Kecewa Terhadap Produk AC Panasonic

Pada tanggal 15 Desember 2023, saya membeli AC Panasonic inverter dengan model CU-PU9XXJ melalui PT. Sankyo Sahabat Indonesia (Sankyu Plumpang) Jakarta Utara. Kemudian, pada tanggal 25 Januari 2024, AC rusak, timer berkedip, dan tidak bisa dimatikan dari remot (tidak respon).

Setelah melakukan pendaftaran garansi dan melaporkan kerusakan pada tanggal 29 Januari, teknisi datang dari UD Metro Bernas untuk melakukan pengecekan kerusakan. Informasi yang saya dapat dari teknisi adalah bahwa kompresor rusak dan akan dilakukan penggantian.

Tindak lanjut penggantian kompresor dilakukan pada tanggal 1 Februari 2024 jam 15.00 WIB. Setelah dilakukan penggantian kompresor, AC mulai normal dan dingin kembali. Namun, pada tanggal 2 Februari 2024, AC rusak kembali dengan kerusakan yang sama seperti yang telah diceritakan di awal.

Saya melakukan pelaporan ke Panasonic melalui email dan WhatsApp. Teknisi dari UD Metro Bernas datang pada tanggal 5 Februari 2024, menjelaskan bahwa pada tanggal 6 Februari 2024 teknisi dari Panasonic Sunter dengan nama Hendrik akan datang untuk melakukan penggantian modul.

Pada tanggal 6 Februari 2024 jam 13.00, dilakukan penggantian modul dan AC sudah normal dan dingin kembali. Namun, pada tanggal 8 Februari 2024, AC kembali rusak dengan kerusakan yang sama seperti di awal cerita ini. Kami telah menghubungi Panasonic, dan respon tanggal 9 Februari 2024 bahwa akan datang untuk melakukan cek unit lagi.

Saya sebagai konsumen sungguh sangat dirugikan. Unit yang baru dibeli belum ada 2 bulan sudah berkali-kali rusak. Apakah dengan demikian Panasonic tidak mempertimbangkan untuk mengganti unit saja? Penggantian kompresor dan modul tetap saja tidak menyelesaikan masalahnya. Apabila diperbaiki nanti, akan terus rusak lagi. Kami sekeluarga amat sangat menderita dan dirugikan dengan produk AC Panasonic yang terus-terusan rusak.

Edi Tjandra
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai AC Panasonic:
[Total:14    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Kecewa Terhadap Produk AC Panasonic

  • 9 Februari 2024 - (17:30 WIB)
    Permalink

    Semoga kendala nya cepet selesai bro. Sebagai sesama user AC Panasonic tipe inverter jadi ngeri2 sedap juga ini hehe. Tapi Pelayanan mereka top kok.

    • 9 Februari 2024 - (18:30 WIB)
      Permalink

      Iya bang, memang layanannya sampai saat ini baik …mudah – mudahan ada kebijakan untuk penggantian unit ..thx bang

  • 9 Februari 2024 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Saat ini tanggal 9 February 2024 jam 14.00 teknisi panasonic datang kembali untuk melakukan penarikan unit dan akan dilakukan analisa dan pemeriksaan lebih lanjut Dikantor, dan puji syukur kami berikan unit back up untuk sementara..

    • 10 Februari 2024 - (20:20 WIB)
      Permalink

      Inverter banyak di sampaikan teknisi sering rusak, kalau tidak salah kalau sering hidup matikan cepat rusak.

      • 10 Februari 2024 - (21:20 WIB)
        Permalink

        Inventer memang tidak ada benefit buat yg pemakaian ac sekian jam mati idup. Plus, idealnya utk inverter, misal ruangan nya butuh 0.75PK, hrs naek setingkat beli unit 1PK. Kalau butuhnya 1PK ac standar, beralih ke inverter harus ambil yg 1.5PK, begitu seterusnya.

        Tapi utk kasus unit abis ganti kompressor sehari rusak lagi, agak aneh sich. Sempat berpikir apa mungkin pipa ac nya ngga sesuai spek, mgkn ganti ac tapi pipa lanjut pake bawaan unit lama, atau panjang pipa kependekan (kurang dr 3 meter), waktu pasang tidak di vakuum dan flushing dulu dsbnya. Tapi soal kek gini, keknya ngga mgkn teknisi ngga mikir ke sana / cek dulu (seandainya memang problem di pipa dan pemasangan). Soalnya kalo inverter dan R32, tekanan freon nya sgt tinggi, spek ketebalan pipa dan panjang hrs mendukung.

