Pelatihan Prakerja Digagalkan Sepihak oleh Lembaga Pelatihan Rumah Siap Kerja

Pelatihan Prakerja saya (Nomor Kartu Prakerja: 3367202468508***) digagalkan sepihak oleh lembaga pelatihan Rumah Siap Kerja, alasannya karena saya tidak mengikuti webinar di hari kedua, yaitu pada tanggal 4 Juni 2024. Padahal dalam jadwal sebelumnya, pelatihan dimulai pada tanggal 3 Juni 2024 dan jadwal berikutnya tanggal 5 Juni 2024.

Pada tanggal 3 Juni 2024, saya sudah mengikuti webinar hanya saja tidak ada mentor dan peserta lain. Sudah saya ulang berkali-kali hasilnya tetap sama, yang muncul participant-nya hanya satu yaitu saya sendiri.

Awalnya admin Rumah Siap Kerja masih menyuruh saya untuk terus mencoba join webinar, dan sudah saya katakan kalau saya sudah mencobanya berulang kali dan hasilnya tidak ada participant yang lain. Tapi admin tersebut tidak mau mengaku kalau sebenarnya tidak ada mentor yang mengisi webinar.

Ujung-ujungnya admin tersebut malah menyalahkan saya yang join webinar telat masuk satu jam. Padahal saya dari awal sudah mencoba untuk join, tapi dari website Rumah Siap Kerja sendiri yang sengaja mempersulit. Mulai dari penukaran voucher kode redeem yang cuma dibatasi satu jam sebelum pelatihan dimulai, masih nunggu verifikasi bermenit-menit.

Kemudian setelah bisa login website Rumah Siap Kerja saya kira bisa langsung dapat link webinarnya, ternyata masih harus menjawab puluhan soal pre-test yang menghabiskan waktu lebih dari 30 menit. Alhasil masuk webinar telat 27 menit.

Webinar dimulai pukul 15.00-18.00, penukaran kode redeem baru bisa pukul 14.00 (kenapa tidak jauh-jauh hari bisa ditukarkan biar memudahkan peserta?), lalu saya mulai join webinar pada pukul 15.27. Jadi seharusnya masih ada webinarnya kan? Kalau memang beneran ada mentornya.

Tapi yang terjadi sebenarnya di Zoom tersebut cuma ada saya, berarti kemungkinan memang tidak ada yang mengisi webinar tersebut. Tapi admin Rumah Siap Kerja malah menuduh saya yang telat masuk satu jam.

Dan kalaupun memang telat masuk, masa webinar diselesaikan sepihak hanya karena saya telat masuk sendiri, padahal di jadwal berlangsung dari pukul 15.00-18.00. Ada ya webinar macam gitu? Tidak sesuai jadwal, tapi seenaknya sendiri menyalahkan peserta.

Dan pada tanggal 5 Juni 2024, dengan sepihak admin tersebut menggagalkan pelatihan Prakerja saya dan tidak dapat dilanjutkan. Saat saya protes kalau kesalahan awal ada di pihak Rumah Siap Kerja yang mempersulit masuk webinar dan pihak Rumah Siap Kerja serta merta menyelesaikan kelas webinar yang menurut jadwal berlangsung tiga jam, namun admin tersebut hanya bisa bersembunyi di balik kalimat “itu sudah prosedur Prakerja”.

Tahu begitu saya tidak akan pilih lembaga pelatihan Rumah Siap Kerja, karena saudara dan teman saya yang pernah dapat Prakerja ikut lembaga pelatihan lain tidak dipersulit seperti ini, pelatihannya lancar dan insentif tetap cair.

Padahal saya sudah sangat senang diterima Prakerja pada tanggal 8 Mei 2024 dan langsung membeli pelatihan di Rumah Siap Kerja pada hari itu juga, tapi ternyata jadwal pelatihannya dimulai tanggal 3 Juni 2024 (hampir sebulan saya menunggu). Namun ternyata pada akhirnya pelatihan ini digagalkan oleh pihak Rumah Siap Kerja, saya sangat kecewa karena penantian saya jadi terasa sia-sia.

