Aftersales Aqua Japan Buruk, Beli TV Umur Hanya 6 Bulan

Disclaimer: Surat ini ditulis tidak dengan tujuan untuk menjelekkan produk Aqua tapi murni pengalaman pribadi saya.

Kepada Yth,
PT Haier Indonesia
PT Aqua Elektronik Indonesia

13 Mei 2024

Saya izin up kasus saya mengenai aftersales dari Aqua Japan terkait claim TV saya AQT55P750UX yang rusak (blank putih).

Pada tanggal 18 September 2023 saya melakukan pembelian 1 unit TV merk Aqua dengan seri AQT55P750UX di Hartono Elektronik Pondok Indah. Selama pemakaian TV menyala sehari tidak lebih dari 3 jam hanya digunakan untuk menonton youtube.

Tiba-tiba pada akhir bulan Maret 2024 pada saat menonton tayangan sepak bola saya menyadari ada garis vertikal di area sebelah kanan TV, saya sempat kaget karena mengingat TV tersebut masih berumur 6 bulan.

Besoknya pun pada tanggal 28 Maret 2024 saya menghubungi customer care Aqua Elektronik dan menjelaskan perihal kendala yang saya alami.

Saya mendapat nomor laporan via sms dengan nomor laporan: APID20240328000042. Pihak Aqua menginformasikan untuk jadwal kunjungan teknisi 3 hari kerja, pada tanggal 1 April 2024 Teknisi atas nama Bp Sigit datang dan mengecek kerusakan pada TV dan diberitahukan bahwa kerusakan ada pada bagian panelnya dan harus diganti spare part-nya.

Besoknya saya follow-up kapan bisa dilakukan pergantian sparepart, saya pun diinfo kan bahwa sparepart tersebut kosong dan disarankan untuk penukaran unit.

Pada tanggal 2 April 2024 tepatnya di hari yang sama, saya dihubungi oleh Ibu Rosida dari PT Haier untuk memberikan konfirmasi terkait penukaran unit hanya saja saya cukup kaget karena saya diberikan 2 opsi penukaran dengan tambahan biaya sbb:

  • A. LE55AQT7000QU PRO penambahan biaya Rp 300.000
  • B. LE70AQT6700UG penambahan biaya Rp 3.000.000

Karena TV saya masih dalam masa garansi saya tidak mau dikenai charge untuk penukaran unitnya. Selang beberapa lama saya pun berubah pikiran karena berpikir agar penukaran unitnya cepat saya melakukan negosiasi dengan mengambil opsi A yaitu penukaran unit ke Tipe LE55AQT7000QU PRO namun saya hanya mau membayar 50% dari penambahan biaya sebesar Rp. 150.000,-.

Tanggal 6 April 2024 saya dihubungi kembali oleh Ibu Rosida menginformasikan bahwa trade in dibantu untuk free of charge di titik ini saya cukup lega karena tidak perlu membayar biaya tambahan lagi.

Tanggal 20 April 2024 saya menghubungi Ibu Rosida bahwa TV nya saat ini sudah tidak bergaris melainkan sudah blank putih, dan kembali menanyakan kapan UNIT pengganti saya terima. Informasinya bahwa infonya menunggu kiriman dari pusat, di titik ini saya sudah cukup senang saya pikir 3 hari kerja unit sudah saya terima namun hingga surat ini dibuat unit pengganti belum saya terima.

Hari demi hari saya follow-up ke Ibu Rosida, Customer care Aqua Elektronik dan sempat saya follow-up ke Instagram Aqua Elektronik berharap laporan saya dapat cepat terselesaikan.

Tanggal 10 May 2024 saya ditelpon oleh pihak Aqua Elektronik memberikan update bahwa unit saat ini sudah tersedia di pusat dan menunggu pengiriman ke cabang, saya cukup terkejut karena update yang diberikan masih sama dengan update yang diberikan pada tanggal 20 April 2024.

Saya cukup kecewa dengan aftersales Aqua Elektronik Indonesia, untuk kasus saya sudah 1 setengah bulan belum selesai juga saya pikir membeli produk Aqua sama dengan membeli produk Sanyo yang awet dan tahan lama, tapi kenyataannya berbanding terbalik.

