Admin Bukalapak Membantu Meloloskan Penjualan Produk Palsu

Sebelumnya saya sudah sering berbelanja di Bukalapak, namun kali ini saya bener-bener merasa shock. Invoice saya 170564088829, di situ saya membeli 3 buah Flashdisk Sandisk 8 Gb. Sebelum membeli, sudah chat dengan pelapaknya, apakah barangnya ready & saya juga menanyakan apakah produk tersebut original. Saya tidak ragu karena berdasarkan foto yang ditampilkan kemasan Flashdisk Sandisk 8 Gb tersebut original yaitu segel hologram dari Datascript.

Dari segi harganya pun masuk rentang harga original yaitu Rp55.000,-/buah, karena biasanya produk Sandisk palsu tersebut dijual pada kisaran harga Rp25.000-Rp40.000. Pelapak menjawab produk tersebut grade Ori. Dalam benak saya grade ori adalah produk original, karena grade=kelas. Untuk lebih memastikannya saya menulis catatan untuk pelapak “Original“.

Namun 4 hari kemudian, saya menerima produk tersebut yang ternyata adalah produk Sandisk palsu. Saya pun melakukan komplain pengembalian uang. Setelah beberapa hari, muncul tanggapan Admin Bukalapak. Di sini saya sudah merasa agak janggal dengan tindakan Admin Bukalapak. Selain munculnya lama, Admin Bukalapak menyuruh saya meng-upload video di Youtube untuk menjelaskan perbedaan produk Sandisk palsu & original.

Setelah saya upload & mencantumkan link-nya, beberapa hari kemudian Admin Bukalapak kembali meminta upload video. Saya menyadari ternyata Admin Bukalapak tidak membaca diskusi yang saya lakukan dengan pelapak. Saya menelpon CS untuk memberitahu link video tersebut, dan CS menyatakan akan memberitahu Admin ybs. Dua jam kemudian, muncul pendapat Admin Bukalapak yang menyatakan bahwa produk tersebut sudah sesuai dengan apa yang ditampilkan dan dana diteruskan ke pelapak. Saya merasa kaget. Saya langsung menghubungi CS kembali dan dijawab bahwa keputusan tersebut sudah ketentuan dari Admin Bukalapak.

Saya sangat menyesalkan keputusan Admin Bukalapak yang arogan dan jelas-jelas memihak pelapak melakukan penipuan terhadap customer. Dari foto barang yang dijual sudah jelas terdapat perbedaan produk. Dari catatan yang saya sertakan untuk pelapak, menunjukkan bahwa saya menghendaki produk original. Dan bukan kali ini saja terjadi, dari pengalaman saya sebelumnya, sudah sering tindakan Admin Bukalapak merugikan konsumen. Contohnya dalam promo Gajianlagi, di mana pembeli seharusnya memperoleh cashback credit:

  1. Ketika pelapak mengirim barang kurang dari kuantiti yang kita pesan dan kita melakukan komplain, maka kita tidak memperoleh cashback.
  2. Ketika pelapak terlambat memasukkan resi pengiriman dan terjadi pembatalan, maka Admin Bukalapak dengan tanpa ijin mengakses Bukadompet dan membuat pesanan baru yang berakibat kita sebagai pembeli tidak memperoleh cashback credit.

Intinya kita sebagai pembeli yang selalu menjadi korban dari setiap kesalahan, baik yang dilakukan pelapak maupun Admin Bukalapak dengan sistemnya.

Dengan ini saya juga menghimbau kepada YLKI untuk berperan aktif melindungi konsumen dari tindakan sewenang-wenang pihak e-commerce dan pemilik merek untuk melakukan penertiban pemalsuan merek dagang yang merugikan konsumen.

Muk Men
Bogor

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bukalapak:
[Total:1    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Bukalapak atas Surat Bapak Muk Men

Dengan Hormat, Terima kasih atas hubungan yang terjalin dengan baik antara Bukalapak dan MediaKonsumen.com selama ini. Sehubungan dengan dimuatnya Surat...
Baca Selengkapnya

Loading...

Satu komentar untuk “Admin Bukalapak Membantu Meloloskan Penjualan Produk Palsu

  • 26 Desember 2017 - (19:40 WIB)
    Permalink

    Masa iya barang palsu di jual? Mungkin oknum pelapak yg melakukan. Tetap waspada karena hak kita dilindungi oleh undang-undang perlindungan konsumen.

 Apa Komentar Anda mengenai Bukalapak?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Admin Bukalapak Membantu Meloloskan Penjualan Produk Palsu

oleh Muk Men dibaca dalam: 2 min
1