        Daikin tidak lebih baik (dr Panasonic). Sy udah buang beli baru sekian unit dalam kurun 4 taon. Saat ini sy pake Gree inverter, dan sangat puas. Yg paling awet yg pernah sy pakai (bbrp bulan lalu baru ganti evaporator stlh pemakaian hampir 3 taon, unit ac nyala nonstop 24/7, free ngga bayar sepeserpun ganti evap), kalo Daikin lebih dr setaon pake evap jebol, siap” aja beli baru, krn harga ganti evap+service pasang itu hampir 3jt, kalo dah gitu lebih baik ganti baru aja nambah dikit. Pengalaman pake Daikin inverter 24/7, evap mendekati 1 taon udah jebol, kompressor nya sblm masuk taon ke-3. Kalo buat sy, yg ac nya hrs kerja extra berat, cari yg berani garansi super lama ala Gree aja, aman.

        • 11 Februari 2024 - (21:32 WIB)
          Permalink

          Ruangan 3 x 4 meter bang AC 1PK.
          Pipa 3 Meter waktu masang juga sudah di vakum +/- 20 menitan..
          Ini sudah ganti kompresor dan Modul yg di outdoor..
          Sekarang posisi AC dibawa kekantor untuk dianalisa lebih lanjut..
          Sebelum rusak kaya gini kira-kira 1 bulan indoor nya pernah bunyi berderit saya kira AC kotor makanya saya panggil teknisi untuk Cuci, bunyi berderit hilang setelah+/- 5 harian baru AC nya kedip2 timernya dan ga mau respon pakai remot.
          Dan sekarang kita pakai backup AC dari Panasonic inverter juga aman-aman aja ini bang..
          Dinginnya juga bagus .

        • 12 Februari 2024 - (04:19 WIB)
          Permalink

          Ac inverter selain mahal, perawatan juga mahal, spearpark juga mahal, mending ac standar, atau standar low watt. Dan gampang rusak…

      • 11 Februari 2024 - (21:22 WIB)
        Permalink

        Pemakaian sore dinyalakan, pagi dimatikan .ini unit back up yg dipasang teknisi panasonic aman bang…
        Sama2 inverter dan dinginnya bagus

  • 11 Februari 2024 - (07:12 WIB)
    Permalink

    itu ada short dari kabel utama, cek dulu kabel utama standar tdk, arus listriknya gimana stabil tdk. Ganti unit baru kalau masih rusak ya itu masalahnya. Kalau soal merk ac yg awet ya sama saja, tergantung pemakaian, yg penting suku cadang tersedia, kompresor bisa diganti, modul bisa ganti pakai made in china, jadi merk hanya tulisan

    • 11 Februari 2024 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Sudah dicek bang sama teknisinya, dan sekarang pakai unit backup sama-sama inverter aman-aman aja ga ada kendala

  • 13 Februari 2024 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Seandainya saya semisal yang beli,,,terus kejadian seperti kasus diatas ,dan selagi ada pertanggung jawaban dari pihak panasonic dan dgn konsekuensi mekaniknya mau bolak balik berapa x datang memperbaiki,dan bahkan produk di tarik lagi ,,ga ush lah terlebih dahulu di posting seperti ini..karena akan timbul fikiran2 negatif dari yg coment..mungkin saja lagi apesnya shg dapat produk yg tidak baik..tapi kita berharap berpikir positif dan bijak.

    • 13 Februari 2024 - (17:34 WIB)
      Permalink

      Iya bang, saya hanya ingin meminta tanggapan dari pihak yg bisa memberi keputusan terkait penggantian Unit, banyangin aja bang Kompresor dan modul sudah diganti tapi masih aja ga bisa bagus, dan mungkin barang yg saya dapatkan/ beli memang pas dapat yg ga bagus dan karena hal tersebut bang, menurut saya konsumen berhak mendapatkan penggantian unit yang baik dan sesuai kinerja dan fungsinya…

  • 21 Februari 2024 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Puji Syukur, Terimakasih Panasonic atas responnya telah melakukan penggantian Unit Baru hari ini…
    Layanan Panasonic Luar Biasa Jempolan…

 Apa Komentar Anda mengenai AC Panasonic?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Kecewa Terhadap Produk AC Panasonic

oleh Edi dibaca dalam: 1 menit
17