Melalui surat ini saya memohon untuk pihak PT Haier Indonesia dan PT Aqua Elektronik Indonesia dapat dengan segera menyelesaikan case saya dan mengirim unit pengganti

Fiki Adiasara
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Aftersales Aqua Japan Buruk, Beli TV Umur Hanya 6 Bulan

  • 14 Mei 2024 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Masih garansi kok malah suruh bayar buat tukar tambah. Fixed nambah satu lagi merk elektronik yang wajib diblacklist. Aku kira cuma produk kulkas Aqua yang bermasalah, ternyata TV juga sama aja.

    3
    1
    • 14 Mei 2024 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Info dari tim teknisi yang visit, kemungkinan kerusakan terjadi bisa karna tegangan listrik yang suka jepret jd mempengaruhi panel dari TV tsb.
      Padahal dirumah juga ada TV merk Sh*rp analog umur sudah 10 tahun sampai saat ini tidak ada masalah apa pun, jika kerusakan di akibatkan dari tegangan listrik rumah yang sering jepret harus elektronik lainnya juga kena.
      Jadi timbul asumsi pribadi apa jangan2 kualitas panel dari TV AQUA yang kurang bagus jadi perlu stabilizer/stavolt sebelum ke listrik PLN.

      3
      1
      • 14 Mei 2024 - (10:41 WIB)
        Permalink

        Bisa jadi seperti itu, lebih baik beli volt stabilizer. Karena kulkas saya Polytron juga pernah kena modulnya gosong habis PLN berkali-kali mati listriknya, mungkin akibat tegangan tidak stabil, dan berbulan-bulan tiada kepastian sparepartnya tidak tersedia, akhirnya cuma dapet copotan dari user lain yang kebetulan rusak juga. Tapi yang saya baca merk AQUA cukup gampang cari sparepart, eh nggak tahunya after sales begini. Tetangga saya aja servis kulkas AQUA dari teknisi resmi juga mengecewakan tidak ada hasilnya. Saya juga pernah mengalami layar bergaris di TV Samsung, cuma waktu itu sudah lewat masa garansi. Dan ganti panel TV hampir seharga TV baru. Sejauh ini merk produk elektronik yang cukup OK menurut saya hanya Sharp, LG, dan Toshiba (yang ini udah bubar).

        3
        1
        • 14 Mei 2024 - (13:34 WIB)
          Permalink

          Baik mas terimakasih atas sharing dan informasinya semoga siapa pun pembaca artikel ini dapat terbantu.
          Jika ada update dari pihak AQUA nanti akan saya update di kolom komentar.

          2
          1
      • 15 Mei 2024 - (12:53 WIB)
        Permalink

        Ya g lah mas itu memang produk gagal soal tegangan g akan menyerang panel paling banyak yg saya temui rusak di PSU nya baik TV LED atau LCD dan ke 2 jenis ini kalo kropos plekcibelnya nya masih bisa di atasi tapi kalo jalur filamen putus dia sering merembet ya ahirnya blank putih

  • 15 Mei 2024 - (07:24 WIB)
    Permalink

    begitu ya kualitas nya, memang murah sih tp kualitasnya hmmm.. mending sy pilih merk lg aja gak ke lain merk biarpun mahal dri ini

    • 15 Mei 2024 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Kalo budget ada pilihan bisa ke Sony / Samsung , di bawah itu mending ambil LG/SHARP deh

  • 15 Mei 2024 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Yang aku tahu Aqua adalah merek utama di atas segala merek air mineral se-Nusantara.
    “Aqua, Aqua”,… Ternyata penjualnya pegang merek lain hahahaha,… Untung nggak pegang tivi

      • 15 Mei 2024 - (13:38 WIB)
        Permalink

        AQUOS beda lagi , AQUA juga ngeluarin seri untuk TV nya di situ sudah di tuliskan seri dari TV nya

        • 15 Mei 2024 - (13:43 WIB)
          Permalink

          Oh saya belum pernah dapat servisan kalo gtu yg saya kerjakan ya itu trimakasih masukanya maklum kurang udate kaarna mikitin gimana punya org cepet jadi

          • 15 Mei 2024 - (13:56 WIB)
            Permalink

            Siap mas ,semoga sukses terus usahanya

    • 15 Mei 2024 - (13:40 WIB)
      Permalink

      Terimakasih informasinya ka , yang saya keluhkan tentang claim unit pengganti yang lama untuk respon servicenya AQUA sudah bagus karna customer carenya sudah toll free.

