Lazada Membuat Aturan Berjualan Makin Semena-mena Terhadap Penjual

Saya ucapkan terima kasih sekali kepada Media Konsumen jika surat ini dimuat. Saya seorang seller di Lazada. Jujur saat ini saya sangat kecewa sekali dengan sistem Lazada, yang baru saja dibuat per 8 April 2024 kemarin. Yang mana ketika ada pesanan masuk, walaupun sudah di-RTS, pembeli tetap bisa membatalkan pesanan kapan saja tanpa persetujuan dari penjual, asalkan belum diserahkan ke jasa kirim.

Aturan seperti ini sangat merugikan sekali bagi penjual, terutama buat seller kecil seperti saya. Karena ketika saya mendapatkan beberapa pesanan dan sudah selesai di-packing, tiba-tiba pembeli bisa dengan seenaknya membatalkan pesanan. Apalagi jika paketnya posisinya sudah dibawa oleh kurir, hanya saja belum di-scan ataupun proses sedang trouble, itu nantinya juga akan dikembalikan ke penjual atau bisa-bisa malah bisa hilang tanpa ada statusnya kalau pembeli tiba-tiba membatalkan.

Lazada sudah menerapkan sistem yang tidak beres. Lazada juga sangat tidak menghargai seller, tidak punya rasa peduli sedikitpun. Seller sudah capek-capek packing barang dengan rapi, tapi tidak jadi dijual gara-gara bisa dibatalkan kapan saja, walaupun statusnya sudah RTS. Hal itu membuat rugi waktu dan tenaga. Sayangnya Lazada tidak memikirkan semua itu sebelum membuat keputusan.

Kalau sistem yang ngaco seperti ini tetap diterapkan oleh Lazada, yang ada nanti ke depannya makin banyak pembeli yang dengan seenaknya membatalkan pesanan tiba-tiba ataupun berubah pikiran dan yang dirugikan adalah penjual.

Apalagi saya ini jualan hampers dan banyak pembeli yang minta kartu ucapan custom. Bayangkan kalau paket sudah selesai di-packing, semua sudah rapi dan siap diserahkan ke jasa kirim, tapi tiba-tiba harus dibongkar lagi paketnya. Padahal packing-nya juga beli, nanti kalau dibongkar lagi packing-nya sudah tidak bisa dipakai lagi.

Hanya Lazada satu-satunya marketplace yang punya aturan seperti itu. Di marketplace lain tidak ada aturan seperti itu. Di mana-mana kalau pesanan sudah dikemas dan sudah siap diserahkan ke jasa kirim, tetap harus menunggu persetujuan penjual jika pembeli mau membatalkan

Melalui surat ini, saya minta kepada Lazada, tolong ubah peraturan yang ngaco ini, karena aturan ini sangat tidak adil untuk seller. Tolong kembalikan peraturan pesanan RTS seperti dulu lagi, yang mana paket yang sudah RTS, jika pembeli yang hendak membatalkan harus menunggu persetujuan penjual. Saya yakin tidak hanya saya saja yang sangat keberatan dengan aturan baru terkait pesanan RTS ini. Saya yakin seller yang lain pasti banyak yang tidak setuju dan keberatan dengan aturan seperti ini

Kepada Lazada yang terhormat, sebaiknya jika mau membuat peraturan pertimbangkan dulu dan harus adil baik untuk seller dan pembeli. Jangan semena-mena seperti ini. Yang niatnya untuk membuat kenyamanan pembeli dalam berbelanja, tapi justru sangat tidak adil untuk penjual. Jangan mentang-mentang semua seller hanya menumpang lapak untuk jualan, terus membuat aturan yang semena-mena.

Lazada bisa mendapatkan keuntungan itu ya karena dari penjual. Karena kalau tidak ada penjual ya tidak mungkin ada pembeli. Jangan kok malah penjual yang dikorbankan demi kepuasan pembeli. Kepuasan pembeli memang harus diterapkan juga tapi bukan seperti ini carannya. Jadi sekali lagi, tolong cabut aturan yang saya sebutkan di atas tadi, kembalikan aturan RTS seperti semula sebelum 8 April lalu, karena itu sangat tidak wajar dan sangat merugikan penjual.

Wiji Lestari
Bantul, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Lazada Membuat Aturan Berjualan Makin Semena-mena Terhadap Penjual

  • 13 April 2024 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Ketimbang menanggung resiko rugi, tinggalkan kan saja, dan fokus di marketplace lain yg py aturan wajar.

  • 13 April 2024 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Saya dah buat surat juga ini disini tgl 8 april. Cm blum di muat.

    Iya sama saya juga kak.
    Ini keterlaluan aturan baru ini.

  • 13 April 2024 - (15:37 WIB)
    Permalink

    Vt vt di tiktok juga udah mulai viral atas aturan baru ini kak banyak seller yg ga setuju.
    Ntar juga lama lama org males proses pesanan
    . Proses cepat, tidak di proses, proses sedang siapkan utk kirim, cetak resi pun tetep bisa cancel otomatis tanpa konfirmasi ke penjual untuk ditolak/terima nya.

