Penolakan Pengajuan Kredit di Home Credit dengan Alasan yang Tidak Jelas dan Lambat

Tanggal 4 Januari 2017, saya dan istri pergi ke ITC ROXY MAS untuk mengajukan kredit hp di Home Credit yang sebelumnya atas nama istri saya SRI HARIYANTI, kami sudah pernah kredit 2 barang (2 no. kontrak) di Home Credit. Satu kontrak kami sudah terlunasi dan kredit aktif yang satunya pun kami tidak pernah telat pembayaran apalagi menunggak pembayaran. Dan sebelum pengajuan pula saya sudah menghubungin Home Credit untuk bertanya apa dari 1 no kontrak kami sudah terlunasi dan kami sudah bisa mengajukan kredit baru dan petugas home credit saat itu menjawab bahwa satu kredit saya sudah lunas dan sudah bisa mengajukan kredit baru lagi.

Oleh karena itu kami mencoba mengajukan kredit baru kembali di ERAFONE ITC ROXY MAS LT.1 pada tanggal 4 Januari 2017 pada pukul 14.32. Saya katakan pada sales Home Credit di sana bahwa kami sudah pernah mengajukan kredit sebelumnya dan kami mulai mengisi formulir pengajuan dan Setelah sales tersebut meng-kroscek kembali data istri saya dan mengisi data baru dengan menyamakan data yang sudah ada tercantum sebelumnya di data home credit dan sales home credit memfoto KTP, wajah, dan fingerprint sidik jari istri saya ulang. Lalu istri saya menandatangani berkas pengajuan kredit. Sales tersebut kemudian menjelaskan bahwa proses akan memakan waktu sekitar 30 menit, jadi saya memutuskan untuk pergi makan dulu.

Sekitar 30menit kemudian, kami menunggu tidak ada sms/telepon konfirmasi dari home credit/salesnya. Akhirnya saya memutuskan untuk kembali datang ke ERAFONE tersebut untuk bertanya kepada sales Home Credit disana mengenai hasilnya.dan sales tersebut melihat laptopnya dan hasilnya “DITOLAK.” Saya pun bertanya kepada sales itu alasan ditolak dan sales tersebut tidak mengetahui karena tim analis merekalah yang memutuskan. Saya lalu menghubungi Home Credit melalui telepon. Jawabannya pun sama tidak mengetahui alasan penolakan tersebut.

Kami memutuskan pulang dan pukul 17.14, pihak Home Credit meng-sms saya alasan penolakan tersebut. Seperti ini bunyi smsnya “Mohon maaf, saat ini kami belum dapat menyetujui permohonan pembiayaan Anda karena tidak dapat memvalidasi beberapa data pada aplikasi anda. Home Credit 02129539600.” Yang saya bingungkan dan kecewakan disini adalah:

1. Kenapa konfirmasi pemberitahuan penolakan dari Home Credit begitu lama dari jam pengajuan 14.32 dan baru dapat pemberitahuan penolakan pukul 17.14.

2. Kenapa alasan penolakan kredit tidak masuk akal karena waktu pengisian form dengan sales Home Credit menggunakan data yang sama waktu kami ajukan 2 kredit kami sebelumnya dan disetujui. Kami tidak ada perubahan alamat rumah maupun no telepon kami dan dokumen yang kami gunakan pun sama saat kami mengajukan kredit sebelumnya. Saat itu pun sales Home Credit mengecek data dan dokumen kami apa sama dengan data sebelumnya.

Sungguh sangat mengecewakan. Sebagai konsumen kami merasa dipermainkan.kalau memang data kami tidak valid harusnya sejak pengajuan kredit saya yang pertama dan kedua sudah ditolak. Kenapa pengajuan kredit pertama dan kedua diterima, kemudian pengajuan kredit yang ke-3 ditolak dengan alasan yang tidak masuk akal? Saya rasa saya memiliki hak untuk mengetahui detil alasan penolakan kredit saya karena penolakan yang saya terima sangat tidak jelas dan seperti dibuat-buat.

Mohon untuk pihak Management Home Credit beserta Tim Analis Home Credit bisa menindaklanjuti permasalahan ini dan bisa menjelaskan alasan yang lebih masuk akal atas penolakan pengajuan kredit saya.

Terima Kasih.

Tedy / Sri Hariyanti
JAKARTA BARAT

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Home Credit:
[Total:12    Rata-Rata: 2.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Home Credit?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Penolakan Pengajuan Kredit di Home Credit dengan Alasan yang Tidak Jel…

oleh tedy dibaca dalam: 2 min
0