Transaksi Fraud Kartu Kredit BRI di Merchant Apple.com Sampai 3 Kali

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan keluhan saya. Saya pengguna kartu kredit BRI Tokopedia Card, dengan nomor: 4359 **** **** 7604. Saya tidak tahu apakah hanya saya yang mengalami transaksi hantu di Apple.com atau ada orang lain juga mengalami hal seperti saya.

Saya heran sekali, ketika tiba-tiba ada notifikasi transaksi di Apple.com sebanyak 3 kali tanpa ada permintaan OTP atau apalah itu. Yang berujung saya harus telepon call center untuk blokir kartu dan mengajukan penggantian kartu baru dengan biaya cetak 50 ribu rupiah. Lantas, saya harus tetap membayar tagihan yang tidak saya lakukan atau mengajukan sanggahan transaksi, dengan biaya 25 ribu rupiah untuk investigasi.

Bagaimana sih sistemnya? Kartu saya simpan sendiri. Saya bukan pengguna iPhone, apalagi berlangganan produk Apple. Saya juga tidak pernah klik tautan apapun, telepon, atau WhatsApp dari orang yang tidak saya kenal. Terus saya disuruh bayar… What!? Golek duit kok gampange mengkono.

Saifuddin Zuhri
Kudus, Jawa Tengah


Update (16 Januari 2024): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Transaksi Fraud Kartu Kredit BRI di Merchant Apple.com Sampai 3 Kali”

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Transaksi Fraud Kartu Kredit BRI di Merchant Apple.com Sampai 3 Kali

  • 10 Januari 2024 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Seharusnya sih transaksi online bisa terjadi yaa kalo tau data-data kartu kreditnya, coba pastikan datanya cuma yg punya kartu yg tau, kalo emang gak ngerasa trx yaa solusinya ajukan aja sanggahan transaksi

    1
    3
  • 10 Januari 2024 - (08:56 WIB)
    Permalink

    wkwkwk ampas emang, gampang bener kartu bank ini dijebol njir, baru jg akhir thn kmaren ada keluhan, lah kejadian lagi, wkwkwk..

  • 10 Januari 2024 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Namanya jg di bobol, itu artinya transaksi bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Jadi tidak usah bingung kenapa bisa dibobol padahal tidak punya Apple product. Bisa baca itu pembobolan Citibank/UOB yang lokasinya di Mexico, padahal pemilik kartu lagi di Indonesia. Hal pertama yang harus dilakukan itu adalah langsung minta pemblokiran kartu, supaya upaya pembobolan tidak terus-terusan sampai menguras limit, lalu minta CS bank untuk mengirimkan form sanggahan transaksi.
    Dulu jg aku pernah mengalami kejadian pembobolan kartu OCBC yang aku terima, sebesar 0 rupiah, langsung aku call CS bertanya itu transaksi apa. Dan CS menyarankan untuk keamanan kartu langsung di blok dan dikirimkan kartu baru. Seharusnya itu yang TS lakukan segera ketika ada transaksi 0 rupiah, minta pemblokiran kartu, karena biasanya yang bobol kartu itu akan iseng transaksi awal dulu, dikala yang 0 rupiah berhasil, maka dia akan berondong terus dgn transaksi berikutnya yang nominal nya ga kira-kira sampai limitnya habis.

    • 10 Januari 2024 - (12:43 WIB)
      Permalink

      Saya pernah kejadian juga. Sama dibobol oleh apple.com nominal 6jutaan kalo ga salah. Solusinya tinggal hubungi call center, nanti di suruh isi form penyanggahan transaksi dan kirim via email ke BRI. Sekitar 7-14 hari nanti di proses refund oleh BRI kalo emang kita bener ga melakukan transaksi

 Apa Komentar Anda mengenai Keamanan kartu kredit BRI?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Transaksi Fraud Kartu Kredit BRI di Merchant Apple.com Sampai 3 Kali

oleh Saifuddin Zuhri dibaca dalam: 1 menit
6