  • 15 Mei 2024 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Sebagus apapun dan semahal apapun merknya , namanya elektronik dan buatan massal, pasti ada namanya kegagalan,
    Dan harga mahal harus timbal balik dgn aftersalesnya.
    Maka elektronik, pilihlah aftersales yg dekat dgn tempat tinggal, dan jangan lupa rating pelayanan mereka di internet itu berguna.

    Elektronik di saya hanya beberapa merek,
    Samsung di tv, lg di inverter kulkas dan mescuci inverter frontload nya, gree di ac, fomac/getra/singmag di peralatan dapur.

    • 16 Mei 2024 - (09:46 WIB)
      Permalink

      Betul sekali dan saya setuju dari setiap batch produksi pasti ada rate persentase produk yang mungkin gagal.
      Dan point keluhan saya disini lebih tertuju terhadap aftersales untuk replacement unit pengganti yang cukup lama, dan tidak ada estimasi kapan unit pengganti akan saya terima.
      Kalo saya beberkan lebih jauh banyak hal-hal yang mengelitik pada saat claim garansi cm saya rasa itu bukan point penting yg harus di jelaskan disini.

      Saya ambil AQUA karna termindset oleh SANYO , mengingat merk SANYO ini cukup awet dan minor sekali masalah, dan tag line dari sales yang jual brand ini pun selalu kasih highlight “ini dulunya SANYO pak, sekarang ganti nama AQUA” .

      ya semoga saja ini murni kegagalan batch produksi saja, karna di rumah baru ada 1 brand AQUA jadi saya tidak ada komparasi terhadap jenis elektronik lain nya.

      Terimakasih

  • 16 Mei 2024 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Update 16 Mei 2024 :

    Beberapa hari setelah terbit surat ini alhamdulillah pihak AQUA sudah merespon di tgl 15 Mei dan menjadwalkan pengiriman unit pengganti di tgl 16 Mei 2024.
    Pada tgl 16 Mei 2024 , unit pengganti sudah terkirim ke rumah namun ketika dibuka dan dilakukan pengecekan oleh tim teknisi AQUA Elektronik ternyata TV ada pecah di pojok kiri atas.
    Saya pun cukup kaget setelah menunggu cukup lama saya sudah sangat senang ketika unit sudah dapat di antar ke saya , tp kenapa tidak dilakukan pengecekan sebelum di kirim (karna segel di buka di tempat saya).

    Saat ini unit pergantian TV sudah di retur kembali oleh tim AQUA Elektronik.
    *bukti foto silahkan akses ke link ini : https://ibb.co/p1m26tt

    • 16 Mei 2024 - (20:23 WIB)
      Permalink

      Lha?
      Sabar deh, yang penting sudah ada itikad baik dan tanggung jawab AQUA nya kirim barang pengganti.
      By the way, berarti dulu dia bikin pompa air super jet, sekarang bikin TV.

  • 17 Mei 2024 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Update tgl 17 Mei 2024 :

    Pihak AQUA menghubungi saya , untuk mengganti nomor laporan yang semula APID20240328000042 menjadi APID20240517000316, dengan alasan agar bisa melakukan request replace unit kembali ke pusat.

    Sampai saat ini tidak ada estimasi kapan unit nya akan kembali dikirim.

  • 31 Mei 2024 - (14:33 WIB)
    Permalink

    Update 31 Mei 2024,

    TV pengganti sudah diterima, diganti dengan tipe yang sama dengan TV sebelumnya.

    #caseclosed

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Aftersales Aqua Japan Buruk, Beli TV Umur Hanya 6 Bulan

oleh Fiki dibaca dalam: 2 menit
21