Tidak Pernah Menyetujui Asuransi Chubb Life, Tiba-tiba Auto Debit di Kartu Kredit BCA

Kepada Tim Media Konsumen, izinkan saya menyampaikan aspirasi kepada Chubb Life, agar orang lain belajar dari pengalaman saya, sehingga tidak terjebak dan tertipu oleh telemarketing dan semua tim customer care Chubb Life. Semoga setelah ini saya mendapatkan klarifikasi resmi dari Pihak Chubb Life, atas perlakuan auto debit premi di kartu kredit BCA saya, dengan membatalkan auto debit tersebut.

Singkat cerita, pada awal bulan April 2024, saya dihubungi oleh telemarketing Chubb Life, tapi tidak secara detail menginfokan dan menyebutkan bahwa yang mereka tawarkan adalah “Asuransi”. Sepertinya telemarketing ini mendapatkan data dari Kartu Kredit BCA. Awalnya agak bingung ini penawaran untuk apa, karena telemarketing seperti berkata dan berkalimat dengan cepat, menyebutkan diskon, fasilitas, dll. Kalimat terakhir diucapkan yakni akan mengirimkan dokumen lengkapnya, dan jika tidak menyetujui, tidak perlu untuk menandatangani dokumen tersebut.

Pada tanggal 19 April 2024, saya menerima dokumen berupa proposal untuk menjadi partner asuransi, berupa panduan untuk dipelajari terlebih dahulu. Namun, langsung pada pukul 13.06 tanggal 19 April 2024 itu pula, saya email untuk melakukan penolakan atas proposal tersebut. Email penolakan saya dengan mencantumkan Nomor Polis: 743.SFOOOOOOO87784X, Jumlah Premi: Rp510.600, Tanggal Berlaku: 1 April 2024, Tanggal Ulang Tahun Polis: 1 April, Tanggal Jatuh Tempo: tanggal 01 setiap bulan, Nomor Kartu: 8000100658792.

Kemudian, tanggal 19 April 2024 pukul 17.39, saya mendapat balasan email dari Chubb Life, yang meminta untuk mengisi dan melengkapi formulir pembatalan polis dan menyertakan fotokopi KTP.

Pada tanggal 23 April 2024 pukul 17.39, saya mengirimkan email kembali, untuk formulir pembatalan yang diminta. Tanggal 24 April 2024 pukul 10.15, saya juga mengirimkan email kembali, untuk fotokopi KTP.

Lalu pada tanggal 4 Juni 2024, saya menerima email e-statement dari Kartu Kredit BCA, dengan langsung ada auto debit tagihan dari CIGNA-HOSPIN-EASICARE sebesar Rp510.600. Saat itu juga, saya kembali email dan telepon ke Chubb Life untuk menolak adanya auto debit ini. Termasuk ke Halo BCA nya juga.

Melalui email, pihak Halo BCA hanya menyarankan terus agar saya berkomunikasi dengan pihak asuransinya, tapi tidak memastikan bisa membantu untuk menolak atau membatalkan tagihan tersebut. Sedangkan Chubb Life hanya bolak-balik menjawab, untuk kepesertaan asuransi bisa dibatalkan, tapi premi tidak bisa dibatalkan. Alasan terakhir selalu memberikan kalimat, karena ibu tidak mengirimkan email untuk fotokopi KTP. Era digital sekarang ini, semua bisa dicek dan ricek kembali, bisa terlihat kalau saya sudah melengkapi semua dokumen yang diminta.

Atas kondisi tersebut, saya merasa terjebak dan tertipu oleh Chubb Life ini. Lalu saya cek ricek kembali, ternyata sudah banyak sekali korban-korban nya, bahkan sampai di-auto debit berkali-kali secara otomatis. Untuk menghindari adanya auto debit setiap bulan ke kartu kredit BCA saya sendiri, maka saya memutuskan akan menutup saja kartu kredit BCA ini, agar bisa terhindar dari penagihan premi setiap bulan nya dari Chubb Life.

Melalui surat ini, saya bersedia untuk dihubungi oleh pihak Chubb Life Insurance untuk menyampaikan klarifikasi dan pengembalian atas pembatalan transaksi yang tidak didasari dengan kesadaran dari nasabah Bank BCA. Termasuk juga jika dihubungi dari pihak kartu kredit BCA.

Yuliantini Harsa
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tidak Pernah Menyetujui Asuransi Chubb Life, Tiba-tiba Auto Debit di Kartu Kredit BCA”

Perihal: Tanggapan PT Chubb Life Insurance Indonesia untuk Surat Pembaca a.n. Yuliantini Harsa Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Di Tempat Melalui surat...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Tidak Pernah Menyetujui Asuransi Chubb Life, Tiba-tiba Auto Debit di Kartu Kredit BCA

  • 14 Juni 2024 - (13:03 WIB)
    Permalink

    Terima kasih untuk Media Konsumen dan Tim yang sudah menayangkan ini. Saya berharap tidak akan ada lagi, maaf .. seperti korban dari Chubb Life dan telemarketing nya. Jika ada yang menawarkan iming-iming diskon, dll., mohon segera ditolak dan ditutup saja telp. nya. Karena itu merupakan cara-cara dari telemarketing asuransi, untuk menjebak dan menipu, walaupun ada kalimat yang menyebutkan akan mengirimkan proposalnya dulu untuk persetujuan.
    Chubb Life memang bekerja sama dengan Bank BCA, jadi hati-hati juga untuk nasabah CC BCA.

      • 14 Juni 2024 - (16:44 WIB)
        Permalink

        Tadinya di awal mungkin terkait dengan kartu kredit BCA, bukan perihal asuransi. Yaa begitulah cara-cara telemarketing nya menjebaknya, tidak ada menyebutkan sama sekali kata “asuransi”.

