Blibli.com Tidak Profesional

Pada tanggal 24 November 2017, saya melakukan transaksi di Blibli.com membeli produk lemari di salah satu merchant Blibli.com. Posisi merchant dan saya (pembeli) satu kota, dan barang akan diantar langsung oleh merchant, sesuai info di invoice yang di terbitkan oleh Blibli.com. Nomer Order: 12010673169 dengan status barang ready stock.

Dari selesai melakukan pembayaran dengan kartu kredit, status barang sedang diproses, hingga surat ini dibuat, selanjutnya tidak ada konfirmasi apapun dari merchant ataupun dari blibli.com. Beberapa kali saya menanyakan status barang yang saya order melalui Customer Service, jawabannya hanya disuruh menunggu. Menunggu sampai kapan? Sampai hari ini terakhir saya komplain lagi ke Blibli.com diterima oleh Mbak Peggy, jawaban pun sama, hanya disuruh menunggu dan sedang diteruskan ke pihak terkait. Pihak terkait itu siapa? Merchant? Setahu saya, market place lain memberikan batas toleransi pengiriman kepada merchant. Setelah pembayaran terkonfirmasi, pihak merchant wajib mengirimkan barang sesuai order 4 hari setelah pembayaran terkonfirmasi, atau merchant langsung menolak order apabila barang tidak tersedia.

Order akan otomatis ter-cancel apabila pihak merchant melewati batas pengiriman yang sudah ditentukan. Refund pun sangat mudah, walaupun pembayaran dengan credit card, mereka langsung mengembalikan dana ke account yang membeli barang. Akan tetapi ini tidak terjadi terhadap Blibli.com yang namanya sudah sangat besar, tapi kenyataan nya nama besar tidak menjamin profesionalismenya. Kami pembeli tidak bisa mengontak merchant, dan merchant pun tidak mengontak kami sebagai pembeli, apakah barang tersebut akan diproses atau stok tidak ada.

Memang barang yang saya beli harga nya tidak seberapa, hanya Rp875.000. Pada akhirnya saya memutuskan untuk refund. Dari pihak Blibli pun proses refund sangat lama sekali, hampir 2 minggu untuk proses pengembalian dana.

Pada saat saya membuat surat ini, saya akhirnya mendapatkan telepon dari merchant yang bersangkutan. Merchant memberitahukan kalau notifikasi pembelian barang tidak masuk ke aplikasi merchant, email pun tidak ada. Baru setelah saya komplain per tanggal 04-12-2017 merchant baru mendapatkan email order dan notifikasi dari Blibli kalau ada order yang masuk.

Kalau sudah begini bukan salah merchant. Tanpa ada notifikasi dari Blibli.com sampai kapan pun barang saya tidak akan pernah diproses oleh merchant yang bersangkutan!

Mohon pihak Blibli lebih memperhatikan lagi hal-hal seperti ini.

Rudi Nopriadi
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Blibli.com:
[Total:6    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Blibli.com atas Surat Bapak Rudi Nopriandi

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Rudi Nopriandi yang dimuat di Mediakonsumen.com, Kamis (30/11), pertama-tama kami menyampaikan permohonan maaf atas...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Blibli.com Tidak Profesional

  • 4 Desember 2017 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Blibli.com gak ada fitur buat diskusi sama penjual yah? Padahal toko sebelah sampai ada yg menyediakan fitur live chat buat nanya2 ke penjual.. Menurut saya ini adalah fitur wajib buat marketplace, supaya pembeli bisa tahu apakah penjualnya bisa dipercaya atau tidak..

 Apa Komentar Anda mengenai Blibli.com?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Blibli.com Tidak Profesional

oleh Rudi Nopriadi dibaca dalam: 1 menit
1