Semoga ada kebijaksanaan dari pihak Prakerja atau lembaga pelatihan Rumah Siap Kerja, yang sepengetahuan saya diprakarsai oleh Bapak Sandiaga Uno yang sangat mensupport generasi muda untuk berkembang dan maju.

Nur Imania
Temanggung, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Pelatihan Prakerja Digagalkan Sepihak oleh Lembaga Pelatihan Rumah Siap Kerja

  • 12 Juni 2024 - (23:02 WIB)
    Permalink

    Hmm, Mbaknya kayaknya juga harus memahami kebijakan Prakerja, dari segi penukaran kode voucher dan redeem hanya bisa dilakukan 1 jam sebelum dan sesudah pelatihan pun MEMANG kebijakan Prakerja mbak, dan untuk VERIFIKASI WAJAH juga merupakan kebijakan Prakerja, mungkin mbaknya telat melakukan verifikasi wajah dalam batas waktu jam 2 sampe jam 4 sore jd pelatihan dinyatakan gagal. Ini pandangan saya sebagai peserta pelatihan di Prakerja bulan april lalu

    4
    3
    • 13 Juni 2024 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Ya mas Prakerja memberi waktu penukaran kode voucher dan redeem bisa dilakukan 1 jam sebelum dan sesudah pelatihan, karena jadwal pelatihan webinar jam 15.00 sampai 18.00 WIB berarti saya dikasih kesempatan dari jam 14.00 sampai 19.00 WIB kan? dan pada jam 14.34 saya sudah menukar kode voucher dan redeem kemudian saya menunggu webinar yang akan dimulai jam 15.00, ternyata untuk join webinar harus lulus Pre-Test dulu terus saya kerjakan Pre-Test hasil test nilainya belum lulus maka diulang lagi mengerjakan Pre-Test, nilainya lulus dan baru muncul link Join webinar, langsung saya klik Join jam 15.27 WIB, tapi ternyata participant nya hanya ada saya! kemudian saya Chat admin Rumah Siap Kerja kenapa tidak ada Mentor? dengan enteng dijawab karena saya terlambat 1 jam maka kelasnya menjadi selesai, padahal saya baru terlambat join 27 menit, itupun karena keharusan mengerjakan soal-soal Pre_Test dulu yang menghabiskan waktu!
      untuk VERIFIKASI WAJAH sudah pasti saya lakukan sebelum bisa akses kelas pelatihan Rumah Siap Kerja.
      kemudian karena saya belum ikut webinar maka saya akan ikut webinar berikutnya sesuai jadwal pada hari rabu tanggal 5 juni 2024 (lihat screenshot jadwal diatas), tapi ternyata dengan semena-mena Pelatihan Prakerja saya tidak bisa dilanjutkan dan digagalkan oleh Rumah Siap Kerja.

      3
      2
  • 28 Juni 2024 - (14:18 WIB)
    Permalink

    Makanya kalau pilih Lembaga Pelatihan di Prakerja lihat dulu Review dari peserta Prakerja yang lain, jangan pilih yang sedikit peminatnya … Pengalaman saya pilih pelatihan yang berbasis video lebih gampang dan fleksibel waktu belajarnya daripada metode webinar

    • 29 Juni 2024 - (21:30 WIB)
      Permalink

      Kebetulan pelatihan yang saya minati ada di Lembaga Pelatihan Rumah Siap Kerja mas, dan yang membuat saya mantap karena ada nama Bapak Sandiaga Uno yang melekat dengan Lembaga Rumah Siap Kerja, tapi ternyata seperti ini kualitasnya. Dana Rp 1.500.000 dari Prakerja tidak menghasilkan apa-apa, Insentif hilang, hanya penyesalan yang tersisa..

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Pelatihan Prakerja Digagalkan Sepihak oleh Lembaga Pelatihan Rumah Sia…

oleh Nur dibaca dalam: 2 menit
5