    Semangat kak saya dukung 1000000000%

    • 13 April 2024 - (18:04 WIB)
      Permalink

      Emang di tiktok shop juga aturannya seperti lazada ini ya kak, Rts tpi bisa dicancel? sejak kapan sy malah blm tau

      3
      1
      • 13 April 2024 - (18:24 WIB)
        Permalink

        Tiktok mah ga. Cuma kalo tiktok sistem pelanggaran utk ulasan negatif yg aneh kalo penjualan menurun ulasan negatif yg ada jadi meningkat presentase perhitungan grafikny gitu. Aneh… Mereka pake itungan ulasan negatif dgn transaksi yg masuk. Bukan perhitungan ulasan negatif per ulasan positif. Makanya kan di tiktok banyak yg di banned/poin pelanggaran. Sistem tiktok yg sengaja dibuat gitu. Bukan soal aturan yg sama dengan lazada ini

        Maksudnya video tiktok bersliweran soal komplenan aturan baru lazada nya. Bukan aturan baru tiktok 😁

        • 15 April 2024 - (18:47 WIB)
          Permalink

          Iya kak, udh ditelpon sama lazada blm kak? Sy sdh ditelpon. Kemarin baru dimuat suratnya blm ada 1 jam langsung ditelpon

          • 15 April 2024 - (18:58 WIB)
            Permalink

            Udah ditelp tapi saya lagi antri pembayaran yg menggunakan qris di hp tersebut jg jd saya bilang suruh telp lg nanti 5 menit lagi. Malah email saya akhir nya. Itu laporan saya dibuka lagi. PadH buka lg jug ga guna . Yg utama kan batalkan aturan baru tersebut. Atau ditinggalkan penjual.

            Emang dia lazada telp bahas apa?

          • 15 April 2024 - (19:01 WIB)
            Permalink

            Pihak lazada telp bahas apa sis?
            Kalo aturan baru tsb ga di batalkan percuma jg dia telp sih 😁. Yg ada lazada akan dijadiman prioritas teralhir yg fi proses penjual. Soalnya kemungkinan batalnya jd lebih gede. Apalagi kalo udah di packing tinggal kirim.

  • 15 April 2024 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Lazada telpon cuma bilang laporan ttg kebijakan msh ditindaklanjuti dan akan dikabarin lagi lewat email gitu aja sih

    Oh iya, gak tau ya ini tuh lazada udh mencabut kebijakan yg baru terkait rts itu apa belum, tpi sy tuh tadi tadi pagi beli di lazada dan status udh dikemas lebih dari 1 jam dan sy mau batalin tpi harus menunggu persetujuan dari penjual tuh

    • 15 April 2024 - (19:37 WIB)
      Permalink

      Nunggu pihak lazada yg info dulu biar yakin. Soalnya kalo toko yg pake emspedisi sendiri pake kpmfirmasi ga batal langsung. Mungkin toko yg sis beli menggunakan ekspedisi kurir sendiri ya?

      Coba tanya lg lazada nya apakah aturan tsb jadi di batalkan?

      • 15 April 2024 - (19:41 WIB)
        Permalink

        Toko yg sy beli juga pake exspedisi reguler bkn pake kurir sendiri dan bkn juga PO, barusan ttp dikirim oleh seller pembatalan sy ditolak. Dan tokonya juga biasa bkn yg lazmall atau choice

      • 15 April 2024 - (19:45 WIB)
        Permalink

        Tpi kemarin ada yg komen juga di tiktok di videonya Rio gandhi katanya dia dpt pesanan lalu pembeli mau batalin di tgl 13 tpi msh harus nunggu konfirmasi ke penjual

        • 15 April 2024 - (19:50 WIB)
          Permalink

          Oh batal berarti ya aturan baru tsb?
          Kalo saya pas orderan tanggal 8 april sih.

          Jd bingung sih udah batalin apa blum nya aturan baru tsb.

          Banyak yg protes kali.

          • 15 April 2024 - (20:13 WIB)
            Permalink

            Msh membingungkan juga sih ini tuh soalnya klo nanya ke cs lazada terkait kebijakan pesanan rts ini yg terbaru ya di tgl 8 april itu blm ada update terbaru lagi sampe sekarang. Soalnya tim cs sama tim kebijakan itu yg menangani juga beda jdi msh blm begitu jelas

        • 15 April 2024 - (20:42 WIB)
          Permalink

          Betul kak, kebetulan tadi sorea ada orderan, udh sy packing blm RTS, ada permintaan cancel. Kalo kmrn ada yg udh RTS tiba2 tercancel dgn sendirinya. Jgn2 udh berubah lg aturan barunya?

          • 15 April 2024 - (20:44 WIB)
            Permalink

            Semoga aja kak udh dicabut aturan barunya

  • 15 April 2024 - (21:58 WIB)
    Permalink

    @aya

    Atau selang seling

    Senin rabu jumat
    (Pake konfirmasi)

    Selasa kamis sabtu minggu
    (Tanpa konfirmasi??)

    Ga jelas ya masih lazada?😄

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Lazada Membuat Aturan Berjualan Makin Semena-mena Terhadap Penjual

oleh Wiji dibaca dalam: 2 menit
21