Telkom Indihome Mengecewakan

Yth. Media Konsumen,

Saya adalah pelanggan baru Telkom Indihome dengan harapan besar bahwa pelayanan PT. Telkom telah berubah kualitasnya menjadi nomor 1 di Indonesia. Nomor Id pelanggan saya 122602233808, atas nama Budiman Bintang Prakoso. Saya mulai berlangganan Telkom Indihome atas saran teman saya, yang katanya sinyal paling stabil dengan keluhan cepat ditangani.

Saya berlangganan Telkom Indihome untuk usaha kos-kosan di daerah Cempaka Putih – Jakarta Pusat, kira-kira sejak akhir bulan Oktober 2015. Pelayanan pemasangan amatlah responsif dan cepat disertai teknisi yang sigap. Harapan saya semakin besar bahwa hal ini akan berlangsung terus. Saya mengambil paket 10 Mbps dengan UseeTV gratis all channel dan paket telepon sebagai paket promo awal.

Betapa senangnya bahwa 1,5 bulan pertama semua berjalan lancar tanpa pernah ada gangguan koneksi, malah speed saya dinaikkan jadi 15-16 Mbps. Luar biasa saya pikir Telkom Indihome pada awalnya, produk murah yang sangat berkualitas.

Kekecewaan saya bermula pada tanggal 8 Desember 2015 pukul 13:00, internet TV dan telepon mati dengan modem saya berkedap-kedip di lampu LOS nya. Segera saya telepon Customer Service 147 yang khusus bagian keluhan.

Berikut ini kekecewaan saya:

1. Call center Telkom 147 bagian keluhan (pencet no 2) sering sekali sibuk bahkan pernah saya telepon dan biarkan 1-2 jam hingga HP saya habis baterai, tidak juga kunjung diangkat CS setempat. Alhasil saya harus mencoba di jam-jam yang tidak wajar seperti jam 11 malam. Bila ingin menjadi pelanggan baru atau berlangganan Telkom Indihome (pencet no 1) respon CS cepat sekali mengangkat telepon, namun sayang tidak menerima keluhan pelanggan dan disarankan menelepon dengan memencet nomor 2.

2. Setelah berbicara dengan CS setempat, rupanya mereka tidak mempunyai informasi atau tidak dapat mengakses jaringan yang dapat membantu untuk cek jaringan apakah terjadi gangguan di daerah Cempaka Putih atau hanya rumah saya saja.

3. Call center Telkom 147 bagian keluhan hanya bertugas mencatat dan melakukan laporan ke pihak teknisi. Mereka berjanji akan follow-up dengan cara mencatat nomor telepon saya. Tiket keluhan saya nomor IN989323.

4. Call center Telkom 147 menjanjikan bahwa akan mendatangkan teknisi secepatnya dan tidak dapat menjadwalkan kapan teknisi datang dengan janji paling lambat 3×24 jam.

5. Ternyata menelepon 147 menghabiskan pulsa HP Esia saya sebesar 200.000 rupiah selama 5 hari. Saya telepon kira-kira sehari 5-6 kali untuk mengadukan masalah saya.

6. Selama 5×24 jam lebih hingga detik saya menulis ini belum ada teknisi atau pun perbaikan dari jaringan Telkom Indihome.

7. Call center Telkom 147 sering miskomunikasi terhadap telkom itu sendiri. Saya contohkan: Tanggal 9 Desember 2015 saya menelepon 147 dan agar cepat selesai masalah ini, saya berniat datang ke Plasa Telkom Kebon Sirih pada tanggal 10 Desember 2015 saat libur Pilkada. Saya tanyakan berkali kali apakah plasa telkom buka? Call center 147 mengatakan pasti buka pak, tidak ada pemberitahuan libur kepada kami selaku pihak Telkom. Keesokan harinya saya ke Plasa Telkom Kebon Sirih pukul 10 pagi dan kantor ternyata tutup. Dengan rasa kecewa dan sedih saya bertanya satpam Plasa Telkom setempat, mereka hanya berkata: “Sabar ya pak, 147 memang sering buat masalah, sudah banyak yang datang hari ini dengan janji dari 147 bahwa kantor buka pada tgl 10 Desember 2015”. Masa sebagai pusat informasi CS 147 tidak mengetahui hal tersebut? Apakah SDM-nya sebegitu buruknya?

