Garansi Hangus karena “Policy” Aneh Samsung

Smartwatch Samsung Galaxy Watch 5 saya bawa ke service center, akibat layar terkelupas sehingga terbuka lepas dari bodi jam. Smartwatch masih dalam masa garansi sampai April 2024. Tiba-tiba saya dikontak oleh pihak teknisi, bahwa ada cairan masuk dalam smartwatch dan secara SOP maka garansi hangus. Aneh!

Saya membeli smartwatch Galaxy 5, karena jam tersebut mempunyai rating IP68, artinya bisa dibawa berenang di kolam renang. Artinya, digaransi bahwa jam tidak bermasalah dan air tidak akan masuk ke dalam jam karena IP68. Saya membeli garansi jaminan Samsung. Kok sekarang masih dalam masa garansi karena ada cairan masuk ke dalam, secara SOP batal garansi. Maksudnya apa ini, Samsung?

Ini jawaban dari CS ketika saya komplain:

Secara umum, kami menyarankan untuk tidak memasukkan perangkat ke air yang bergelombang, seperti gelombang laut atau air terjun, kolam renang, air mengalir dari keran. Mengenai solusi dari unitnya sesuai yang diinformasikan oleh pihak teknisi.

Di halaman produk, sertifikasinya IP68 bisa dipakai berenang di kolam renang. Ini pemikiran saya, Samsung mau lepas tangan. Halaman produknya berisi informasi yang tidak tepat. Apa gunanya ada pilihan olahraga pool swimming, jika disarankan tidak dipakai? Terus, tidak boleh dipakai ketika cuci tangan. Apa gunanya sertifikasi IP68 itu?

Dalam website resmi Samsung sendiri https://www.samsung.com/ph/support/mobile-devices/galaxy-watch-water-resistance/, tertulis sebagai berikut: Galaxy Watch3, Watch4, Watch5, Watch Active, Watch Active2, dan Galaxy Fit, Fit2, serta Fit E models are water and dust resistant according to IP6X dust resistance, IPX8 water resistance, and 5ATM water resistance ratings. They can be used in situations when exposed to water or sweat during daily life (exposure to sweat generated during exercise, hand washing, rainy, dll.). They can also be used in swimming pools or in shallow water.

Bagaimana tanggung jawab Samsung?

Sujatmiko
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Garansi Hangus karena “Policy” Aneh Samsung

  • 13 Januari 2024 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Promosi gede2an, giliran ngeklaim asuransi ngeles. Payah lah Samsung Indonesia.

    Jadi mikir beli Samsung AI yg 18 Jan mau launching.

    5
    2
    • 15 Januari 2024 - (03:28 WIB)
      Permalink

      Beberapa hari lalu saya jg baru membeli hp samsung A05S dgn garansi yg saya bayarkan yg paling mahal yg info garansinya bakal memgcover selama 1thn untuk software lcd mesin dll bahkan bisa ganti unit klo memang harus, dan ketika hari kedua pemakaian hp saya panas terus ada info jg dlm charging jd tidak bisa, smp akhirnya saya complaint ke toko tempat saya membeli hp, karna saya takut software hp saya yg rusak, tanpa ada win2 solution pihak toko angkat tangan malah nyuruh saya langsung ke samsung center saja, tanpa ada nya pendampingan dll.
      Sungguh jawaban mengecewakan.

    • 15 Januari 2024 - (04:14 WIB)
      Permalink

      Kecewa sama Samsung, ganti aja ke Huawei Watch GT4 atau Xiaomi Watch 2 Pro Android Wear Snapdragon, Samsung Produk Overprice Overrated

      1
      1
      • 15 Januari 2024 - (17:49 WIB)
        Permalink

        Bener bro, aq pengguna Huawei GT 2e, dibuat renang ok2 saja, umur sdh hampir 3 thn gaess

  • 13 Januari 2024 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Koq bisa sampe copot itu lho apain bro? Jatuh? Kepentok? Krn ga mungkin copot kalo cuma buat renang.

  • 13 Januari 2024 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Parah nih samsung, yang namanya smartwatch ya untuk olahraga gak masalah. Buat apa punya banyak fitur olahraga yang kadang selalu bersentuhan dengan cairan tapi kalau unitnya bermasalah selalu dipersulit soal garansi. Saya pakai hape samsung yg punya rating ip67 saja gak masalah waktu kecemplung air, naah ini ip68 yang lebih tinggi kok malah kemasukan air

    2
    1
  • 13 Januari 2024 - (12:48 WIB)
    Permalink

    Semua alat elektronik yang anti air pasti tidak ada garansi kerusakan karena cairannya. Ini berlaku di semua brand, tidak hanya di Samsung saja.