    • 15 Juni 2024 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Halo, baru saja kmren sore saya di telpon pihak asuransi. Saya terima telfon sambil bekerja. jadi saya setujui sajaa. memang salah,
      baru menyadari kalau itu asuransi,
      saya langsung mengubungi phak bca nya.
      takut sekali kalau ada tagihan.
      melihat solusinya hanya menutup kartu kredit. apa lebih baik saya langsung tutup kartu kredit saja ya ? sebelum terbit polisnya ? trims 🙏

    • 15 Juni 2024 - (20:07 WIB)
      Permalink

      emang paling bangke marketing asuransi, jebakan, harus nya pemerintah menutup asuransi yang menjebak seperti ini

  • 14 Juni 2024 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Ini modus penipuan. Sudah banyak yang kena, termasuk saya. Makanya saya pribadi susah merekomendasikan BCA sebagai bank terbaik di sini. Dan menurut saya ini urusan duit sangat besar, yang bersangkutan juga pasti orang2 penting, ngak bakal bisa stop.

    • 14 Juni 2024 - (16:53 WIB)
      Permalink

      Benar, ini memang bentuk penipuan, dan sudah banyak yang kena, sampai dengan nilai yang sangat besar. Sudah semakin yakin, ternyata perusahaan asuransi yang katanya asuransi besar, tapi punya cara-cara menipu seperti ini. Bank BCA pun, setelah saya proses komplen via email bolak-balik juga, belum bisa membantu. Di sore ini, saya sudah proses penutupan CC BCA, tapi tunggu sampai 3 hari, dari pihak BCA katanya akan menghubungi kembali.

  • 14 Juni 2024 - (17:04 WIB)
    Permalink

    Intinya kalau ada yg telepon ngomongin masalah kerjasama KK bank apapun, abaikan saja…ujung²nya auto debet asuransi…tanpa diminta tanda tangan, fotokopi KTPlah ..
    Giliran minta dibatalin dibuat muter², ijin pusatlah,kirim dokumen ini itu….. Capek

    • 15 Juni 2024 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Iyya, semudah itu asuransi melakukan auto deket ke kartu kredit, dan pihak bank nya juga tidak ada sama sekali meminta persetujuan. Makanya itu disebut penipuan.

    • 15 Juni 2024 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Benar … prosesnya dipersulit. Di telp susah, di email juga balasnya sekedarnya saja.

  • 14 Juni 2024 - (20:53 WIB)
    Permalink

    CC BCA istri saya sering dapat telp macam gini, tp untungnya segala telp no asing, saya yang angkat.. dan ketika mereka meminta bicara dengan istri saya, saya tidak ijinkan, dan ketika mereka kembali tanya… kenapa… saya jawab “saya suaminya, saya tidak perlu menjelaskan alasanny, saya bilang tidak boleh, ya tidak boleh…” wkwkwkkwkwk

  • 15 Juni 2024 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Halo, baru saja kmren sore saya di telpon pihak asuransi. Saya terima telfon sambil bekerja. jadi saya setujui sajaa. memang salah,
    baru menyadari kalau itu asuransi,
    saya langsung mengubungi phak bca nya.
    takut sekali kalau ada tagihan.
    melihat solusinya hanya menutup kartu kredit. apa lebih baik saya langsung tutup kartu kredit saja ya ? sebelum terbit polisnya ? trims 🙏

    • 15 Juni 2024 - (09:58 WIB)
      Permalink

      Langsung telp dan email ke asuransi dan kartu kredit nya. Lewat telp juga kalau bisa direkam. Pegang semua nomor bukti pengaduan, dan nama dari pihak asuransi serta nya bank nya. Tapi memang, lebih aman ditutup sebelum ada auto debet. Bisa juga ditanyakan ke pihak bank nya dulu. Atau bisa juga blokir cc nya. Kalau sudah terlanjur ke auto debet, itu yang sulit diselesaikan.

  • 15 Juni 2024 - (12:53 WIB)
    Permalink

    Kl ada penawaran kek gt di tlp saya, sy jawab OGAH !!.
    Langsung sy tutup tlp. Sering tuh dpt tlp kek gt. Sama sy jg pemegang CC BCA.
    Sy komplen ke hallobca untuk menyetop penawaran segala bentuk iklan telemarketing.
    Smpai saat ini ndak ada lagi tlp siluman telemarketing.

    • 16 Juni 2024 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Udah terkenal itu asuransi penipu, bilang dapet diskon lah, naik limit lah,. klo ditelpon dri mereka, lgsg ditutup aje.. 😅

      • 18 Juni 2024 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Iyye … udah proses dihapus, tapi premi yang sudah terlanjur di auto debet ke CC BCA, kagak dihapus-hapus juga. Kok kayaknya susah banget asuransi memproses itu.

        Duuhhh maklum dah, asuransi penipu yaa begitu.

  • 20 Juni 2024 - (17:22 WIB)
    Permalink

    saya selama ini tidak tahu. ternyata sudah 2 tahun asuransi chubb diam diam lakukan auto debet ke rekening BRI saya. uang akhirnya sia-sia.

    • 27 Juni 2024 - (17:56 WIB)
      Permalink

      Harus diurus, dan coba di komunikasikan, amannya via email, supaya lebih mudah, karena data tersimpan. Yaa memang ada ekstra usaha juga, karena harus berkali-kali komunikasinya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Tidak Pernah Menyetujui Asuransi Chubb Life, Tiba-tiba Auto Debit di K…

oleh yuliantini dibaca dalam: 2 menit
19