Telkom Indihome Mengecewakan

Yth. Media Konsumen,

Saya adalah pelanggan baru Telkom Indihome dengan harapan besar bahwa pelayanan PT. Telkom telah berubah kualitasnya menjadi nomor 1 di Indonesia. Nomor Id pelanggan saya 122602233808, atas nama Budiman Bintang Prakoso. Saya mulai berlangganan Telkom Indihome atas saran teman saya, yang katanya sinyal paling stabil dengan keluhan cepat ditangani.

Saya berlangganan Telkom Indihome untuk usaha kos-kosan di daerah Cempaka Putih – Jakarta Pusat, kira-kira sejak akhir bulan Oktober 2015. Pelayanan pemasangan amatlah responsif dan cepat disertai teknisi yang sigap. Harapan saya semakin besar bahwa hal ini akan berlangsung terus. Saya mengambil paket 10 Mbps dengan UseeTV gratis all channel dan paket telepon sebagai paket promo awal.

Betapa senangnya bahwa 1,5 bulan pertama semua berjalan lancar tanpa pernah ada gangguan koneksi, malah speed saya dinaikkan jadi 15-16 Mbps. Luar biasa saya pikir Telkom Indihome pada awalnya, produk murah yang sangat berkualitas.

Kekecewaan saya bermula pada tanggal 8 Desember 2015 pukul 13:00, internet TV dan telepon mati dengan modem saya berkedap-kedip di lampu LOS nya. Segera saya telepon Customer Service 147 yang khusus bagian keluhan.

Berikut ini kekecewaan saya:

1. Call center Telkom 147 bagian keluhan (pencet no 2) sering sekali sibuk bahkan pernah saya telepon dan biarkan 1-2 jam hingga HP saya habis baterai, tidak juga kunjung diangkat CS setempat. Alhasil saya harus mencoba di jam-jam yang tidak wajar seperti jam 11 malam. Bila ingin menjadi pelanggan baru atau berlangganan Telkom Indihome (pencet no 1) respon CS cepat sekali mengangkat telepon, namun sayang tidak menerima keluhan pelanggan dan disarankan menelepon dengan memencet nomor 2.

2. Setelah berbicara dengan CS setempat, rupanya mereka tidak mempunyai informasi atau tidak dapat mengakses jaringan yang dapat membantu untuk cek jaringan apakah terjadi gangguan di daerah Cempaka Putih atau hanya rumah saya saja.

3. Call center Telkom 147 bagian keluhan hanya bertugas mencatat dan melakukan laporan ke pihak teknisi. Mereka berjanji akan follow-up dengan cara mencatat nomor telepon saya. Tiket keluhan saya nomor IN989323.

4. Call center Telkom 147 menjanjikan bahwa akan mendatangkan teknisi secepatnya dan tidak dapat menjadwalkan kapan teknisi datang dengan janji paling lambat 3×24 jam.

5. Ternyata menelepon 147 menghabiskan pulsa HP Esia saya sebesar 200.000 rupiah selama 5 hari. Saya telepon kira-kira sehari 5-6 kali untuk mengadukan masalah saya.

6. Selama 5×24 jam lebih hingga detik saya menulis ini belum ada teknisi atau pun perbaikan dari jaringan Telkom Indihome.

7. Call center Telkom 147 sering miskomunikasi terhadap telkom itu sendiri. Saya contohkan: Tanggal 9 Desember 2015 saya menelepon 147 dan agar cepat selesai masalah ini, saya berniat datang ke Plasa Telkom Kebon Sirih pada tanggal 10 Desember 2015 saat libur Pilkada. Saya tanyakan berkali kali apakah plasa telkom buka? Call center 147 mengatakan pasti buka pak, tidak ada pemberitahuan libur kepada kami selaku pihak Telkom. Keesokan harinya saya ke Plasa Telkom Kebon Sirih pukul 10 pagi dan kantor ternyata tutup. Dengan rasa kecewa dan sedih saya bertanya satpam Plasa Telkom setempat, mereka hanya berkata: “Sabar ya pak, 147 memang sering buat masalah, sudah banyak yang datang hari ini dengan janji dari 147 bahwa kantor buka pada tgl 10 Desember 2015”. Masa sebagai pusat informasi CS 147 tidak mengetahui hal tersebut? Apakah SDM-nya sebegitu buruknya?

