Masalah Refund Tokopedia

Yth. Media Konsumen,

Saya Sherly, saya ingin menceritakan masalah saya dengan pihak Tokopedia yang belum kelar. Pada tanggal 26 April 2016, saya ada transaksi di Tokopedia sebesar Rp. 308.560 dan saya bayar pakai kartu kredit. Pada saat pembayaran tiba-tiba gagal. Jadi saya ulangi lagi dan berhasil. Setelah itu saya ada ditelepon oleh pihak bank mengenai transaksi tersebut dan saya iyakan. Tetapi saya terkejut karena ternyata ditagihkan 2 kali.

Saya langsung telepon ke customer service pihak bank dan menanyakan panjang lebar. Intinya pihak bank bilang dana tersebut belum dikembalikan (tidak di-refund) oleh Tokopedia sehingga tertagihkan ke kartu kredit saya. Pihak bank menyarankan saya komplain ke Tokopedia saja. Jadi saya komplain ke Tokopedia. Jawaban dari Tokopedia, mereka minta bukti billing statement (tagihan kartu kredit).

Saya telepon lagi ke pihak bank dan bilang bahwa Tokopedia minta billing statement. Pihak bank bilang bahwa seharusnya dari pihak merchant tidak perlu billing juga sudah bisa cek secara sistem oleh mereka sendiri. Saya berpikir benar juga. Jadi saya komplain lagi ke Tokopedia, namun mereka tetap ngotot minta billing.

Terakhir pas sudah keluar tagihannya (billing) minggu lalu, langsung saya kasih ke Tokopedia. Begitu dikasih cuma bilang akan dicek dahulu. Customer service yang balas juga beda-beda terus. Dan sampai hari ini, 12 Mei 2016, jawabannya mohon menunggu masih dalam proses pengecekan. Logikanya, masa perusahaan sebesar ini cek gitu aja lama banget? Kan lucu..

Berikut saya copy email pembayaran saya dan hanya satu kali email yang masuk tersebut:

Anda sudah melakukan pembayaran menggunakan Kartu Kredit untuk pemesanan dari toko Umy Mamade, glitz padang dan GERARD-TOYS.

Nomor Pembayaran: PYM/20160426/XVI/IV/25196299
Tanggal Pembayaran: 26 April 2016
Total Pembayaran: Rp 308.560
Status Pembayaran:
Sudah diverifikasi Tokopedia
Pesanan Anda sudah kami teruskan ke toko yang bersangkutan.

Mohon agar dapat lebih sigap dan cepat menangani masalah, apalagi berhubungan dengan uang, tiap orang kan butuh uang ya.

Terima Kasih.

Sherly Tiffany
Batam

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

2 komentar untuk “Masalah Refund Tokopedia

  • 15 Mei 2016 - (22:26 WIB)
    Permalink

    Saya Wivina juga mengalami hal yg sama dengan saudari sherly.
    Saya juga ingin menceritakan masalah saya dengan pihak Tokopedia yg belum selesai sampai hari ini saya masuk ke keluhan media konsumen ini.

    Pada tgl.29/4-2016 , saya melakukan transaksi pembelian 5 botol tinta printer epson 1kg dgn penjual bernama Yella Perdana di Tokopedia , total transaksi sebesar Rp.835.000,00 (Delapan ratus tiga puluh lima ribu rupiah). Transaksi tersebut menggunakan promo cicilan 0% melalui kartu kredit bank BCA suami saya atas nama Jonny. Saat proses pembayaran pada sistem Tokopedia tiba-tiba terjadi error server sistem tokopedia yg menyatakan transaksi tersebut gagal dikarenakan sistem server error, disini saya memilih cicilan 0% utk 6 bulan , kemudian karena terjadi kegagalan , maka saya ulangi kembali proses pembayaran yg ke-2 kalinya dengan hal yg sama , tiba-tiba terjadi error lagi dikarenakan kepenuhan pengunjung , lalu sistem tokopedia menyatakan transaksi ini gagal lagi. Lalu saya ulangi kembali proses pembyran ke-3 kalinya dgn hal yg sama pula, dan ternyata hal yg sama pula yg saya dapatkan yaitu terjadi error sistem lagi dikarenakan kepenuhan pengunjung lagi, lalu sistem tokopedia menyatakan transaksi ini gagal lagi. Kemudian saya ulangi lagi utk yg ke-4 kalinya dgn berbeda cicilan 0% 3 bulan melalui kartu kredit yg sama yaitu bank BCA atas nama Jonny , dan transaksi ini berhasil. Tokopedia mengirimkan email checkout pembayaran dgn cicilan 0% 3 bulan ke email saya, menyatakan bahwa transaksi tersebut sukses dan sudah terverifikasi oleh sistem tokopedia yg akan diteruskan ke penjual.