8. Setelah berpuluh-puluh kali menghubungi 147 (yang sulit dihubungi itu) selama kurang lebih 5×24 jam, saya mendapat banyak komplain dari penghuni kosan saya. Akhirnya saya menyerah dan menyatakan akan berhenti langganan Indihome saja dan mendapat bukti pengaduan nomor 2015-12-FA260889-157780 dengan CS Ayu tgl 11 Desember 2015 pukul 11:10-11:22.

Tulisan ini bertujuan untuk memperbaiki pelayanan PT. Telkom agar lebih peduli pada konsumen. Jangan hanya mengejar konsumen baru tanpa peduli konsumen lama. Mungkin saja keluhan saya hanya karena kabel kendor atau masalah yang simpel, padahal koneksi internetnya stabil. Tapi karena teknisi tak kunjung datang, apa daya kami? Kami tak bisa mengetahui apa yang sedang terjadi.

Akhir kata, saya harap teknisi Telkom Indihome akan cepat datang ke sini untuk menindaklanjuti pencabutan jaringan saya. Apa yang patut dibayar bila kualitas pelayanan sudah terpuruk seperti ini?

Saya menyarankan kepada pembaca untuk menunda dulu berlangganan Telkom Indihome, atau pikir-pikir dulu dengan kualitas pelayanan yang begini.

Terima kasih atas buruknya pelayanan anda.

Budiman Bintang Prakoso
Jln. Cempaka Putih Timur 24 No 9A
Jakarta Pusat – 10510

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

87 komentar untuk “Telkom Indihome Mengecewakan

  • 2 Juli 2016 - (01:35 WIB)
    Permalink

    y yang pasti hal itu hanya menghabiskan pulsa saja jika nelp 021 147 dan hanya dikasih nomor tiket..buat apa coba..hanya laporan saja tp tidak ada tindakan yg jelas..mendingan beli tiket dari pada dikasih tiket yg g jelas..????

  • 3 Juli 2016 - (11:52 WIB)
    Permalink

    1. Pemasangan indihome aja orangnya udah pada minta bayar ini itu. Karna butuh ya kasih aja deh, dikasih dikit marah-marah.
    2. Di iklan saya kira cuma 400rb perbulan untuk indihome 10mbps, ternyata lebih dari 500 perbulan. Pdhal yg dipakai cuma inetnya saja untuk 6 pc. Telpon tidak ada dan tidak dipasangkan, useetv gk ada jaringan.
    3. Ditelpon lagi ada kenaikan biaya hingga 70rb. Mending cabut indihome deh.
    4. Internet di Indonesia dimonopoli neh…
    5. CUstomer service telkom (147) jumlahnya banyak banget, pernah ngadu ke 147, pas mau ngadu lagi crita lagi dari awal lagi. Tiap CS responnya beda beda…ngabisin duit kalo telpon 147.

  • 13 Juli 2016 - (21:56 WIB)
    Permalink

    ane juga gan ane udah ngegunain spedy lebih dari 1 tahun tapi pelayanan yang ada malah merosot dari yang ane harapin pertama pasang biaya kira kira 1500.000 ane kira mungkin modem sama routernya di beli atau di milikin udah setengah bulan karna gangguan yang ane nga tau apa sebabnya wifi nga ada internetnya 10 hari berselang setelah ane aduin baru datang tehnisi speddy nya lalu di pasang baru lah modem yang lama akhirnya nambah biaya 500.000 setelah itu gangguan terus menerus hingga abis 3 modem ganti ganti terus sama tehnisi nya …akhirnya terakhir internetnya mati total 10 hari nga ada tehnisi yang datang udah berkali kali dihubungin sama aja nga ada respon akhirnya saya upgrade jaringanya menjadi indihome tapi udah 3 bulan tidak ada tehnisi yang melakukan pemasangan alasanya masih banyak job ..oke satu bulan saya tolelir tapi setelah ditunggu tunggu nga ada juga kebetulan di tetangga ada yang pasang ketika di tanya kapan pemasangn dia mengelak tidak tahu setelah berbincang akhirnya tehnisi mau masang asal bayar pemasangn 2.500.000 turun yang tadinya 5.000.000 satu kali pasang …nah pertanyaan saya kita itu berlangganan sisitemnya nyewa kan ?? bukan beli berarti kabel fiber optik dan modem nya milik saya …tapi saya sekarang berpikir mungkin tehnisi lapagan yang bermain harga di sini …ane ngerasa telkom indonesia yang namanya besar nga sesuai sama layanan yang besar pula

