Kesukaan JNE Yes Bermain Bola Pingpong Soal Klaim Ongkir

Selamat siang, jika surat ini terbit sore hari. Selamat pagi, jika surat ini terbit pagi hari. Selamat malam, jika surat ini terbit malam hari.

Salam semangka!

Pada tanggal 9 Oktober 2023, saya menyuruh anggota saya mengirimkan dokumen saya ke Jakarta dari Medan. Sebelumnya, saya sudah menyuruh memakai TIKI reguler saja, mengingat TIKI lebih cepat untuk reguler daripada yang lain, dan TIKI lebih aman dalam pengiriman karena pengiriman barang apapun, TIKI periksa di tempat apa isi paket.

Saya sudah menyuruh pakai TIKI Reguler saja. Namun anggota saya tidak mendengar apa yang saya katakan. Alhasil, paket dokumen dipakai JNE YES dengan harga untuk 2 kg adalah Rp 108.000,00. Nomor resi 0450602300355904.

Dimana saya mengirimkan transfer uang ongkos kirim ke anggota saya tersebut sebesar ongkos kirim JNE Yes seberat 2 kg, yaitu Rp 108.000,00. Paket diterima Agen JNE pukul 17.27 WIB tanggal 9 Oktober 2023.

Pada tanggal 10 Oktober 2023 pukul 18.30 WIB, saya menghubungi JNE via Messenger FB karena status paket masih di Medan. Namun pada pukul 18.53 WIB pada tanggal 10 Oktober 2023, status sudah berubah menjadi Departed from transit (Gateway, Jakarta).

CS JNE mengatakan, paket ditunggu sampai malam hari pukul 23:59 WIB pada tanggal 10 Oktober 2023. Namun pada tanggal 11 Oktober 2023 pukul 15.51 WIB, paket sudah diterima. Dapat dipahami, pada saat saya menanyakan melalui Messenger FB, Apa klaim YES gagal dapat diklaim? Pihak Admin mengatakan sampai pukul 23:59 tanggal 10 Oktober 2023 berakhir dulu (foto terlampir).

Nah, saya mengajukan klaim ongkir YES, mereka arahkan pengajuan melalui email dengan mengirimkan data nomor rekening. Nah, mereka berkelit bahwa harus ada surat kuasa bermaterai Rp 10.000,00. Padahal sudah saya katakan itu pengirim anggota saya, dan saya pula yang membayar ongkirnya.

Yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Jika klaim ongkir YES tidak memenuhi persyaratan, maka haruslah CS JNE mengatakan dan menerangkan pada ketentuan dan syarat yang berlaku.
  2. Ini pengiriman ibarat membeli barang di Marketplace, ongkir saya yang tanggung bayar, masa harus pengirim yang mengajukan klaim?
  3. Sudah seharusnya CS JNE memperjelas klaim ini, apa ditolak atau tidak.
  4. Jika memang JNE mau anggota saya yang menerima, silakan desak secara intens.
  5. Jika tidak mau JNE, verifikasi JNE sendiri kepada anggota saya yang membayarkan, apa bersedia pengirim (anggota saya) ongkirnya ditransfer kepada pemilik rekening penerima?
  6. Perlu diketahui, saya memiliki banyak anggota.

Salam hangat.

Jakob Situmeang
Kota Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Kesukaan JNE Yes Bermain Bola Pingpong Soal Klaim Ongkir

  • 18 Oktober 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Lha itu kirimnya sdh sore, normalnya sampainya lusa. Normalnya petugas yg menerima paket memberitahu paling cepat sampainya lusa. Cuma banyak petugas yg tdk tahu menahu atau pura2 tdk tau dan menjelaskannya.

    2
    2
    • 18 Oktober 2023 - (19:56 WIB)
      Permalink

      Nah itu, saya cari-cari ketentuan hitungan Jam. Untuk JNE YES mereka. Cuma perbandingannya Yes mereka dengan TIKI, jika paket sore diserahkan, maka paket nya besok pagi subuh sudah di sortir Jakarta.

      Nah, saya bingung dan masih penasaran dengan klaim ongkir JNE YES mereka. Hitungan jam operasionalnya tidak diberitahukan bagaimana.

      14
  • 18 Oktober 2023 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Baru tau kalo JNE YES bs kirim jam segitu. Biasanya kalo udh sore pasti dianggap kirim bsk ya jadi gak mungkin besoknya nyampe 😅

    2
    2
    • 18 Oktober 2023 - (20:00 WIB)
      Permalink

      0450602300316906 ini kemarin dipaksa YES juga sama si anggota saya, sorenya diserahkan ke agen, besok sorenya sampai di depok.

      12
  • 18 Oktober 2023 - (19:07 WIB)
    Permalink

    jne yes sekarang udah kek gatcha, kadang benar diterima keesokan harinya, kadang baru sampai 2 hari. tiap kali, saya perhatiin pengiriman yes. dari jkt ke jkt doang yang jarang miss. kalo ke luar daerah dari jkt, dari 5x percobaan kirim yes : 1x paket diterima sore, 2x diterima diatas jam 9 malam keesokan harinya. sisanya 2x mundur jadi 2 hari.

    • 18 Oktober 2023 - (19:36 WIB)
      Permalink

      Usahakan kl kirim pakai jne yes, kl kirim di cabang max jam 11, di agen max jam 9-10. Itu pengalaman saya, hasilnya hampir semua tepat waktu.

