Perlindungan Konsumen Tokopedia Mengecewakan Saya

Selamat siang,

Pengalaman saya membeli di Tokopedia bulan ini, 3 transaksi 3 kali pula mengalami kekecewaan.

1. Transaksi pertama di Tokopedia dengan seller Home Colour, saya melakukan pembelian 2 barang, hanya dikirim 1. Barang yang dikirim berbeda dengan di foto. Saat itu saya tidak memproses penerimaan barang karena saya berhasil berkomunikasi dengan penjual. Namun karena penjual ingkar pada batas waktu tertentu, otomatis dalam aplikasi Toped barang terkonfirmasi.

Komplain saya di layanan pengguna selama beberapa minggu hampir semua sama jawabannya. Barang dicek oleh team, namun sampai saat ini tidak selesai.

2. Transaksi kedua di Toko Bernasam Scriptechnology. Barang sama sekali belum sampai, padahal kurir yang dipilih jenis same day pengirimannnya.

3. Transaksi ketiga Aquapedia. Barang pecah ketika diterima.

Saya kecewa dengan Toped karena menurut saya Toped tidak melindungi konsumen dengan alasan:

1. Pada transaksi pertama.
Penjual tersebut menawarkan barang dengan gambar berbeda dengan barang yang dikirim. Model seperti ini banyak sekali di Tokopedia, berdasar hasil diskusi banyak sekali yang komplain. Namun Toped tidak mempunyai kebijakan terhadap penjual yang meng-upload foto barang yang tidak sesuai dengan barang yang dijual. Untuk diketahui bahwa dalam UU Perlindungan Konsumen Pasal 4, bahwa pembeli berhak mengetahui informasi yang benar dan jelas atas barang yang dibeli. Dalam hal ini seolah-olah Toped tidak mencegah atau membiarkan pelanggaran terhadap UU Perlindungan Konsumen.

Layanan CS menurut saya tidak profesional, karena jawabannya copy paste selama lebih dari beberapa percakapan

2. Atas transaksi kedua. Seller tidak mengirim barang dengan waktu yang sudah disepakati (1 hari). Dalam hal ini pembeli sudah menanggung biaya kurir yang relatif lebih tinggi atas layanan ini demi waktu pengiriman. Apabila seller tidak bisa memenuhi waktu pengiriman, tidak ada fasilitas pembeli yang dapat meng-cancel pembelian, padahal sudah wanprestasi dari seller.

3. Atas transaksi yang ketiga, saya membaca dalam peraturan toko setelah masalah saya muncul. Toko membuat peraturan, apabila barang rusak dalam pengiriman, barang tidak bisa dikembalikan. Padahal dalam kasus ini, bagaimana membuktikan seller mengirim barang yang benar atau memang barang rusak dalam pengiriman?

Atas hal tersebut Tokopedia tidak mempunyai peraturan yang mengantisipasi hal-hal yang jelas merugikan konsumen. Dan pelayanan CS Tokopedia yang memberikan jawaban yang selalu sama, yakni mengecek dan mohon tunggu, menurut saya apabila sudah 3 minggu sudah tidak wajar.

Demikian, terima kasih.

Pram
Cempaka Putih Barat
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:2    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Perlindungan Konsumen Tokopedia Mengecewakan Saya

oleh Pram Tiemuzhen dibaca dalam: 1 min
0