  • 27 Juli 2016 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Bagi para calon konsumen telkom speedy / indihome sebaiknya dipikir pikir lagi.. soalnya saya yang mengalaminya. rugi sumpah. tiap minggu ada aja gangguannya. entah itu error lah, RTO lah, dsb. saya pernah mengalami error selama 2 minggu lebih. setelah komplain secara lembut pihak Telkomnya kurang gesit untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. akhirnya saya pake kata-kata kasar dan pihak telkompun BARU memperbaiki. dalam 1 bulan saya hanya menggunakan layanannya sekitar 11-12 hari itu pun masih ada gangguan RTO dsb. TAPI… saat pembayaran, telkom meminta bayaran penuh (1 bulan). SEHAT gk ???? udah gk ada kompensasi + gangguan hampir tiap hari !

  • 12 Agustus 2016 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Saya sangat sangat sangat kecewa dengan Indihome , saya sarankan untuk yang mau masang benar benar dipikirkan dengan sangat matang untuk memasang layanan Indihome. Kenapa ? Ini yang saya rasakan sampai saat ini.Di brosur tertera up to 10 mbps berarti jika lebih dari 1 PC makan speed akan terbagi.Tetapi saya selalu menggunakan PC pada saat malam dimana hanya 2 PC yang digunakan yaitu laptop dan PC saya.Speed internet hanya 300 Kbps.PC saya dan Laptop hanya bermain game online yang cuman memakan beberapa ratus kbps.Dan yang paling sering saya alami adalah seharusnya pada malam Hari user off atau sedikit user yang menggunakan Indihome.Tetapi kenapa pada saat malam itulah speed internet malah makin melambat hingga di luar dugaan.Contohnya pada kemarin malam.Speed internet hanya 40 kbps.

  • 27 Agustus 2016 - (21:43 WIB)
    Permalink

    KECEWA… saya juga menjadi korban dimana layanan indihome sangat buuruuk… saya minta pasang tanggal 1 agust.. baru dipsang tanggal 19 agst, baru dipasang siang.. belum lewat hari malamnya sudah tidak bisa dipakai (ngeblank) semua.. hingga saya menulis komentar ini belum saja datang teknisinya… sudah ke 147 dan plasa telkom berkali-kali tidak MEMPAN.. sedangkan Tagihan terus berjalan.. dan saya belum menikmati APAPUN dari indihome.. Terimakasih Atas Layanan Yang Mengecewakan..

  • 19 September 2016 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Ini lah salah Satu Provider Terburuk di Indonesia yang saya alami, Indihome, Id pelangganan saya 121703206007, sudah melapor ke Telkom enter price, dan juga 147, sudah semingguan. hampir tiap hari melapor, sampai sekarang tidak ada satupun petugas, yang datang menangani masalah internet dan telpon yang tidak bisa pakai. Yang anehnya lagi,waktu saya melapor saya, memberi nomor hp saya yg bisa menghungi, koq di system mereka bisa berubah sendiri, nomornya jadi nomor telepon yang lain. dan nama pelaporan juga selalu berubah. Terburuk, terkecewa, terjelek. Inilah telkom. itu udah pantas lah, tidak akan bisa maju, perusahaan ini.