8. Setelah berpuluh-puluh kali menghubungi 147 (yang sulit dihubungi itu) selama kurang lebih 5×24 jam, saya mendapat banyak komplain dari penghuni kosan saya. Akhirnya saya menyerah dan menyatakan akan berhenti langganan Indihome saja dan mendapat bukti pengaduan nomor 2015-12-FA260889-157780 dengan CS Ayu tgl 11 Desember 2015 pukul 11:10-11:22.

Tulisan ini bertujuan untuk memperbaiki pelayanan PT. Telkom agar lebih peduli pada konsumen. Jangan hanya mengejar konsumen baru tanpa peduli konsumen lama. Mungkin saja keluhan saya hanya karena kabel kendor atau masalah yang simpel, padahal koneksi internetnya stabil. Tapi karena teknisi tak kunjung datang, apa daya kami? Kami tak bisa mengetahui apa yang sedang terjadi.

Akhir kata, saya harap teknisi Telkom Indihome akan cepat datang ke sini untuk menindaklanjuti pencabutan jaringan saya. Apa yang patut dibayar bila kualitas pelayanan sudah terpuruk seperti ini?

Saya menyarankan kepada pembaca untuk menunda dulu berlangganan Telkom Indihome, atau pikir-pikir dulu dengan kualitas pelayanan yang begini.

Terima kasih atas buruknya pelayanan anda.

Budiman Bintang Prakoso
Jln. Cempaka Putih Timur 24 No 9A
Jakarta Pusat – 10510

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom Indihome:
[Total:102    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

84 komentar untuk “Telkom Indihome Mengecewakan

  • 29 Desember 2017 - (20:12 WIB)
    Permalink

    sy jg ..langganan indihome ..kecepatan dowloady ga sesuai yg dijanjikan ..payah ..lemot dan salurany jg sm aja dengan kita pasang antene biasa …cuma beda ada iflik ..tp ifliky jg sm saja..sudh 2 hari ga bs dibuka …ga ada solusi tp marketingy menawarkan yg hebat hasily nol besar

  • 3 Februari 2018 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Mengecewakan, saya sudah pindah paket, dan katanya sudah di ACC tapi nyatanya tagihan masih saja gede, cmn beda dikit
    Tidak sesuai dengan yg dijanjikan…
    Setelah saya tanyakan ke operator, katanya sewa modem…
    Pdhl itu dah termasuk paket…
    Saya bingung dengan perusahaan pemerintah, bukanya memberi yg terbaik buat rakyat, malah tipu2…

  • 16 Agustus 2018 - (17:07 WIB)
    Permalink

    DIDAERAH SAYA GUNUNG SITOLI YG PALING PARAH,SAYA MAU DAFTAR INDIHOME,PAKET NETIZEN 1 DUAL PLAY,gak dilayani,itu sejak bulan januari – agustus 2018 sampai saat ini belum bisa,alasan TELKOM jaringan belum tercover/jauh dari jangkauan ODP,padahal tetangga sebelah rumah saya yg pasang indihome paket TRI PLAY(3P)bisa tercover,balasan penjelasan selalu berbelit2,,seolah2 kita diKADALIN,saya mau mengadu ke PUSAT RESOLUSI gak tau alamat Link nya,langsung ke PUSAT DKI JAKARTA,,maunya,,langsung ke PIMPINAN INDIHOME,

  • 16 Agustus 2018 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Saya bernama MUSRIL TANJUNG ingin melaporkan tentang keluhan saya terhadap PT.Telkom indonesia. Saya memiliki keluhan masalah PEMASANGAN BARU INDIHOME Tak kunjung SELESAI. sejak tanggal 28 januari 2018. Namun masalah yang saya keluhkan tidak kunjung kelar sampai saat ini. Saya sudah berkali kali menghubungi pihak telkom namun hasil yg saya dapatkan tak juga BERHASIL yang saya herankan setiap pengajuan pemasangan BARU untuk paket 3P (tri PLAY)selalu cepat TERCOVER,tapi kalau kita minta yang PAKET NETIZEN 1 DUAL PLAY,selalu belum ada paket tersebut dikota kami,padahal sebagian orang sudah dapat menikmati paket netizen 1 dual play tersebut,mengapa bagi diri saya selalu DIBLOKIR ?? Mohon team lapor.go.id bisa membantu memberi teguran keras terhadap perusahaan BUMN yang sistem pelayanan yang ada Di DAERAH SAYA KOTA GUNUNG SITOLI ini. Padahal Internet sangat dibutuhkan pada masa Jaman INI, SEKIAN DAN TERIMA KASIH