      2
      2
    • 18 Oktober 2023 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Emang kayak random. Cuma kan ada event mereka bisa klaim ongkir YES.

      Yes tapi Reguler. Ya makanya saya cari ketentuan mereka tentang klaim ongkir Yes. Setidaknya mereka terang-terangan dong, mengatakan ongkir Yes tidak dapat diklaim.

      Cuma syarat dan ketentuan berlaku klaim ongkir YES, saya cari tidak ketemu. Biar saya lihat juga syarat dan ketentuan itu.

      1
      13
  • 19 Oktober 2023 - (11:54 WIB)
    Permalink

    dari dulu kalau mau pengiriman Next Day dari ekspedisi manapun selalu ada jam maksimal agar bisa diproses hari itu sih. kalau JNE normalnya jam 15.00 / 17.00 itu terakhir terima dan input resi agar bisa diproses hari itu (jam tergantung masing2 gerai). seharusnya ditanyakan dahulu masih bisa pakai YES atau tidak. karena jam segitu itu biasanya sudah tidak bisa ikut YES. ya pasti ikut hari besoknya yang di mana lusa baru sampai. jadi sudah betul anda kirim tanggal 9 sore menjelang malam, diproses tanggal 10, sampai tanggal 11. beda cerita jika anda masukkan ke JNE jam 12 siang / 14 siang. besar kemungkinan sampai tanggal 10. Dan tegurlah anggota anda yang mengirimkan itu, karena tidak sesuai ekspedisi keinginan anda jadinya bikin masalah. karena jam 18.00 buat apa pakai YES yang sudah kemungkinan besar baru bisa di proses besoknya, biaya lebih tinggi juga

    2
    1
    • 19 Oktober 2023 - (13:15 WIB)
      Permalink

      Beda jauh dengan TIKI, J&T yang kalau malam masih ada jam operasional mengikuti jam operasional pesawat. Emang JNE jam operasional yang paling lama jam 18:00 WIB?

      • 19 Oktober 2023 - (22:06 WIB)
        Permalink

        Dikasih tau orang kok ngeyel ya, setauku jne yes itu ada 2, ada yg yes biasa yg bisa sampai esok hari, itu kalau kirim sebelum jam 4 ke jakarta, ke jakarta ya bukan ke depok, karena depok udah beda Kabupaten, dan 1 lagi jne yes* yg estimasinya 1-2 hari dan diinput lewat jam 4 sore. Seharusnya pengirim dan si admin aktif nanyain berapa hari sampek dan admin juga harus bisa jelasin berapa hari sampek, tapi menurutku itu paketmu gak bisa diklaim karena masih sesuai estimasi yg ditetapkan karena udah lewat jam 4 sore, kalau memang si admin gakada menjelaskan estimasinya, berarti yg bertanggung jawab si admin jne nya tapi kalau memang sudah ada dijelaskan admin ke anggotamu tapi dia tidak menjelaskan samamu berarti anggota mu yg salah, jadi lebih bagus tanya ke anggota mu dan admin tempat kau ngirim paket, gak usah ngeyel deh, lebay kali 🤣 padahal komen semua diatas udah mewakili tapi ada aja jawaban mu yg aneh aneh, bagus kau tanya anggotamu dan admin jne nya

        • 20 Oktober 2023 - (10:15 WIB)
          Permalink

          Depok itu kota bukan Kabupaten. Di sini koping kau ngomong.

          Gini, waktu itu sehari ada 24 Jam. Jika jam operasional jam 6 Sore, maka malam hari tidak ada paket lain yang sedang proses sortir untuk besok pagi? Memang tidak ada pekerja shift malam? Tiap Kurir Expedisi akan melakukan sortie pada malam hari bukan pagi hari.

          Biar kamu jangan kopong, kan sudah dibilang, syarat dan ketentuan mereka tidak ada sama sekali. Kamu menulis syarat dan ketentuan yang berlaku jalan pakai bahasa isyarat, kan kamu bukan bisu dan bukan tidak pandai membaca.

  • 19 Oktober 2023 - (23:16 WIB)
    Permalink

    Kalau dari kejadian tsb kayanya kurang komunikasi dari pihak karyawannya & CS JNE. Soalnya sebelum pengiriman pasti dikasih tau estimasi sampai kalo dikasih tau yg salah karyawan yg kirim paketnya tapi ga mau lapor sama bapak.

    • 20 Oktober 2023 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Itu saya cari ketentuan dan syarat mereka tidak ketemu-ketemu. Berarti JNE YES melakukan penipuan doang jika tidak ada syarat dan ketentuan jam yang diterapkan. Kan itu yang dikejar.

  • 20 Oktober 2023 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Bener banget kata si Alfa, coba tanya staffnya. Aneh sich maksa kirim yes sore pula lagi. Depok mah bukan Jakarta dia masuk provinsi Jawa barat tapi bagian dari Jabodetabek.

  • 20 Oktober 2023 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Wkwkwkkw nih masukan sama Jne, kalau sudah sore hari harusnya pada aplikasi mereka harus diclose atau tidak tersedia.

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Kesukaan JNE Yes Bermain Bola Pingpong Soal Klaim Ongkir

oleh Jack dibaca dalam: 1 menit
18