Kartu Kredit Bank Mega Telah Expired Namun Bisa Dibobol, Bank Mega Tetap Wajibkan Pembayaran

Pada tanggal 18 Juni 2024, saya menerima e-billing dari Bank Mega seperti bulan-bulan sebelumnya. Namun, kali ini saya sangat kaget karena tagihan saya yang biasa saya terima hanya sekitar 3 juta, tapi bulan Juli ini saya mendapati tagihan hingga nominal 10 juta lebih.

Setelah saya cross check, ternyata kartu kredit saya telah digunakan untuk pembelian pada aplikasi Bima+ dan TikTok yang tidak pernah saya lakukan.

Transaksi tersebut dilakukan pada 1 hari yang sama yaitu di tanggal 4 Juni 2024. Saya pun telah melaporkan hal tersebut pada CS Bank Mega dan telah melakukan sanggah transaksi pada tanggal 18 Juni 2024.

Untuk informasi, kartu kredit saya yang digunakan tersebut telah habis masa berlakunya yaitu pada tahun 2023 dan sudah dikirimkan kartu baru kepada saya. Sampai dengan sekarang tidak ada aktivasi apapun yang saya lakukan untuk penggantian kartu baru tersebut, karena saya sudah tidak ingin menggunakan kartu kredit.

Pembayaran saya selama ini saya lakukan minimum payment dan rencananya akan saya selesaikan dalam waktu dekat. Untuk informasi juga bahwa kartu kredit Bank Mega saya telah saya hancurkan dan saya musnahkan baik kartu lama yang telah expired maupun kartu pengganti yang baru. Saya pastikan tidak ada dari pihak saya yang teledor dalam penyimpanan kartu.

Pada tanggal 9 Juli 2024, saya kembali menghubungi call center Bank Mega menanyakan hasil investigasi atas sanggahan saya tersebut. Namun saya sangat kecewa karena Bank Mega menolak sanggahan saya dengan alasan pembelian dengan kartu kredit Mega di tanggal 4 Juni 2024 tersebut menggunakan OTP yang masuk ke nomor HP saya yang telah nonaktif sejak 24 Januari 2024.

Saya bertambah kecewa ketika tagihan tersebut wajib saya bayar karena hasil sanggahan yang ditolak. Namun di tanggal 9 Juli 2024, saya ajukan sanggahan lanjutan karena saya merasa bagaimana bisa kartu yang telah expired dan kartu baru yang belum diaktivasi bisa digunakan untuk pembelanjaan. Lalu buat apa ada masa expired dan proses aktivasi kalau akhirnya hanya dengan OTP saja pembelian pun berhasil?

Di mana letak keamanan pengguna? Bahkan CS online Bank Mega tersebut semakin membuat saya down karena menginformasikan bahwa bisa jadi jawaban sanggahannya akan ditolak. Saya rasa Bank Mega perlu belajar dari sistem keamanan Bank BCA yang selalu update dan tanggap terhadap isu peretasan data yang saat ini sedang marak. Mohon perhatian dan semoga menjadi pelajaran buat kita semua.

Yunita
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Kartu Kredit Bank Mega Telah Expired Namun Bisa Dibobol, Bank Mega Tetap Wajibkan Pembayaran

  • 11 Juli 2024 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Kalo saya dibank sebelah Kartu perpanjangan yang diperpanjang cuma vakid thrunya aja, nomor cc dan cvv seinget sy tetap.. dan gaprlu aktivasi.. tpi mungkin beda bank beda jg layanannya..

    Smga sgra selesai kendalanya ya

    • 12 Juli 2024 - (07:51 WIB)
      Permalink

      Sepanjang aku punya dan pakai kartu kredit (BCA, OCBC), ketika kartu perpanjangan sampai itu, pihak bank selalu meminta untuk di aktivasi (baik via sms, email atau notif app), kalau tidak ya tidak bisa dipakai. Untuk transaksi online yang masih pakai data lama kartu kredit yang sudah expired saja, maka transaksi langsung otomatis batal. Terkait kartu perpanjangan, yang sama cuma 16 digit angka nya saja, sisanya berubah, baik expired date plus cvv.

  • 11 Juli 2024 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Tks kak, klo di bank mega seingat saya dan mnrt info cs mega jg klo pake kartu yg sdh expired ttp g bs di pake utk pembelian, mknya butuh aktivasi, dan sblm melakukan pembelian dgn cc saya si peretas sempat telp ke cs mau menanyakan data cc saya namun ketika di verifikasi gagal krn tdk sesuai, sdh dinote oleh bank mega ada tindakan mencurigakan, seharusnya itu bs di sampaikan ke email sy… Tp tdk ada info apapun, 😊 ya bablasss di pake smpe habis limit… Tp tengkyu bgt kak doanya smoga ini cepat di selesaikan

      • 11 Juli 2024 - (20:21 WIB)
        Permalink

        Iya kak.. Pelaku yg sama, dr sekian a aplikasi yg diretas (bukalapak, pegadaian, dll) yg lolos ada 3 mega dbs dan indodana.. Yg lain proteksinya sdh bagus kak.. Kyk bukalapak dan pegadaian dia reminder ada device yg coba download aplikasi… Beserta jenis hp dan lokasinya… Pembelajaran bgt 😁

        • 12 Juli 2024 - (00:43 WIB)
          Permalink

          Pdhal aku pake cc bri trx digoogle aja nominal kecil sekalipun lgsg diblokir, trs bank tlp ke kita.. lah ini ko trx bisa lolos sgtu bnyaknya ya allah, sejahat itukah manusia🥲🥲🥲🥲🥲 cuma bsa blg yg sbr ya kak smga nemu jln kluarnya

  • 12 Juli 2024 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Lalu buat apa ada masa expired dan proses aktivasi kalau akhirnya hanya dengan OTP saja pembelian pun berhasil?

    –> justru OTP adalah kuncinya.

    • 12 Juli 2024 - (19:19 WIB)
      Permalink

      “Setiap kartu kredit memiliki tgl kadaluarsa untuk menjaga keamanan pemegang kartu, apabila kartu telah mencapai tgl tersebut, kartu akan tidak dapat digunakan lagi untuk transaksi apapun” (dr website bank mega) tp tks ya kak… Smoga ini jd pembelajaran😊

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Bank Mega Telah Expired Namun Bisa Dibobol, Bank Mega Tet…

oleh anastasia yunita dibaca dalam: 1 menit
10