Belanja di JD.ID Sebulan Belum Sampai, Tindak Lanjut Komplain Tidak Pernah Tuntas

Saya ingin menyampaikan keluhan terkait pelayanan JD.ID yang tidak menindaklanjuti komplain dan pernyataan saya atas belum diterimanya barang pesanan berupa OBSESSION Sandals BSJ 83202 – Tan Light Brown 40 yang saya pesan pada tanggal 18 Desember 2017 dengan nomor pesanan 224139000. Sesuai keterangan pada produk bahwa stok sandal tersedia, tetapi dalam jumlah sedikit. Nama toko yang menjual adalah Suisuistore. Harga produk adalah Rp300.000,- yang langsung saya bayarkan setelah melakukan pemesanan. Berdasarkan hasil tracking pesanan maka pada tanggal 18 Desember 2017 pukul 14:25:31, dinyatakan bahwa pesanan telah dikirim ke kurir JX.

Estimasi saya adalah barang selambat-lambatnya sampai sebelum libur Tahun Baru 2018, selain itu pesanan tersebut juga akan saya hadiahkan sebagai hadiah ulang tahun yang jatuh di akhir Desember 2017. Namun, sampai surat ini dikirim belum ada kejelasan barang saya benar-benar dikirim karena saya belum menerima barang sama sekali sudah hampir sebulan. Bahkan sebagai pembeli, komplain yang saya ajukan tidak pernah dituntaskan. Pembeli hanya diminta menunggu, akan dikonfirmasi, tapi JD.ID tidak sungguh-sungguh menunjukkan itikad baik. Saya tidak pernah ditelepon dan diberi kejelasan apakah barang saya benar-benar dikirim atau memang tidak ada. Saya sudah meminta opsi refund, tapi JD.ID tidak menanggapi permintaan saya.

Keluhan pertama yang saya ajukan adalah menjelang libur tahun baru melalui telpon 1500618. Customer service menyatakan bahwa produk saya masih dalam tahap pengadaan dan baru bisa dikirim setelah libur tahun baru. Jadi status tracking pesanan yang menyatakan barang sudah dikirim ke kurir JX itu tidak benar?

Sudah berkali-kali saya menyampaikan keluhan via online talk dan e-mail, tapi Customer Service hanya menyuruh menunggu, masih dicek oleh tim terkait, masih ditindaklanjuti oleh tim teknis, akan dikonfirmasi dalam waktu 1×24 jam, 2×24 jam, dikonfirmasi SEGERA, tapi kenyataannya tidak pernah ada kejelasan mengenai barang saya. Masa iya online shop sebesar JD.ID menangani keluhan ini saja sampai berhari-hari membiarkan pembeli menunggu dan bertanya-tanya?

Komplain saya dengan nomor 800172662 melalui telpon 1500618 juga tidak ada kabarnya, saya tidak paham bagaimana tim teknis yang dimaksud menindaklanjuti keluhan ini. Karena sepanjang saya tanya, status komplain masih dalam antrian, mohon menunggu. Harus menunggu selama apa? Sudah hampir sebulan. Selain itu customer service di online talk yang menangani saya saat pembicaraan belum tuntas sepertinya berganti-ganti sehingga sangat melelahkan untuk menjelaskan permasalahan yang sama berulang kali. Jika saya melakukan telepon ke 1500618 maka saat saya menunggu tiba-tiba telepon diputus tanpa ada kejelasan sama sekali.

Melalui surat ini, saya meminta pihak JD.ID menindaklanjuti pesanan saya yang tidak pernah ada kabarnya. Jika memang barang tersebut tidak pernah dikirimkan, mohon lakukan saja pengembalian uang. Mohon kejelasan JD.ID untuk mengungkapkan permasalahan untuk barang pesanan saya karena sungguh hal ini membuat kepercayaan saya selama ini kepada JD.ID sudah hilang.

Terima kasih.

Farisa Noviyanti
Pondok Aren
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Penilaian Rata-rata: 3]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Ibu Farisa Noviyanti

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan pada kami oleh Ibu Farisa Noviyanti pada 17 Januari 2018 di halaman ini, kami dari...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Belanja di JD.ID Sebulan Belum Sampai, Tindak Lanjut Komplain Tidak Pe…

Farisa Noviyanti 2 menit
0