Bank BTPN Mempersulit Penutupan Kartu Kredit Jenius

Pada akhir Desember 2023, saya menghubungi Jenius Help via 1500365, untuk melakukan penutupan kartu kredit Jenius milik saya, dikarenakan saya tidak memerlukannya lagi. Nomor kartu: 4378 **** **** 1762 dan nomor rekening Jenius saya 9002129**86. Saya diinformasikan untuk melakukan pembayaran tagihan jatuh tempo dan nominal pemakaian berjalan, agar dapat dilakukan proses penutupan.

Pada hari ini tanggal 4 Januari 2024, saya menghubungi Jenius kembali via hotline dan dilayani oleh petugas CS bernama Bapak Ok**. Diinformasikan bahwa setelah dilakukan pengecekan, pihak Bank BTPN tidak dapat memproses penutupan kartu saya. Walaupun tagihan sudah dibayar lunas komplit semuanya, tetapi dia beralasan bahwa masih akan dikenakan biaya meterai sebesar Rp10 ribu.

Tagihan meterai ini baru akan muncul pada tagihan berikutnya (yang akan jatuh tempo pada tanggal 26 atau 27 Januari ini), beserta iuran tahunan otomatis perpanjangan sebesar Rp500 ribu. Tentu saja saya keberatan, karena di bank lain (seperti Bank BNI berdasarkan pengalaman saya sebelumnya), apabila semua tagihan sudah lunas maka nasabah umumnya dapat langsung mengajukan penutupan kartu kredit. Akhirnya CS a.n. Bapak O*** bersedia melakukan eskalasi untuk menunggu nomor laporan penutupan kartu kreditnya. Namun di tengah percakapan, telepon terputus secara teknis.

Saya menghubungi kembali beberapa menit kemudian, dan dilayani oleh Ibu A**. Kali ini CS menjawab bahwa Bank BTPN tidak dapat memproses, karena ada pemakaian kartu kredit pada bulan Januari di merchant Blue Bird sebesar Rp10 ribu. Hal itu saya bantah, bahwa tidak ada sama sekali pemakaian di Januari 2024 ini, karena itu hanya transaksi Authorization Only (hanya untuk verifikasi apabila meng-input kartu kredit pada aplikasi taksi tersebut). Lalu setelah melakukan pengecekan (setelah eskalasi), CS mengatakan bahwa saat ini belum dapat melakukan penutupan, dengan alasan nominal limit kartu kredit tersebut ada ketidaksesuaian dan memerlukan waktu untuk diproses ekstra lagi.

Saya sungguh kecewa dan berkata “Wah kalau Bank BTPN seperti ini, saya ingin merencanakan menutup seluruh akun rekening Jenius saya saja. Karena nampaknya nasabah dihalang-halangi untuk melakukan penutupan kartu kredit Jenius”. Hingga saat ini saya belum memperoleh nomor laporan penutupan kartu kredit yang diperlukan.

Mohon dilakukan penutupan kartu kredit Jenius sesegera mungkin, tanpa alasan tetek bengek lainnya, dan berikan nomor laporan tersebut. Terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Fredy Harianto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Bank BTPN Mempersulit Penutupan Kartu Kredit Jenius”

Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Bapak Tjoa Fredy Harianto berjudul “Bank BTPN Mempersulit Penutupan Kartu Kredit Jenius” yang dimuat...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Bank BTPN Mempersulit Penutupan Kartu Kredit Jenius

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Jenius?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Bank BTPN Mempersulit Penutupan Kartu Kredit Jenius

oleh fredy haryanto dibaca dalam: 1 menit
7