Buruknya Layanan Tokopedia NOW!

Terima kasih kepada Media Konsumen yang sudah menerbitkan artikel ini. Langsung saja, saya ingin mengungkapkan kekecewaan saya pada layanan Tokopedia NOW!, yang akhir-akhir ini yang sangat merugikan saya.

Tokopedia NOW! ini adalah layanan terjadwal, pembeli akan disuruh pilih mau dikirim barang pukul berapa. Namun sudah beberapa kali ini saya selalu dikirim tidak sesuai jadwal, minimal 2 jam dari jadwal yang seharusnya. Saya sudah tidak mau pakai, tapi karena kalau telat dapat cashback Rp15.000, saya berniat pakai voucher-nya, terus stop pakai Tokopedia NOW!. Namun ternyata kejadiannya berulang, sampai yang paling parah pun terjadi.

Tanggal 27 Juni 2024 saya pesan, dengan jadwal dikirimkan tanggal 29 Juni 2024 pukul 16.00-18.00. Namun akhirnya barang baru dikirim pukul 21.00 (saat itu saya sedang tidak di rumah). Jadi barang diletakkan saja di teras rumah. Waktu saya pulang, betapa kagetnya saya, dari 8 macam barang pesanan saya yang dikirim hanya 1 macam (air mineral).

Akhirnya saya tanya driver-nya. Driver-nya kasih saya nomor staf yang menyiapkan barangnya. Saya WA staf-nya, awalnya bilang dia hanya kasih barang ke driver. Waktu saya tegaskan kenapa tidak dicek sebelum dikasih ke driver, dia ngeles lagi, katanya hari ini dia gak stand by (chat terlampir). Yang benar yang mana? Driver info ke saya kalau dia disuruh sama staf itu untuk memilih sendiri barang yang mau diangkut. Saya syok! Sejak kapan driver jadi QC yah? Kasihan benar driver-nya. Driver juga cerita bahwa staf itu mengakui itu kelalaian dia, bahwa barang tertinggal di kantor.

Akhirnya saya buat komplain di Tokopedia pada tanggal 29 Juni 2024. Sampai saya menulis artikel ini (30 Juni 2024 pukul 20.00). tidak ada yang merespons keluhan saya. Barang juga tidak dikirim. Saya sudah niat baik ke staf ini, dia bilang akan kirim barang hari ini maksimal pukul 6 sore. Namun ternyata cuma janji-janji saja, tapi tetap tidak dikirim, chat saya pun tidak dibalas lagi.

Tolong ya Tokopedia NOW!, kalau gak bisa menepati SLA yang dibuat sendiri, tutup saja layanannya. Tolong di-training lagi dan tindak tegas staf-nya, jangan melimpahkan kerjaan ke driver. Sudah salah, tapi berlagak tidak ada ada salah. Tidak ada tanggung jawabnya! Malah ini driver-nya yang bantuin saya terus telepon ke stafnya. Kasihan kan, yang salah siapa yang repot siapa? Saya tunggu itikad baiknya.

Sri Wahyuni
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

9 komentar untuk “Buruknya Layanan Tokopedia NOW!

  • 2 Juli 2024 - (10:47 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah. Tokopedia pikir gampang jualan barang sendiri. Ngak tau banyak karyawan ajaib.

  • 2 Juli 2024 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Untuk Managemen Tokopedia now, mukin kalian menganggap tidak penting komplain saya. sampai kalian tidak sama sekali menghubungi saya, padahal saya sudah hard komplain di aplikasi. bahkan staff yg menjanjikan barang kirim hari minggu (30 juni) tidak juga membalas wa saya. Driver sudah berbaik hati mau nitip ke temannya yang searah pun kalian tolak. sampai senin tgl 30 juni, akhirnya driver yang berbaik hati datangi lagi gudangnya untuk mengambil kekurangan barang saya. malah staff yg tidak balas chat saya itu “ngomongin” saya dichat dengan dengan driver dia gak masuk kerja makanya gak bisa urus. dan bilang saya marah2. bukannya minta maaf balas wa saya malah ngomongin saya. bener2 tidak ada merasa bersalah. padahal awal salah saya gak marah, cuma minta kirim hari minggu, saya mulai marah karena minggupun tidak jadi kirim dan semua diem seribu bahasa. padahal jelas2 itu staff mengakui barang tertinggal dikantor. Pelayanan terburuk selama saya belanja online. padahal jarak toko ke rumah saya pun gak begitu jauh. kalau kalian niat mau balikin kekurangan barang tinggal pesan gojek lagi, kenapa harus nunggu 2 hari? bahkan akhirnya gojek yg pertama bawalah yg harus balik ngambilin, nelponin terus staffnya. Mending kalian angkat ini driver jadi karyawan karena terlihat betul bertanggungjawab. Saya sangat berterimakasih dengan kebaikan hati driver gojek ini

  • 2 Juli 2024 - (11:23 WIB)
    Permalink

    Ohya, saya dapat info justru ini driver dimarah2in sama staff nya, klo sampai terjadi apa2 dengan driver gojek ini, atau dapat masalah, saya tekankan driver ini hanya berniat membantu saya. Dia tidak salah apa2. karena memang tugas driver hanya mengantarkan bukan ngecek2in apakah yg dia bawa sudah sesuai dengan pesanan. karena harusnya itu tugas staff digudang untuk celist. Apalgi saya pesan lumayan macem2 barangnya masa iya suru driver milih sendiri. Tolong diperbaiki sistemnya

  • 2 Juli 2024 - (14:32 WIB)
    Permalink

    orang masih aja demen ya jajan kelontongan online2 gini, mau lewat marketplace apa online si supermarket jg ada aja kasus kayak gini, mana cashback 15 rebu doang tp bikin mental breakdown, wkwkwk..

    mending jajan langsung di toko dah

    • 2 Juli 2024 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Katanya jarak tokonya tdk terlalu jauh dari rumah TS, knp TS gak dtng langsung saja ke toko kan gak bikin ribet…

      • 2 Juli 2024 - (17:33 WIB)
        Permalink

        sepertinya anda komen tanpa membaca. ada temen driver yg searah rumah saya mau ambil tidak dibolehin. katanya mau diurus sendiri sama itu staff. tapi sampai 2 hari tidak di urus

        • 2 Juli 2024 - (17:38 WIB)
          Permalink

          Bahkan awalnya ini driver (driver yg awal bawa barang saya) sudah menawarkan diri mau ambil pun ditolak gak boleh. Setelah saya makin marah baru dia kasih ke itu driver untuk di antar ke saya. ini sekelas tokopedia loh.

    • 2 Juli 2024 - (17:31 WIB)
      Permalink

      Benar. mau dimanapun bisa saja terjadi kesalahan seperti ini. makanya pas tau ada kurang saya gak marah (bisa liyat chat saya awal masih biasa saja). cuma minta kirim keesokan hari nya. tapi ternyata buruk sekali responnya. kalah sama alfagift yg langsung balik lagi nganterin kekurangan barang. saya juga awalnya gamau permaslahin ini klo emg minggu di anterin lagi atau minimal komunikasi nya baik dengan saya. sebenarnya memang sudah tdk mau pakai lagi karena telat berjam2 jd suka nungguin, ini pikirnya pesan terakhir krn mau pakai yg CB 15Ribu itu tapi malah lebih ZONK lagi

 Apa Komentar Anda?

Ada 9 komentar sampai saat ini..

Buruknya Layanan Tokopedia NOW!

oleh Wahyuni dibaca dalam: 1 menit
9