    3
    3
  • 13 Januari 2024 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Saya ngk bela samsung tapi anda overconvident kayaknya, Bukannya walau sdh ip68 begitu tetap ngk disarankan berenang, kadang cuman gimmick dsb. Di artikel yg saya baca “Dengan rating IP68, Anda dapat merendam jam tangan hingga 30 menit di kedalaman 1,5 meter. Samsung tidak secara spesifik mengatakan Anda bisa berenang dengan jam tangan – kami juga tidak menyarankannya – tetapi perusahaan menawarkan beberapa latihan berenang khusus untuk Galaxy Watch 5 dan 5 Pro” jadi kayak sertifikat IP68 ini tahan air tapi cuman celup aja bukan renang, alatnya diam, karna kita ngak tau gerakan manufer saat renang.

    4
    3
    • 13 Januari 2024 - (15:16 WIB)
      Permalink

      They can be used in situations when exposed to water or sweat during daily life (exposure to sweat generated during exercise, hand washing, rainy, etc.). They can also be used in swimming pools or in shallow water.

      Itu dr website resmi samsung. Plus di pilihan olahraganya juga ada pool swimming.

      3
      3
      • 14 Januari 2024 - (04:30 WIB)
        Permalink

        Ingat ini bahasa iklan sesuatu yg bisa buat rancu dan dilebih2kan, coba anda translate, They can also be used in swimming pools : dapat di gunakan di kolam renang tapi bukan berarti bisa di pakai renang. Kalau bisa di pakai renang akan dibilan can be used for swimming. ….when exposed to water or sweat during daily life kira2 kan artinya hanya kena cipratan2 air dan keringat bukan berarti ada hujan deras bisa tadah hujannya di tangan yg ada jam.

        5
        1
  • 13 Januari 2024 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Intinya samsung mau lepas tangan aja…kl tdk ada garansi utk alat yg kemasukan air,ngga usah tulis ip 68 atau embel2 lain yg bilang tahan air dsb nya.krn sebagian konsumen tertarik membeli produk krn diklaim ip 68 alias tahan air,tp giliran rusak krn kena/kemasukan air malah ditolak garansinya…aneh tp nyata

    2
    1
    • 13 Januari 2024 - (16:32 WIB)
      Permalink

      Betul itu. Harganya kan juga lrbih mahal karena ip68 dan 5atm. Kalau ngga bisa dibuat olahraga buat apa beli jam dengan tujuan untuk tracking workout. Bahkan kata CSnya bahkan cuci tangan dan jam dipakai pun tidak disarankan???

      Btw akhirnya sudah sepakat. Pertama diminta membayar 50% dr biaya sparepart yaitu 2.75jt. Saya tidak mau makanya akhirnya saya setuju hanya mau bayar 500K saja. Mereka akhirnya setuju. Tp masih tetap aneh sih karena masih masa garansi harus bayar. Ya sudah drpd kelamaan.

    • 15 Januari 2024 - (09:13 WIB)
      Permalink

      saya juga pernah mengalami padahal masih masa garansi mana disuruh byr 3jt dari service center samsung buat ganti mesin karena kemasukan air padahal standart ip68 cuma di pakai 6 bulan saja gara gara cuci tangan. jadi gk mau lagi smartwatch samsung, lebih ke huawei

    • 14 Januari 2024 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Beda waterproof dan water resistant.. Jangan pedoman pakai hasil translate..
      Waterproof: Proteksi tingkat tinggi, air tidak dapat menembus, sepenuhnya kedap air. Water Resistant: Proteksi tingkat rendah, dapat menahan air namun tidak menjamin akan bertahan lama.

  • 13 Januari 2024 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Sesuai pengakuan TS, dimungkinkan sekali air bisa masuk sesaat setelah layar terkelupas dan terlepas dari body jam, misalnya terbentur saat berenang. Teknisi Samsung sepatutnya memberi bukti jika unit kemasukan air, misalnya lapisan penutup baut yang berubah warna.

    Klausul garansi selalu saja ada area abu-abu, tetapi belum ada jaminan garansi untuk unit elektronik kemasukan air sekalipun punya sertifikasi anti-air standar militer. Ini cuma masalah adu argumentasi antara TS dan teknisi Samsung. Tinggal pihak mana yang argumentasinya paling kuat.

  • 13 Januari 2024 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Ip68 itu tahan air contoh pas hujan, tidak untuk di bawa berenang🏊, itu bukan anti air, beda antara anti air dan tahan air

    2
    2
    • 14 Januari 2024 - (16:30 WIB)
      Permalink

      Jam tangan galaxy watch 5 selain ip68 juga waterproof 5 atm, artinya tahan tekanan air sampai kedalaman 50 m. Kalau dipakai berenang di kolam renang, tekanan air tidak akan sampai 5 atm apalagi kalau cuci tangan.

