pasti ada kasus yang sama di toko yang sama. Kwkwkw

  • 17 Oktober 2023 - (02:42 WIB)
    Permalink

    Update terakhir Penggantian asuransi sudah dilakukan setelah 1,5 BULAN dari pengajuan, tanggal 16/10/2023 ga lama setelah artikel ini naik ke MK (3 hari setelah artikel terbit)
    kepada pembaca lain yang terkena masalah seperti ini NAIKKAN KE MEDIA KONSUMEN, NAIKKAN KE SUARA PEMBACA, semua media yg bisa anda hubungi, VIRALKAN!
    Tokopedia ini kaya polisi, GA VIRAL GA DIPROSES!

    sekian dari saya – Terimakasih atas dukungan pembaca2 lain

      • 17 Oktober 2023 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Balik ke kartu kredit sih, kan bayarnya pake KK.
        =================================
        Hai Toppers,
        Tanya (Virtual Assistant) siap membantu Anda.

        Terima kasih atas kesediaan kedua pihak untuk menunggu. Saat ini kami sudah mendapat info dari pihak Asuransi, untuk itu kami akan tutup kendala ini.

        Kepada Pembeli, pergantian dana klaim ke pembeli senilai yang pembeli bayarkan yaitu Rp 8.375.000 akan diproses dengan estimasi waktu maksimal 14 hari kerja setelah kendala di Pusat Resolusi tertutup. Pembeli bisa menunggu terlebih dahulu dan cek berkala pada limit kredit Anda.

        Kepada Penjual, dana atas transaksi akan kami teruskan ke Saldo Penghasilan Penjual.
        Semoga info dari Tanya membantu 🙂

          • 18 Oktober 2023 - (10:48 WIB)
            Permalink

            ya 3 minggu sendiri itu. paling ga udah ada kejelasan lah.
            ASUransi emang kaya gini kok

 Apa Komentar Anda mengenai klaim asuransi di Tokopedia?

Ada 66 komentar sampai saat ini..

Paket iPad Isinya Ditukar Kantong Pasir, Proses Klaim Asuransi Sangat …

oleh SS dibaca dalam: 1 menit
66