Jasa Pengiriman JNE Semakin Parah dan Tidak Menghargai Konsumen

Saya mengirimkan 3 paket melalui JNE. 1 paket menggunakan JNE YES, dengan nomor resi: 0347412301295027, pengiriman dari kota Surabaya menuju Jakarta. Pengiriman ini terlambat, sehingga customer saya komplain dan meminta uang pengirimannya dikembalikan.

Saya pun sudah menghubungi pihak JNE sejak dari tanggal 17 Desember 2023 dan juga sudah mengisi formulir dengan menyediakan data-data yang diminta untuk proses refund ongkos kirim tersebut. Akan tetapi sampai surat pembaca ini dimuat, masih belum juga ada pergantian dari pihak JNE. Ketika saya menelepon menanyakan masalah ini, mereka hanya menjawab masih sedang diproses saja.

Pengiriman kedua menggunakan JNE regular dari Shopee, dengan nomor resi CM28524161622. Pengiriman dari kota Surabaya menuju kabupaten Bekasi (Jawa Barat). Barang dikirimkan dari tanggal 13 Desember 2023, akan tetapi sampai surat ini saya kirim, masih juga belum sampai (sudah 8 hari lebih). Ketika saya menghubungi pihak JNE untuk menanyakan masalah ini, mereka hanya menjawab dibuatkan laporan dan disuruh menunggu 7 hari kerja. Wah sungguh luar biasa ya jasa pengiriman JNE ini.

Pengiriman ketiga ini yang menurut saya sangat parah si JNE ini. Pengiriman dari Shopee, dengan nomor resi: CM08727745653. Barang dikirimkan dari tanggal 13 Desember 2023, dari kota Surabaya menuju Jakarta Barat. Pada tanggal 17 Desember 2023, saya menelepon call center JNE untuk menanyakan perihal paket saya ini. Mereka pun menjawab paket sedang dalam proses penjadwalan untuk pengantaran.

Betul keesokan harinya (tanggal 18 Desember 2023 barang tersebut diantar ke tujuan, bisa dilihat di screenshot yang saya lampirkan). Akan tetapi sepertinya kurir JNE mengantar barang tersebut terlalu malam, sehingga kantor penerima sudah tutup. Lalu pada tanggal 19 Desember 2023, saya pun menelepon pihak JNE lagi untuk memberitahu bahwa tolong paket tersebut dikirimkan pada waktu jam kantor dan hari kerja, Senin sampai Jumat, pukul 08.00 sampai dengan 17.00. Mereka pun menjawab akan diteruskan kepada pihak operasional.

Tanggal 20 Desember 2023, saya melihat paket tidak kunjung juga diantarkan. Lalu saya pun menelepon kembali pihak JNE, dan alangkah terkejutnya saya, bahwa mereka mengatakan paket tersebut dinyatakan hilang. Bagaimana bisa dinyatakan hilang? Padahal tanggal 18 Desember 2023, paket tersebut gagal dikirimkan dan seharusnya paket tersebut kembali ke gudang JNE. Paket saya ini hilang atau sengaja dihilangkan oleh pihak JNE?

Saya minta pertanggung jawaban pihak JNE untuk 3 paket bermasalah tersebut. Saya kapok menggunakan jasa pengiriman JNE lagi. Untuk teman-teman yang tidak mau bernasib seperti saya, bisa dihindari jasa pengiriman JNE ini.

Anggi Pratama
Gunungkidul, Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Jasa Pengiriman JNE Semakin Parah dan Tidak Menghargai Konsumen

  • 23 Desember 2023 - (10:54 WIB)
    Permalink

    Aku bantul mas, biasa pakai jne, jnt dan spx, aman, normal lancar, baik sebagai seller maupun buyer. Nah masnya kan sudah pindah ke gunung kidul, jogja nih, nah bisa dicoba kirim dr jogja. 😀

    1
    15
  • 23 Desember 2023 - (18:57 WIB)
    Permalink

    saya juga berkali-kali kecewa sama JNE. lambat, tidak profesional. terakhir itu sampai gagal kirim 2x dan kurirnya sama sekali tidak mau menghubungi saya. akhirnya saya ngomel2 ke customer servicenya JNE sampai banting telpon. saya sekarang menghindari sekali pakai JNE.

    1
    8
  • 24 Desember 2023 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Jd gw awal jualan di shope th 2019 an..nah wktu itu ad yg beli lwt jne.. parahnya bapak jne ny g mau nerima..krn pembayaran udh di shope g cash..
    Lah dipikir ini manual kali apa.gmn..smpe akhirnya saya maksa..krn mnrtku y bner sesuai SOP..

    Sejak itulah akhir dr kerja sama dg JNE di toko online saya..

    1
    4
  • 24 Desember 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Saya pernah sekali bermasalah dg JNE, barang hilang entah kemana, nggak saya urus karena pastinya akan berbelit-belit, untungnya nilai paket hanya seratus sekian ribu. Saya seringnya pake J&T untuk jarak dekat, kalau jarak jauh saya pake siCepat. Alternatif lain ShopeeXpress. Sebagai catatan, selama beberapa tahun, dan ratusan paket, saya hanya punya 3 masalah dg ekspedisi, yg 2 selesai dg baik, tapi yg satu tidak terselesaikan.

    1
    7
  • 24 Desember 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Ga ada masalah JNE selama ini sya kiriman ny, sampe aman, no trouble, fine2 aja,idup lu kurang sedekah kali cil
    Kadang ada masalah ga pernah koreksi diri, nyalahin orng laen

    5
    15
    • 25 Desember 2023 - (03:27 WIB)
      Permalink

      Dasar kodok zuma wkwkw , gue ketawa kalo lu ngerasain juga gimana bobrok nya jne. udah banyak cuy yg komplain tentang jne.

      1
      3
  • 25 Desember 2023 - (09:54 WIB)
    Permalink

    wah ini seller nya kurang paham aturan nya ..JNE YES itu kalau paket diinputnya setelah jam 7 mlm(batas maksimal),maka dipusatnya akan dijalankan di hari berikutnya..kalau soal paket hilang biasanya seller packing paket asal2an yg menyebabkan paket pecah..kurir biasa nya lebih memilih opsi melaporkan paket hilang drpd rusak..sy selama jualan Jne paling apik pengirimannya..klo JNT paket retur malah gk dibalikkan ke seller,ditilep sama pegawai jntnya(ini yg sering sy alami di cabang jnt sy mengantar)

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Jasa Pengiriman JNE Semakin Parah dan Tidak Menghargai Konsumen

oleh Anggi dibaca dalam: 2 menit
15