Masalah Refund Tokopedia

Yth. Media Konsumen,

Saya Dedy, saya ingin menceritakan masalah saya berbelanja di Tokopedia. Pada tanggal 04 Oktober 2016, saya ada transaksi di Tokopedia sebesar Rp. 2.090.000,- dengan nomer Invoice INV/20161004/XVI/X/52419771 dan saya bayar pakai kartu kredit BCA dan berhasil melakukan transfer, tapi dibatalkan dari Merchant karena stok barang habis.

Masalahnya pembayaran transaksi saya dinyatakan sukses oleh pihak Bank BCA dan telah diterima di rekening bersama Tokopedia, harusnya Tokopedia segera me-refund dana kredit saya agar saya dapat beralih transaksi dengan merchant lainnya tetapi pengembalian/refund dana kredit saya akan dikreditkan ke limit kartu saya oleh sistem Tokopedia H+2 setelah pesanan dibatalkan, proses pengembalian dana yang dilakukan oleh pihak Bank membutuhkan waktu selama kurang lebih 14 hari kerja Bank setelah sistem Tokopedia melakukan pengembalian dana.

Yang menjadi pertanyaan saya ” kenapa harus menuggu H+2 yang dilakukan oleh sistem Tokopedia? Toh transaksi saya dibatalkan dan harusnya otomatis jika batal dana akan langsung kembali ke rekening asal. Kenapa waktu saya beli dan melakukan pembayaran sampai proses berhasil, kemudian ditengah proses dibatalkan karena stok habis (out of stock), berarti sistem tokopedia tidak menampilkan stok produk yang real-time seperti toko online lainnya yang tidak harus saya sebutkan. Pada kenyataannya konsumen yang dirugikan dikarenakan hal diatas.

toped-dedi-cahyadi

Saya dibuat pusing dengan masalah ini dan saya tidak bisa transaksi dikarenakan masalah ini. Saya jadi dirugikan dengan masalah ini yang harusnya konsumen bertransaksi bisa mendapatkan barang yang diinginkan tetapi tidak terealisasi karena dibatalkan oleh merchant dikarenakan stok habis (out of stock) dan dana kredit saya sudah masuk ke rekening bersama Tokopedia harus menunggu proses refund. Costumer Service Tokopedia bisa berkata “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, Kami mengerti kendala yang anda alami, atau Kami turut prihatin atas kejadian ini” dan konsumen dimohon menunggu terlebih dahulu prosesnya.

Dedy Cahyadi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:1    Rata-Rata: 2/5]
Tanggapan Tokopedia atas Surat Pembaca: “Masalah Refund Tokopedia”

Dear Dedy Cahyadi, Tokopedia memohon maaf atas kekeliruan informasi yang diberikan oleh tim customer service kami bahwa Bapak Dedy harus...
Baca Selengkapnya

Loading...

 Apa Komentar Anda?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Masalah Refund Tokopedia

oleh Dedy Cahyadi dibaca dalam: 1 menit
0