      Diambil dari website samsung.com yg Indonesia…. Jadi resmi terjemahan Indonesia dari Samsung

      Berapa level ketahanan air yang dimiliki Galaxy Watch/Fit saya?
      Model Galaxy Watch3, Watch4, Watch5, Watch Active, Watch Active2 dan Galaxy Fit, Fit2 dan Fit E tahan air dan debu sesuai dengan ketahanan debu IP6X, ketahanan air IPX8 dan penilaian ketahanan air 5ATM.

      Mereka dapat digunakan pada situasi-situasi saat terkena air atau keringat selama kehidupan sehari-hari (terkena keringat yang dihasilkan saat berolahraga, MENCUCI TANGAN, hujan, dll.). Mereka juga dapat digunakan di KOLAM RENANG atau perairan dangkal.

      1
      1
  • 13 Januari 2024 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Pengalaman pakai jam eiger.jgnkan berenang dikolam renang.air laut pun gak masalah
    Bahkan berenang sampe berjam-jam
    Eiger harga masih dibawah 1 jtaan aj tahan air.ni smart wacth harga 3+
    Kacau ni samsung
    Menang nama doang

    1
    2
  • 14 Januari 2024 - (04:24 WIB)
    Permalink

    Namanya elektronik tidak ada namanya garansi anti air 😅 itu sudah masuk dalam kelalaian penguna sama hal seri flagship samsung s23 seriesss ada ip68 saat baca ketentuanya ip68 hanya di 30 menit dan 1,5 meter kita asumsikan user datang ke SC lalu komplain apa SC samsung tau kamu renang atau ngapaen aja kan ndk apa lagi sampai segitunya wachny intinya ANDA SALAH DAN KOMPLAIN SEPISAHAK anda tipikal orang yang kalo anak nya bodoh nyalahin gurunya 🤣

  • 14 Januari 2024 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Sangat disayangkan dengan ketidak jelasan aturan Garansi dari pihak samsung sendiri, apabila unit tidak mengalami benturan seharusnya seal anti air masih terjaga, dan layar tidak terkelupas, saya sendiri pengguna Galaxy Watch dan G.watch 5, sadar akan kerusakan G.watch pertama saya yg notabene di bawa ke SSC tidak dapat diperbaiki dengan alasan yang banyak.. saya memutuskan membeli G. Watch 5 sbg daily use saya, untuk saat ini saya blm ada niatan untuk menggunakannya berenang

    • 15 Januari 2024 - (06:47 WIB)
      Permalink

      Setuju. Aturan garansi harus jelas, apa yg masuk dan tidak bukan hanya di internal saja yg tahu.

      Tapi dahulu saya punya samsung Smartband (lupa jenis yg mana) juga IP68 dan 5 ATM, jadi juga dibawa berenang di kolam renang. Tiba2 layar sentuh tidak responsif, dibawalah ke samsung service center dan teknisi info bahwa kemasukan air dan karena garansi maka ganti layar dan body juga (mirip kondisi sekarang). Tidak ada drama2 soal garamsi hangus, dll.

      Kemungkinan besar kasus2 seperti ini semakin banyak shg keluarlah policy internal aneh Samsung seperti yang sekarang terjadi.

      Lebih baik Samsung menuliskan dg jelas bahwa walau ip68 dan 5 atm tp garansi akan hangus ketika air masuk. Sehingga tiap pelanggan yang akan membeli produk itu tahu dan bisa mempertimbangkan dengan baik sebelum membeli atau tidak jadi membeli.

      Demikian.

  • 14 Januari 2024 - (16:23 WIB)
    Permalink

    Beda waterproof dan water resistant.. Jangan pedoman pakai hasil translate..
    Waterproof: Proteksi tingkat tinggi, air tidak dapat menembus, sepenuhnya kedap air. Water Resistant: Proteksi tingkat rendah, dapat menahan air namun tidak menjamin akan bertahan lama.

  • 14 Januari 2024 - (16:25 WIB)
    Permalink

    IP68, digunakan untuk indikator dimana suatu smartphone tahan terhadap air, dan mampu menyelam di kedalaman 1,5-2 meter selama 30 menit. Nah kalo lebih dari itu ya mungkin tanggungan penumpang! Makanya mnkn lebih baik cari arti nama dulu sebelum nekat. Mnkn kalo begitu!!!!!

    • 15 Januari 2024 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Jangan lupa bos ada juga 5 atm artinya tahan dalam tekanan 5 atmosfer yg setara dengan kedalaman 50 meter. Cuci tangan dan berenang di kolam renang tidak akan mencapai tekanan 50 meter di dalam air.

    • 15 Januari 2024 - (06:51 WIB)
      Permalink

      Tidak nekat karena dg ip68 dan 5 atm maka wajar dipakai berenang. Tidak ada unsur nekat atau coba2. Karena itulah arti 5 atm.