    Pada tgl.3/5-2016 , saya memeriksa catatan tagihan kartu kredit BCA suami melalui klikbca internet banking , ternyata semua transaksi sudah tercatat oleh BCA. Saya pun terkejut, dan langsung saya membuat pengaduan ke tokopedia melalui sistem web app os tokopedia dgn nomor tiket : 657148 , kemudian suami saya menghubungi halobca utk pengaduan perihal keempat transaksi-transaksi tersebut. Sampai semua prosedur yg bank BCA mengharuskan membuat surat pernyataan pun sudah kami lakukan dan sudah kami fax- kan ke faxBCA , bank BCA pun sudah terima dan sudah memproses kendala ini semua, yg pada akhirnya di tgl.5/5-2016 , sistem tokopedia baru melakukan refund ketiga transaksi tersebut yg gagal. Akan tetapi , terjadi kendala baru bahwa pada tgl.3/5-2016 , BCA sudah mengkonversi ketiga transaksi gagal itu menjadi cicilan 0% 6 bulan. Kami juga sudah melakukan pengaduan berulang-ulang kali baik melalui tokopedia maupun halobca, tetapi belum ada perkembangan perihal refund cicilannya ini , selalu dilempar ke pihak merchant dan begitu pula sebaliknya , begitu terus. Semua sudah saya buktikan melalui foto-foto. Tetap aza.

    Saya bingung , mengapa tokopedia hanya merefund induknya saja sedangkan transaksi-transaksi tersebut sdh terkonversi ke cicilan, mengapa tidak sekalian berikut cicilannya dan induknya direfund pd tgl.5/5-2016 saat itu ? Sungguh sangat kecewa sekali terhadap kinerja admin-admin tokopedia ini.
    Tokopedia adalah perusahaan online terbesar, nomor 1 , terpercaya , teraman.
    Mana pertanggungjawaban Tokopedia yg menyatakan belanja online di tokopedia itu aman? Jika kinerja admin dan sistem tokopedia seperti ini terus , maka sungguh akan mengecewakan dan merugikan para pelanggan setia tokopedia di kemudian hari.
    Tolong para admin tokopedia merespon masalah ini.

    Terima kasih.
    Saya Wivina
    Jakarta

  • 17 Oktober 2016 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Saya sungguh kecewa dengan pihak tokopedia, karna kesalahan penjual yg mengharuskan saya menerima pengembalian dana/dana kompensasi menjadi kan pembelanjaan saya yg seharusnya ditagih kan secara cicilan karna saya mengikuti program cicilan 0% bulan lalu dengan menggunakan kartu kredit BNI malah TERTAGIH SECARA FULL di bulan ini Dan itu sungguh merugikan keuangan saya. Seharusnya jika memang Ada pengembalian Dana/dana kompensasi dr pihak tokopedia, bisa mengembalikan Dana tersebut secara langsung tanpa merubah sistem pembayaran sebelumnya sehingga tidak merugikan pembeli seperti saya ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Masalah Refund Tokopedia

oleh Tiffany Sherly dibaca dalam: 1 min
2