Sudah Bayar Pajak dan Ongkir, tapi Hadiah Tidak Kunjung Dikirim

Pada tanggal 4 Januari 2024, saya menerima message dari Unicharm official store di Shopee Mall, yang menyatakan bahwa saya memenangkan hadiah sebagai Top Spender 12.12. Saya diminta untuk mengisi data data pribadi seperti nama, alamat, nomor HP, nomor NPWP, dan nomor KTP. Saya juga diminta untuk mengirimkan sejumlah dana yang diklaim untuk pajak hadiah dan ongkir.

Di sini saya sudah heran, karena perusahaan sebesar Unicharm kok menagih biaya ke pemenang? Sebagai perbandingan, saya pernah memenangkan hadiah top spender dari perusahaan lain di marketplace lain, hadiah langsung dikirim ke alamat saya, sesuai yang tertera di invoice pembelanjaan. Tanpa menanyakan data pribadi, maupun menagih biaya apapun. Namun ya sudah, saya ikuti saja prosedurnya. Apalagi nomor rekening yang diberikan tertera atas nama PT. Global Jet Ecommerce, masa sekelas Official Store dan Shopee Mall mau menipu?

Sejak awal admin Unicharm yang merespons di chat sudah berbelit belit. Disuruh menanggung biaya, tetapi tidak memberikan rincian biaya. Rincian biaya pajak hadiah baru diberikan tanggal 16 Januari 2024. Sesudah saya bayar, saya disuruh ditagih rincian bayar ongkir tanggal 23 Januari 2024. Kok menagih biayanya tidak sekalian?

Saya sudah membayar kedua tagihan tersebut, tetapi hingga sekarang tanggal 21 Februari 2024 pada waktu surat ini dibuat, hadiah belum juga dikirim. Apabila saya tagih melalui chat, jawaban yang diberikan hanya menunggu update melulu.

Di sini saya ingin menanyakan, apa benar Unicharm Official Store memberikan hadiah seperti ini? Kenapa setelah semua biaya sudah dibayar, hadiah tidak kunjung dikirim? Masa perusahaan sebesar Unicharm dan PT. Global Jet Ecommerce melakukan penipuan biaya pemenang yang cuma 50 ribu rupiah? Mohon ada respons dari Unicharm Official Store mengenai kejelasan hadiah yang dijanjikan.

Rekam chat dengan admin Unicharm Official Store saya sertakan beserta surat ini. Terima kasih.

Lucy Rahayu
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

13 komentar untuk “Sudah Bayar Pajak dan Ongkir, tapi Hadiah Tidak Kunjung Dikirim

  • 23 Februari 2024 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Belom dikirim kayaknya mau dikenai dulu pajak beacukai karena hadiah dikirim dari luar negeri,hehehe.Lanjut biaya pengiriman dari bandara ke store,kemudian pajak lagi ppn,lalu biaya asuransi….

    1
    3
    • 23 Februari 2024 - (22:47 WIB)
      Permalink

      yakin itu official store yg chat? yakin iti nama PT nya bener?
      kok gampang kasih foto ktp dan npwp, bisa disalahgunakan itu..! mngkn brarti anda emg target mudah bagi penipuan..

      1
      5
  • 23 Februari 2024 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Kalo ada penawaran dengan syarat harus keluar uang dilu. Maka bisa dipastikan itu penipuan.

    2
    6
  • 23 Februari 2024 - (14:52 WIB)
    Permalink

    cobA tanyakan saja apakah pengiriman hadiah dari LN dan memakan waKTU yang lama dan apakah kena lagi biaya bea cukai..tanya dulu saja kak

    1
    4
  • 23 Februari 2024 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Kayaknya ini modus penipuan kan Shopee tempatnya para sindikat kriminal mulai dari pegawai shopeenya expedisinya agen shopeenya

    8
    8
  • 23 Februari 2024 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari hadiahnya, pajaknya termasuk murah sih. Philips Heated Starightening BHH880/00 itu 500rb’an harganya kalau saya lihat di official storenya. Kalau barang import sih sepertinya enggak mungkin, karena produk ini sudah beredar banyak di Indonesia.

    Mungkin yg dapet hadiahnya banyak kali mbak, jadi pihak unicharm ‘babak belur’ nanganin pengiriman hadiah ke konsumen. Ini juga baru kemungkinaaaaan..

    3
    5
  • 24 Februari 2024 - (08:45 WIB)
    Permalink

    Blm ada 1 bulan sejak pembayaran, ya wajar lah. Emang kerjaan mereka cuma buat ngurusin pengiriman hadiah doang??

  • 25 Februari 2024 - (09:19 WIB)
    Permalink

    Saya sering menukar poin unicham mamypoko, hadiahnya macem2 ga pernah mereka minta ongkir, apalagi pajak

 Apa Komentar Anda mengenai Unicharm official store?

Ada 13 komentar sampai saat ini..

Sudah Bayar Pajak dan Ongkir, tapi Hadiah Tidak Kunjung Dikirim

oleh Lucy Rahayu dibaca dalam: 1 menit
13