  • 15 Januari 2024 - (08:19 WIB)
    Permalink

    setahu saya sih samsung memang tidak menggaransi kerusakan air meskipun ada Rating IP nya

    “Can Used” berbeda dengan “I guaranteed” 😀

    sejak pertama kali samsung merilis hape waterproof, hingga sekarang
    mereka tidak pernah menjamin kerusakan karena air

    jadi ini udah sesuai SOP mereka sejak merilis device waterproof mereka di INdonesia

    ——————————————————————————————-

    https://www.samsung.com/id/support/warranty/

    Jaminan tidak berlaku bila :

    1. Kartu Jaminan tidak terisi lengkap / tidak sesuai dengan nomor seri, model, dan/ atau IMEI.
    2. Nomor seri, model, IMEI produk telah dihapus atau diubah atau terdapat coretan atau hapusan.
    3. Kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan yang salah atau penggunaan yang tidak sesuai dengan buku petunjuk.
    4. Kerusakan karena kelalaian termasuk tetapi tidak terbatas pada jatuh, terkena cairan salah dalam penggunaan, tegangan arus listrik, pecah/retak akibat tekanan, salah penyimpanan, tergores, berkarat, terkena noda, berjamur, atau kerusakan luar yang disebabkan penggunaan sehari-hari, dll.
    5. Kerusakan yang disebabkan oleh Force Majeure termasuk tetapi tidak terbatas pada bencana alam dan/atau huru hara.
    6. Hologram/segel rusak, suku cadang diganti dengan suku cadang yang tidak asli oleh pengguna diluar yang ditentukan oleh Samsung serta telah dibuka dan/atau diperbaiki bukan oleh teknisi Samsung.

    • 15 Januari 2024 - (08:32 WIB)
      Permalink

      Maaf ya tidak demikian kondisinya ketika saya membeli samsung smarband seperti kasus yg pernah saya alami. Waktu itu juga ip68 dan 5 atm dan kondisi sama masuk air dan langsung ganti body, mesin serta layar.

  • 15 Januari 2024 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Berarti masih mending Huawei Band 7 nya yang aku pake ya, sudah dibawa mandi, wudhu, berenang di water park, dibawa main air ke pantai, masih lancar saja so far, harganya pas beli hanya sekitar 1/6 dari Galaxy.

  • 15 Januari 2024 - (10:29 WIB)
    Permalink

    Ini TS salah kaprah
    itupun kalau dalam kondisi “ideal”

    IP68
    6 : tahan kena debu/partikel kecil/termasuk pasir dan debu
    8 : water resist hingga 5 Feet (1.5 meter) hingga 30 menit. tidak termasuk berenang.

    you cannot use it while swimming. It is IP68 rated and splash resistant only.
    Devices backed by an international standard rating of IP68 are deemed fit enough to withstand dust, dirt and sand, and are resistant to submersion up to a maximum depth of 1.5m underwater for up to thirty minutes.

    Jadi swimming pool itu di celupin doang, bukan untuk berenang
    karena tekanan air yang mengenai Jam ketika berenang berebeda dengan dicelupin saja.

    • 15 Januari 2024 - (10:32 WIB)
      Permalink

      Selain ip68 juga 5 atm bro, artinya mampu bertahan dalam air dg tekanan setara 50m dalam air. Ketika dipakai berenang dalam kolam renang tidak mungkin tekanan melebihi 50m bawah air.

  • 16 Januari 2024 - (08:25 WIB)
    Permalink

    Saya kemarin menerima kembali telepon dari Samsung yang menanyakan apakah saya puas dg keputusan mereka menerima syrat saya bahwa saya hanya mau membayar maksimum 500K untuk biaya perbaikan kerusakan akibat 1. Lepasnya layar dari body dan 2. Masuknya cairan ke dalam jam.

    Dan apakah saya puas dg layanan samsung? Saya jawab bahwa saya berterima kasih atas keputusan mereka menerima syarat saya tp kalau ditanya apakah saya puas dengan itu? Tentu saja tidak! Karena policy-nya masih aneh dan ketentuan Garansinya harus secara jelas dituliskan dalam halaman produk dan promosi mereka shg pelanggan ketika membeli tidak mempunyai ekspektasi terlalu tinggi.

    Jadi 2 hal terpisah mengenai apakah saya puas atau tidak dengan apakah harapan saya (saya cuma berpikir drpd terlalu bertele-tele soal perbaikan maka saya hanya mau membayar 500K) dipenuhi.

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung Galaxy Watch 5?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Garansi Hangus karena “Policy” Aneh Samsung

oleh Sujatmiko dibaca dalam: 1 menit
34