Posisi Paket Tidak Jelas, Gara-gara Admin J&T Salah Input Nomor Resi Pengiriman

Halo Media Konsumen, saya sebagai penerima paket dengan nomor resi J&T: JX0293329788 (resi TikTok). Paket diterima oleh Balajara Cisoka Caringin pada tanggal 31 Maret 2024, tujuan ke Bekasi. Namun sampai tulisan ini saya buat (19 April 2024), posisi paket saya masih ada di Pusat Sortir Malang (02 April 2024). Saya bingung, kenapa paket saya tiba-tiba sampai di Pusat Sortir Malang, padahal tujuannya ke Bekasi?

Bahkan Admin J&T Cisoka Caringin pun sempat berdebat dengan pengirim paket, bahwa paket tidak diserahkan ke drop point tersebut. Setelah di-kroscek CCTV J&T Express Cisoka Caringin, terynata benar paket ada dan sudah diserahkan oleh pengirim.

Singkat cerita, setelah ditelusuri ternyata admin J&T Cisoka Caringin salah input nomor resi saya. Yang seharusnya JX0293329788 menjadi JX0293209788. Infonya paket saya diterima oleh orang lain dengan resi yang sama di Malang oleh ibu A (nama disamarkan). Kemudian pengirim paket dapat identitas ibu A tersebut. Namun diinfokan oleh Ibu A bahwa tidak ada paket saya. Khawatir Ibu A berbohong, kami coba konfirmasi ke kurir Malang yang mengirim paket ke alamat Ibu A. Ternyata kurir hanya mengantar 1 paket dan itu COD, tidak ada paket saya.

Saya sebagai penerima juga sudah telepon call center 3x dan diterima oleh CS berbeda. Infonya hanya disuruh menunggu, entah sampai kapan. Saya juga sudah WA J&T Malang untuk konfirmasi paket saya, apakah benar ada di pusat sortir Malang, tapi tidak direspons ada atau tidaknya paket saya tersebut.

Menurut info J&T Malang, malah harus konfirmasi ke cabang pengirim yaitu J&t Cisoka Caringin, agar di-scan pick up dan dilanjutkan pengiriman. Bagaimana saya bisa konfirmasi sedangkan paket saya saja posisinya gak tahu di mana dan sudah tidak ada di J&T Cisoka Caringin?

Saya gak tahu prosedurnya gimana, kok bisa adminnya salah ketik resi? Seharusnya setelah diketik ada scan pick up di Balaraja, tapi ini tidak ada dan tiba-tiba ada di Malang.

Mohon dibantu karena ini terlalu bertele-tele pelayanannya. Apalagi di J&T Cisoka Caringin, infonya salah ketik resi pihak Malang, ternyata yang salah ketik itu si admin Cisoka. Terus katanya paket terkirim ke alamat si Ibu A, ternyata setelah dikonfirmasi ke Ibu A, katanya gak ada paket saya. Konfirmasi ke kurir Malang yang antar paket juga bilangnya cuma kirim 1 paket ke alamat tersebut dan itu COD.

Saya gak tahu lagi ini gimana prosedurnya dan saya harus apa dan bagaimana. Karena itu paket usaha saya dan nominalnya lumayan.. Tolong dibantu.

Tiara Hikmah
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Posisi Paket Tidak Jelas, Gara-gara Admin J&T Salah Input Nomor Resi Pengiriman

  • 21 April 2024 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Wajar kl salah input, apalagi kl paket yg dikirim banyak yg harus di input manual semua. Nah untuk mengurangi resiko salah input, ya di print resinya.

  • 22 April 2024 - (06:44 WIB)
    Permalink

    ada 2 opsi
    dari pengirim sudah cetak resi apa belom sebelum diserahkan ke kurir?
    kalau sudah berarti kesalahan kurir karna tidak pickup paket
    kalau belom salah kurir karna salah print resi/salah input resi

    • 22 April 2024 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Kamu baca ga itu keluhan saya? Resi udah di print dari pengirim, itu ada foto paketnya loh, terpampang jelas print resinya harusnya ga salah dong?? 🤪🤪 kode udah muncul BKI, BKI itu bekasi bukan Malang, malah mangkir ke malang, trs stuck ga gerak sampai skrg paketnya, resi sudah sesuai dengan alamat penerima yaitu saya

      • 22 April 2024 - (20:25 WIB)
        Permalink

        Maksudnya di print itu resinya anda cetak pakai printer kemudian tempel ke paket atau cuma anda tulis manual nomer resinya saja? Kl resi dicetak pake printer berarti tinggal scan selesai. Maka kesalahan kurir mungkin salah tempel label, paket A ditempeli resi paket B dan atau sebaliknya.

        • 23 April 2024 - (18:28 WIB)
          Permalink

          Kan foto di atas keliatan jelas pak😭 itu resi sudah di print , lalu resi sudah di tempel di paket😭 nah infonya kalau resi TIKTOK itu di ketik manual lagi sama si adminnya… kalau dari shopee mah tinggal scan si adminnya😭 bapak ga baca betul berarti ni😭

    • 22 April 2024 - (19:34 WIB)
      Permalink

      Semua sudah saya jelaskan di tulisan atas
      Pengirim sudah print resi, sudah muncul resi dan kode wilayah BKI, Alamat sudah sesuai, lalu pengirim drop paketnya ke J&T CISOKA CARINGIN BALARAJA TANGERANG, tapi saya ga ngerti memang klo input resi di ketik manual kalau pengiriman dari tiktok? Saya ada toko juga tapi di shopee dan kalau penjual sudah cetak resi, si J&T itu tinggal scan dan nanti keluar resi dari J&T nya tinggal tempel, di keterangan perjalanan paket itu tidak ada SCAN PICKUP BALARAJA TANGERANG, tiba2 malah sampai di malang

  • 22 April 2024 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Loh?? Kok mewajarkan hal yang salah? Wkwk itu kesalahan fatal pak!! Krn salah input resi jadi ga jelas kemana tu paket!! Saya udah liat CCTVNya dan paket saat itu lagi punya saya aja yg dikerjakan wkwkk bapak baca ga itu keluhan saya? Resi udah di print dari pengirim, itu ada foto paketnya loh, terpampang jelas print resinya harusnya ga salah dong?? Lain kali kalau komentar tuh di baca lagi tulisannya🤪🤪

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Posisi Paket Tidak Jelas, Gara-gara Admin J&T Salah Input Nomor R…

oleh Tiara dibaca dalam: 2 menit
8