  • 9 Oktober 2016 - (13:35 WIB)
    Permalink

    harus nya telkom bebenah,, masak perusahaan BUMN , tapi kualitas menyedihkan,, saya baru pasang 2 bulan lalu,, bulan pertama ,, seminggu siap pasang mati 3hari,, bulan kedua,, tiba2 mati 4 jam,, sekarang bulan ke tiga,, mati 1 jam…(kecewa )

  • 9 Oktober 2016 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Kira2 indihome ini bisa di tuntut gak melalui jalur hukum. Terkait pelayanan yg buruk. Karna saya sudah muak. Dengan pelayanan nya.. Bayangkan brp bnyak kerugian materi yg harus di tanggung semua konsumen indihome yg mendapat masalah internet tp di biarkan saja sama pihak telkom…

  • 12 Oktober 2016 - (11:39 WIB)
    Permalink

    hehe…. saya juga mengalaminya… dikiranya dengan adanya “indihome” telkom menjadi lebih baik… ternyata…. SAMA SAJA… sudah telp ke 147 (berkali2) udh dapet sms akan ditangani teknisi bernama FADHLAN di daerah cipondoh… udh seminggu kabarin pun ngak… boro2 didatengin… alasan laporan selalu masalah dari server… punya tetangga nyala koq… kabel satu urutan… mas mas… hari gini mau bohongin orang pake alasan kaya gitu… sudah gak berlaku… dari situ masih main mobil2an saya udh main jaringan. TELKOM gak akan pernah berubah… tapi untungnya provider internet ngak dikuasain mereka aja… bisa lebih semena2… thank you atas pelayanannya yang selalu mengesankan dari TELKOM dari jaman speedy sampai indihome… seancur2nya provider tetangga… lebih bagus mereka drpd yg ini … udh gitu dr dulu teknisi yg dtg hr disemangatin pake imbalan juga lagi ( maaf yak tapi emang udh bukan rahasia lagikan ? malah ada teknisi yg dulu terang2an minta biaya ). anyway id telkom saya 0201318866420001… terima kasih

  • 20 Oktober 2016 - (09:10 WIB)
    Permalink

    sama persis, cm pake 2 mggu saja dr 1 bulan langganan, tlp 147 gag ada guna, no response..

  • 3 Desember 2016 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Kecewa 2 kali. Kecewa pada marketing Indihome yg menawarkan paket tidak jelas ke konsumen. Bermula bulan Nov/Desember 2015 masuk internet kabel di perum sari bumi tangerang. Sy senang karena baru satu2nya internet kabel yg masuk lsg sy daftar. Pd hr itu jg marketingnya datang menawarkan paket harga 200rb an. Sy setuju lgs hr itu pemasangan. Sy senang kerja respon cepat. Bulan pertama sy bayar tagihan benar 200rb an. Bulan ke 2 naik 300rb an tanpa ada pemberitahuan Dr Telkom. Bulan ke 3 naik lagi sampai bulan ke 4 pembayaran 500rb an. Pikir sy bisa aja bulan besok bayar 1jt karena tdk ada pemberitahuan. Parah. Akhirnya sy berhenti berlangganan itu pun kena biaya lg. Besoknya marketing Indihome datang menawarkan paket dijamin harga gak naik2. Akhirnya sy setuju karena kebutuhan internet dirumah sy tinggi. Akhirnya sy pasang lagi pakai nama sy sebelumnya nama istri. Memang pembayaran stabil perbln 300rb an sampai skrg tapi sy baru tahu kalo paket sy internetnya pake KUOTA buset kaya internet Hp. Sy tau Dr 147. Marketing Indihome cuma mikir target. Skrg sy dirumah pake internet Indihome lemot berebut pake cuma 1 gadget doang. Slogan Indihome fiber optik super cepat tidak sesuai kalo pake kuota. Mo paket unlimited nya mahal banget kalah jauh dengan provider yg lain. Indihome kalo gak mau ditinggal pelanggan bikin pelayanan memuaskan kalo bisa diatas provider swasta. Persaingan ketat. Sy tinggal nunggu ada yg lain masuk.