  • 18 September 2018 - (19:00 WIB)
    Permalink

    sama bro saya jg alami
    koneksi indihome lelet
    mulai
    jam 10 pagi sampe jam 7 malam
    masalah mulai dari 27 agustus sampe sekarang tgl 18 september
    sudah 10 teknisi bolak balik kerumah
    tapi gak ada hasil
    speed internet masih lelet
    youtube aja lemot bangat
    sangat kecewe dengan pelayanan indihome

  • 16 November 2018 - (17:17 WIB)
    Permalink

    pertama saya pasang internet sebelum ada indihome degan kapasitas 512 kbps dan ada promosi kemunculan indihome jaman sekarang ini yah.. mau gimana lagi.. akhirnya ikut2an pasang dengan kapasitas 10 mbps, saya pikir nih.. dengan adanya kenaikan kapasitas kbps ke mbps akan beda namun hasilnya sama saja, cuma lebihnya tv ga pake antena lagi heheeee…. nah.. selang beberapa waktu ada telpon dari telkom menawarkan promosi kenaikan kapasitas dari 10 mbps menjadi 20 mbps, saya pikir pasti mungkin akan lebih cepat koneksi internetnya, namun kenyataannya walahhhh… sama saja malah tambah banyak gangguan.. yah… cuma satu itu bedanya.. heheee tv ga pake antena lg… waduh.. udah terlajur kemakan promosi.. yang tidak menjanjikan… kebiasaan jaman sekarang ini… jangan yah… mohon komentar dan balasannya trimakasih.

  • 18 Februari 2019 - (07:34 WIB)
    Permalink

    Saya kecewa dengan pelayanan indihome,saya sudah berlangganan paket internet dengan tagihan 300 rb/bln.dan
    bila belum di bayarkan secara otomatis mati dgn sendirinya dan bila di bayar aktif kembali. sudah berjalan +- 4bln..tiba-tagihan membengkak menjadi 500 rb lebih..saya sudah kekantornya mereka berdalih karena ada pemakaian.

  • 8 Mei 2019 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Saya kurang puas dengan layanan indihome. Waktu promo yg ditawarkan oleh pihak pemasaran telkom, saya ditawarkan adanya promo indihome fantastic deal. Saya mengambil salah satu paket indihome new netizen 1 dg kecepatan 20Mbps dg penawaran harga 380.000/bulan tetapi setelah saya datang ke telkom utk melakukan pembayaran, harga bulan selanjutnya mengalami kenaikan tdk sesuai dg promo pada awal serta internet nya lemot.

    • 15 Mei 2019 - (05:39 WIB)
      Permalink

      Nasib saya pun sama….dari tgl 7 Mei 2019 sampai detik ini tgl 15 Mei 2019 tak ada satu pun teknisi yang sekedar datang atau konfirmasi ke saya, sudah lebih dari 10kali saya menelpon 147 ke bagian pengaduan tetapi jawabannya semua sama…(cuma dicatat laporannya kemudian di follow up ke bagian teknisi) …marah?? Sudah terlalu capek saya marah2…sabar?? Sudah terlalu besar kesabaran saya…akhirnya saya bertekad bulat untuk menyudahi saja, insya Allah hari ini saya akan berkunjung ke plaza telkom untuk memutuskan langganan ini…saya sangat KECEWA pada pelayanan maupun jaringannya….

  • 24 Agustus 2020 - (19:20 WIB)
    Permalink

    WiFi saya sering lag dan lambat padahaltidak ada yg menggunakan nya selain saya sendiri menurut saya ini harus cepat di atasi!….

  • 9 Oktober 2020 - (07:12 WIB)
    Permalink

    pantes gk pernah di iklanin karena indihome gblk gk becus kerjanya bisanya bilang ”maaf ya pak/ibu atas gangguan nya” kerjanya gk propesional gk jago jago nya jago ngomong.alasannya 1.000 alasan

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 84 komentar sampai saat ini..

Telkom Indihome Mengecewakan

oleh Budiman Prakoso dibaca dalam: 3 min
84