  • 23 Desember 2016 - (22:57 WIB)
    Permalink

    saran saya pake Bolt saja untuk daerah d luar jawa, skrng kan udah bisa d hack modemx heheheh, bisa pake prov xl,tri indosat…..lbh murah dan bisa di pakai d mana saja kan, praktis sx bro and sis, klo pake PC…pas mati lampu modemx msh jalan, pas d kafe yg g ada wifi bisa pake modem ,, skrng juga ada modem smart fren yg bonus 30gg, udah gt stabil and murah bgt, kenapa klian smua repot2 pake indihome, truz rela merana merana bgni sich hehehehee, dulu mang pernh pake yg speedy, tp sjk itu gw kapok, skrng cm pake modem bolt sama smartfren….internet lancar, yg d desa kan telkomsel ada,pake saja modem bolt plus konek lwt jaringan telkomsel….udah dech, tp telkomsel lmyan mahal, d saranin pake tri aja, klo d kota pake aja smart fren….mau TV kabel, ada indovision,orange tv, big tv, trans vision…d jmin mereka smua udah HD, mang bayar mahal, tp mereka berkualitas dan bebas gangguan, 500rb yg klian byr, udah dpt paket 200rb d indovison ato Big Tv dgn channel HD bebas gangguan, dan 300rb udah dpt internet hemat pake tri ato indosat ato XL, apalgi jaringan 4g udah gratis paket d kartu perdana, klian smua d sn kok g kepikir sich pake modem, yg tgl d jak kan ada modem bolt sama MNC play ada first media…..mereka smua itu bgs2…..alternatif d luar jawa pake modem saja.sekiannnnnn

  • 27 Desember 2016 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Saya pikir adalah benar saja. Indihome sangat mengecewakan…!!!! Mengaku ngaku dengan sombong sudah memakai jalur fiber optic dengan kecepatan tinggi. Tetapi kecepatannya / speednya kok masih 1 Mps padahal memakai kabel fiber optic, apaan sangat memalukan, yang saya tahu kalo fiber optic minimal 10 Mbs s/d 20 Mbs! Belum lagi sering diskonnek!!! Sayang bangat, belum ada vendor lain yang masuk ke tempat saya misalnya my republic, kalo ada masuk, sudah ganti segera!!! Untuk pihak Telkom tolong hal ini segera dibenahi/ diperbaiki, masa jalur fiber optic speednya 1 Mbs, sangat memalukan!!!

  • 2 Januari 2017 - (09:25 WIB)
    Permalink

    indihome saya juga bermasalah dr bulan kemarin, ditambah lagi sdm nya seperti gak tau apa”.. sangat tidak profesional dan g sebanding dengan biaya yg saya keluarkan tiap bulan, mending ganti isp aja.. bagi yg belum pasang mending jangan

  • 14 Februari 2017 - (08:45 WIB)
    Permalink

    senasib saya, saya baru pasang indihome awal januari 2017 dan
    pada bulan januari 2017 indihome loss selama 2 minggu, dan cs hanya bilang akan disampaikan ke pihak terkait, membuat saya menunggu ga jelas selama 2 minggu.
    sekarang sejak 6 februari indihome fiber optiknya loss lagi hingga hari ini
    tlp ke cs hanya menjawab akan disampaikan
    entah sampai kapan?mungkin 1 tahun???
    yang jelas ini parah sekali after salesnya

  • 21 Maret 2017 - (13:42 WIB)
    Permalink

    Bahkan saya tidak pernah daftar inidihome, tagihannya selalu muncul ke telepon saya. Saat ini saya mau menulis surat pembaca utk mengadukan masalah ini.

  • 13 April 2017 - (23:48 WIB)
    Permalink

    Tiba2 kecepatan Up to 20mbps alhasil saya hrs bayar 700 rb ,saya komplain untuk diturunkan 10 mbps,bulan berikutnya masih sama belum jg diturunkan,sayapun hrs bayar 700rb,bulan berikutnya sy komplain lagi dan meminta di cabut usee tv nya,dan ternyata tidak segampang itu setelah dicabut bulan dpn nya saya ttp hrs bayar 600rb,dan ketika saya tanya CS nya dia jawab ” sudah ketentuannya ” ,luar biasa rugi bukan ?

  • 19 April 2017 - (19:59 WIB)
    Permalink

    SANGAT KECEWA PELAYANAN INDIHOM KAYAK T**

    SAYA PELNGGAN INDIHOM ID TELPON ( 0736) 7313475 WILAYAH KOTA BENGKULU , SETIAP SAYA HUB 147 JAWAB NYA SELALU SECEPAT NYA DI TANGANI OLEH TEKNISI T***K INDIHOM..
    jaringan indihom saya los sejak tgl 10-04-2017 samapai sekrang tidak ada di tindak lanjuti oleh teknisi t**k ..
    dulu nya saya pelanggan spydy menggunakan jaringan 2 mbps,
    kebetulan ada teman menggunakan indihom dengan menggunakan 10 mbps dan bayar nya lebih murah jadi saya tergiur dan menyatakan putus dari pelangan spydy , awal saya memasang indihom 1-2 bln lancar aja nggak ada keluhan..
    saya sangat menyesal menggunakan jaringan internet indihom dan sanggup memutus kan pelanggan dari spydy, kalau begini cara nya saya akan memutus kan berhenti berlangganan dari indihom , mau kembali lagi jadi pelanggan spydy..
    buat all sobat semua berhenti lah menggunakan indihom mending kita memkai spydy pelayanan teknisi nya tidak mengecewakan kita walau pun bayaran nya tiap bulan mahal yg penting kita puas idak kayak indihom t**k ini …

  • 6 Mei 2017 - (18:17 WIB)
    Permalink

    indohome sangat mengecewakaaan…gangguan terus…bisa2 warnet saya bangkrut gara2 pindah ke indihome

  • 6 Mei 2017 - (18:19 WIB)
    Permalink

    bayar garus tepat terus…tapi tiap gari gangguan…perusahaan macam apa..sangat mengecewakan

  • 9 Agustus 2017 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Parah menggunakan indihome, pelayanan yang kurang puas, tlp 147 sibuk terus. Apa an coba… Nyesel..!!! Pindah yang lain aja

  • 29 September 2017 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Pelayanan dan Internet Indihome sangat mengecewakan. Jaringan internet saya sudah beberapa bulan terputus sendiri setiap 10-20 detik. Di hubungi ke customer service di suruh me reset modem Indihome. Padahal sudah di reset berpuluh2 kali. Tetap tidak ada perubahan. Teknisi juga tidak kunjung datang. Saya ingin mencabut layanan Indihome namun ternyata internet nya sudah sepaket dengan telepon dan tv kabel. Jadi jika mau cabut satu, smuanya juga ikut di cabut. Sedangkan nomor telepon saya sudah di pakai berpuluh2 tahun untuk keperluan bisnis. Buat yg lain, bagusan mencari provider lain saja.

    Merina, Medan

  • 7 Desember 2017 - (16:02 WIB)
    Permalink

    jaringan sering tidak stabil untuk ukuran indihome fiber optik daerah medan…mau ente gimana bos ? kami sebagai pengguna merasa di rugikan apa lg daerah medan marindal dan sekitar nya…game sering melonjak ping nya…30mega saya berlangganan untuk warnet saya…terkadang sering terputus game nya bkn hanya di warnet saya tapi di warnet teman saya yang gunakan layanan bos besar nan janji tepati alias indihome..kita bisa menuntut loh…langsung perdata atau apa ? jika mau saya dan komunitas gaming termasuk komunitas warnet medan akan ke pihak berwajib..1 minggu tidak masalah tetapi sering terjadi 1 bln ini…betapa kecewa nya remaja hingga orang dewasa membeli voucher game tiba2 game bermasalah karna jaringan internet dan saya pun malu hingga di hujat warnet lagger…emosi ? tentu iya…uang minta kembali alias tidak jadi main..betapa malu nya…jika demikian saya akan proses anda dan waktu anda akan habis untuk menjawab di persidangan2 melayani kami pengguna yang kecewa dan terlanjut jelek warnet kami di masyarakat

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom Indihome?

Ada 87 komentar sampai saat ini..

Telkom Indihome Mengecewakan

oleh Budiman Prakoso dibaca dalam: 3 menit
87